Bukit Gebang Menikmati Keindahan Bangka dari Ketinggian 400 Meter

Di puncak Bukit Gebang Bangka, para pengunjung akan disuguhi pemandangan hijau dan deretan pohon merica yang menjalar tinggi. Di beberapa bagian juga bisa disaksikan batu granit yang menjulang tinggi nan kokoh.

Di puncak Bukit Gebang Bangka, para pengunjung akan disuguhi pemandangan hijau dan deretan pohon merica yang menjalar tinggi. Di beberapa bagian juga bisa disaksikan batu granit yang menjulang tinggi nan kokoh.
Bukit Gebang. Image via: wisatabangkaselatan.com

Awalnya lahan di bukit ini tidak terkelola. Bahkan sempat ada pengusaha yang ingin membeli batu-batu granit disini dengan cara diledakkan. Namun pemuda desa menolak dan memilih mengembangkannya dengan pendekatan pariwisata.

Dari semangat itu, akhirnya komunitas pemuda mulai menata dan membangun sejumlah spot foto menarik. Kuncinya adalah indah di foto dan dipromosikan melalui media sosial. Atau istilah mudahnya adalah “Instagrammable”.

Keindahan yang ditawarkan selalu mampu merayu kaki untuk menapaki setiap sudut bukit. Para pengunjung bisa dengan jelas menyaksikan keindahan alam Pulau Bangka dari ketinggian sekitar 400 mdpl.

Untuk meningkatkan minat pengunjung, pengelola juga membuat beberapa spot foto yang instagramable di tempat wisata ini. Mereka terinspirasi dari konsep yang ada di wisata Kalibiru, Kulonprogo, Yogyakarta.

Untuk saat ini ada lima spot foto Instagramable yang berada di Bukit Gebang, di mana 3 di antaranya adalah spot favorit para pengunjung.

Untuk meningkatkan minat pengunjung, pengelola juga membuat beberapa spot foto yang instagramable di tempat wisata ini. Mereka terinspirasi dari konsep yang ada di wisata Kalibiru, Kulonprogo, Yogyakarta.
Menuju Senja. Image via: @aidil_fitrah_tamrin

Simak juga: 11 lokasi wisata di Bangka

Lokasi Bukit Gebang

Obyek wisata Bukit Gebang yang mempesona ini terletak di Desa Nangka, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dari ibu kota kabupaten Bangka Selatan, Yakni Kota Taboali, lokasi wisata panorama ini berjarak 43 km. Atau sekitar 1 jam perjalanan kendaraan bermotor.

Rute Menuju Bukit Gebang

Cukup mudah untuk menemukan destinasi wisata yang satu ini. Dari ibu kota Provinsi Bangka Belitung, Pangkal Pinang, para pengunjung hanya perlu menempuh jarak sejauh 72 km menuju ke arah barat laut dengan waktu perjalanan kurang lebih selama 1 jam 30 menit.

Ketika sampai di jalan raya Pangkalpinang-Toboali kilometer 72, para pengunjung harus belok kiri dan kemudian masuk menuju Desa Nangka yang jauhnya sekitar 4 kilometer.

Obyek wisata Bukit Gebang yang mempesona ini terletak di Desa Nangka, Kecamatan Air Gegas,
Bukit Gebang di Kampoeng Nangka. Image via: republika.co.id

Meskipun harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, namun perjalananmu dijamin akan terasa menyenangkan karena bakal disuguhi dengan pemandangan alam yang menawan khas Pulau Bangka serta deretan perkebunan kelapa sawit.

Kemudian setelah sampai di kaki bukit, para pengunjung masih harus melanjutkan perjalanan dengan mendaki hingga ke puncak. Jika tidak ingin bersusah payah juga telah disediakan jasa ojek dengan tarif sekitar 5 ribu hingga 10 ribu rupiah.

Jam Buka Bukit Gebang

Lokasi wisata tempat berburu foto instagramable ini buka setiap hari, dari Senin sampai Minggu. Lokasi ini dibuka untuk kunjungan mulai dari jam 08.00 pagi hingga jam 17.00 di sore hari. Walau tampaknya suasana malam di bukit ini akan sangat indah, namun pengelola belum mengembangkan wisata malam di lokasi ini.

Warna merah dari beberapa buah merica yang baru saja matang memberikan kontras warna yang semakin indah untuk dipandang
Merica di Bukit Gebang. Image via: republika.co.id

Simak juga: The great Asia Afrika, 1 pintu menuju 7 negara

Tiket Bukit Gebang

Untuk masuk ke lokasi bukit gebang, pengunjung tidak di pungut biaya oleh pengelola. Pengunjung cukup membayar uang parkir kendaraan atau ojek untuk mencapai bukit gebang. Biaya untuk pembayaran ojek berkisar Rp 5.000 sampai Rp 10.000 rupiah.

Namun jika anda ingin menaiki bukit dengan menggunakan jalan kaki, pengunjung tidak perlu membayar biaya Ojek.

Fasilitas Bukit Gebang

Untuk fasilitas penunjang wisata, pengelola bukit gebang masih terus melakukan pengembangan dan perbaikan. Untuk saat ini, fasilitas umum yang sudah ada hanya pangkalan ojek, toilet dan mushola. fasilitas lainnya yang bisa anda gunakan adalah spot-spot untuk berfoto melihat pemandangan bersama teman, pacar dan keluarga anda.

Daya Tarik Bukit Gebang

  1. Panorama Alam

di sebelah selatan pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan yang menawan dari perkebunan milik warga.
Panorama Senja. Image via: @spectanizer

Warna merah dari beberapa buah merica yang baru saja matang memberikan kontras warna yang semakin indah untuk dipandang. Merayu kaki untuk melangkah semakin dalam menyusuri bentangan lahan karet seluas 10 hektare sebelum akhirnya sampai di puncak bukit.

Ketika tiba di atas Bukit Gebang, pemandangan yang terlihat seperti banyak pohon besar seperti pohon durian, lada, karet milik warga yang tumbuh di pinggiran bukitnya. Bila cerah, lautan di sebelah utara.

Wisata bukit gebang ini seakan seperti memasukin sebuah labirin yang dimana terdapat banyaknya pohon merica. di atas bukit anda akan menemukan bebatuan granit menjulang seolah-olah sebagai pondasi bukit gebang itu sendiri.

Ketika cuaca sedang cerah, pengunjung bisa melihat lautan serta Pulau Mentawai di sebelah utara bukit. Sedangkan di sebelah selatan pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan yang menawan dari perkebunan milik warga.

  1. Spot Foto

Hingga saat ini, sedikitnya ada lima spot foto yang semuanya menjadi favorit wisatawan. Diantaranya adalah spot bertuliskan "I Love u" yang berada di sisi sebelah kiri dari pintu masuk Bukit Gebang.
Spot I Love You. Image via: wisatabangkaselatan.com

Simak juga: Jembatan Perenungan GUnung Bongkok

Hingga saat ini, sedikitnya ada lima spot foto yang semuanya menjadi favorit wisatawan. Diantaranya adalah spot bertuliskan “I Love u” yang berada di sisi sebelah kiri dari pintu masuk Bukit Gebang.  Lokasinya yang berada sedikit di bawah menjadikan spot foto ini incaran wisatawan.

Dari sudut pengambilan gambar yang telah disiapkan, pengunjung seolah-olah berada sejajar dengan bentangan alam yang terhampar dari bukit ini.

Kemudian yang kedua adalah jembatan yang menjorok ke depan bukit. Berada di spot ini akan memberikan sensasi yang mengasyikkan. Apalagi jika dalam suasana senja dengan warna langit yang kemerahan. Sungguh menyajikan suasana menuju gerbang keindahan.

Ada juga adalah jembatan yang menjorok ke depan bukit. Berada di spot ini akan memberikan sensasi yang mengasyikkan.
Jembatan yang menjorok. Image via: @ogi_yuliwantara

Satu lagi yang jadi spot favorit adalah rumah pohon. Menuju spot foto ini, pengunjung akan diajak sedikit untuk memacu adrenaline. Untuk mencapai spot ini, pengunjung lebih dulu harus merangkak naik ke atas satu batu granit yang besar. Sebelum kemudian meniti tangga kayu ke rumah pohon yang ada sekitar 2 meter di atasnya.

Buat yang tidak biasa, menaiki spot yang satu ini bakal membuat jantung sedikit berdegup kencang. Namun proses tidak akan pernah mengkhianati hasil. Ketika sampai di atas, pemandangan yang jauh lebih indah menjadi hadiah.

Uutk semua spot foto itu, pengelola sudah menyiapkan alat keamanan yang akan membuat pengunjung terjaga selama berada di atas. Saat kondisi ramai, pengunjung dibatasi 5 sampai 10 menit berada di Spot.

Merayakan kesendirian di bukit gebang
Disini ku menanti mu. Image via: @ogi_yuliwantara

Simak juga: Rekreasi dan mengenal hewan di Lembang Park and Zoo

Objek Wisata Dekat Bukit Gebang

Bukit indah mempesona di Bangka Selatan, tidak hanya bukit gebang. Ada satu lagi bukit wisata yang tidak aklah mempesona, yakni Bukit Nenek.

Memiliki ketinggian sekitar 380 mdpl membuat tempat ini berbeda dari pemandangan alam biasanya. Pengunjung dapat melihat indahnya hamparan hutan hijau dari atas bukit dan mengabadikan momen indah langka di tempat ini.

Kabupaten Bangka Selatan, selain memiliki wisata perbukitan, juga memilki beberapa objek wisata lain. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Kerasak. Pantai ini memiliki pasir halus berwarna putih dengan pemandangan air jernih berwarna kebiruan.

Tak hanya itu, pemandangan batu granit yang berbaris di pinggir pantai membuat daya tarik unik tersendiri. Pengunjung yang datang ke sini dapat menikmati air laut yang segar ataupun berswafoto di sela batu-batu granit yang ada di sekitar pantai.

Bagaimana, apakah kamu tertarik berkunjung ke Bukit Gebang? Dengan keindahan dan fasilitas yang ditawarkan, berkunjung ke Bukit Gebang adalah suatu keharusan bagi warga Pulau Bangka, Pulau Belitung, bahkan seluruh Indonesia.

Baca juga:

Leave a Comment