Wisata Hutan Payau Cilacap, Pilihan Wisata Keluarga

|

Wisata Hutan Payau rujukan wisata selanjutnya untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata di Cilacap, Jawa Tengah. Selain sebagai tempat wisata, dapat pula dijadikan wisata edukasi.

FYI, hutan payau ditumbuhi berbagai ekosistem yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya abrasi laut. Hutan payau sama dengan hutan bakau atau hutan mangrove.

Mangrove ialah tanaman yang hidup di habitat air payau, yakni air laut yang bercampur dengan air tawar. Itulah yang melatarbelakangi hutan mangrove disebut pula Hutan Payau.

wisata hutan payau
wisata hutan payau. google maps. sumber: Asep Ali

simak juga: tempat wisata cilacap

Berwisata di Hutan Payau Cilacap dapat menjadi tujuan wisata keluarga, dengan menikmati kawasan hutan yang banyak ditumbuhi pohon mangrove. Berikut ulasannya untuk anda!

Lokasi dan Alamat Wisata Hutan Payau Cilacap

Lokasi Wisata Hutan Payau Cilacap berada di Beji Lor, Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Rute Menuju Wisata Hutan Payau Cilacap

Rute menuju Wisata Hutan Payau Cilacap dapat melalui Jl. Gatoto Subroto, Jl. Rinjani, dan dapat pula dengan menuju Jl. MT. Haryono yang merupakan rute tercepat.

Jika berangkat dari Alun Alun Cilacap dengan menuju ke arah selatan, dengan mengambil Jl. MT. Haryono, kemudian Jl. Nusantara hingga akhirnya tiba di Jl. Wisata Payau.

Tetaplah di jalur tersebut hingga akhirnya kamu tiba di Beji Lor, dengan estimasi waktu perjalanan 19 menit dengan jarak tempuh kira-kira 8 km lebih.

gerbang masuk wisata hutan payau
gerbang masuk wisata hutan payau. google maps. sumber: Sikimo Com

simak juga: benteng pendem

Jam Buka Wisata Hutan Payau Cilacap

  • Jam operasional Wisata Hutan Payau Cilacap setiap hari Senin hingga Minggu
  • Mulai buka pukul 08.00 hingga 16.00 waktu setempat

Tiket Masuk Wisata Hutan Payau Cilacap

  • Harga tiket masuk Wisata Hutan Payau Cilacap ┬ásebesar Rp. 12.500,- per orang

Sudah termasuk menikmati beberapa spot atau wahana yang tersedia di kawasan Wisata Hutan Payau Cilacap ini.

Fasilitas Wisata Hutan Payau Cilacap

Fasilitas umum yang ada di kawasan Wisata Hutan Payau Cilacap diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Saung atau Gazebo,
  • Spot foto,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Tempat untuk duduk-duduk,
adem banget
adem banget. google maps. sumber: Fariha N. Baiti

simak juga: kemit forest education

Daya Tarik Wisata Hutan Payau Cilacap

1. Eskplor Hutan Payau

Luas dari Hutan Payau Cilacap sekitar 10 hektar, kamu harus ekslpor ke setiap sudutnya. Tenang aja, jalurnya sudah tertata dengan baik kok kamu hanya perlu menyusuri jalan setapaknya.

Banyak banget jenis pohon yang ada di kawasan Wisata Hutan Payau Cilacap ini, mulai dari bakau bandul hingga ketapang. Selain itu terdapat pula beberapa fauna seperti ikan-ikanan, dan udang pistol.

Nah selama eksplor Hutan Payau Cilacap ini, kamu akan mendapati beberapa hal di atas, sehingga cocok pula untuk dijadikan wisata edukasi untuk anak-anak.

Meski berkunjung di siang hari, panas matahari tak begitu terasa. Karena diisi oleh padatnya pepohonan di sepanjang sisinya. Jika berkunjung di hari-hari biasa suasana akan sedikit sunyi, karena kurangnya pengunjung yang datang.

Berbeda dengan di akhir pekan, Wisata Hutan Payau Cilacap banyak dikunjungi wisatawan yang hendak berlibur dan menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang tersayang.

berkeliling dengan perahu
berkeliling dengan perahu. google maps. sumber: phow family

simak juga: gunung selok

2. Naik Perahu

Banyak wahana yang coba disediakan oleh pihak pengelola, seperti:

  • Jembatan Gantar Sewu,
  • Dermaga Cinta,
  • Jaring Mesra,
  • Jembatan Apung,

Dan yang menjadi favorit para pengunjung ialah mencoba mengelilingi kawasan Hutan Payau Cilacap dengan menggunakan perahu, yang selalu siap mengantarkan.

3. Hunting Foto

dermaga cinta
dermaga cinta. google maps. sumber: Prastio Andi Prayogi

simak juga: alun alun cilacap

Trend selfie atau wefie merupakan hal yang menjadi keharusan saat ini, akan lebih menarik jika berfoto di tempat yang oke. Dan pastinya akan dapat membuat hasil foto menjadi lebih baik.

Wisata Hutan Payau Cilacap melihat fenomena yang terjadi saat ini, sehingga membangun beberapa spot foto yang kece dan instagramable tentunya.

Bahkan spot foto yang tersedia lebih dari satu, sehingga kamu dapat berfoto di berbagai sudut yang sudah disediakan sepuasnya tanpa ada biaya tambahan.