Pantai Sambolo, Pantai Cantik Di Anyer Layaknya Bali

Pantai Sambolo merupakan salah satu pantai di Anyer, yang memiliki hamparan pasir yang cukup luas serta deburan ombak yang tak begitu kencang.

Pantai Sambolo ini sebenarnya ada dua lokasi, yakni:

  • Pantai Sambolo 1
  • Pantai Sambolo 2
pantai sambolo
pantai sambolo. google maps. sumber: conny julanda

Kedua pantai tersebut sama-sama memiliki pasir putih yang cukup landai dan berwarna cokelat, kamu dapat bermain air maupun pasirnya di kedua lokasi tersebut.

Pantai Anyer selalu menjadi lokasi wisata bahari favorit untuk mereka yang berasal dari daerah Jakarta maupun Tangerang. Suasananya yang tenang serta indah merupakan salah satu daya tarik yang dimilikinya.

Mungkin untuk saat ini, untuk yang datang dari luar Serang belum bisa mengunjungi Pantai Sambolo dikarenakan kondisi Indonesia yang masih dalam Pandemi Covid-19.

Lokasi Pantai Sambolo

Lokasi Pantai Sambolo 1 maupun Pantai Sambolo 2 secara administratif berada di Jl. Raya Anyer, Bandulu, Serang, Banten.

Rute Menuju Pantai Sambolo

Rute menuju Pantai Sambolo cukup mudah, jika kamu berangkat dari arah Jakarta atau Tangerang dengan melewati tol Tangerang-Merak, kemudian keluar di pintu tol Cilegon Barat.

Selanjutnya tinggal mengarahkan kendaraan menuju arah Anyer, patokannya ialah Hotel Patra Jasa. Karena Pantai Sambolo bersebelahan dengan hotel tersebut.

fasilitas di pantai sambolo 2
fasilitas di pantai sambolo 2. google maps. sumber: Atep mahpudin

Jam Buka Pantai Sambolo

Jam operasional Pantai Sambolo dibuka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam nonstop.

Tiket Pantai Sambolo

  • Tiket masuk Pantai Sambolo 1 dengan membayar Rp. 10.000,- per orang.
  • Tiket masuk Pantai Sambolo 2, jika menggunakan mobil membayar Rp. 75.000,- per mobil sedangkan untuk yang menggunakan motor Rp. 10.000,- per orang dengan tambahan untuk parkir motor sebesar Rp. 5.000,- saja.
seru seruan bersama
seru seruan bersama. google maps. sumber: Roni Riyanto

Fasilitas di Pantai Sambolo

Fasilitas yang ada di Pantai Sambolo 1 maupun Pantai Sambolo 2 sudah lengkap, dengan adanya:

  • Area parkir kendaraan
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Gzebo atau saung-saung untuk bersantai
  • Wahana permainan yang ada di Pantai Sambolo 2
  • Kamar mandi umum
  • Penginapan

Daya Tarik Wisata Pantai Sambolo

Karena Pantai Sambolo ada dua lokasi, sehingga saya akan mengulas daya tarik dari keduanya.

1. Pantai Sambolo 1

bermain pasir
bermain pasir. google maps. sumber: Mini Arifin

Pantai Sambolo 1 memiliki hamparan pasir cokelat bersih yang cukup landai, dan dapat kamu gunakan untuk bermain pasir dengan suasana yang tenang.

Kenapa begitu? Karena Pantai Sambolo 1 ini sepi dan tenang, ngga terlalu banyak pengunjung yang datang. Pantai yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin menenangkan diri dan lebih menikmati suasana pantai.

Anak-anak dapat bermain pasir dengan tenang, selain itu mereka juga dapat bermain air di pantainya. Ciri khas dari Pantai Sambolo 1 ini ialah adanya sebuah jembatan yang menjorok ke arah laut dengan sebuah gazebo sebagai ujungnya.

Jembatan tersebut dihiasi pula dengan beragam ornamen-ornamen lucu, sehingga layak untuk dijadikan sebagai spot foto.

2. Pantai Sambolo 2

bermain atv
bermain atv. google maps. sumber: Hiperpala Adventure

Lokasi Pantai Sambolo 2 tak begitu jauh dari Pantai Sambolo 1, pengunjung lebih banyak datang kesini karena banyaknya wahana permainan yang tersedia. Yakni:

  • Banana Boat dan wahana air seru lainnya
  • ATV
  • Penyewaan ban atau pelampung
  • Sewa perahu

Pantai Sambolo 2 memiliki hamparan pasir yang lebih luas dibanding Pantai Sambolo 1, sehingga memungkinkan untuk bermain ATV diatas hamparan pasirmya.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan snorkeling dengan menyewa perahu terlebih dahulu, untuk menuju lokasi yang tepat.

3. Menikmati Sunset Yang Ajib Banget

sunset yang ajib banget
sunset yang ajib banget. google maps.sumber: Hendy Yutandi

Daya tarik lainnya ialah keindahan sunset atau matahari terbenam di Pantai Sambolo yang terkenal sangat indah, karena memang lokasi pantainya yang berada di ujung barat Pulau Jawa.

Banyak pengunjung yang sudah menyaksikan keindahannya, dan terhipnotis akannya. Apalagi ditambah dengan pemandangan Anak Gunung Krakatau yang terlihat gagah.

Lama kelamaan alam mulai berubah warna, terkadang warna kuning, berubah menjadi merah bahkan ungu, kemudian hadirlah siluet-siluet yang cantik untuk difoto.

4. Banyaknya Penginapan atau Hotel

salah satu hotel yang ada
salah satu hotel yang ada. google maps. sumber: harry rianda

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Sambolo ialah banyaknya penginapan atau hotel-hotel yang menawarkan harga dan fasilitas yang berbeda-beda.

Sehingga banyak pengunjung yang datang ke Pantai-Pantai di Anyer, khususnya Pantai Sambolo untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Namun, mungkin untuk saat ini hal tersebut dibatasi hanya untuk mereka yang datang dari daerah Banten saja. Itupun harus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Penutup

Pantai merupakan sebuah tempat yang tepat untuk menghilangkan rasa lelah, sedih, marah, capek, dan amarah. Deburan ombaknya mampu menghilangkan semua rasa itu.

Angin yang berhembus seakan membuat diri lebih tenang dan mengajarkan untuk lebih bijaksana. Pantai Sambolo dapat menjadi pilihan untuk kamu yang mencintai pantai.


Tinggalkan komentar