Pantai Sambolo, Pantai Paket Lengkap Layaknya Pantai di Bali

Pantai Sambolo dikenal sebagai salah satu pantai di Anyer Banten yang memiliki hamparan pasir putih cukup luas. Hamparan putih bak permadani ini, memberikan kesan romantis bagi pengunjung yang liburan bersama teman atau dengan keluarga. Suara merdu debur ombak yang tenang berpadu dengan hembusan angin pantai, membuat pengunjung merasa nyaman di pantai ini.


Pantai Sambolo
Pantai Sambolo. Image via: Orangudik

Sunset di Pantai Sambolo terbilang spesial. Hal ini karena posisi pantai yang tepat menghadap ke barat. Ada bulan-bulan tertentu dimana matahari tenggelam tepat di hadapan pantai. Arsiran tipis awan mengiringi proses tenggelamnya matahari di sudut barat menciptakan pemandangan yang luar biasa untuk diabadikan.

Pantai ini juga kerap dikunjungi penyu untuk bertelur. -penyu laut mampir guna menyimpan telurnya di dalam pasir putih. Jadi, jangan heran kamu akan sering melihat banyak cangkang telur penyu di pinggir pantai.

Pantai Sambolo memiliki dua pantai yang berbeda lokasi, Sambolo Satu dan Sambolo Dua. Yang membedakan diantara kedua Sambolo ini ada lah fasilitasnya. Sambolo Satu hadir dengan jembatan dermaga yang cukup panjang menjorok ke laut. Sedangkan Sambolo Dua dikenal dengan keberadaan villa penginapan yang menyerupai pura di Bali.

Dermaga Wisata Sambolo 1
Jembatan Dermaga wisata. tempatwisataindonesia.id

Lokasi Pantai Sambolo

Lokasi Pantai Sambolo berada di kawasan Pantai Anyer, Banten. Tepatnya Terletak di Jalan Raya Karang Bolong, Cinangka. Tidak begitu jauh dari pintu keluar tol Cilegon Barat.

Pengunjung tidak akan kesulitan menemukan Pantai Sambolo. Acuannya adalah Hotel Patra Jasa. Lokasi pantai ditandai dengan papan nama besar bertuliskan Pantai Sambolo. Papan nama ini sekaligus menjadi gerbang masuk ke kawasan Pantai.

Rute Menuju Pantai Sambolo

Rute mengunjungi pantai Sambolo sangat mudah dan lancar. Menemukan pantai pun tidak memerlukan usaha lebih. Untuk mengunjungi pantai ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Pantai wisata ini memiliki parkir yang luas untuk datang beramai-ramai.

Rute menuju ke pantai Sambolo dari Jakarta bisa melalui tol jalur Tanggerang Merak. Setelah keluar tol, ambil jalan menuju Cilegon Barat. Dari Cilegon Barat, lanjutkan perjalanan menuju arah Anyer. Saat tiba di kawasan industri di Cilegon,  dari situ, pengunjung akan segera tiba di pantai Sambolo.

Untuk patokan termudahnya, pantai indah ini terletak bersebelahan dengan hotel besar hotel Patra Jasa.

Berdua di pantai Sambolo
Jomblo minggir dulu. Image via: @deviwln_apryan23

Jam Buka Pantai Sambolo

Pantai ini terbuka untuk dinikmati keindahannya  24 jam dalam sehari, 7 hari seminggu.

Tiket Pantai Sambolo

Biaya tiket yang dipungut untuk memasuki kawasan pantai ini tergolong murah. Tiket masuknya seharga Rp 10.000,-. Sedangkan biaya parkir Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 15.000,-  untuk mobil dan Rp 60.000,- untuk Bus.

Ada juga tiket paket untuk pengunjung rombongan dengan kendaraan besar. Rp 250.000 untuk ELF. Rp 500.000 untuk Bus Kecil. Rp 800.000 untuk Bus besar.

Fasilitas di Pantai Sambolo

Sebagai sebuah objek wisata, fasilitas yang disediakan di Pantai Sambolo tergolong lengkap. Selain area parkir kendaraan yang luas, pengunjung juga bisa menemukan warung. Warung-warung ini menjajakan aneka makanan dan minuman sebagai teman bersantai.

Di samping itu, pengelola juga menyediakan saung atau gazebo untuk bersantai. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan dengan harga sewa mulai Rp 50.000 sampai Rp 80.000, tergantung ukuran yang dipilih.

Pengelola pantai ini juga menyediakan tempat bilas dan toilet dengan kondisi yang bersih. Sementara, jika pengunjung ingin melakukan relaksasi setelah lelah beraktivitas, terdapat banyak jasa pijat dengan tarif yang terjangkau.

Gazebo Pantai Sambolo
Gazebo Pantai. Image via: anyer-apartemen

Untuk memfasilitasi wisatawan yang datang dari luar daerah dan ingin menginap, di sekitar Pantai Sambolo juga telah disediakan sejumlah penginapan. Mulai dari kelas melati sampai kelas berbintang.

Daya Tarik Wisata Pantai Sambolo

Ada banyak hal yang ditawarkan pantai ini kepada pengunjung yang datang. Keunggulan pantai di Banten satu ini yaitu terletak pada obyek wisata yang dimilikinya. Pengunjung akan diajak menikmati keseruan saat menghabiskan liburan di pantai ini. Berikut ini beberapa daya tarik wisata dari pantai Sambolo.

  1. Wahana Permainan Air

Banana boat pantai sambolo
Banana boat. Image via: bundahaifa.com

Menikmati pantai lebih seru jika sekaligus bermain di hangat air laut. Di pantai ini selain bermain air dengan berenang, tersedia juga fasilitas Banana Boat.

Banana boat atau berkeliling pantai dengan kapal dapat dilakukan di sini. Untuk menikmati fasilitas banana boat, pengujung dikenakan biaya 200.000. Setiap Banana boat, berkapasitas 6 orang. Tarif yang sama juga berlaku untuk naik perahu menjelajah pantai.

Mencoba wahana obyek wisata yang satu ini, banana boat. Merasakan duduk di perahu karet berbentuk pisang yang diseret dengan menggunakan jet ski di laut. Anda akan merasakan sensasi yang berbeda dan tentu menantang adrenalin Anda.

Wahana lainnya yang tak kalah memacu adrenalin adalah Jetski. Unutk pengunjung yang berani mencoba serunya melaju di atas permukaan air, bisa memilih wahana ini. Fasilitas wisata seru ini banyak digemari pengunjung yang menginginkan liburan menantang sehingga menambah daya tarik Pantai Sambolo. Untuk menikmatia wahana super seru ini tarifnya Rp 180.000, untuk tiap 10 menitnya.

Untuk yang ingin permainan air yang lebih konvensional, pengelola juga menyediakan persewaan ban dan pelampung. Biaya sewanya Rp 20.000.

  1. Panorama Sunset Eksotis

sunset Pantai sambolo
Sunset dengan gunung anak krakatau. Image via: petualangcemen

Dari cerita mulut ke mulut, ada yang mengatakan jika Sunset di Sambolo adalah salah satu sunset terindah yang pernah mereka lihat. Melihat anak gunung Krakatau dari kejauhan, sambil sesekali melihat kapal yang pulang dari laut lepas. Burung-burung terbang berkelompok kembali ke sarang. Sangat mempesona.

Posisi pantai Sambolo di ujung barat pulau Jawa, membuat tempat in ideal untuk menangkap momen sunset. Pengunjung bisa menyaksikan keindahan perubahan warna langit, yang kadang kuning, merah, bahkan Ungu. Sebagian besar pengunjung yang menunggu moment ini. Menyempatkan diri untuk berfoto dalam suasana magis ini. Mereka berfoto dengan berlatar pemandangan belakang pantai dan sunset.

  1. Tempat Piknik

Piknik Seru Pantai Salombo
Piknik Seru. Image via: petualangcemen

Piknik ke pantai, bisa membuat pikiran lebih segar. Bahkan, otak Anda juga lebih sehat dengan melihat debur ombak, bermain air laut, dan melakukan aktivitas lainnya di pantai.

Pemandangan laut yang biru juga memicu otak untuk lebih tenang hingga meningkatkan kreativitas. Inilah mengapa piknik ke pantai membuat hati jadi tenteram. Pemandangan laut yang tenang dan mengagumkan mampu memberikan sensasi tersendiri yang menenangkan hati.. Alhasil, pikiran negatif serta suasana hati yang buruk segera berubah jadi lebih baik.

Di pantai Sambolo, pengunjung bisa datang beramai-ramai dengan keluarga atau teman se grup. Dengan membawa bekal makanan, dan menyewa salah satu Gazebo, makan bersama di pantai jadi sebuah pengalaman yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Memanfaatkan gazebo juga bisa untuk menjalin keakraban, sambil menikmati dan bercengkerama di pinggir pantai yang indah.

Harganya Gazebo di pantai ini bervariasi antara 50 ribu sampai 80 ribu, sesuai ukuran gazebo yang disewa.

  1. Snorkeling

Snorkeling
Snoorkeling. Image via: @gue_liburan

Bagi Pengunjung yang memiliki hobi menyelam atau snorkeling, Pantai ini juga menyediakan fasilitas untuk menyalurkan hobi itu. Saat mengunjungi pantai ini, penghobi snorkeling tidak boleh melewatkan aktivitas yang satu ini di Pantai Sambolo.

Pantai Sambolo juga dikenal memiliki panorama bawah laut yang tak kalah indahnya dibandingkan lokasi wisata bawah laut lainnya. Untuk peralatan, pengunjung tidak perlu membawa sendiri. Lokasi ini menyediakan layanan penyewaan paket alat snorkeling. Satu paket tersebut sudah termasuk dengan satu kacamata pelindung air, alat pernapasan dan juga baju apung untuk keamanan.

Bagi penghobi wisata bawah air, mencoba snorkeling atau diving di pantai ujung barat jawa ini, dijamin akan meninggalkan kesan tersendiri.

  1. Jasa Tato Temporary

tato temporary pantai sambolo
Tato Henna di pantai. Image via: radarbanten.co.id

Bagi yang pernah berwisata di pantai-pantai bali, tentu tidak asing dengan jasa Tato Temporary. Seni satu ini merupakan solusi bagi yang ingin mencoba tato, namun belum cukup yakin untuk memasang tato permanen. Ketidakyakinan itu bisa saja karena berbagai alasan, misalnya larangan di dunia kerja atau juga soal larangan dalam ajaran agama. Tato temporary biasanya bertahan sekitar 1 minggu saja.

Bagi yang inign mencoba tato sementara ini, pantai sabolo memiliki jasa seniman lukis kulit ini. Pengunjung bisa bebas memilih model tato yang cocok sesuai keinginan. Harganya pun bervariasi tergantung kesulitan gambar tato yang dipilih.

Model yang kameramen
Model yang Kameramen. Image via: @obin_9728

Objek Wisata Dekat Pantai Sambolo

Pantai Sambolo lokasinya berdekatan dengan beberapa objek wisata lain di Banten. Baik itu wisata laut maupun wisata jenis lain.

Salah satunya adalah Rumah Hutan Cidampit. Wisata alam hutan yang berlokasi di Kampung Bojong, Taktakan, berjarak hanya 35 km dari pantai Sambolo.

Namun jika masih belum puas dengan wisata pantai, pantai populer Pasir putih Florida indah bisa jadi tujuan selanjutnya. Kedua lokasi ini lokasinya berdekatan. Hanya terpisah oleh jarak sejauh 6 km, atau 9 menit perjalanan dengan mobil.

Sekian dulu cerita kami soal panta di banten ini. Ternyata banyak sekali Daya Tarik wisata di pantai Sambolo Anyer ini. Beragam kegiatan seru sekaligus positif bisa dilakukan di pantai ini bersama teman-teman ataupun keluarga. Berkunjunglah ke pantai Sambolo Anyer dan rasakan sensasi liburan seru.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment