Curug Gendang Carita, Curug Tersembunyi di Kawasan Taman Hutan Rakyat (TAHURA) Pandeglang, Banten

Kamu pernah mengunjungi Curug Putri Pandeglang? Tahukah kamu bahwa sebelum menuju Curug Putri, kamu akan menemukan sebuah curug lain?

Curug tersebut memang tidak terlihat dari arah trekking menuju Curug Putri, itulah sebabnya curug ini mendapat julukan curug tersembunyi.

Meskipun tersembunyi, keindahan curugnya sungguh sangat mengagumkan. Tak salah jika kamu mengunjungi curug ini sebelum menuju Curug Putri.

Curug tersebut bernama Curug Gendang, yang terletak tak jauh dari Curug Putri. Berikut ulasan lebih lengkap mengenai Curug Putri. Check this out!

Perjalanan Menuju Curug Gendang

Jalur yang akan kamu lalui untuk menuju Curug Gendang sangat mudah dilalui kendaraan. Lebih baik jika kamu menggunakan kendaraan roda dua, karena jalur menuju area parkir akan semakin kecil.

Jalannya pun bagus, hanya sedikit saja jalan yang agak berlubang. Disepanjang jalan sajian pepohonan yang rindang akan menemanimu. Hawa sejuk pun akan dapat kamu rasakan.

Setelah menemukan gerbang pintu masuk utama menuju kawasan hutan Rakyat, kamu masih harus terus melakukan perjalanan menuju area parkir sekitar 15 menit lagi.

Jika kamu datang bersama rombongan dan menggunakan bis, kamu harus memakirkan kendaraan di gerbang pintu masuk utama tadi.

Lebih menyenangkan jika kamu pergi bersama kawan dengan menggunakan motor, supaya hawa sejuknya lebih berasa.

Setelah kamu memarkirkan kendaraan yang kamu bawa, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit untuk dapat menuju Curug Gendang.

Jalur trekking yang akan kamu lalui cukup terjal, melewati jalan yang masih berupa tanah dan bebatuan. Harus berhati-hati dalam melangkah karena disebelah kanan kamu adalah jurang yang lumayan dalam.

Kadang kamu melalui jalan yang menurun kadang pula jalan yang agak menanjak. Sebelum menuju Curug Gendang kamu harus menuruni bebatuan yang cukup besar lalu kemudian menyusuri sungai yang tak terlalu dalam.

Berada Di Balik Tebing
Berada Di Balik Tebing. Sumber: www.gedangsari.com

Karena Curug Gendang disembunyikan dibalik tebing yang seakan melindunginya. Setelah menyusuri sungai, kamu pun akhirnya dapat melihat Curug Gendang yang disembunyikan alam. Jangan lupa lepas alas kakimu sebelum menyusuri sungai.

Pesona Keindahan Curug Gendang

Curug Gendang terletak didalam kawasan Taman Hutan Rakyat, yang saat ini dibawah pengelolaan Balai Pengelolaan Tahura (Taman Hutan Rakyat) Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten.

Beragam Fasilitas Dan Wisata Di Taman Hutan Rakyat Banten
Beragam Fasilitas Dan Wisata Di Taman Hutan Rakyat Banten. Sumber: mydaypack.com

Curug Gendang mempunyai ketinggian sekitar 7-8 meter, aliran airnya cukup deras. Aliran air curugnya berasal dari sungai yang terletak diatasnya. Airnya sangat jernih dan bersih juga menyegarkan karena berasal dari mata air Gunung Panganjaran.

Curug Gendang
Curug Gendang. Sumber: wisatabanten.com

Curug Gendang awalnya bernama Curug Citajur, namun karena suara aliran airnya mirip seperti sebuah gendang masyarakat setempat akhirnya menamakannya Curug Gendang.

Berada diantara tebing yang cukup tinggi ditemani desiran air terjunnya merupakan pengalaman yang sangat luar biasa.

Kamu seakan berada ditempat yang tak diketahui orang lain, hanya ada kamu dan alam yang indah. Kolam alami yang menampung curahan air curugnya memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter, namun jika musim kemarau tiba kedalamannya akan menyusut karena curahan airnya juga berkurang.

Selain menyimpan keindahan alam yang menakjubkan, konon katanya kawasan hutan ini pernah menjadi tempat persembunyian para pahlawan kita ketika masih berperang dengan pihak Belanda.

Ragam wisata Yang Dapat Dilakukan Di Curug Gendang

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Gendang, diantaranya yakni:

1. Berenang

Ketika memasuki area Curug Gendang badanmu sudah basah karena sebelumnya sudah menyusuri sungai. Betapa bahagianya kamu ketika melihat Curug Gendang ada didepan mata.

Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah berenang merasakan airnya, rasa segar langsung dapat kamu rasakan. Berenang diantara tebing yang menjulang merupakan pengalaman yang tak akan kamu lupakan.

Berenang Di Kolam Alami Curug Gendang
Berenang Di Kolam Alami Curug Gendang. Sumber: www.senengpiknik.com

Kamu juga bisa mendekati aliran air Curug Gendang, dan merasakan airnya menghantam tubuhmu. Namun, jika kamu tidak terlalu mahir berenang lebih baik urungkan niatmu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Bermain Air

Nah, untuk kamu yang tak mahir berenang jangan khawatir. Disekitar area kolamnya terdapat bebatuan yang dapat kamu gunakan untuk duduk-duduk sembari bermain-main air.

Bermian Air Curug Gendang
Bermian Air Curug Gendang. Sumber: explorewisata.com

3. Body Jumping

Untuk melakukan body jumping atau meloncat dari ketinggian kamu harus memanjat tebing yang berada disamping curug terlebih dahulu.

Memanjat Tebing Untuk Siap Melompat
Memanjat Tebing Untuk Siap Melompat. Sumber: anyersea7.blogspot.com

Setelah tiba diketinggian yang oke, kamu dapat langsung terjun bebas menuju kolam yang ada dibawahnya. Perlu nyali yang besar untuk dapat melompat.

Kamu harus berhati-hati ketika memanjat tebing, karena bisa saja licin selain itu kamu pun tidak menggunakan alat keamanan yang seharusnya.

4. Berfoto

Mencari spot foto terbaik tentu saja jangan dilewatkan, mengingat keindahan yang dihadirkan sangat luar biasa sehingga semua orang harus mengetahui keindahannya.

Mengabadikan Keindahan Curug Gendang
Mengabadikan Keindahan Curug Gendang. Sumber: www.hipwee.com

5. Menikmati Keindahan Alam

Keberadaan Curug Gendang merupakan salah satu keajaiban alam, karena letaknya yang berada dibawah aliran sungai juga sangat tersembunyi. Selain itu dilindungi tebing disekelilingnya. Curug Gendang berada dikedalaman sekitar 13 meter jika dilihat dari atas.

Curug Gendang Dilihat Dari Atas
Curug Gendang Dilihat Dari Atas. Sumber: anyerpedia.com

Nikmatilah keindahan alam yang tersaji, rasakanlah hawa sejuknya menyelimuti diri, dengarkanlah deburan air yang jatuh, maka ketenanganlah yang kamu rasakan.

Lokasi Dan Alamat Curug Gendang

Lokasi Curug Gendang berada di kawasan Taman Hutan Rakyat (TAHURA) dan sangat berdekatan dengan Curug Putri. Jaraknya hanya sekitar 5 menit saja.

Alamat tepatnya berada di Jl. Kampung Cibenda, Desa Rakyat, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Rute Menuju Curug Gendang

Jika kamu mulai bergerak dari Serang, kamu harus melajukan kendaraanmu menuju Cilegon-Anyer dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan.

Setelah itu lanjutkan perjalananmu menuju Pandeglang-Carita selama kurang lebih 4 jam perjalanan. Setelah itu kamu akan menemukan gerbang pintu masuk menuju kawasan Taman Hutan Rakyat.

Tiket Masuk dan Parkir Curug Gendang

Karena lokasi Curug Gendang satu kawasan dengan Curug Putri maka alokasi tiketnya pun sudah termasuk dengan Curug Putri, yakni:

  • Tiket Masuk                : Rp. 35.000,-
  • Tiket Parkir Motor      : Rp. 10.000,-
  • Tiket Parkir Mobil       : Rp. 20.000,-

Untuk tiket masuk sudah termasuk sewa gazebo, sewa alat pelampung, serta penitipan barang.

Jam Operasional Curug Gendang

Jam operasional Curug Gendang tidak terbatas waktu. Artinya kamu dapat datang kapan pun juga karena dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Namun, waktu terbaik untuk menikmati keindahan Curug Gendang ialah ketika pagi hari. Kamu dapat merasakan udara yang lebih sejuk dan segar.

Fasilitas Curug Gendang

Fasilitas yang terdapat di Curug Gendang sudah terpenuhi dengan adanya:

  • Area parkir yang luas dan aman
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Toilet umum
  • Mushola

Tips Wisata

Tips wisata berikut semoga dapat menjadi referensi kamu ketika hendak mengunjungi Curug Gendang, yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah ya, tidak mendung apalagi sedang turun hujan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dipakai berjalan ditanah dan berbatu.
  • Bawalah baju ganti atau perlengkapan lainnya.
  • Berhati-hatilah ketika memanjat tebing dan ketika hendak melompat.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Gendang.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan alam yang tercipta di Curug Gendang.

Penutup

Lokasinya yang tersembunyi membuat Curug Gendang terlihat sangat alami, kamu bisa menikmatinya dari atas maupun dari bawah.

Kamu harus memasukkan Curug Gendang dan Curug Putri kedalam list liburan akhir pekan ini. Lihatlah dan rasakan sendiri keindahan alam yang tersaji.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Gendang, ya!

Baca juga:

Leave a Comment