Tebing Boyer, Salah Satu Cara Menikmati Megahnya Waduk Jatiluhur

|

Tebing Boyer saat ini menjadi salah satu tempat wisata yang sedang hits di Purwakarta. Bisa dibilang Tebing Boyer merupakan tempat wisata di Purwakarta yang anti mainstream.

Dengan segala keindahan yang dimilikinya, sangat wajar jika Tebing Boyer sering menghiasi berbagai media sosial dari mereka yang pernah mengunjunginya.

Purwakarta merupakan sebuah Kabupaten yang menjadi bagian dari Jawa Barat. Dan merupakan jalur lalu lintas yang strategis, karena merupakan jalur menuju Jakarta, Bandung, dan juga Cirebon.

Berikut deskripsi mengenai Tebing Boyer Purwakarta, sebagai bahan referensi dalam menentukan lokasi untuk berwisata alam weekend ini.

tebing boyer
tebing boyer. google maps. sumber: Una Setiawan

Sekilas Tentang Tebing Boyer

Tebing Boyer tampak seperti sebuah sisa – sisa bangunan yang telah runtuh, namun dihiasi dengan pemandangan yang menyejukkan. Berada di lahan seluas 4 hektar, sedangkan tebingnya sendiri hanya sekitar 100 meter saja.

Diperkirakan tahun 1957 silam, tempat ini digunakan sebagai lokasi penggilingan atau penghancur batu andesit yang merupakan bahan dasar dalam pembangunan Waduk Jatiluhur. Yang batunya sendiri diambil dari sebuah gunung yang lokasinya tak jauh dari Tebing Boyer, yakni Gunung Cilalawi.

Trekking Tebing Boyer

Keindahan pemandangan Tebing Boyer harus dibayar dengan perjuangan yang cukup berat, dimana medan untuk menuju tempat wisata di Purwakarta ini sulit untuk dijangkau.

Setelah memakirkan kendraan di tempat yang aman, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan trekking menyusuri jalan setapak yang lebih didominasi oleh pesawahan.

Dari gerbang masuk menuju Tebing Boyer, jaraknya sekitar 1,5 hingga 2 km. Kondisi jalan masih berupa tanah yang akan licin jika dilalui setelah hujan tiba.

Meski cukup melelahkan, namun sepanjang perjalanan yang tampak hanyalah keindahan semata. Ijo-ijo lah pokoknya, adem banget. Jauhnya trekking jadi nggak begitu berasa banget.

pemandangan di sekitar tebing
pemandangan di sekitar tebing. google maps. sumber: Una Setiawan

Lokasi dan Alamat Tebing Boyer

Lokasi wisata Tebing Boyer berada di alamat Kampung Talun, Desa Tajursindang, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Rute Menuju Tebing Boyer

Rute menuju Tebing Boyer dapat dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Pasar Sukatani, atau dengan menuju Stasiun Sukatani.

Rute ini akan membawamu melewati Gunung Parang, Gunung Lembu, dan Sasak Panyawangan Gunung Bongkok. Teruslah melaju hingga kamu menemukan Kantor Desa Tajursindang.

Dengan kondisi jalan belum sepenuhnya beraspal, dan tak begitu lebar. Jadi lebih baik menggunakan motor daripada mobil.

mengabadikan tebing boyer
mengabadikan tebing boyer. google maps. sumber: Una Setiawan

Jam buka Tebing Boyer

Jam operasional Tebing Boyer dibuka selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Tiket Masuk Tebing Boyer

Harga tiket masuk Tebing Boyer saat ini masih gratis, karena belum dikelola secara maksimal. Jadi Tebing Boyer ini merupakan tempat wisata Purwakarta yang gratis.

Fasilitas di Tebing Boyer

Karena belum dikelola secara resmi dan terarah, itu meyebabkan fasilitas yang ada di sekitar Tebing Boyer pun belum tersedia apa-apa.

Di sekitar Tebing Boyer terdapat aliran air yang bersih dan bening banget, yang keberadaannya dipengaruhi oleh cuaca.

Daya Tarik Tebing Boyer Purwakarta

1. Keindahan Waduk Jatiluhur

pemandangan waduk jatiluhur
pemandangan waduk jatiluhur. google maps. sumber: Una Setiawan

simak juga: waduk jatiluhur

Kesan pertama ketika melihat kondisi tebing ini, banyak dari mereka yang mengira bahwa Tebing Boyer merupakan bekas bangunan bersejarah ataupun sebuah benteng.

Siapa sangka, Tebing Boyer merupakan bekas lokasi penghancur batuan andesit untuk membangun Waduk Jatiluhur yang terlihat gagah seperti sekarang ini.

Sehingga yang menjadi pemandangan utama ketika berada di Tebing Boyer ialah Waduk Jatiluhur, yang menjadi kebanggan Purwakarta. Banyak dari pengunjung yang menjadikannya latar untuk berfoto.

Area pesawahan dan Gunung Cilalawi pun ikut melengkapi keindahan pemandangan dari Tebing Boyer. Menurut cerita yang tersebar, puncak Gunung Cilalawi itu datar dan terdiri dari batuan andesit yang berwarna hitam.

2. Suasana Yang Adem

menikmati senja di tebing boyer
menikmati senja di tebing boyer. google maps. sumber: Gasskeun !!

Selain memiki keindahan alam yang mengagumkan, Tebing Boyer juga memiliki suasana yang adem dan sejuk banget. Pas banget untuk kamu yang hendak mencari angin dan ingin menikmati keindahan alam sepuasnya.

Bisa juga loh mendirikan tenda di sekitar tebing, dan bermalam bersama dengan suara-suara alam yang menenangkan. Meski fasilitas yang tersedia belum memadai, ya itung-itung back to nature lah…..

Keindahan alam selanjutnya yang dapat kamu nikmati ialah panorama sunset dan sunrise nya yang sungguh indah.

gunung cilalawi
gunung cilalawi. google maps. sumber: Jhon Mojoen

Tips Wisata

simak beberapa tips wisata berikut sebelum kamu mengunjungi Tebing Boyer:

  • Pastikan kendaraan yang akan digunakan dalam keadaan prima.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Bawalah makanan dan minuman yang cukup.
  • Datanglah ketika cuaca sedang cerah, hindarilah datang ketika cuaca mendung bahkan hujan.
  • Jaga selalu keasrian dan kebersihan di sekitar lokasi Tebing Boyer.
  • Berhati-hatilah ketika berkendara, karena jalur yang dilalui dipenuhi belokan, tanjakan dan juga turunan.