7 Tempat Wisata Tuban, Menjelajah di Kota Seribu Gua

|

Tempat wisata Tuban didominasi oleh wisata alam, karena Tuban terletak di jalur pantai utara (Pantura) Pulau Jawa serta berada di deretan Pegunungan Kapur Utara.

Tuban merupakan sebuah kabupaten di Pulau Jawa, yang disebut juga sebagai Kota Wali. Oleh karena itu, kamu juga dapat berwisata religi dengan mengunjungi makam wali yang ada di Tuban.

Berikut kami sajikan beberapa tempat wisata recommended di Tuban, sebagai bahan referensi awal untuk liburan di akhir pekan nanti.

7 Tempat Wisata Di Tuban

1. Pantai Boom

pantai boom
pantai boom. google maps. sumber: Ulfa Elisa

Simak juga: 11 tempat wisata Cilacap

Tempat wisata yang pertama ialah Pantai Boom, yang lokasinya hanya berjarak sekitar 5 menit saja dari Alun-Alun Tuban. Ketika memasuki gerbang Pantai Boom, kamu akan mendapati relief-relief yang menceritakan tentang sejarah Tuban.

Pantai Tuban yang satu ini tak memiliki hamparan pasir layaknya pantai pada umumnya, notabene Pantai Boom merupakan sebuah tanjung yang tepi pantainya dipenuhi bebatuan.

Meski kamu tidak bisa berenang atau mandi di lautnya, Pantai Boom menyediakan area kolam renang, juga beragam wahana permainan seru lainnya.

  • Lokasi: Kutorejo, Tuban, Jawa Timur
  • Jam buka: 06.00 – 18.00 waktu setempat
  • Tiket masuk: Rp. 6.000,-

2. Pantai Kelapa Tuban

pantai kelapa tuban
pantai kelapa tuban. google maps. sumber: davit rijadi

Simak juga: pantai kelapa tuban

Sesuai dengan namanya, Pantai Kelapa Tuban ini memiliki banyak sekali pohon kelapa di sekitar tepian pantainya. Yang tepat banget untuk dijadikan tempat wisata bersama keluarga.

Pasar Kelapa Tuban memiliki hamparan pasir putih, serta beragam wahana permainan yang seru banget. Diantaranya ada ayunan, jungkat jungkit, hingga flying fox.

Selain itu, kamu juga dapat bersantai di atas sebuah hammock yang terpasang diantara pepohonan. Sambil menunggu hadirnya panorama sunset yang cantik.

  • Lokasi: Jl. Gresik KM.1, Kepoh Panyuran, Kecamatan Palang, Tuban, Jawa Timur.
  • Jam buka: 07.30 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,-

3. Air Terjun Putri Nglirip

air terjun putri nglirip
air terjun putri nglirip. google maps. sumber: Cii Raden

Simak juga: air terjun nglirip

Air Terjun Nglirip atau Air Terjun Putri Nglirip, merupakan tempat wisata lain di Tuban yang nggak boleh kamu lewatkan. Air terjun ini memiliki kolam alami yang berwarna hijau tosca, dengan ketinggian air terjun sekitar 25 meter dan lebarnya 20 meter.

Selain bermain air di kolam alaminya, kamu juga dapat mengabadikan keindahan Air Terjun Putri Nglirip dengan ditemani berbagai spot foto yang tersedia.

  • Lokasi: Dusun Jojogan, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.
  • Jam buka: 06.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

4. Makam Sunan Bonang

makam sunan bonang
makam sunan bonang. google maps. sumber: Wishnu E. W.

Simak juga: 11 tempat wisata Aceh

Selanjutnya merupakan bagian dari wisata religi, yakni dengan mengunjungi makam salah satu wali yaitu makam Sunan Bonang. Lokasinya berada di belakang Masjid Agung Tuban, kamu tinggal berjalan sebentar saja.

Sekilas tentang Sunan Bonang ialah merupakan putra dari Sunan Ampel dengan Nyai Ageng Manila, dengan memiliki nama asli yaitu Raden Maulana Makdum Ibrahim. Ketika berada di area makam, pengunjung biasanya berdoa, bersalawat, dan mengaji.

  • Lokasi: Jl. KH. Mustain, Kutorejo, Tuban, Jawa Timur.
  • Jam buka: 24 jam

5. Masjid Agung Tuban

masjid agung tuban
masjid agung tuban. google maps. sumber: Angga ZiaQie

Simak juga: 11 tempat wisata Wonogiri

Masjid Agung Tuban berada di sekitar Alun-Alun Kota, dan telah berdiri sejak abad ke-15. Dibangun pada masa Adipati Raden Ario Tedjo, yang merupakan Bupati Tuban pertama yang masuk Islam.

Arsitektur dari Masjid Agung Tuban menggabungkan antara Arab, Turki, dan India. Terlihat mewah jika dari luar masjid. Konon katanya masjid ini merupakan saksi bisu akan perjuangan Sunan Bonang.

Jadi, ketika mengunjungi Masjid Agung Tuban kamu harus melanjutkannya ke makam Sunan Bonang yang letaknya ada di bagian belakang.

  • Lokasi: Jalan Bonang, Kutorejo, Tuban, Jawa Timur

6. Goa Akbar

goa akbar
goa akbar. google maps. sumber: Abdurrohman Faris

Simak juga: 11 tempat wisata Ambarawa

Selain dikenal sebagai Kota Wali, Tuban juga dikenal sebagai kota seribu goa. Salah satu goa bersejarah yang dapat kamu kunjungi ialah Goa Akbar.

Goa Akbar berada sangat dekat dengan Pasar Baru Tuban, dengan memiliki lorong sepanjang 1,2 km. Diperkirakan Goa Akbar ini telah berumur sekitar 20 juta tahun.

  • Lokasi: Semanding, Jarkalim, Gedongombo, Tuban, Jawa Timur.
  • Jam buka: 07.00 – 18.00
  • Tiket masuk: Rp. 4.000,-

7. Wisata Goa Ngerong

wisata goa ngerong
wisata goa ngerong. google maps. sumber: revian adi

Tempat wisata Tuban yang terakhir akan kita ulas ialah Wisata Goa Ngerong, yang memiliki ciri khas yakni goanya banyak kelelawar yang bergelantungan di langit-langit gua.

Selain dihuni oleh kelelawar, Goa Ngerong juga dihuni oleh ikan yang dianggap keramat oleh masyarakat sekitar. Banyak pengunjung yang memberi makan ikan-ikan tersebut, namun nggak ada yang berani untuk menangkapnya.

Di sekitar Goa Ngerong terdapat aliran sungai yang dapat digunakan untuk bermain air atau bahkan berenang.

  • Lokasi: Jl. Raya Rengel No. 155, Dusun Purboyo Mayang, Rengel, Tuban Jawa Timur.
  • Jam buka:  08.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 3.000,-