Bukit Gebang Nangka, Hamparan Alam Yang Tak Tertandingi Di Kepulauan Bangka Belitung

Dengan melihat keindahan alam suasana hati kita akan menjadi tenang, alam merupakan tempat yang tepat untuk mncurahkan semua rasa gundah dalam dada.

Kepulauan Bangka memiliki keindahan alam yang masih sangat alami, terdapat sebuah tempat di Pulau Bangka tepatnya berada di Desa Nangka dimana kamu dapat melihat keajaiban alam dari ketinggian.

Nama tempatnya ialah Wisata Bukit Gebang Nangka, kamu dapat menyaksikan keindahan alam Pulau Bangka dari ketinggian 400 mdpl (meter diatas permukaan laut).

Ketika berada di puncak Bukit Gebang Bangka, kamu akan disuguhi pemandangan dengan deretan hijau pepohonan yang masih rimbun ditambah deretan pohon merica.

Kamu pun akan dapat menyaksikan batu granit yang berdiri dengan tinggi dan kokohnya, alam yang indah dan hawa yang sejuk dapat membuat hati kamu tenang.

Wisata Alam Bukit Gebang Nangka
Wisata Alam Bukit Gebang Nangka. Sumber: republika.co.id

Simak juga: 11 lokasi wisata di Bangka

Berikut ulasan lengkap mengenai Wisata Bukit Gebang Nangka:

Lokasi Bukit Gebang

Lokasi Bukit Gebang Nangka ini berada di Desa Nangka, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Gerbang Masuk Menuju Bukit Gebang Nangka
Gerbang Masuk Menuju Bukit Gebang Nangka. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Rute Menuju Bukit Gebang

Rute untuk menuju Wisata Bukit Gebang Nangka tak terlalu sulit untuk dituju, dari ibu kota Provinsi Bangka Belitung, yakni Pangkal Pinang kamu akan menempuh perjalanan sejauh 72 km menuju arah barat laut dengan estimasi waktu sekitar 1,5 jam. Ketika kamu sudah berada di Pangkalpinang-Toboali Km 72, arahkan kendaraanmu belok ke kiri.

Perjalanan menuju Wisata Bukit Gebang didominasi oleh tanjakan, jika kamu menggunakan kendaraan mobil harus lebih berhati-hati. Karena kondisi jalannya yang tak terlalu lebar, dengan kiri kanan jalannya dipenuhi pepohonan yang menjulang tinggi.

Jam Buka Bukit Gebang

Jam operasional Wisata Bukit Gebang Nangka dibuka dari hari Senin sampai dengan hari Minggu, mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Waktu yang tepat untuk datang mengunjungi lokasi wisata yang satu ini ketika pagi hari dimana kondisi alam yang masih sangat sejuk.

Simak juga: The great Asia Afrika, 1 pintu menuju 7 negara

Tiket Bukit Gebang

Tiket masuk wisata Bukit Gebang Nangka tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis, kamu dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa ini sepuasnya. Kamu hanya perlu membayar tiket parkir saja.

Jika kamu tidak mau berjalan kaki menuju puncak bukit Gebang Nangka kamu dapat menggunakan jasa ojek dengan membayar ongkos sekitar Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 10.000,-

Fasilitas Bukit Gebang

Fasilitas penunjang yang ada di tempat wisata Bukit Gebang Nangka masih dalam proses pengembangan, fasilitas umum yang sudah ada diantaranya:

  • Pangkalan ojeg
  • Toilet
  • Mushola
  • Spot-spot foto yang kece badai

Daya Tarik Bukit Gebang

Daya tarik tempat wisata Bukit Gebang Nangka, di Pulau Bangka ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga dapat membuat para pengunjung untuk datang yakni:

1. Panorama Alam Yang Indah

Untuk sampai menuju puncak Bukit Gebang, kamu akan harus melakukan trekking dengan berjalan kaki terlebih dahulu. Dimana kamu akan berjalan diatas permukaan jalan yang masih berupa tanah, dengan kondisi jalan yang selalu menanjak.

Sepanjang perjalanan kamu sudah dapat melihat hamparan keindahan alam yang dihiasi dengan pepohonan yang berjajar dengan rapih. Meskipun melelahkan tapi pasti sangat menyenangkan, karena kamu akan menemukan keindahan alam yang tiada tara.

Hamparan Alam Yang Tersaji
Hamparan Alam Yang Tersaji. Sumber: blog.airpaz.com

Sepanjang perjalanan kamu akan melewati perkebunan milik warga seperti kebun durian, lada, dan pohon karet. Rasa lelahmu tak terlalu berasa dengan melihat alam yang tersaji.

Apalagi jika kamu sudah berada di atas puncak bukit, hamparan pepohonan yang berwarna hijau serta langit yang berwarna biru terpampang nyata di hadapanmu.

Semilir angin mengibaskan rambutmu, suasana aman, tenang, dan damai akan merasuk kedalam jiwa dan raga. Sebuah tempat yang tepat untuk merecharge energi yang sudah hampir habis.

Suasana di malam hari akan sangat menenangkan dengan ditambah dengan suara serangga yang mengiringi perjalananmu. Namun saat ini lokasi wisata Bukit Gebang Nangka hanya dibuka sampai dengan pukul 17.00 sore.

2. Spot Foto Yang Kece

Simak juga: Jembatan Perenungan GUnung Bongkok

Pihak pengelola telah menyediakan beberapa spot foto untuk memanjakan kamu yang saat ini sedang hobi fotografi. Beberapa spot foto yang ada diantaranya:

  • Spot Foto Yang Berbentuk “I Love U”

Spot foto yang satu ini berbentuk “I Love U”, banyak pengunjung yang mengabadikan area spot foto yang satu ini. Dengan latar sebuah keindahan alam yang luar biasa menakjubkan. Lokasi spot foto ini berada di sebelah kiri pintu gerbang.

Spot Foto Yang Pertama
Spot Foto Yang Pertama. Sumber: telusurbangka.blogspot.com
  • Rumah Pohon

Area spot foto yang satu ini berada diatas pohon, kamu harus menaiki sebuah batu granit yang besar terlebih dahulu kemudian menaiki sebuah tangga sebelum akhirnya tiba di spot foto yang satu ini.

Menikmati Alam Di Atas Rumah Pohon
Menikmati Alam Di Atas Rumah Pohon. Sumber: www.pegipegi.com

Namun usaha yang tak mudah untuk menuju spot rumah pohon terbayarkan secara nyata ketika kamu sudah berada di atasnya. Alam yang disajikan sungguh sangat luar biasa dan tak tertandingi.

  • Sebuah Jembatan

Terdapat sebuah jembatan yang dapat kamu gunakan untuk berada lebih dekat dengan alam, disini kamu bisa mengambil gambar dengan berjalan sambil menikmati alam.

  • Meja Dan Kursi Cafe

Tempat foto selanjutnya ialah sebuah meja dan kursi yang terpadu menjadi satu seperti sedang berada di sebuah cafe. Kamu dapat duduk-duduk manja disini, menikmati makanan dan minuman yang kamu bawa, sambil mengamati keindahan alam yang terhampar luas.

Simak juga: Rekreasi dan mengenal hewan di Lembang Park and Zoo

Serta masih ada spot foto lainnya yang dapat kamu jelajahi sendiri.

Spot Foto Yang Menarik Lainnya
Spot Foto Yang Menarik Lainnya. Sumber: blog.airpaz.com

Tips Wisata

Jika kamu hendak berkunjung ke lokasi wisata Bukit Gebang Nangka ini, sebaiknya kamu perhatikan tips wisata berikut ini:

  • Selalu perhatikan keadaan cuaca saat hendak beranjak dari rumah.
  • Jika kamu menggunakan mobil harus selalu waspada dan hati-hati.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman untuk bekal kamu ketika berada di puncak Bukit Gebang Nangka.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Ada baiknya kamu membawa obat anti nyamuk, karena keadaannya masih sangat alami dengan lebatnya pepohonan di area lokasi.
  • Berhati-hatilah ketika mencoba spot foto yang ada, karena kamu akan berada di ketinggian.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian lokasi wisata Bukit Gebang Nangka.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk menyimpan momen indah selama berada di puncak Bukit Gebang Nangka.

Penutup

Alam kepulauan Bangka masih sangat asri dan alami, lokasi yang tepat untuk menenangkan diri dan menjauh dari hiruk pikuknya perkotaan. Bukit Gebang Nangka merupakan salah satu tempat yang tepat untuk kamu mencurahkan rasa lelah yang menggelayut dalam diri.

Cobalah kamu kunjungi Bukit Gebang Nangka, dan rasakan sendiri sensasinya!


Leave a Comment