Taman Herbal Insani, Kembali ke Alam Dengan Riang Gembira

Taman Herbal Insani memenuhi syarat untuk lburan akhir pekan. Untuk akhir pekan biasanya dicari tujuan liburan yang sehat, dan sebisanya yang hemat. Untuk warga Jakarta dan sekitarnya pilihan lokasi Taman Herbal Insani memenuh semua Syarat itu.


Taman Herbal Insani sebuah taman wisata keluarga berbiaya murah yang mengajak unutk mengenal tanaman herbal,d engan tetap memperhatikan unsur rekreasi
Taman Herbal Insani. Image via: travelspromo.com

Taman Herbal Insani sendiri adalah hasil inisiasi dari sang pemilik, yang ingin menggabungkan konsep taman herbal dengan taman wisata yang ramah lingkungan untuk keluarga. Tidak hanya itu, Taman ini dibuat sebagai sarana memperkenalkan pada masyarakat tentang pemanfaatan tanaman obat.

Taman Herbal Insani menawarkan rekreasi alam terbuka pada area yang sejuk dan alami. Berbagai wahana dan permainan disediakan untuk menunjang kegiatan wisata di tempat ini. Selain sarana hiburan, wisata Herbal Insani merupakan sarana belajar yang menyenangkan.

Saat berada di taman wisata herbal ini, pengunjung diajak melakukan kegiatan luar ruangan yang seru. Pengunjung dipandu untuk mengenal lebih dekat keanekaragaman hayati flora yang ada di area Herbal Insani. Juga mempelajari pengolahan obat herbal.

Untuk kegiatan rekreasi, pengunjung memiliki banyak pilihan. Diantaranya ada bermain bola air, lomba rakit, latihan memanah, menangkap hingga membakar ikan. Dan bisa juga mengikuti senam lansia bagi orangtua yang telah berusia lanjut.

rakit taman herbal insani menjadi salah satu objek andalan yang digemari pengunjung
Berakit Rakit Ke hulu, berselfie selfie kemudian. Image via: wisataherbal.com

Simak juga: 10 tempat menarik di seputaran Depok

Lokasi Taman Herbal Insani

Taman wisata indah Taman Herbal Insani berlokasi di Jalan Kp. Kandang No. 26, Duren Seribu, Bojongsari, Duren Seribu, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.

Rute Taman Herbal Insani

Rute untuk menuju ke Taman Herbal Insani cukup mudah. Pengunjung hanya perlu mengikuti jalan Pengasinan lalu belok ke jalan Baru diteruskan menuju jalan Durian lalu ke Kampung Kandang.

Atau dapat juga jalan Pengasinan lalu belok ke jalan ARCO lalu jalan Durian dan dilanjutkan ke Kampung Kandang. Rute – rute tersebut sama mudahnya. Pengunjung dapat memilih jalan sesuka hati.

Jam Buka Taman Herbal Insani

Taman wisata herbal ini bisa dikunjungi setiap hari baik hari biasa maupun akhir pekan. Dengan jam buka mulai dari pagi jan 08.00 hingga sore hari jam 17.00.

Flower Gate, salah satu lokasi foto yang ramai dimanfaatkan oleh pengunjung taman herbal insani
Flower Gate. Image via: @nadh_ap16

Harga Tiket Taman Herbal Insani

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000, pengunjung sudah bisa menikmati suasana asri untuk berlibur. Tiket itu termasuk hak untuk menggunakan fasilitas gratis seperti kolam renang dan wahana Getek.

Fasilitas Taman Herbal Insani

Di taman rekreasi ini telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Di antaranya seperti toilet, masjid, kolam renang, dan tempat makan. Tersedia pula gazebo, joglo atau pendopo, dan taman untuk bermain bersama anak-anak.

Di sini juga tersedia berbagai akomodasi bagi wisatawan, terutama dengan paket wisata rombongan. Seperti makan siang, seminar kit (pena, buku catatan), seminar pemanfaatan tanaman obat. Wisatawan juga akan dikenalkan dengan praktek pengolahan obat herbal.

Objek Menarik di Taman Herbal Insani

  1. Spot Foto Instagramable

taman herbal insani memeiliki banyak spot foto, baik yang snegaja disediakan ataupun memanfaatkan lingkungan yang memang sudah indah
Spot Foto unik. Image via: @inggitagustini

SImak juga: Taman Pasuk Kameluh

Memasuki kawasan taman herbal Insani, pengunjung langsung melihat spot lucu untuk berfoto. Dengan tanaman hias artifisial, seperti bunga sakura dan topi pak tani sebagai properti foto. Pengunjung bisa langsung bergaya di depan bangunan saung bambu.

Pemandangan tampak lucu, apalagi topi dan ban bekas di sekeliling warna-warni. Di beberapa area dipasang lampion warna-warni yang menyemarakkan suasana. Pengunjung juga bisa berfoto di jalan antara kolam renang dan kolam rakit.

Terdapat pagar warna-warni, di atasnya pun dipasang lampion aneka warna. Banyak pengunjung memanfaatkan kesempatan berfoto di tempat tersebut. Satu spot yang juga diincar adalah berfoto di depan saung bambu yang bentuknya unik.

  1. Tanaman Herbal

Tanaman herbal tersebar dimana-mana. Nama tanaman dan khasiat serta manfaat dipasang di tanaman tersebut agar pengunjung dapat mengetahui hal itu. Ini yang menjadi daya tarik para pengunjung yang datang.

Bibit Tanaman Herbal. Image via: http://masbei.com/wisata-taman-herbal-insani-depok

Tanaman herbal yang langka dan susah dicari juga ada di Taman Herbal Insani ini. Tanaman-tanaman herbal ini nati-nya akan diolah sebagai obat alami tanpa bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Yang punya wisata ini juga mempunyai pabrik obat herbal yang bernama Herbal Insani.

  1. Taman Kelinci

Wahana taman kelinci merupakan yang paling banyak dikunjungi oleh pengunjung. Di sini pengunjung bisa menemukan kelinci-kelinci yang dilepas ke taman.

Untuk kelinci, pengunjung pun bisa memberi makan. Kelinci ada yang ditempatkan di dalam kandang besi dan ada juga yang berkeliaran namun tetap dipagari. Anak-anak bisa memberi makan kelinci yang berkeliaran itu.

Meski tempatnya tidak terlalu luas, tapi anak-anak tampak bisa menikmati memberi makan kelinci dan mereka terlihat senang dengan apa yang mereka lakukan.

Goa Kelinci di taman herbal insan, salah satu objek daya tarik yang menarik minat anak anak utuk berinteraksi dengan hewan
Goa Kelinci. Image via: dilokasi.com
  1. Taman Kura – kura

Taman kura-kura sangat menonjol, jadi pengunjung tidak begitu susah ketika mencari wahana ini. Wahana ini didesain untuk menjadi pelengkap selain untuk hiburan juga untuk edukasi anak-anak.

  1. Kolam Renang

Walaupun kolam renang yang ada di Taman Herbal Insani tidak terlalu luas namun cukup untuk anak-anak berenang dan bermain air. Kolam renang ini memiliki 2 kolam utama dan 1 kolam memanjang yang dangkal.

  1. Rakit dan Saung Rakit

Wahana rakit dan saung rakit ini dapat digunakan secara gratis di Taman Herbal Insani. Akan tetapi Pengunjung harus mengayuh dan mengoperasikan sendiri tanpa dibantu oleh ahli. Jadi Pengunjung harus berhati-hati jika menaiki rakit ini, takut tercebur ke dalam kolam yang cukup dalam.

Untuk keamanan terdapat juga pelampung, dan untuk anak di bawah 10 tahun wajib menggunakannya dengan menyewa kepada pengelola.

Balapan Rakit. salah satu kegiatan outbound yang diikuti di taman herbal insani depok
Balapan Rakit. Image via: wisataherbal.com

Simak juga: Taman Cattleya nan Asri

Perbedaan antara rakit dan saung rakit adalah jika saung rakit ada penutup di atasnya seperti saung atau gazebo pada umumnya. Jika rakit tidak ada

  1. Becak

Di sini terdapat becak dengan 2 ukuran yang berbeda yaitu besar dan kecil. Fungsinya pun berbeda, jika kecil untuk anak – anak dan yang besar untuk orang dewasa.

  1. Permainan Tradisional

Permainan tradisional nya antara lain adalah tarik tambang, lomba bakiak, dan jenis permainan yang lain.

  1. Playground

Seperti playground pada umumnya yaitu terdapat ayunan, jungkat – jungkit, perosotan, kuda – kudaan, dan lain sebagainya.

  1. Area Panahan

Panahan dapat melatih konsentrasi setiap manusia. Jadi wahana ini jangan sampai dilewatkan untuk melatih konsentrasi Pengunjung. Terdapat 2 busur yang ukuran kecil untuk anak – anak dan ukuran besar untuk orang dewasa.

Panahan merupakan kegiatan yang baik untuk melatih fokus dan keterampilan motorik halus pada anak anak
Panahan. Image via: arditaher
  1. Rumah Saung

Terdapat pula rumah saung yang disewakan ke para pengunjung baik itu hanya untuk beristirahat sebentar maupun menginap di dalamnya. Saung – saung tersebut diberi nama dengan nama bunga seperti Saung Anggrek, Saung Dahlia, Saung Mawar, Saung Melati, Saung Sakura, Saung Cempaka, Saung Kemuning, dan Saung Bougenville.

  1. Pendopo

Pendopo di sini biasanya digunakan untuk acara – acara tertentu seperti gethering, ulang tahun, atau yang lainnya dengan membayar biaya sewa yang telah ditentukan dan disetujui.

  1. Camping

Pengunjung juga dapat camping di area yang sudah disediakan pihak pengelola Taman Herbal Insani Depok.

camping ground taman herbal insanis ering dimanfaatkan untuk kegiatan gathering komunitas
Camping Ground. Image via: wisataherbal.com

Simak juga: Taman Edukasi Gajah Tunggal

Objek Wisata Dekat Taman Herbal Insani

Setelah puas bermain-main di taman herbal insani, dalam perjalanan pulang ke Jakarta, pengunjung bisa mencoba singgah di Telaga Arwana Cibubur. Taman wisata ini berjarak hanya 28 km ke arah Jakarta dari Taman Herbal Insani.

Telaga Arwana Cibubur memenuhi kriteria soal suasana pedesaan di tengah kota metropolitan. Dengan konsep alam terbuka, tempat ini cocok dijadikan tujuan wisata keluarga, terlebih bagi orangtua yang ingin mengajak anak-anaknya berlibur.

Untuk pengunjung yang berencana liburan menginap di Depok, tentu bsia memilih taman wisata lain yang berdekatan di area Depok. Salah satunya adalah Taman Wisata Alam TVRI, yang berjarak hanya 17 km dari Taman Herbal Insani.

Suasana asri dengan pepohonan yang hijau seketika menyambut, saat pertama memasuki kawasan tempat wisata di Depok ini. Dibangun di atas lahan seluas 20 hektar, Studio Alam TVRI ini telah berdiri sejak tahun 1980 yang dipergunakan sebagai tempat shooting dengan latar alam.

Demikian informasi dari kami, semoga informasi seputar Taman herbal Insani ini bisa berguna untuk anda. Selamat berlibur.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment