Curug Tilu Purwakarta, Pesona Dibalik Kemegahan Waduk Jatiluhur

Curug Purwakarta merupakan sebuah curug atau air terjun yang ada di Purwakarta, meskipun cukup tersembunyi curug ini tak pernah sepi dari pengunjung.

Curug yang satu ini masih asri dan alami, hal tersebut ditandai dengan masih rindangnya pepohonan yang ada di sekitar curug.

Udara sejuk diiringi angin sepoi-sepoi serta suara air yang mengalir, menjadi alunan musik alam yang menenangkan.

Maka tak heran jika Curug Tilu selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi di akhir pekan banyak keluarga yang mengajak anak-anak untuk menghabiskan waktu bersama.

curug tilu purwakarta
curug tilu purwakarta. google maps. sumber: Saeful Bahri 

Simak juga: lokasi wisata di sekitar Purwakarta.

Sebagian orang menyebut Curug Tilu sebagai Grand Canyon dari Purwakarta, hal tersebut berdasarkan warna airnya yang kehijauan mirip seperti Grand Canyon.

Aliran air yang turun dari Curug Tilu sangat bersih dan menyegarkan, apalagi ditambah dengan keberadaan alamnya yang masih alami.

Berikut gambaran lengkap mengenai Curug Tilu Purwakarta:

Sejarah dan Mitos Curug Tilu Purwakarta

Lokasi dimana Curug Tilu ini berada dulunya terisolir selama kurang lebih 50 tahun akibat mulai beroperasinya Waduk Jatiluhur sekitar tahun 1967.

Jalan menuju desa tersebut terhalang oleh bentangan Waduk Jatiluhur, sehingga tidak ada jalan yang dapat dilalui menuju desa ini. Warga sekitar jika hendak keluar desa harus menggunakan perahu.

Pembukaan jalan mulai dilakukan ketika kepemimpinan Dedi Mulyadi, atau biasa disebut Kang Dedi. Pemerintah mulai membangun infrastruktur jalan menuju lokasi tersebut.

Disebut Curug Tilu, karena memiliki tiga undakan. Curug berarti air terjun, dan tilu artinya tiga. Padanan kata tersebut diambil dari bahasa sunda.

Selain memiliki sejarah keterasingan, Curug Tilu memiliki mitos yakni dilarang berenang pada hari Selasa ketika pukul 12 hingga 1 siang. Belum ada penjelasan resmi mengenai hal tersebut, kita hanya perlu menghormati dan menghargainya.

Ragam Wisata Seru Di Curug Tilu Purwakarta

1. Menikmati Alam Yang Indah

gowes bareng
gowes bareng. google maps. sumber: Hendri Hendry

Simak juga: curug cipamingkis.

Desa Sukasari merupakan tempat dimana curug ini berada, desa ini masih memiliki hutan belantara yang cukup lebat.

Sehingga panorama alam di sekitar Curug Tilu pun masih sangat asri dan sejuk sekali. Kamu dapat duduk-duduk di atas bebatuan yang ada, sambil menikmati alam yang sangat indah.

Sungguh menenangkan sekali, rasanya semua beban dan lelah dalam diri seakan terbawa arus sungai yang perlahan menjauh dari kita.

Curug Tilu berada di lereng Gunung Buleud, meski begitu udaranya cukup hangat sehingga waktu terbaik mengunjunginya ialah ketika pagi hari.

2. Bermain Sejuknya Air

bermain air di curug tilu
bermain air di curug tilu. google maps. sumber: Saeful Bahri

Hal yang wajib kamu lakukan ketika berada di wisata air seperti ini tentu saja bermain air, tersedia beberapa spot untuk kamu bermain aliran airnya.

Di kawasan Curug Tilu kamu akan menemukan sebuah leuwi yang bernama Leuwi Reunghas yang memiliki kedalaman sekitar 2 meter.

Pengunjung yang datang biasanya bermain air disekitar Curug Tilu, selain memiliki view air terjun yang unik area yang cukup luas menjadi salah satu alasannya.

Di sekitar aliran curugnya banyak bebatuan dengan ukuran yang beragam, sehingga menambah kesan alami dari Curug Tilu Purwakarta ini.

3. Serunya Lompat Tebing

spot lompat tebing
spot lompat tebing. google maps. sumber: Saeful Bahri

Selain bermain air, ragam kegiatan seru yang dapat kamu lakukan ialah melakukan lompat tebing atau Cliff Jumping. Ini hanya dilakukan oleh mereka yang memiliki nyali besar, karena kamu harus melompat dari ketinggian sekitar 3 hingga 4 meter.

Meski begitu, lompat tebing merupakan favorit pengunjung yang datang ke Curug Tilu. Sebelum melakukan lompatan, kamu harus memanjat batuan tebing yang berada di sekitar curug.

Selain itu, kamu juga dapat meneruskan menapaki jalan setapak menuju curug yang ada di atasnya. Berhati-hatilah ketika melangkah, karena akan licin dibeberapa bagian.

Lokasi Curug Tilu Purwakarta

Lokasi dan alamat Curug Tilu berada di Kampung Gunung Buleud, Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

mengabadikan curug tilu
mengabadikan curug tilu. google maps. sumber: Saeful Bahri

Rute Menuju Curug Tilu Purwakarta

Rute menuju Curug Tilu dapat diakses dengan menggunakan Jalan Cikao Bandung-Jatiluhur, yang nantinya akan tembus ke ruas Jalan Sukasari.

Dengan estimasi waktu yang ditempuh sekitar 40 menit dari pusat kota Purwakarta. Aksesnya cukup mudah dilalui, dengan tidak terlalu banyak belokan atau pertigaan jalan.

Jalannya mudah dilalui oleh kendaraan mobil maupun motor, memang di beberapa bagian masih belum terlalu mulus. Jalurnya dipenuhi dengan tanjakan dan turunan, serta disepanjang jalan tersaji alam yang cantik dan masih alami.

Dengan masih minimnya lampu penerangan jalan, sebaiknya hindari datang dan pulang terlalu malam. Hal tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kamu akan menemukan sebuah gapura sederhana yang menunjukkan lokasi Curug Tilu, masuklah ke gapura tersebut dan parkirkan kendaraan jika kamu menggunakan mobil.

Untuk kamu yang menggunakan kendaraan roda dua, dapat terus melanjutkan perjalanan hingga menemukan lokasi parkir.

jembatan gantung
jembatan gantung. google maps. sumber: Saeful Bahri

Simak juga: Pesona Curug Lawe

Trekking Curug Tilu

Setelah memakirkan kendaraan, kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu untuk tiba di Curug Tilu. Dengan menapaki jalan setapak yang sudah tertata dengan cukup baik.

Setelah membayar tiket masuk, kamu akan menyebrangi sebuah jembatan gantung yang beralaskan kayu. Kemudian terus melanjutkan perjalanan hingga tiba di Curug Tilu.

Jarak yang ditempuh sekitar 1 km, kamu akan melewati Leuwi Reunghas. Teruskan perjalananmu hingga menemukan sebuah curug yang memiliki tiga tingkatan.

trekking menuju curug tilu purwakarta
trekking menuju curug tilu purwakarta. google maps. sumber: Nanik Rahayuni Fatmawati

Jam Buka Curug Tilu Purwakarta

Jam operasional Curug Tilu Purwakarta dibuka setiap hari mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.30 waktu setempat.

Tiket Curug Tilu Purwakarta

Tiket masuk Curug Tilu Purwakarta cukup membayar sebesar Rp. 10.000,- saja per orangnya. Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir.

Fasilitas Curug tilu Purwakarta

Fasilitas yang ada di sekitar Curug Tilu Purwakarta diantaranya:

  • Area parkir kendaraan
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Tempat penyewaan pelampung
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Gazebo atau saung untuk beristirahat

Tinggalkan komentar