Taman Batu Purwakarta, Mandi diantara Bebatuan Yang Eksotis

Taman Batu Purwakarta merupakan wahana wisata air yang tak pernah sepi pengunjung, hampir setiap hari lokasi wisata ini selalu dibanjiri wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Namun memang, ketika kondisi pandemi sekarang Taman Batu Purwakarta menerapkan prosedur kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Sudah lebih dari 10 tahun Purwakarta membuktikan sebagai destinasi wisata di Jawa Barat yang layak untuk dikunjungi.

Purwakarta bukan hanya tentang Waduk Jatiluhurnya saja, banyak ragam tema wisata yang tersaji di sana, salah satunya ialah Taman Batu Purwakarta.

kolam pemandian taman batu
kolam pemandian taman batu. google maps. sumber: PejantanTangguh 27

Berikut ulasan lengkap tentang Taman Batu Purwakarta, sebagai bahan referensi kamu ketika hendak berlibur bersama dengan keluarga tercinta.

Sejarah Taman Batu Purwakarta

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang Taman Batu Purwakarta, alangkah baiknya kamu ketahui terlebih dahulu mengenai sejarah tentangnya.

Taman Batu Purwakarta merupakan kolam pemandian air dingin yang berasal dari mata air Cijanun, maka tak heran jika lokasi wisata yang satu ini disebut juga Wisata Mata Air Cijanun.

Mata air tersebut dulunya dimanfaatkan oleh PDAM sebagai sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Namun, entah mengapa PDAM kemudian menghentikan proyeknya dan air yang sudah ditampung dalam sebuah wadah tersebut kemudian digunakan sebagai kolam pemandian sekarang ini.

Yang saat ini dikenal dengan nama Taman Batu Purwakarta, yang kemudian dibuka untuk umum sekitar tahun 2016 silam. Pemberian nama tersebut didasarkan pada banyaknya bebatuan yang tersebar di sekitar kolam, dengan ukuran yang beragam.

Karena berada di sebuah gugusan Gunung Burangrang, yang mengakibatkan banyaknya bebatuan yang tersebar. Bukan hanya di sekitar pemandian saja, hampir di setiap pelosok Kecamatan Bojong dapat ditemukan.

air terjun buatan di taman batu
air terjun buatan di taman batu. google maps. sumber: Panggah

Simak juga: tempat wisata di Purwakarta

Lokasi dan Alamat Taman Batu Purwakarta

Lokasi Taman Batu Purwakarta berada tak jauh dari pusat kota Purwakarta, tepatnya berada di Jl. Cijanun, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Purwakarta, Jawa Barat.

Rute Menuju Taman Batu Purwakarta

Rute menuju Taman Batu Purwakarta dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan saja dari pusat kota Purwakarta.

Jalurnya pun dapat dilalui oleh kendaraan mobil maupun motor. Kamu dapat mengarahkan kendaraan menuju Situs Wanayasa kemudian terus lurus ke arah Bojong.

Ketika tiba di Pasar Bojong terus saja lurus hingga tiba di kantor Polisi Bojong. Belok kanan ketika berada di pertigaan jalan.

Kemudian belok kanan kembali di pertigaan jalan dekat SD Cipeundeuy, untuk kemudian terus lurus hingga berada di area tempat wisata Taman Batu.

bebatuan berserakan dengan berbagai ukuran
bebatuan berserakan dengan berbagai ukuran. google maps. sumber: fajar asanto

Jika kamu menggunakan kendaraan mobil, akan diarahkan menuju lokasi parkir yang sudah disediakan. Jaraknya lumayan jauh sehingga tak sedikit wisatawan yang menggunakan jasa ojeg untuk menuju lokasi.

Dengan membayar sekitar Rp. 5.000,- per motor, lalu melanjutkannya dengan berjalan kaki sekitar 5 menit menuju loket masuk.

Namun, untuk kamu yang menggunakan kendaraan roda dua, kamu dapat langsung memakirkan kendaraan di depan loket masuk Taman Batu Purwakarta.

Jalan yang dilalui tidak beraspal dan cukup berbatu, maka dari itu berhati-hatilah ketika melajukan kendaraan mendekati Taman Batu.

Jam Buka Taman Batu Purwakarta

  • Jam operasional Taman Batu Purwakarta dibuka mulai pukul 08.00 hingga 17.00
  • Sedangkan untuk hari Kamis dan Jum’at tutup

Tiket Taman Batu Purwakarta

  • Tiket masuk Taman Batu Purwakarta dengan membayar Rp. 20.000,- per orang
  • Parkir mobil sebesar Rp. 10.000,-
  • Parkir motor dengan harga Rp. 5.000,-

Untuk anak-anak dibawah usia 4 tahun belum dikenakan tiket masuk

lokasi tiket masuk taman batu
lokasi tiket masuk taman batu. google maps. sumber: sundahadi suharno

Simak juga: kolam air panas Lejja

Fasilitas Taman Batu Purwakarta

Fasilitas yang ada di lokasi wisata Taman Batu Purwakarta sudah memadai, hal tersebut ditandai dengan tersedianya:

  • Area parkir mobil dan motor
  • Kamar bilas
  • Loker penyimpanan barang
  • Toilet
  • Ruang ganti pakaian
  • Gazebo
  • Penyewaan ban
  • Kantin atau Food Court
  • Penginapan

Ragam Wisata Seru di Taman Batu Purwakarta

1. Berenang dan Bermain Air

berenang seru bersama alam
berenang seru bersama alam. google maps. sumber: Zahren Mohamed

Taman Batu Purwakarta merupakan lokasi pemandian dengan air alami yang berasal dari mata air Cijanun. Tersedia banyak kolam yang dapat kamu gunakan bersama.

Kolam pemandiannya disusun bertangga dan cukup bervariatif, sehingga jika kondisi sedang ramai kamu ngga perlu khawatir kehabisan tempat ya..

Kedalaman kolamnya pun mulai dari 40 cm hingga 1,5 m, airnya cukup dingin sehingga lebih baik kamu datang menjelang siang hari.

Anak-anak pasti akan senang jika kamu ajak berlibur ke Taman Batu Purwakarta ini. Apalagi terdapat sebuah air terjun buatan yang cantik, yang memungkinkan kamu untuk mandi dibawah aliran air yang mengalir sambil mengabadikannya dalam sebuah foto maupun video.

2. Menyaksikan Alam yang Indah

dihiasi pemandangan alam yang alami
dihiasi pemandangan alam yang alami. google maps. sumber: Rinjani Marsha Belajar Dan Bermain

Simak juga: Kolam Giri Tirtha Kahuripan

Keberadaan Taman Batu yang berada di sekitar lereng perbukitan yang masih asri, memungkinkan kamu untuk menyaksikan panorama alam yang menyejukkan mata.

Yakni hijaunya pepohonan yang berdampingan dengan area pesawahan yang masih terhampar dengan baik, serta udara sejuk yang mampu mendamaikan jiwa dan raga.

3. Hunting Foto

Dengan keindahan alam yang tersaji serta banyaknya bebatuan di sekitar kolam, merupakan view yang bagus jika diambil dalam sebuah foto maupun video.

Kamu dapat mengabadikan keceriaan keluarga dihiasi dengan indahnya alam yang diberikan di sekitar Taman Batu Purwakarta tersebut.

kesegaran air taman batu
kesegaran air taman batu. google maps. sumber: Muk Sin

Simak juga: Taman Herbal Insani

Penutup

Meskipun Taman Batu Purwakarta berada di lingkungan terbuka, namun ada baiknya jika kita tetap menjaga diri jangan sampai lengah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Selamat menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga tercinta di Taman Batu Purwakarta ya…


Leave a Comment