Sasak Panyawangan Purwakarta, Wisata Purwakarta Di Antara 2 Gunung

Di beberapa artikel sebelumnya, saya sempat membahas tentang Kabupaten Purwakarta yang sudah membuktikan sebagai zona wisata yang mendapat tempat khusus di hati para wisatawan, baik di kancah lokal, nasional, bahkan kulinernya yang sudah merambah ke mancanegara.Waduk Jatiluhur adalah satu dari sekian banyak pesona keindahan Purwakarta. Dan terdapat spot unik, sebagai cara lain menikmati keindahan Waduk Jatiluhur.

Sasak Panyawangan Purwakarta
Sasak Panyawangan Purwakarta. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Nama tempat tersebut adalah Sasak Panyawangan Purwakarta. Sebuah objek wisata yang menawarkan cara lain menikmati wisata populer di Purwakarta dari dekat, khususnya untuk Gunung Bongkok, dan Gunung Parang.

Pesona Waduk Jatiluhur Di Sasak Panyawangan
Pesona Waduk Jatiluhur Di Sasak Panyawangan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Dan untuk Waduk Jatiluhur adalah sensasi menikmati keindahannya dari ketinggian, meskipun jaraknya cukup jauh, namun mampu menghadirkan pesona yang eksotis saat berada di Sasak Panyawangan Purwakarta.

Sejarah Penamaan Sasak Panyawangan Purwakarta

Peribahasa mengatakan “Apalah arti sebuah nama” sepertinya tidak cocok bagi sebuah objek wisata. Hampir semua objek wisata yang ada di Indonesia memiliki nama yang mengandung makna, sejarah atau tujuan, tertentu.

Begitupun dengan Sasak Panyawangan Purwakarta memiliki arti sebagai sebuah jembatan perenungan. Sasak dalam bahasa sunda berarti jembatan, sedangkan panyawangan yang berarti penerawangan, atau perenungan.

Sasak Panyawangan Purwakarta Atau Jembatan Perenungan
Sasak Panyawangan Purwakarta Atau Jembatan Perenungan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sebuah nama tidak lahir begitu saja. Sasak Panyawangan Purwakarta memang sangat cocok bagi mereka yang ingin menyepi sejenak dari kehidupan kota besar.

Daya Tarik Sasak Panyawangan Purwakarta

Stidaknya terdapat 4 daya tarik utama di Sasak Panyawangan Purwakarta, yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Yaitu :

1. Jembatan Perenungan

Daya tarik yang pertama tentu saja Sasak Panyawangan Purwakarta. Sasak Panyawangan merupakan jembatan bambu dengan panjang sekitar 2,5 kilometer.

Lokasi Sasak Panyawangan Purwakarta berada di tengah-tengah gunung batu, serta menghadap ke arah Waduk Jatiluhur, sebagai waduk legendaris di Jawa Barat.

Meskipun jembatannya terbuat dari bambu, namun soal kekuatan jangan diragukan. Ditambah lagi, pihak pengelola selalu melakukan pengecekan secara berkala.

Daya Tarik Sasak Panyawangan Purwakarta
Daya Tarik Sasak Panyawangan Purwakarta. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jembatan tersebut menjadi akses menuju ke dua gunung tersebut, bahkan sampai jarak terdekat. Dan jembatan tersebut adalah spot foto favorit pengunjung.

2. Gunung Bongkok Dan Gunung Parang

Gunung Bongkok, dan Gunung Parang adalah dua gunung batu yang menjadi penyempurna pesona keindahan Sasak Panyawangan Purwakarta.

Gunung Bongkok memiliki ciri khusus, bentuknya seperti sebuah mangkuk yang terbalik. Dan ke dua gunung tersebut menjadi lokasi favorit untuk melakukan kegiatan climbing.

Pesona Gunung Bongkok Purwakarta
Pesona Gunung Bongkok Purwakarta. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kegiatan ini hanya bagi mereka yang sudah terbiasa, dan terlatih saja ya. Bagi yang tidak bisa, terdapat hamparan batu besar di depan gunung tersebut untu melihat kegiatan climbing, dan swafoto.

Di batu tersebut juga menjadi start awal bagi kalian yang ingin mencoba wahana flying fox. Tetap utamakan keselamatan ya…

Flying Fox Di Sasak Panyawangan Purwakarta
Flying Fox Di Sasak Panyawangan Purwakarta. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

3. Kolam Renang

Daya tarik selanjutnya dari Sasak Panyawangan Purwakarta yaitu 2 kolam renang yang tepat berada di dekat gunung batu tersebut.

Kolam Renang Sasak Panyawangan Purwakarta
Kolam Renang Sasak Panyawangan Purwakarta. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Bahkan di dekat kolam, terdapat beberapa batu besar untuk melakukan cliff jumping. 2 kolam tersebut dibedakan dari sisi kedalamannya.

Bahkan terdapat papan peringatan bagi kolam yang dalam hanya untuk mereka yang sudah bisa berenang, atau menggunakan pelampung.

4. Penginapan

Bagi para pengunjung ang datang dari kota besar dekat Purwakarta, ada baiknya berlibur bersama keluarga ke Sasak Panyawangan Purwakarta.

Karena terdapat penginapan di Sasak Panyawangan Purwakarta yang menyajian suasana asri. Udara yang bersih, tidak sperti di kota besar.

Penginapan Di Sasak Panyawangan Purwakarta
Penginapan Di Sasak Panyawangan Purwakarta. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Suasana hening, damai saat malam tiba. Kemudian saat menjelang pagi, sinar matahari perlahan mulai menghangatkan kembali tubuh.

Hmmm… inilah satu pesona wisata Purwakarta yang bernama Sasak Panyawangan Purwakarta. Sebuah jembatan perenungan tentang diri, tentang alam, dan tentang tuhan.

Simak juga: 23 lokasi wisata di Purwakarta

Lokasi Sasak Panyawangan Purwakarta

Sasak Panyawangan Purwakarta berlokasi di Desa Sukamulya, Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Rute Menuju Sasak Panyawangan Purwakarta

Bagi wisatawan dari arah kota Purwakarta dapat langsung mengarahkan kendaraannya menuju Plered atau Tegal Waru. Kemudian lanjutkan mengikuti arah Gunung Bongkok, setelah itu tak lama lagi akan samapai di lokasi wisata ini.

Sedangkan bagi wisatawan dari Jakarta dapat keluar di exit tol Ciganea-Jatiluhur kemudian ambil jalur kanan hingga menemui Pasar Anyar Sukatani. Setelah itu belok kanan dan ikuti jalan sampai pertigaan Gunung Lembu dan Gunung Parang lalu belok kiri hingga sampai ke lokasi wisata.

Wisata Purwakarta Sasak Panyawangan
Wisata Purwakarta Sasak Panyawangan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jam Buka Sasak Panyawangan Purwakarta

Mengenai Jam Buka, Sasak Panyawangan Purwakarta dibuka mulai pukul 08.00 – 18.00. Lokasi wisata menawan ini pada setiap hari sepanjang minggu

Tiket Sasak Panyawangan Purwakarta

Harga Tiket Masuk Sasak Panyawangan Purwakarta Rp 10.000 / orang. Ini belum termasuk tarif parkir kendaraan senilai Rp 2.000.

Fasilitas Sasak Panyawangan Purwakarta

Fasilitas penunjang kegiatan wisata di Sasak Panyawangan Purwakarta sudah tersedia dengan memadai. Di sini tersedia area parkir, toilet hingga tempat untuk beribadah juga telah siap untuk pengunjung gunakan.

Penutup

Demikian review Sasak Panyawangan Purwakarta. Tetap patuhi protokol keamanan, dan protokol kesehatan ya…


Tinggalkan komentar