Pantai Anyer, Untaian Mutiara di Pesisir Banten

Pantai Anyer merupakan salah satu pantai paling populer di Provinsi Banten. Setiap akhir pekan pantai anyer banten akan ramai didatangi pengunjung baik lokal maupun dari luar provinsi Banten, seperti Jakarta, Tanggerang, Bekasi. Bahkan tidak sedikit wisman mancanegara juga berwisata di pantai-pantai Anyer.


Pantai anyer
Pantai Anyer. Image via: @mr_akmal282

Pemandangan pantainya di dominasi oleh hamparan pasir putih, yang luas menghampar kontras dengan birunya air laut yang menawan. Selain suguhan pasir pantai, masih banyak spot menarik di kawasan Anyer yang bisa anda nikmati bersama teman perjalanan tercinta.

Anyer menjadi pilihan destinasi wisata akhir pekan atau libur pendek, karena jaraknya yang cukup dekat dengan ibu kota Jakarta. Selain itu Anyer juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap serta sejumlah spot menarik yang akan memanjakan para pengunjung.

Ada berbagai jenis kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pantai anyer banten. Kegiatan seperti berenang, bermain pasir pantai, bermain water sport, dan menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam, merupakan sedikit dari berbagai pilihan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di panati anyer banten. Bahkan di pantai ini anda dapat melakukan aktivitas snorkeling maupun berselancar atau surfing.

Snorkeling di pulau sanghiang
Snorkeling di pulau sanghiang. Image via: travelingyuk.com

Tentu aktifitas wajib yang tidak boleh dilewatkan, adalah foto foto cantik mengabadikan momen-momen indah dengan latar belakang pemandangan pantai yang indah

Secara keseluruhan, Pantai Anyer Banten sangat memenuhi syarat sebagai destinasi wisata yang menyenangkan.

Simak juga: daftar tempat wisata di Banten

Lokasi Pantai Anyer Banten

Pantai Anyer berlokasi di kecamatan Anyer, kabupaten Serang, provinsi Banten. Jadi sebenarnya nama Anyer itu diambil dari salah satu nama kecamatan di kabupaten Serang – Banten.

Mengapa nama Anyer ini diambil menjadi nama sebuah pantai? karena memang kecamatan Anyer ini sebagian besar daerahnya ada di kawasan bibir pantai. Jika Anda mengunjungi Anyer, maka Anda akan menyusuri jalan raya dengan pemandangan di sebelah kanan jalan (dari arah Jakarta) adalah pantai dengan panorama yang indah.

Karena sebagian besar daerahnya adalah pantai, maka disebutlah pantai yang ada di kecamatan Anyer ini adalah Pantai Anyer. Jadi, Pantai Anyer bukan hanya satu pantai saja. Tapi seluruh pantai-pantai yang ada di kecamatan Anyer disebut dengan Pantai Anyer.

Sunset indah pantai anyer.
Sunset indah pantai anyer. Image via: superadventure.co.id

Simak: liburan ke Pantai Sawarna

Rute Menuju Pantai Anyer

Untuk menuju ke pantai di kabupaten Serang ini terdapat beberapa jalur alternatif. Salah satunya jalur yang dimulai dari pintu keluar tol Cilegon bagian timur menuju ke kota Ciwandan. Kemudian lanjut ke Pasar hingga tiba di Pantai Anyer.

Jalur ini dahulu agak sedikit rusak, namun sekarang sudah lebih baik sehingga bisa dilalui dengan nyaman.

Jalur alternatif kedua berangkat dari Jakarta menuju ke tol Serang Timur. Lalu lanjut menuju ke Kabupaten Serang, Banten. Dari pusat kota ambil jalur menuju ke Kantor Gubernur kemudian belok ke arah kanan. Sekitar 50 meter anda harus belok ke arah kiri yaitu menuju ke jalan Mayor Safei.

Pada lampu merah pertama ambil arah kiri. Sampai simpang Brimob, ambil kanan menuju ke Taktakan. Setelah itu, melaju ke Gunung Sari lalu Mancak hingga akhirnya sampai pasar Anyar. Anda nantinya akan segera tiba di pantai Anyer.

Jam Buka Pantai Anyer

Pantai pantai yang ada di kompleks pantai anyer baisnaya dibuka 24 jam. Namun untuk wahana permanan air, biasanya hanya bisa siang hari dan ditutup di senja hari.

Simak: review Telaga Biru Cisoka

Tiket Masuk Pantai Anyer

Untuk berkunjung ke kawasan pantai Anyer, pengunjung dikenakan tiket masuk 5 ribu rupiah. Namun untuk memasuki setiap wisatanya dikenakan biaya lagi tergantung kawasan yang akan dikunjungi selanjutnya.

norkeling PUlau Sanghiyang
Snorkeling pulau Sangiang Anyer. Image via: @jasenk_anyer

Fasilitas Pantai Anyer

Fasilitas penunjuang pariwisata di patai anyer sudah sangat lengkap. Fasiliat publik seperti jalan, toilet, ruang ganti, dan mushola sudah tersedia di spot spot pantai yang indah ini.

Untuk fasilitas berbayar semacam penginapan dan rumah makan juga bertebaran di daerah ini. Mengnai harga tersedia dalam berbagai pilihan, mulai low buget hingga kelas berbintang.

Simak juga: review Pantai Tanjung Lesung

Daya Tarik Pantai Anyer.

Mengingat pantai anyer adalah nama untuk barisan pantai pantai di sepanjang Pesisir kecamatan Anyer, maka terdapat banyak seklai titik titik pantai indah di kawasan itu. Mulai dari yang sudah terkenal sampai yang masih jarang didengar orang.

Namun memperhatikan banyaknya pantai indah dis penajang kecamatan anyer, pada kesempatan ngobrol kali ini, nativeindoensia.com akan mengajak untuk memebicarakan hanya titik titik indah yang berlokasi di wilayah Desa Bulakan.

1. Pantai Marbella

Pantai Marbella
Pantai Marbella. Image via: saung.net

Pantai Marbella menyajikan pemandangan rindang. Saat weekend, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Pengunjung bisa memanfaatkan saung-saung dan pondok untuk beristirahat. Ditemani dengan suara ombak yang menggulung dan semilir angin.

Pengunjung bisa menikmati pantai dengan berjalan jalan disepanjang pantai. Ada juga fasilitas wahana permainan air seperti banana boat.

2. Pantai Jambu

Pantai Jambu
Pantai Jambu. Image via: wisatabanten.com

Di Pantai Jambu pengunjung  bisa melihat bebatuan karang. Suguhan unik dari pantai ini adalah menikmati sunset dari bebatuan karang. Pantai ini pun bersih dengan akses yang mudah dilalui.

3. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong. Image via: pantainesia.com

Pantai Karang Bolong Anyer mempunyai keunikan tersendiri. Di Pantai ini terdapat batu karang raksasa yang berlubang di tengahnya. Pengunjung bisa melewatinya seperti terowongan. Ada anak tangga yang bisa dinaiki untuk sampai di atas. Yang pasti spot view yang lebih indah dapat dinikmati dari atas batu karang ini.

4. Pantai Florida

Pantai Florida
Pantai Florida. Image via: jejakpiknik.com

Pantai Florida merupakan salah satu titik pantai dari barisan Pantai Anyer. Di pantai ini terdapat beraneka ragam objek wisata yang membuat liburan lebih berwarna. Khasnya pantai ini lainnya yakni pasir lembut dengan suara ombak hingga pantai biru.

5. Pantai Marina

Pantai Marina
Pantai Marina. Image via: kaltim.tribunnews.com

Pantai berikutnya yakni Pantai Marina. Di pantai ini tersedia berbagai fasilitas seperti wahana permainan air. Di sini terdapat  parasailing, thundercats boat, banana boat, mable, dan lainnya.

6. Pantai Sambolo

Pantai Sambolo
Pantai Sambolo. Image via: pantaisamboloanyer.com

Pantai Sambolo sangat ramai didatangi wisatawan. Sajian view pantai yang eksotis dan fasilitas wisata seperti ATV, Parasailing, dan banana boat, bisa kamu nikmati di sana.

7. Pantai Cibereum

Pantai Ciberem dikenal sangat nyaman karena banyaknya pohon kelapa yang sangat rindang. Jika belum pernah ke sana, kamu wajib mencobanya di weekend ya.

8. Pantai Carita

Pantai Carita
Pantai Carita. Image via: cnnindonesia.com

Tempat wisata di Pantai Carita sangat terkenal. . Pantai ini terkenal dengan pasir pantainya yang putih. Karena itu pantai ini selalu penuh dengan pengunjung.

9. Pantai Pulau Merak

Sudah mencoba semua pantai di Pantai Anyer, menyeberanglah ke Pulau Merak. Kamu bisa menggunakan perahu dengan biaya paket penyeberangan terjangkau. Di pulau ini, juga banyak vegetasi pantai yang rimbun.

10. Pantai Pulau Sangiang

Pantai Pulau Sangiang
Pantai Pulau Sangiang. Image via: piknikasik.com

Pesona lainnya di Pantai Anyer yakni di Pulau Sangiang. Posisi pulau ini di Selat Sunda dan masuk Kabupaten Serang. Seperti Pulau Merak, kamu harus menaiki perahu untuk keliling pulau atau menyeberang ke pulau ini.

11. Pantai Pulau Umang

Pantai Pulau Umang
Pantai Pulau Umang. Image via: puteriputeri.com

Selain pulau Sangaian dan Pulau Merak, ada sebuah pulau bernama Pulau Umang. Pantai di pulau ini sangat eksotis. Akses ke pantai ini sangat mudah dan disediakan speedboat dan perahu yang bisa disewa. Kamu juga bisa snorkeling dan berenang di pantai.

Tips Wisata di Pantai Anyer

Sebelum berlibur persiapan mestilah dilakukan dengan memadai. Untuk Liburan ke Pantai Anyer juga butuh persiapan dan kiat khusus agar menyenangkan.

Berikut beberapa tips yang bsia nativeindonesi.com bagikan, agar liburan ke Anyer menjadi menyenangkan:

Hindari akhir pekan

Pada akhir pekan, jalanan menuju kawasan wisata ini menjadi padat merayap dan lama-lama bosan karena melihat tumpukan kendaraan yang sama-sama ingin berlibur ke Anyer. Tetapi jika hanya ada waktu berlibur di akhir pekan, berangkatlah sepagi mungkin, bahkan sebelum fajar dengan kendaraan pribadi atau umum sesuai rencana.

Berhati-hatilah saat mengemudi di malam hari

Banyak pengemudi mengeluh, karena akses jalan masih kurang penerangan lampu jalan yang sesuai jarak pandang mata normal. Lalu banyak juga motor yang kebut-kebutan dan truk yang membuat traveler tidak nyaman selama di perjalanan.

Usahakan berlibur ramai-ramai bersama teman

Dengan liburan bersama sewa peginapan dan sewa kendaraan bisa lebih murah jika dihitung per orangnya. Di sekitar Anyer banyak tersedia cottage dan vila yang cukup besar dengan kapasitas muat banyak orang. Jadi kalau datang sendirian pasti rugi besar, karena harus menyewa kamar dengan harga mahal.

Rencanakan dengan matang pantai mana yang mau dikunjungi

Saat ini semakin banyak destinasi wisata yang disediakan di kawasan Anyer. Semua pantainya tak kalah ciamik. Tapi sekali berpindah pantai, traveler lagi-lagi harus membayar tiket masuk. Jadi tentukan dari awal pantai mana yang mau didatangi. Jangan sampai menyesal karena mengeluarkan banyak uang dan tenaga yang lebih.

Coba untuk mengeksplor pantai lain di sekitar Anyer

Jika ditelusuri, ternyata di tepian kawasan ini ada juga pantai-pantai lain yang tak kalah cantik, yang belum terpublikasi dengan baik, sehingga masih relatif sepi. Pantai Jambu misalnya, ombaknya yang tenang membuat traveler betah menghabiskan waktu hingga senja disana. Pantai ini asyik buat berenang. Pasir putihnya masih bersih karena belum terjamah oleh banyak orang.

Jet Ski Pantai Anyer
Jet Ski pantai anyer. Image via: dolanyok.com

Daya Tarik Lokasi Lainnya.

Setelah puas berjalan jalan di pantai anyer, kita bisa melanjutkan perjalanan ke beberap objek lain di dekat sana. Untuk fariasi wisata, setelah mengunjungi objek pantai, perjalanan bsia dilanjutkan ke wisata dataran tinggi.

Puncak Sidapang bisa jadi pilihan terbaik. Lokasi ini dari pantai hanya kurang dari 6 km atau sekitar 15-20 menit perjalanan. Jika masih ada waktu tersisa, bisa dilanjutkan lagi ke Paninjauan. Loaksi ini berjarak 23 km dari Pantai Anyer, yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam.

Sekian dulu cerita cerita nativeindonesia.com mengenai pantai-pantai yang ada di Anyer. Semoga berbekal cerita ini kamu kamu bisa mewujudkan liburan indah dan mengesankan di pantai utara banten ini.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment