Pantai Kali Kencana, Pantai Nusakambangan Yang Tak Kalah Cantik

|

Pantai Kali Kencana salah satu pantai cantik yang masih tersembunyi, hingga dijuluki hidden germ atau hidden paradise, serta surga tersembunyinya Pulau Nusakambangan.

Hah Nusakambangan?? Ia, pulau yang terkesan menyeramkan dan menakutkan ini ternyata memiliki beberapa pantai yang layak untuk dijadikan tempat wisata di Cilacap.

Keindahan Pantai Kencana tak jauh berbeda dengan Pantai Pasir Putih atau Pantai Kalipat, yang sama-sama berada di Pulau Nusakambangan. Jalur untuk menuju lokasi pun membutuhkan tenaga ekstra, layaknya naik gunung.

ikon pantai kali kencana
ikon pantai kali kencana. google maps. sumber: Achmad Mafaid

Namun dijamin, lelah yang kamu rasakan akan terbayar lunas dengan kesunyian dan juga keindahan dari Pantai Kali Kencana. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Lokasi Pantai Kali Kencana

  • Lokasi Pantai Kali Kencana berada di sebelah selatan Pulau Nusakambangan.
  • Tepatnya berada di Kecamatan Tambakreja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Rute Menuju Pantai Kali Kencana

Jalan menuju Pantai Kali Kencana diawali dengan perjalanan menuju Pantai Teluk Penyu, kemudian menyewa sebuah perahu untuk minta diantarkan ke Pantai Kali Kencana.

Sama halnya dengan menuju Pantai Kalipat dan Pantai Karang Pandan, untuk menuju Pantai Kali Kencana pun satu-satunya transportasi ialah dengan menyewa sebuah perahu kecil.

trekking yang harus dilalui
trekking yang harus dilalui. google maps. sumber: Erdy Yunan

Trekking Pantai Kali Kencana

Untuk menikmati segala hal yang indah memang selalu butuh effort yang lebih, untuk menuju Pantai Kali Kencana kamu harus  melakukan trekking dengan menapaki jalan setapak diantara rindangnya pepohonan.

Jalurnya sangat beragam, dari mulai landay hingga naik turun bukit. Sebaiknya datang berkunjung bersama orang yang pernah mengunjungi Pantai Kali Kencana karena tidak adanya petunjuk jalan selama jalur trekking, selain itu cukup banyak jalan yang bercabang.

Waktu yang dibutuhkan untuk trekking pun cukup lama, yakni sekitar 2 jam. Bisa kurang, bisa juga lebih, tergantung pada ketahanan masing-masing. Sebaiknya melakukan perjalanan ke Pantai Kali Kencana di pagi hari, hingga tidak terlalu panas.

simak juga: pantai widarapayung

Jam Buka Pantai Kali Kencana

  • Tidak ada ketentuan khusus ketika hendak memasuki Pantai Kali Kencana.
  • Namun kamu harus menyesuaikan waktu sewa perahu yang menjadi transportasi utamanya.
pasir di pantai kali kencana
pasir di pantai kali kencana. google maps. sumber: Firman Taruna Nugraha

Harga Tiket Masuk Pantai Kali Kencana

  • Tiket masuk yang harus dikeluarkan ialah ketika memasuki Pantai Teluk Penyu, karena untuk menuju Pantai Kali Kencana harus menyewa perahu di pantai tersebut.
  • Serta biaya untuk transportasi sewa perahunya sekitar Rp. 25.000,- per orang.

Fasilitas Pantai Kali Kencana

Layaknya pantai tersembunyi pada umumnya, fasilitas di sekitar Pantai Kali Kencana belum ada apa-apa. Jadi kamu harus pastikan membawa keperluan makanan dan minuman yang cukup ya.

Daya Tarik Pantai Kali Kencana

1. Keindahan Alam Yang Memikat

Pantai Kali Kencana memiliki view alam yang sangat cantik, air lautnya berwarna biru dengan ombak besar karena lokasinya yang menghadap langsung ke Samudera Hindia.

Pantai Kali Kencana memang tak begitu luas, bentuknya seperti tapak kuda dengan tebing tinggi nan hijau di kiri dan kanannya. Serta sebuah batu karang yang mirip perahu menjadi salah satu ikonnya. Pasir putihnya tak begitu luas, namun cukup luas untuk lari-larian.

Lelahnya trekking terbayarkan secara kontan, dengan panorama keindahan dari Pantai Kali Kencana yang memang layak untuk dilindungi alam.

keindahan alam yang masih perawan
keindahan alam yang masih perawan. google maps. sumber: Revn Aji

simak juga: pantai kamulyan

2. Ragam Wisata Seru Dan Anti Mainstream

Selama berada di Pantai Kali Kencana, banyak keseruan yang dapat dilakukan. Dari mulai bermain ayunan sederhana, bermain ombak, hingga terjun dari tebing batu untuk menuju lautnya yang biru.

Selalu pastikan keamanan ya, seru-seruan boleh tapi jangan sampai lupa daratan hehehe….

Setelah puas melakukan ragam wisata seru, saatnya beristirahat di atas pasirnya sambil menikmati keindahan bahari di depan mata. Seraya menikmati makanan atau minuman yang sudah kamu siapkan dari rumah.

3. Camping Di Kesunyian

Masa muda memang masa yang susah untuk dilupakan, apalagi jika diisi dengan berbagai memory seru dan tak terlupakan. Berkemah merupakan salah satu kegiatan yang cukup diminati para kawula muda, khususnya mereka yang biasa disebut pecinta alam.

berkemah atau camping
berkemah atau camping. google maps. sumber: Hendi Hart

Sepanjang malam kamu akan ditemani deburan ombak yang selalu datang silih berganti, angin laut pun siap menemani malam panjangmu. Bersama bestie dan kawan tongkrongan, menghabiskan waktu bersama.

Ingat, bersihkan kembali sampah yang kamu hasilkan ya…Jangan sampai keindahan Pantai Kali Kencana hilang akibat sampah. Karena sesungguhnya sampah merupakan musuh kita semua.