Taman Lembah Mawar, Ruang Terbuka Hijau Yang Instagramable Di Kota Depok

|

Taman Lembah Mawar ikut melengkapi ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH) yang dapat dijadikan sarana publik yang bermanfaat.

Seperti telah diulas sebelumnya, Depok memiliki taman atau ruang terbuka hijau yang cukup banyak. Seperti:

  • Taman Lembah Gurame,
  • Taman Mekarsari,
  • Godong Ijo,
  • Taman Herbal Insani,
taman lembah mawar
taman lembah mawar. google maps. sumber: Ultra Hallo

simak juga: tempat wisata di depok

Ketersediaan ruang publik tersebut memang sangat dibutuhkan, apalagi untuk kita yang tinggal di perkotaan seperti ini. Yang dapat kita jadikan sebagai tempat untuk bersantai, berolahraga, mencari inspirasi, atau hanya sekedar mengajak main anak-anak.

Berikut gambaran tentang Taman Lembah Mawar sebagai bahan referensi kamu untuk bersantai dan berolahraga di weekend ini.

Lokasi dan Alamat Taman Lembah Mawar

Lokasi Taman Lembah Mawar tepat di depan SMP Negeri 2 Depok, secara administratif berada di alamat Jl. Bangau Raya, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.

Rute Menuju Taman Lembah Mawar

Akses menuju Taman Lembah Mawar dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat hingga ke area parkirannya.

Untuk kamu yang ingin menggunakan transportasi umum dari Jakarta dan sekitarnya, enaknya naik commuter line dan turun di Stasiun Depok Baru.

Dilanjutkan dengan berjalan kaki sedikit menuju fly over Arif Rahman Hakim, lalu naik angkot jurusan Depok Dalam dan turun di Taman Lembah Mawar.

ramai dikunjungi di akhir pekan
ramai dikunjungi di akhir pekan. google maps. sumber: inu kertapati

simak juga: kampung 99 pepohonan

Jam Buka Taman Lembah Mawar

Jam operasional Taman Lembah Mawar dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Waktu terbaik mengunjungi Taman Lembah Mawar ialah di pagi hari ataupun di akhir pekan dengan mengajak keluarga tercinta.

Sama seperti Taman Lembah Gurame, Taman Lembah Mawar juga memiliki aturan khusus untuk anak sekolah. Yakni hanya dapat masuk ketika pulang sekolah atau hari libur.

Harga Tiket Masuk Taman Lembah Mawar

Karena Taman Lembah Mawar merupakan sarana publik, sehingga tidak ada biaya tiket masuk.

Fasilitas Taman Lembah Mawar

Fasilitas umum yang ada di Taman Lembah Mawar diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Gazebo atau saung,
  • Jogging track,
  • Spot selfie,
  • Children Playground,
  • Outdoor Gym,
  • Mushola,
  • Akses wifi gratis,
bermain ayunan
bermain ayunan. google maps. sumber: Ummu Sabila

simak juga: taman mekarsari

Daya Tarik Taman Lembah Mawar

1. Taman Yang Asri

Taman Lembah Mawar berada di area yang cukup luas, di dalamnya ditanami berbagai jenis tumbuhan dari yang kecil hingga tinggi.

Enak banget untuk dijadikan tempat jogging, atau sekedar santai sejenak dari segala rutinitas sehari-hari. Udara yang dirasa segar juga sejuk, nggak perlu jauh-jauh ke puncak ya kalau gitu cukup di Depok aja hhehehe…

Di tengah taman terdapat sebuah danau, di depan danaunya ada spot yang cukup luas yang dapat digunakan untuk jogging ataupun olahraga senam.

Taman Lembah Mawar diresmikan pada tahun 2016 oleh Walikota Depok yang saat itu sedang menjabat, yakni K.H. DR. Mohammad Idris, MA.

taman yang asri dan sejuk
taman yang asri dan sejuk. google maps. sumber: Maria Nelly

simak juga: taman lembah gurame

Pada waktu beliau menjabat cukup banyak membangun ruang terbuka hijau seperti ini, selain Taman Lembah Mawar ada juga Taman Mekarsari yang diresmikan oleh beliau.

Dan ternyata Taman Lembah Mawar lokasinya sangat dekat dengan Taman Lembah Gurame yang pernah diulas di artikel sebelumnya.

2. Wahana Yang Bermanfaat

Suasana yang asri, sejuk, serta udara yang segar turut diimbangi pula dengan adanya beberapa wahana yang dapat dimanfaatkan oleh setiap pengunjung yang datang.

Misalnya saja area playground yang memiliki cukup banyak wahana permainan yang dapat digunakan oleh anak-anak untuk bermain sepuasnya.

Selanjutnya ada pula outdoor gym terdapat beberapa perlengkapan untuk gym, olahraga dengan suasana yang segar tentu sangat menarik.

outdoor gym
outdoor gym. google maps. sumber: rahmat saja

simak juga: godong ijo

Ada pula beberapa gazebo atau saung, yang dapat digunakan untuk istirahat atau berkumpul bersama. Sering juga dimanfaatkan oleh para pelajar atau mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas, karena area Taman Lembah Mawar ini dilengkapi juga dengan akses wifi gratis.

3. Hunting Foto-Foto Kece

Dewasa ini fotografi sangat diminati oleh siapa saja, oleh karena itu Taman Lembah Mawar dilengkapi pula dengan beberapa spot foto kece yang nggak boleh kamu lewatkan.

Misalnya saja ada spot tulisan Love, bulan sabit, dan beberapa yang lainnya yang dapat kamu jumpai di area ornamen selfie.

salah satu spot foto
salah satu spot foto. google maps. sumber: Yudhi Herdiansyah

simak juga: d’kandang amazing farm

Penutup

Taman Lembah Mawar sangat asri dan juga bersih, semoga setiap pengunjung yang datang ikut menjaga kebersihan serta semua wahana atau fasilitas yang ada.

Karena tanpa kita sadari kita sangat membutuhkan ruang terbuka hijau seperti Taman Lembah Mawar dan juga beberapa taman lain yang ada di Kota Depok khususnya.