Wisata Waduk Parang Gombong, Tempat Wisata Paling Komplit Di Purwakarta

|

Wisata Waduk Parang Gombong selalu ramai dikunjungi wisatawan yang hendak berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga atau dengan orang terkasih.

Karena merupakan tempat wisata di Purwakarta yang komplit, murah, dan pastinya indah. Anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua dapat bersenang-senang di Parang Gombong.

Wisata Parang Gombong sempat ditutup beberapa bulan yang lalu, dikarenakan dampak PPKM yang terjadi. Saat ini sudah dibuka dan mulai banyak dikunjungi wisatawan kembali, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan.

spot favorit pengunjung
spot favorit pengunjung. googlw maps. sumber: Rizki R

simak juga: 23 tempat wisata di purwakarta

Berikut ulasan tentang Wisata Waduk Parang Gombong Purwakarta, sebagai bahan referensi wisata ketika liburan nanti.

Lokasi dan Alamat Wisata Waduk Parang Gombong

Lokasi Wisata Waduk Parang Gombong beralamat di Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Rute Menuju Wisata Waduk Parang Gombong

Jalan menuju Wisata Waduk Parang Gombong dapat diakses oleh kendaraan jenis apapun, baik itu roda dua maupun roda empat, hingga ke area waduk atau bendungan.

Untuk kamu yang berasal dari Jakarta, dapat menuju Tol Cipularang kemudian keluar di pintu Tol Jatiluhur. Ketika berada di pertigaan jalan, beloklah ke arah kiri.

Ketika berada di Pasar Bunder Jatiluhur, belok kanan terus saja lurus ikuti jalan yang ada. Kamu akan menemukan lagi pertigaan jalan, beloklah ke kanan. Terus saja melaju di Jl. IR. H. Juanda, hingga kamu menemukan PT. Indosat Jatiluhur.

Terus saja ikuti jalan yang ada, hingga kamu melewati Jembatan Waduk Jatiluhur. Berhati-hatilah ketika berkendara, karena kamu akan melewati jalur yang cukup banyak tikungan tajam ditengah rindangnya pepohonan di sepanjang jalan.

Lokasi gerbang masuk Parang Gombong berada di sebelah kiri jalan. Jika bingung, kamu dapat menggunakan maps atau GPS yang terpasang di android.

berburu sunset di parang gombong
berburu sunset di parang gombong. google maps. sumber: Rifky YM

simak juga: wanawisata cidomas

Jam Buka Wisata Waduk Parang Gombong

Jam operasional dari Wisata Waduk Parang Gombong ini terbuka selama 24 jam sehari, dan dalam waktu 7 hari seminggu.

Tiket Masuk Wisata Waduk Parang Gombong

Harga tiket masuk Wisata Waduk Parang Gombong gratis, kamu hanya perlu membayar uang kebersihan sebesar Rp. 20.000,- baik itu yang membawa motor ataupun mobil.

Fasilitas Wisata Waduk Parang Gombong

Fasilitas yang ada di sekitar Waduk Parang Gombong diantaranya:

  • Area untuk menyimpan kendaraan,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Toilet,
  • Arena bermain anak-anak,.
  • Mushola,
  • Tempat penyewaan tenda.

Daya Tarik Wisata Waduk Parang Gombong

Waduk Parang Gombong atau biasa dikenal dengan Parang Gombong memiliki lahan yang sangat luas, kamu dapat menyimpan kendaraan dimana saja sesuai dengan view atau pemandangan yang diinginkan.

Berikut beberapa daya tarik lain yang dimiliki oleh Wisata Waduk Parang Gombong Purwakarta ini:

1. Camping Ground Parang Gombong

camping ground parang gombong
camping ground parang gombong. google maps. sumber: Andri Latif Mansjoer

simak juga: wanakula camp

Daya tarik yang pertama ialah tempat untuk berkemah, camping ground di Parang Gombong sangat luas. Saking luasnya hingga dapat menampung ratusan tenda.

Berbeda dengan Wanakula Camp, dimana kamu tinggal bawa diri aja. Di Parang Gombong, kamu harus menyediakan segala sesuatunya sendiri. Meskipun di sini terdapat tempat penyewaan tenda, dimana kamu dapat sewa tenda jika kekurangan, atau bahkan ketinggalan.

Suasana yang hening dan damai di malam hari begitu terasa, enak banget untuk ngadem dan istirahat sejenak dari segala kebisingan kota yang menjemukan.

2. Parang Gombong Scenic Spot

parang gombong scenic spot
parang gombong scenic spot. google maps. sumber: Áçé Aden Fikri Áçé

simak juga: green valley waterpark

Parang Gombong Scenic Spot merupakan tempat yang tepat untuk menikmati keindahan alam yang dihadirkan. Waduk atau bendungan Parang Gombong konon katanya merupakan bagian dari Waduk Jatiluhur.

Bukit hijau, bendungan yang luas, serta udara yang sejuk membentuk harmoni alam yang sangat indah. Tak sedikit pengunjung yang mencari kedamaian dalam alam ketika berada di Parang Gombong.

Apalagi jika ditambah dengan panorama sunset ataupun sunrise yang cantik, tentunya akan menghasilkan keindahan alam yang wajib untuk diabadikan.

3. Wahana Permainan

mengelilingi waduk dengan menyewa perahu
mengelilingi waduk dengan menyewa perahu. google maps. sumber: Wahyu Dwi Septiaji

simak juga: tebing boyer

Selain memiliki alam yang indah, Wisata Waduk Parang Gombong juga menyediakan wahana permainan yang seru. Beberapa diantaranya yakni:

  • Wahana permainan anak-anak, mulai dari Rp. 5.000,- hingga Rp. 20.000,- tergantung pada jenis wahananya.
  • Mengelilingi waduk dengan menyewa perahu, dengan harga sewa sekitar Rp. 20.000,- per orang atau Rp. 200.000,- untuk rombongan dengan kapasitas maksimal 20 orang.

Setelah puas bermain, kegiatan seru lainnya ialah piknik sambil menyantap hidangan yang sudah disiapkan. Piknik merupakan aktivitas yang paling banyak dilakukan pengunjung ketika berada di Parang Gombong.

Me time bersama keluarga tercinta memang sungguh mengasyikkan, apalagi ditambah sambil menikmati pemandangan yang sejuk. Komplit banget deh pokoknya!

piknik bersama
piknik bersama. google maps. sumber: Hari HARIYANTO

simak juga: waduk jatiluhur

Eh iya, ada satu lagi kegiatan seru yang dapat dilakukan ketika berada di Waduk Parang Gombong, yakni memancing. Untuk kamu para mancing mania, monggo salurkan hobimu di sana. Tapi harus membawa perlengkapan dan peralatannya sendiri ya…..

Penutup

Berwisata di Waduk Parang Gombong memang benar-benar paket komplit, dan cocok untuk siapa saja. So, ketika bingung hendak berlibur ke mana Wisata Waduk Parang Gombonglah jawabannya.

Jangan lupa untuk berfoto di ayunan yang paling ikoniknya ya, dengan latar waduk yang luas serta perbukitan yang hijau.