Curug Cisomang, Harta Karun Di Bawah Jembatan Cisomang

|

Curug Cisomang, atau disebut juga dengan nama Curug Cijamur, adalah air terjun cantik layaknya harta karun yang tersembunyi di bawah jembatan Cisomang.

Curug Cisomang lebih populer dikenal dikalangan wisatawan dengan nama Curug Cisomang Purwakarta, meskipun secara administratif masuk ke dalam Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di daerah Cikalong Wetan. Hal tersebut dikarenakan akses menuju lokasi utama lebih mudah dari Purwakarta.

curug cisomang purwakarta
curug cisomang purwakarta. ggogle maps. sumber: Ginanjar Rahayu ginanjar

Kondisi Curug Cijamur, atau Curug Cisomang masih minim fasilitas wisatanya. Namun, pada faktanya selalu menarik minat bagi mereka yang suka dengan petualangan, khususnya di kalangan muda-mudi.

Dan waktu terbaik berkunjung ke Curug Cisomang adalah saat cuaca sedang cerah. Karena, jika saat musim hujan, maka kondisi jalannya akan licin, dikarenakan jalur trekkingnya masih berupa tanah merah, yang berkelok-kelok.

Oleh karena itu siapkan alas kaki yang tepat, serta sediakan perbekalan, karena di lokasi utama Curug Cisomang tidak ada warung yang berjualan.

Simak juga : Hidden Valley Hills, Wisata Purwakarta, Citarasa Eropa

Lokasi Dan Alamat Curug Cisomang

  • Lokasi Curug Cisomang terletak di perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat, dengan Kabupaten Purwakarta.
  • Alamat Curug Cisomang berada di Desa Puteran, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Cisomang Purwakarta

Jalan menuju Curug Cisomang, jika dari Kabupaten Purwakarta, bisa menuju arah Kecamatan Darangdan, tepatnya di Desa Depok, Kp. Cijeler.

Jarak dari gerbang tol Jatiluhur Purwakarta ke Curug Cisomang sekitar 20 kilometer, dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.

Akses jalan menuju Curug Cisomang bisa dengan menggunakan kendaraan roda dua, maupun roda empat. Tetapi tidak sampai di lokasi utamanya. Hanya di area parkiran dekat rumah warga saja. selanjutnya para pengunjung harus berjalan kaki menuju lokasi utama.

Simak juga: Sate Maranggi

Trekking Menuju Curug Cisomang Purwakarta

trekking melalui jembatan kereta api
trekking melalui jembatan kereta api. google maps. sumber: R Teten Didi Suprapli

Setelah anda menitipkan kendaraan di area lapang dekat rumah, atau warung warga. Maka lanjutkan perjalanan menuju Curug Cisomang Purwakarta, atau Curug Cijamur Cikalong Wetan, dengan cara berjalan kaki.

Jarak tempuh menuju lokasi utama Curug Cisomang cukup jauh, dan menantang adrenalin. Karena anda akan berjalan di atas sebuah jembatan rel kereta api.

Jembatan tersebut sangat tinggi, lumayan bikin lutut kita gemeteran. Dan jembatan tersebut bisa terlihat jelas saat mobil anda melintas di tol Cipularang.

Perjalanan menuju lokasi utama Curug Cisomang tidak terlalu menguras tenaga. Rasa letih akan terasa saat perjalanan pulang, karena jalannya akan terus menanjak.

Kondisi jalur trekkingnya masih lapisan tanah merah yang berkelok-kelok. Pemandangan alam selama di perjalanan sangat asri, dimanjakan dengan view bukit, dan tanaman yang tumbuh di kebun milik warga .

curug cisomang atau curug cijamur
curug cisomang atau curug cijamur. google maps. sumber: Koswara Cisomang

Simak juga: Desa Sajuta Batu, Wisata Purwakarta Yang Mendunia

Harga Tiket Masuk Curug Cisomang

  • Tiket masuk Curug Cisomang gratis.
  • Tiket parkir Curug Cisomang tidak ada ketetapan pasti berapa besarannya.

Jam Buka Curug Cisomang

  • Belum ada keputusan resmi terkait jam operasional Curug Cisomang Purwakarta.
  • Hanya saja para pengujung akan kembali saat hari menjelang sore, atau saat hujan.

Fasilitas Di Curug Cisomang

Fasilitas wisata di Curug Cisomang masih sangat minim. Oleh karena itu siapkan perbekalan yang cukup untuk dinikmati di lokasi utama Curug Cisomang, atau Curug Cijamur.

Daya Tarik Curug Cisomang

1. Air Terjun Yang Indah

pesona curug cisomang
pesona curug cisomang. google maps. sumber: 4NC Explorer

Pesona keindahan Curug Cisomang terletak pada view air terjun yang menjulang tinggi, mengalir indah melalui tebing batu yang kokoh.

Kondisi air yang mengalir tidak terlalu deras, jadi mengalir menempel ke tebing batu tersebut. Dan Curug Cisomang bukanlah tipe air terjun yang berundak.

2. Kolam Utama

kolam utama curug cisomang
kolam utama curug cisomang. google maps. sumber: Adyiran Achmad

Kondisi kolam utama dari Curug Cisomang dikelilingi bebatuan besar. Warna air, serta kondisi kolam yang tenang cukup menggoda untuk berenang.

Eit… tetapi para pengunjung disarankan untuk berhati-hati berenang di kolam utamanya ya… karena kolam Curug Cisomang dalam kondisi, dan di titik tertentu cukup dalam, serta dikhawatirkan terdapat pusaran di bawah airnya.

Jika anda tidak bisa berenang, tetapi ingin bermain air, bisa memilih lokasi lain yang tidak jauh dari lokasi kolam utama Curug Cisomang. Ingat ya, keselamatan wisata adalah yang paling utama.