36 Tempat Wisata Di Purwakarta Yang Paling Populer

Tempat Wisata di Purwakarta kali ini kami ulas lebih lengkap, yang terdiri dari tempat wisata alam dan juga wisata modern yang dapat membuat liburanmu semakin seru.

Kabupaten Purwakarta berada di lokasi yang sangat strategis karena berada di jalur Jakarta-Bandung-Cirebon.

Banyak tempat wisata di Purwakarta yang menarik dan menyuguhkan pemandangan yang indah. Berikut beberapa tempat wisata di Purwakarta yang dapat kamu eksplor.

36 Tempat Wisata Di Purwakarta

1. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur merupakan waduk buatan pertama di Indonesia yang dibangun pada tahun 1957. Awalnya waduk ini difungsikan sebagai irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan, dan bahan baku air minum.

Seiring dengan berjalannya waktu, Waduk Jatiluhur berkembang menjadi tempat wisata di Purwakarta karena memiliki panorama yang indah sehingga dijadikan sebagai potensi wisata yang mampu mendatangkan wisatawan.

waduk jatiluhur
source image: https://avidflaneurist.wordpress.com/2014/10/16/sejahtera-dengan-air-memanfaatkan-potensi-waduk-jatiluhur/

Benar saja, Waduk Jatiluhur sanggup menarik minat wisatawan lokal maupun domestik bahkan mancanegara untuk berkunjung. Selanjutnya tempat wisata yang merupakan muara sungai Citarum berukuran 8,3 ribu hektar ini dilengkapi dengan beragam fasilitas dan akomodasi yang dapat memberikan kenyamanan kepada wisatawan.

Misalnya saja beragam sarana rekreasi dan olahraga air, seperti selancar angin, dayung, ski air, berenang, memancing, berperahu mengelilingi waduk, dan lain sebagainya.

Untuk memaksimalkan waktu wisatawan dalam menikmati keindahan dan fasilitas di tempat wisata ini, banyak investor menawarkan bungalow yang bisa disewa pengunjung untuk beristirahat melepas lelah.

Lihat info Waduk Jatiluhur disini.

2. Waduk Cirata

Terletak di Desa Margalaksana, Cipeundeuy, Purwakarta, Waduk Cirata menjadi salah satu tempat wisata di Purwakarta yang populer dan murah meriah.

Waduk Cirata berfungsi sebagai sumber air bagi masyarakat di tiga kabupaten yakni Cianjur, Bandung, dan Purwakarta.

waduk cirata
source image:http://www.nastopo.com/wisata/obyek-wisata-waduk-cirata-purwakarta/

Selain itu, waduk ini juga digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan tentunya tempat wisata yang terjangkau masyarakat luas.

Baca info waduk cirata purwakarta disini.

3. Jatiluhur Waterworld

Jatiluhur Water World memiliki beberapa kolam renang mulai dari kolam anak hingga kolam olympic.

Ada banyak wahana yang bisa Anda mainkan bersama keluarga, seperti seluncuran air, ember tumpah, flying fox, bungge trampolin, dan masih banyak yang lainnya.

Dan yang paling seru ialah bermain seluncuran yang memiliki tinggi seitar 11,5 meter dengan panjang kira-kira 43 meter.

jatiluhur waterworld

Tempat wisata ini berjarak 120 km dari Jakarta, jika diakses dari kota Bandung jaraknya sekitar 70 km. Untuk mencapainya dapat melalui jalan tol Purbaleunyi (Purwakarta-Bandung-Cileunyi).

4. Giri Tirta Kahuripan

Satu lagi kolam renang di Purwakarta yang memiliki keunikan tersendiri. Giri Tirta Kahuripan berada di ketinggian 500 mdpl,

Sehingga tak heran jika tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang asri dengan hawa yang sejuk dan segar.

Suasana yang tercipta di tempat wisata ini begitu romantis sehingga sangat cocok sebagai destinasi wisata bersama pasangan atau bulan madu.

giri tirta kahuripan - tempat wisata di purwakarta
source image:http://andromedocahyo.blogspot.co.id/2015/06/jalan-jalan-ke-giri-tirta-kahuripan.html

Namun, tempat wisata ini juga seru untuk liburan keluarga. Lokasinya berada di Desa Taringgul Tonggol, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta. Sebagai tempat wisata, Giri Tirta Kahuripan telah dilengkapi dengan fasilitas dan akomodasi yang dapat membuat wisatawan puas dan nyaman.

Di sini tersedia aneka wahana bermain yang pastinya seru seperti sepeda air, lapangan futsal, ATV, skypool, dan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan istirahat wisatawan, telah tersedia penginapan baik villa maupun cottage dengan pemandangan pegunungan yang indah menenangkan.

Lihat reviewnya di artikel Giri Tirta Kahuripan.

5. Goa Jepang dan Belanda

Anda pernah mendengar Goa Jepang dan Belanda? Tak sekadar cerita fiktif belaka, kedua goa tersebut memang ada sebagai bagian dari peninggalan sejarah masa penjajahan Jepang dan Belanda di Purwakarta.

Tak heran jika keduanya menjadi tempat wisata di Purwakarta yang populer.

goa jepang purwakarta
Menurut sejarahnya Goa Jepang dibangun pada tahun 1942. Pembangunannya dilakukan secara romusha atau kerja paksa. Goa ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan senjata dan mesiu sekaligus juga tempat radio komunikasi tentara Jepang. Berjarak kurang lebih 800 meter dari Goa Jepang terdapat Goa Belanda.

Goa ini dibangun setahun lebih awal dari Goa Jepang, yakni tahun 1941. Fungsi dari goa ini sebagai terowongan penghubung PLTA Bengkok, namun kemudian berubah menjadi pusat stasiun radio komunikasi militer Hindia Belanda.

Kini, kedua goa ini menjadi tempat wisata sejarah yang populer di Purwakarta karena menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Pastikan Anda juga mengunjunginya jika bertandang ke Puwakarta.

Baca juga: tempat wisata di Bandung yang populer

6. Curug Cipurut

Keindahan panorama alam terhampar di Curug Cipurut, salah satu tempat wisata di Purwakarta yang pantang untuk dilewatkan. Lokasinya berada di kaki gunung Burangrang, atau berjarak 30 km dari kota Purwakarta.

Tempat wisata air terjun ini menawarkan 3 curug, satu yang paling tinggi memiliki ketinggian 25 meter, sedangkan 2 lainnya lebih landai.

curug cipurut
source image:news.liputan6.com

Tempat wisata ini mudah diakses baik dengan angkutan desa maupun kendaraan pribadi. Keindahan alam yang disuguhkan di tempat wisata ini sangat pas untuk kegiatan camping, bertualang, juga fotografi.

Simak review Curug Cipurut disini.

7. Situ Wanayasa

Tempat wisata di Purwakarta yang satu ini menyuguhkan pemandangan alam yang mengagumkan.

Letaknya yang tak jauh dari Curug Cipurut, menjadikan Situ Wanayasa sebagai tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi wisatawan.

situ wanayasa
source image: blogs.unpad.ac.id

Danau seluas 7 hektar ini tak hanya menawarkan keindahan alam yang menenangkan tetapi juga beragam permainan seru yang siap menemani wisatawan bermain seperti kapal bebek kayuh, sepeda air, memancing, dan lainnya.

Di tempat wisata ini, terdapat makam RA. Suriawinata yang dipercaya sebagai pendiri Purwakarta, tepatnya di pulau kecil yang berada di tengah danau.

Simak juga: review tempat wisata di Kutai Kartanegara

8. Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud

Taman air mancur Sri Baduga Situ Buleud merupakan tempat wisata di Purwakarta lainnya yang pantang untuk dilewatkan.

Danau seluas 4 hektar ini memiliki daya tarik karena memiliki air mancur Taman Sri Baduga yang mirip air mancur di Singapura.

Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud
source image: jabar.tribunnews.com

Tak hanya itu, keelokan tempat wisata ini juga ditunjukkan dengan adanya light effect dan api di atas air dengan gerakan bervariasi sesuai dengan hentakan irama musik yang dimainkan. Pemandangan light effect ini disuguhkan setiap hari Sabtu pukul 19.30 hingga 22.30 WIB.

9. Sumber Air Panas Ciracas

Sumber Air Panas Ciracas berada diantara hamparan sawah, yang menjadikannya sebagai salah satu daya tariknya.

Lokasinya berada sekitar 8 km dari Situ Wanayasa. Di sini terdapat 12 titik sumber air panas, namun beberapa di antaranya terdapat di sekitar pematang sawah milik warga setempat.

Sumber air panas Ciracas ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti kulit, rematik, dan lainnya.

Baca juga: review tempat wisata di Penajam Paser Utara

10. Sentra Keramik Plered

Purwakarta dikenal sebagai daerah penghasil keramik berkualitas, bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Nah, sentra keramik Plered menjadi tempat wisata di Purwakarta yang juga populer dengan tingkat kunjungan wisatawan yang cukup tinggi.

sentra keramik plered purwakarta

Letaknya di Desa Arjun, Kecamatan Plered, yang berjarak sekitar 13 km dari pusat kota Purwakarta. Daya tarik tempat wisata ini tentu saja produk-produk kerajinan dari keramik seperti gerabah, porselain, dan terakota.

Lihat juga: rekomendasi tempat wisata di Garut

11. Desa Sajuta Batu

Desa Sejuta Baru lokasinya berada di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru. Tempat wisata di Purwakarta ini menjadi destinasi wisata dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

desa sajuta batu purwakarta
source image: http://www.cidahu.com/2015/11/227/desa-wisata-sajuta-batu-purwakarta-surga-para-pecinta-adrenalin/

Tak hanya panoramanya saja yang ditawarkan tempat wisata ini tetapi juga beragam pengalaman seperti jelajah desa, memancing, panjat tebing di Gunung Parang, camping, dan juga olahraga offroad.

Keindahan alam di Desa Sejuta Batu juga menarik para pasangan muda untuk melakukan foto pre-wedding di tempat wisata ini.

12. Wisata Kuliner Sate Maranggi

Sate Maranggi dikenal sebagai kuliner khas Purwakarta. Asyiknya, untuk para pelancong disediakan tempat wisata di Purwakarta yang menikmati sajian khas ini.

Citarasa yang khas, tekstur yang empuk, menjadi salah satu alasan Sate Maranggi menjadi kuliner wajib ketika berada di Purwakarta.

sate maranggi purwakarta
source image: http://www.telusurindonesia.com/sate-maranggi-sate-legendaris-yang-enaknya-luar-biasa.html

Salah satu tempat yang sangat terkenal menyajikan Kuliner Sate Maranggi di Purwakarta ialah Hj. Yetty yang berada di Cibungur.

13. Gedung Karesidenan

Tak hanya wisata alam dan kuliner saja yang tersaji di Purwakarta, tetapi juga sejarah. Sebagai bagian dari NKRI tentu Purwakarta juga turut andil dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Hal ini ditunjukkan dengan adanya peninggalan sejarah di kota ini, yaitu Gedung Negara dan Gedung Karesidenan.

gedung karesidenan purwakarta

Gedung Negara dibangun pada masa kolonial Belanda tepatnya tahun 1854. Meski tergolong tua, namun gedung ini masih berdiri kokoh hingga sekarang. Bahkan saat ini dimanfaatkan sebagai Kantor Bupati Purwakarta yang letaknya berada di Jalan Gandanegara No. 25 Purwakarta.

Sementara Gedung Karesidenan digunakan sebagai Kantor Badan Koordinasi Wilayah IV Purwakarta yang lokasinya berada di Jl. KK Singawinata.

14. Bukit Panenjoan Purwakarta

bukit panenjoan purwakarta
via instagram.com/bopo_syakila/

Nama Bukit Panenjoan Purwakarta sekarang cukup dikenal sebagai salah satu tempat wisata alam di Purwakarta yang instagrammable. Tempat ini menyajikan pemandangan alam yang indah khas pedesaan, dengan jembatan bambunya yang menjadi ciri khas.

Bukit panenjoan terletak kurang lebih 17 KM dari kota Purwakarta, tepatnya di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

15. Museum Bale Panyawangan Diorama Nusantara

bale panyawangan diorama purwakarta
via https://www.lyceum.id

Museum Bale Panyawangan Diorama adalah museum di Purwakarta yang terhitung baru. Museum ini menampilkan diorama sejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah, kerajaan-kerajaan awal, perkembangan kerajaan islam, masuknya penjajahan/VOC, dan lain sebagainya.

Keistimewaannya adalah dalam pengemasan materi yang modern, tempat yang nyaman dan menyenangkan, serta digital interaktif yang memanjakan pengunjung.

Berada di pusat kota, alamatnya di Jl. K.K Singawinata, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Lihat juga: tempat wisata di Tasikmalaya yang populer

16. Taman Maya Datar

taman maya datar purwakarta
via http://purwakarta-tourism.com/

Taman Maya Datar berada di lingkungan kompleks pendopo pemerintah kabupaten Purwakarta. Sebetulnya fungsi utamanya adalah sebagai lapangan alun-alun kota. Biasanya digunakan untuk upacara resmi.

Tapi di pagi dan sore hari, taman ini terbuka untuk umum. Anda bisa ikut menikmati keindahan taman yang cantik ini juga.

17. Curug Tilu Purwakarta

curug tilu purwakarta
via http://lifestyle.liputan6.com

Curug tilu terletak di kampung Ciririp, Ds kertamanah, kecamatan Sukasari, Purwakarta. Awalnya area ini jarang dikunjungi karena akses jalan yang jelek. Sekarang, akses sudah bagus dan tempat ini pun berkembang jadi salah satu tempat wisata alam di Purwakarta.

Curug tilu berupa air terjun yang melewati undakan batu, memiliki air yang jernih. Sekarang tempat ini sudah dikelola cukup baik oleh pemuda desa sekitar lokasi.

18. Taman Pancawarna

taman pancawarna
via https://travel.detik.com

Berada di dekat pendopo kabupaten Purwakarta, Taman Pancawarna merupakan taman umum yang indah. Dan berada tepat di depan Taman Maya Datar.

Berhiaskan bunga warna-warni dan juga air mancur, taman ini cocok banget untuk dinikmati bersantai bersama keluarga.

19. Taman Citra Resmi

taman citra resmi
via https://www.merdeka.com

Taman Citra Resmi berada di dalam kompleks wisata Sri baduga Maharaja. Taman ini dibuka untuk umum, disini kita bisa menikmati bentuk taman kota yang indah dengan keindahan air mancur mini.

Disini juga terdapat jogging track sepanjang 3 KM yang bisa digunakan masyarakat dengan bebas.

20. Museum Bale Indung Rahayu

museum bale indung rahayu
via https://student.cnnindonesia.com

Museum Bale Indung Rahayu adalah salah satu museum terbaru di Purwakarta. Di museum ini kita bisa menikmati wisata edukatif yang unik. Museum ini berisi tentang perjuangan dan pengorbanan Ibu, dan pentingnya seorang ibu dalam diri manusia.

Alamat museum Bale Indung Rahayu ada di Jl. Martadinata Blok Dahlia 1 No.14, Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Lihat juga: daftar tempat wisata di Cianjur.

21. Ujung Aspal Purwakarta

pasir langlang panyawangan
via https://www.instagram.com/nurultrisundari/

Ujung Pasir Purwakarta memiliki beberapa nama lain yakni Ujung Aspal Wanayasa, Ujung Aspal Pasir Muncang, dan Pasir Langlang Panyawangan.

Menawarkan pesona hutan pinus yang dilengkapi dengan beberapa wahana wisata serta beberapa keseruan lainnya.

simak juga: ujung aspal purwakarta

22. Wisata Alam Gunung Bongkok

gunung bongkok purwakarta
via http://gunungbongkokpwk.blogspot.co.id

Gunung bongkok banyak dikunjungi traveller yang camping, ataupun sekedar trekking ringan saja. Gunung ini berupa gunung/bukit batu dengan pemandangan indah di puncaknya. Ngga cuma dipuncaknya saja yang terdapat pemandangan indah, disekitaran gunung bongkok juga memiliki pemandangan dan suasana alam yang indah.

Gunung Bongkok terletak di Kampung Cikandang Desa Sukamulya Kecamatan Tegalwaru.

simak juga: gunung bongkok

23. Gunung Lembu

gunung lembu
via https://www.instagram.com/aksataadventure/

Gunung Lembu adalah salah satu tempat pendakian yang cukup favorit di Purwakarta. Dari puncak gunung Lembu, kita bisa menikmati keindahan waduk jatiluhur dari ketinggian.

Gunung Lembu terletak di desa Panyindangan, kecamatan Sukatani.

Baca juga:

24. Tebing Boyer

simak juga: tebing boyer

Jika kamu menyukai tempat wisata yag anti mainstream, Tebing Boyer lah tempatnya. Lokasinya berada di antara pematang sawah dengan memiliki keindahan dan kegagahan pemandangan Waduk Jatiluhur.

Untuk menuju Tebing Boyer memang tidak semudah menuju Waduk Jatiluhur, kamu harus melakukan perjalanan yang tidak mudah serta jalur trekking yang masih berupa tanah dan batuan.

Namun, segala kepayahan tersebut akan terbalaskan dengan tenangnya suasana di sekitar tebing serta pemandangan yang menyejukkan.

  • Lokasi: Kampung Talun, Desa Tajursindang, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
  • Tiket masuk: gratis

25. Hidden Valley Hills Purwakarta

hidden valley hills
hidden valley hills. google maps. sumber: Hadmoko Dwiko

simak juga: hidden valley hills

Hidden Valley Hills adalah salah satu tempat wisata di Purwakarta berupa hotel yang megah, dengan dilengkapi beragam spot foto yang instagramable. Serta dikelilingi pula dengan view yang cantik.

Juga dilengkapi dengan area kolam renang yang dihiasi arsitektur megah ala-ala Eropa. Yang menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki Hidden Valley Hills.

  • Lokasi: Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
  • Tiket masuk: Rp. 35.000,-
  • Tiket untuk berenang: Rp. 25.000,-

26. Wisata Waduk Parang Gombong

simak juga: waduk parang gombong

Parang Gombong atau Wisata Waduk Parang Gombong salah satu tempat camping di Purwakarta yang memberikan keindahan sunset dan sunrise yang luar biasa.

Pemandangan alam yang indah dan tenang, merupakan salah satu daya tarik yang dimiliki Wisata Waduk Parang Gombong. Waduk ini masih satu kesatuan dengan Waduk Jatiluhur.

  • Lokasi: Kutamanah, Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
  • Tiket masuk: gratis

27. Panarawangan Bukit Cinta

Sekilas ketika mendengar Tanjakan Cinta, saya jadi langsung teringat akan adegan di film 5 cm. yang mengambil lokasi syuting di Ranu Kumbolo, Gunung Semeru.

Tanjakan Cinta atau Panarawangan Bukit Cinta merupakan tempat dimana kamu dapat memandangi keindahan alam Tasikmalaya yang indah dan asri.

Yang paling menarik ialah, kamu nggak perlu trekking jauh-jauh untuk menuju puncak bukit. Karena dapat dijangkau oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

  • Lokasi: Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

28. Kuya Maranggi Waterpark

kuya waterpark
kuya waterpark. google maps. sumber: boson riyana

simak juga: kuya maranggi waterpark

Kuya Maranggi Waterpark terbilang baru menghiasi tempat wisata di Purwakarta, yakni baru diresmikan pada tahun 2017. Kuya dalam bahasa Indonesia artinya Kura-kura, hal tersebut mungkin dikarenakan adanya kolam renang yang berbentuk seperti kura-kura.

Kuya Maranggi Waterpark juga dilengkapi dengan seluncuran, yang akan menambah seru kegiatan liburanmu di sana. Selain itu fasilitas yang ada pun sudah sangat memadai.

  • Lokasi: Desa Cibungur, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
  • Jam buka: 09.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 35.000,- per orang

29. Urban Farming Center

simak juga: urban farming center

Urban Farming Center adalah tempat wisata di Purwakarta, yang menyajikan keseruan wisata keluarga di alam terbuka. Selain itu dilengkapi pula dengan spot instagramable serta bernilai edukatif.

Ya, selain memiliki beragam spot instagramable Urban Farming Center juga memiliki spot edukatif yang akan memberikan informasi tentang cara bertani, berkebun, hingga proses pembibitan yang benar.

  • Lokasi: Desa Benteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 16.00
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,- per orang

30. Curug Suhada

curug suhada purwakarta
curug suhada purwakarta. google maps. sumber: Uphy Official

simak juga: curug suhada

Curug Suhada merupakan salah satu curug atau air terjun yang ada di Purwakarta yang masih asri juga alami. Curug Suhada memiliki tinggi yang tak seberapa, namun tebing batu penyangganya sangat lebar.

Di sekitar Curug Suhada memiliki kolam alami yang tidak dalam, sehingga kamu dapat bermain air dan seru-seruan bersama. Untuk menuju Curug Suhada kamu harus mempersiapkan diri untuk melakukan trekking terlebih dahulu.

  • Lokasi: Kampung Pasir Kepuh, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
  • Tiket masuk: gratis

31. Curug Cisomang

simak juga: curug cisomang

Curug Cisomang atau biasa disebut Curug Jembatan Cisomang, karena berada di bawah jembatan kereta perbatasan dari Kecamatan Darangdan dengan Bandung Barat.

Keindahan dan kesejukan pemandangan dari Curug Cisomang sungguh memikat, pas banget dijadikan tempat untuk beristirahat sejenak dengan alam.

  • Lokasi: Desa Depok, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
  • Tiket masuk: gratis

32. Alam Sariwates Adventure

alam sari wates adventure
alam sari wates adventure. google maps. sumber: galih raditya

simak juga: alam sariwates adventure

Alam Sariwates Adventure memiliki fasilitas dan juga spot-spot yang menjadi daya tarik tersendiri, sebut saja spot rumah terbalik yang selalu menjadi incaran para pengunjung.

Banyak banget wahana seru yang dapat kamu coba di Alam Sariwates Adventure, dan pastinya seru-seru bahkan ada yang memacu adrenalin juga loh…

  • Lokasi: Sawit, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
  • Jam buka: 09.00 – 18.00
  • Tiket masuk: Rp. 35.000,- per orang

33. Bangkai Kereta Stasiun Purwakarta

Jika biasanya sebuah bangkai akan menimbulkan bau busuk yang menyengat, berbeda dengan bangkai kereta yang ada di Stasiun Purwakarta. Bukan bau yang tercium, namun menjadi incaran para penikmat fotografi.

Bangkai bekas kereta api yang sudah tidak terpakai ditumpuk sedemikian rupa, bahkan di beberapa bagian ada yang dicat warna warni. Sehingga menjadikannya spot untuk hunting foto ala jadul, dengan latar kereta tersebut. Jika hendak berfoto harus meminta izin terlebih dahulu ya.

  • Lokasi: Stasiun Purwakarta
  • Alamat: Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

34. Green Valley Waterpark

green valley waterpark
green valley waterpark. google maps. sumber: Green Valley Waterpark

simak juga: green valley waterpark

Jika kamu hendak mengajak anak-anak berlibur, Green Valley Waterpark dapat menjadi pilihan alternatif lain untuk seru-seruan bareng mereka.

Dimana Green Valley Waterpark digadang-gadang merupakan salah satu waterpark terbesar di Purwakarta, yang pastinya memiliki fasilitas yang lengkap serta wahana permainan yang banyak.

  • Lokasi: Jl. Ipik Gandamanah No. 41, Ciseureuh, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
  • Jam buka: 09.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 30.000,- per orang

35. Wanakula Camp

simak juga: wanakula camp

Selain di Parang Gombong, Purwakarta juga memiliki tempat lain untuk camping. Wanakula Camp lah salah satunya, yang memberikan kamu sensasi menginap di alam terbuka yang tak terlupakan.

Wanakula Camp dapat dijadikan lokasi untuk camping bersama keluarga, acara reunian, atau bahkan acara gathering. Dengan mengusung konsep back to nature tentunya.

  • Lokasi: Pusakamulya, Kiarapedes, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

36. Wanawisata Cidomas

wanawisata cidomas
wanawisata cidomas. google maps. sumber: Saepulloh S

simak juga: wanawisata cidomas

Wanawisata Cidomas merupakan salah satu tempat wisata ajib di Purwakarta selanjutnya. Karena memiliki daya tarik berupa sungainya yang berwarna biru, sehingga dijuluki “the blue river”.

Lokasinya berada di kaki Gunung Burangrang, dan memiliki beberapa aliran mata air yang menghiasi di sepanjang sungai. Kedalaman sungainya berkisar antara 10 cm hingga 2 km.

  • Lokasi: Kp. Babakan, Desa Garokgek, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
  • Tiket masuk: gratis

Liburan memang tidak akan ada matinya. Nah, temukan keseruan di setiap liburanmu bersama keluarga dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di Purwakarta.


shopee