11 Tempat Wisata Serang, Wisata Sejarah, Hingga Pesona Pantai Anyer Di Banten

Tempat wisata di Serang, Provinsi Banten selalu identik dengan Pantai Anyer. Padahal masih banyak ragam wisata yang bisa dikunjungi selain pantai tersebut.

Serang adalah nama sebuah Kabupaten, dan Kota di Provinsi Banten. Dan Kota Serang adalah ibukota dari provinsi Banten. Kota Serang sah sebagai Kota yang dimekarkan dari Kabupaten Serang pada tahun 2007 yang lalu.

pesona tempat wisata serang
pesona tempat wisata serang. google maps. sumber: Ryan Dwi Christianto

Untuk sektor pariwisatanya, Kabupaten Serang, dan Kota Serang sama-sama memiliki tempat wisata alam yang sangat layak untuk dikunjungi.

Mengunjungi tempat wisata yang ada di Serang, Banten, adalah kunjungan wisata  yang komplit. Karena ragam tema wisata semuanya bisa anda temukan saat berada di sana, darimulai wisata sejarah,dantentu saja wisata alam.

Dan inilah 11 tempat wisata Serang yang recommended untuk anda kunjungi saat akhir pekan, atau di saat liburan tiba. Tapi ingat, selalu patuhi protokol kesehatan, dan selalu update informasi setiap objek wisatanya.

11 Tempat Wisata Serang

1. Keraton Surosowan

keraton surosowan
keraton surosowan. google maps. sumber: Aulia Dhaifullah

Kita mulai perjalananya dari objek wisata yang menyajikan nilai sejarah di Kabupaten Serang, yang terletak di Kawasan Wisata Banten Lama.

Keraton Surosowan nama salah-satu objek wisata bersejarah tersebut. Awal mula pembangunan Keraton Surosowan di tahun 1522-1526, di jaman Maulana Hasuddin.

Para pengunjung dapat memasuki kawasan Keraton Surosowan hanya di siang hari saja. Tetai saat ini, di luar area Keraton Surosowan telah ditata apik, sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk nongkrong, sambil hunting kuliner.

Lokasi Keraton Surosowan terletak di Kawasan Wisata Banten Lama. Alamat Keraton Surosowan berada di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Provinsi Banten.

  • Para pengunjung hanya dikenakan tiket masuk Kawasan Wisata Banten Lama Rp. 5.000 per orang
  • Harga tiket parkir Rp. 2.000

2. Masjid Agung Banten

masjid agung banten
masjid agung banten. google maps. sumber: Riri Rayyan

Masih di kawasan wisata Banten Lama, objek wisata selanjutnya adalah Masjid Agung Banten. Masjid tersebut mempunyai nilai sejarah yang tinggi, terutama arsitektur menaranya yang dibangun oleh arsitek Tionghoa, yang bernama Tjek Ban Tjut

Saat ini, tampilan Masjid Agung Banten menjadi lebih megah, terutama dengan kehadiran bangunan yang menyerupai payung raksasa, yang bersinar terang.

Saat sore menuju malam, kawasan tersebut sangat ramai dikunjungi masyarakat, karena lokasinya nyaman untuk nongkrong, menikmati kuliner, serta banyak sudut yang bisa dijadikan spot selfie.

Kawasan wisata Banten Lama bukan hanya sebagai destinasi wisata sejarah saja, namun dijadikan juga sebagai wisata religi. Meskipun saat ini kawasan tersebut menjadi megah, namun tidak merubah arsitektur yang bernilai sejarahnya.

Lokasi Masjid Agung Banten terletak di Kawasan Wisata Banten Lama. Alamat Masjid Agung Banten berada di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Provinsi Banten.

  • Para pengunjung hanya dikenakan tiket masuk Kawasan Wisata Banten Lama Rp. 5.000 per orang
  • Harga tiket parkir Rp. 2.000

3. Pulau Lima

pulau lima
pulau lima. google maps. sumber: Dhy Channel Official

Tempat wisata Serang selanjutnya yang paling populer adalah Pulau Lima. Sebuah pulau kecil nan indah, yang memiliki area pasir putih, serta ditumbuhi oleh pepohonan mangrove.

Selain itu, ombaknya sangat kecil sekali, sehingga menjadi destinasi wisata keluarga yang pas di akhir pekan. Ditambah di Pulau Lima terdapat penginapan yang berbentuk panggung, menjadi lokasi yang nyaman untuk sesaat keluar dari penatnya kehidupan ibukota.

Airnya memiliki pesona keindahan yang memukau, warnanya biru, sementara di sisi yang lain berwarna hijau tosca. Area dermaga Pulau Lima, sering juga dijadikan spot foto selfie oleh pengunjung.

Lokasi dan alamat Pulau Lima berada di Kecamatan Kalasemen, Kota Serang, Provinsi Banten. Harga tiket masuk Pulau Lima gratis, hanya saja pengunjung harus membayar jasa transportasi perahu. Jika bareng-bareng, ongkosnya tidak akan terlalu mahal.

4. Rumah Pohon Cidampit

rumah pohon cidampit
rumah pohon cidampit. google mpas. sumber: Rudyanto A. Wibisono

Tempat wisata Serang selanjutnya adalah Rumah Hutan, atau disebut juga Rumah Pohon Cidampit. Tempat wisata ini milik perorangan, namun para pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Daya tarik dari Rumah Pohon Cidampit adalah kawasan yang sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga, serta kawasan wisata alam terbuka di Serang, yang masih memegang teguh nilai kelestarian alamnya.

Bangunan-bangunan yang ada di Rumah Pohon Cidampit hampir semua bahan-bahannya dari kayu. Sehingga menambah kesan asri, natural, dan rileks saat berada di sana.

Lokasi dan alamat Rumah Hutan Cidampit berada di Bukit Cidampit, Kampung Bojong, Desa Sayar, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Provinsi Banten.

5. Pantai Anyer

pantai anyer banten
pantai anyer banten. google maps. sumber: Aan Lee

Tempat wisata Serang yang satu ini tentu saja sangat populer, yaitu Pantai Anyer. Sebuah pantai yang keindahannya sudah samapi ke mancanegara.

Pesona keindahannya ditegaskan dengan padatnya kunjungan ke Pantai Anyer saat liburan tiba. Ditambah lagi, fasilitas yang ada di Pantai Anyer sudah sangat komplit.

View anak gunung krakatau, menara 16 lantai, area pasir putih, fasilitas yang komplit, adalah beberapa daya tarik dari Pantai Anyer. Di sisi lain, pantai tersebut juga memiliki sisi misteri, sejarah, dan legenda.

Lokasi dan lamat Pantai Anyer berada di Jalan Raya Anyer, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

  • Harga tiket masuk Pantai Anyer Rp. 5.000 per orang.
  • Pantai Anyer buka selama 24 jam

6. Pantai Lontar

pantai lontar
pantai lontar. google maps. sumber: Deni Prastiyo

Tempat wisata Serang bertemakan alam pantai, namun memiliki nilai edukatif adalah Pantai Lontar. Daya tarik pantai tersebut terletak pada perpaduan hutan mangrove, dengan jembatan yang berwarna-warni yang bernama Jembatan Pelangi.

Kelestarian hutan mangrove, serta spot rumah botol yang ditata dari sampah plastik yang berserakan, menjadi nilai edukatif bagi para pengunjung yang datang.

Selain itu, para pengunjung juga bisa berkeliling di kawasan tersebut dengan menggunakan jasa transportasi perahu. Ongkosnya sangat murah, hanya Rp. 5.000 per orangnya.

Lokasi dan alamat Pantai Lontar berada di Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Provinsi Baten.

  • Harga tiket masuk Pantai Lontar Rp. 4.000 per orang
  • Biaya parkir motor Rp. 3.000
  • Pantai Lontar buka selama 24 jam

7. Pulau Tunda

pulau tunda
pulau tunda. google maps. sumber: Robi Yanto

Pulau Tunda adalah tempat wisata Serang yang terkenal sebagai surganya bagi mereka yang suka dengan aktivitas wisata berupa snorkeling.

Pulau Tunda juga terkenal sebagai lokasi yang nyaman untuk melakukan aktivitas mancing, sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Bagi yang berdompet tebal, bisa juga menyewa kapal untuk melakukan aktivitas memancing di tengah laut. Tentu saja, beda lokasi, ya beda juga sensasinya.

Lokasi dan alamat Pulau Tunda berada di Desa Wargasara, Pulau Tunda, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

  • Harga tiket masuk ke Pulau Tunda gratis. Pengunjung hanya mengeluarkan biaya untuk transportasi perahu sebersar Rp. 50.000 per orang.
  • Pulau Tunda buka selama 24 jam setiap hari.

8. Curug Leuwi Bumi

curug leuwi bumi
curug leuwi bumi. google maps. sumber: Shofiatul Marwah

Curug Leuwi Bumi adalah satu dari 11 tempat wisata Serang yang sangat layak untuk dikunjungi. Curug, atau air terjun ini uni, sehingga mampu mengundang rasa penasaran pengunjung untuk datang ke sana.

Daya tarik sekaligus keunikan Curug Leuwi Bumi terletak pada air terjunnya yang tidaklah tinggi, tetapi kolam setelah air terjun tersebut yang menjadi magnet utamanya.

Kolamnya sangat luas, dan airnya sangat bersih. Warna airnya didominasi oleh warna hijau tosca, serta di Curug Leuwi Bumi terdapat banyak air terjun yang kecil.

Jalan menuju Curug Leuwi Bumi hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja. Dan di beberapa titik masih terdapat jalan yang belum baik kondisinya.

Lokasi dan alamat Curug Leuwi Bumi berada di Kampung Turalak, sehingga Curug Leuwi Bumi disebut juga Turalak Leuwi Bumi, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

  • Harga tiket masuk Curug Leuwi Bumi Rp. 10.000 per orang.
  • Curug Leuwi Bumi buka selama 24 jam

9. Pulau Sangiang

pulau sangiang
pulau sangiang. google maps. sumber: Christian Andrianto

Tempat wisata Serang selanjutnya yang sudah terkenal sampai ke mancanegara adalah Pulau Sangiang. Pulau yang awalnya bersatus sebagai Cagar Alam, kini berubah sebagai Taman Wisata Alam.

Status tersebut tentu saja berdampak terhadap kelestarian ekosistem bawah lautnya yang masih terjaga baik, serta panorama alam sekitarnya yang menawan.

Lokasi dan alamat Pulau Sangiang berada di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

  • Harga tiket masuk Pulau Sangiang ditentukan oleh paket wisata, atau tour yang dipilih oleh para pengunjungnya. Harga tour tersebut biasanya Rp. 180.000 per orang.
  • Pulau Sangiang buka selama 24 jam.

10. Danau Tasikardi

danau tasikardi
danau tasikardi. google maps. sumber: Ferdi saga

Danau Tasikardi adalah danau butan yang memiliki nilai sejarah, khususnya sejarah tentang Panembahan Maulana Yusuf.

Danau Tasikardi dibangun di masa pemerintahan beliau, yaitu di tahun 1570 – 1580. Danau Tasikardi memiliki luas sekitar 5 ha.

Pesona alam sekitar di Danau Tasikardi akan membuat nyaman pengunjung yang datang. Suasananya sangat nyaman loh…

Jika ingin mengunjungi Danau Tasikardi, para pengunjung harus tahu terlebih dahulu terkait jam operasionalnya, termasuk buka, atau tutupnya. Karena Danau Tasikardi di masa pandemi sempat tutup.

Lokasi dan alamat Danau Tasikardi berada di Desa Margasana, Kecamatan Kramatwatu, Kota Serang Provinsi Banten.

  • Harga tiket masuk Danau Tasikardi Rp. 2.500 per orang.
  • Jam operasional Danau Tasikardi buka dari pukul 09.00 – 17.00.

11. Pantai Pasir Putih Florida

pantai pasir putih florida
pantai pasir putih florida. google maps. sumber: Eddy Santosa Wibisana

Pantai Pasir Putih Florida memiliki daya tarik sebagai pantai pasir putih yang memiliki garis pantai yang panjang. Ditambah lagi ombaknya juga tidaklah besar, serta tidak ada karang.

Keseruan wisata di Pantai Pasir Putih Florida semakin bertambah dengan sajian ragam wahana yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Fasilitasnya juga sudah terbilang komplit.

Lokasi dan alamat Pantai Pasir Putih Florida berada di Jalan Raya Karang Bolong, Sindanglaya, Cinangka, Serang, Provins iBanten.

  • Harga tiket masuk Pantai Pasir Putih Florida Anyer Rp. 10.000 sampai Rp. 35.000per orang.
  • Pantai Pasir Putih Florida Anyer buka 24 jam

Leave a Comment