Taman Lembah Gurame, Taman Luas Nan Cantik Di Kota Depok

Taman Lembah Gurame merupakan salah satu taman yang digadang-gadang taman ini merupakan ruang terbuka hijau terbesar yang ada di Kota Depok.

Betapa tidak, Taman Lembah Gurame dikelilingi oleh beberapa tanaman serta pepohonan dari berbagai jenis dengan berada di lahan kira-kira seluas 3 hektar.

taman lembah gurame
taman lembah gurame. google maps. sumber: Dadang Suryaman

simak juga: d’kandang amazing farm

Taman ini selalu ramai dikunjungi oleh mereka yang hendak melakukan berbagai kegiatan, mulai dari jogging, mengajak main anak-anak, bersantai, belajar bersama, bahkan hangout bersama kawan.

Untuk kamu yang pernah ke Taman Lembah Gurame ini pasti akan merasa betah dan nyaman, selain sebagai tempat untuk bersantai taman ini juga mengedukasi kita akan pentingnya menjaga lingkungan dan juga pepohonan.

Taman Lembah Gurame sempat ditutup beberapa waktu lalu, imbas dari diberlakukannya PPKM yang berlaku di beberapa wilayah di Indonesia.

Saat ini sudah mulai dibuka kembali untuk umum, jadi berikut adalah gambaran tentang Taman Lembah Gurame sebagai bahan referensi kamu untuk bersantai di weekend ini.

Lokasi dan Alamat Taman Lembah Gurame

Lokasi Taman Lembah Gurame berada di kawasan Perumnas Depok I, tepatnya berada di alamat Jl. Nangka Raya, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.

setiap pohon diberikan penjelasan
setiap pohon diberikan penjelasan. google maps. sumber: elba damhuri

simak juga: taman wisata pasir putih

Rute Menuju Taman Lembah Gurame

Rute menuju Taman Lembah Gurame dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, juga dapat diakses dengan menggunakan transportasi umum maupun online.

Untuk kamu yang ingin menggunakan transportasi umum dari Jakarta dan sekitarnya, enaknya naik commuter line dan turun di Stasiun Depok Baru.

Dilanjutkan dengan berjalan kaki sedikit menuju fly over Arif Rahman Hakim, lalu naik angkot jurusan Depok Dalam dan turun di Taman Lembah Gurame.

Harga Tiket Masuk Taman Lembah Gurame

Tiket masuk Taman Lembah Gurame ini gratis ya

Jam Buka Taman Lembah Gurame

  • Jam operasional Taman Lembah Gurame dibuka mulai pagi hingga malam hari.
  • Terdapat jam khusus untuk anak-anak sekolah, yakni dilarang mengunjungi taman pada pukul 06.00 hingga pukul 13.00 waktu setempat.
fasilitas yang ada di taman lembah gurame
fasilitas yang ada di taman lembah gurame. google maps. sumber: Risma Mimi Tania

simak juga: pondok zidane

Fasilitas Taman Lembah Gurame

  • Area parkir,
  • Mushola,
  • Toilet,
  • Playground,
  • Gazebo,

Daya Tarik Taman Lembah Gurame

Taman Lembah Gurame berada di lahan seluas 3,3 hektar, awalnya merupakan fasilitas umum dari Perumahan Depok I yang awalnya masih berupa rawa-rawa, kemudian dipugar pada tahun 90-an. Sempat juga dibuat empang dan kebun oleh warga sekitar, hingga pernah dijadikan lokasi oleh para pemulung.

Lalu pada masa pemerintahan walikota Bapak Nur Mahmudi, kawasan Lembah Gurame ini berubah menjadi ruang terbuka hijau hingga seperti sekarang ini.

1. Taman Yang Luas Nan Cantik

ruang terbuka hijau yang luas
ruang terbuka hijau yang luas. google maps. sumber: Khoirul Azmi

simak juga: taman mekarsari

Taman Lembah Gurame bukanlah sebuah taman biasa, dengan berada di sini kita seperti sedang berada di hutan asri dengan udara yang sejuk dan segar.

Berjalan di pagi hari di taman ini dapat menjadi tempat berolahraga yang seru, dimana kamu dapat menjumpai berbagai jenis pepohonan serta bunga-bunga yang tertata dengan baik.

Bahkan pepohonan yang ada diberikan penjelasan, sehingga tanpa sadar kita sedang mempelajari pepohonan tersebut.

Jalan setapaknya pun sudah tertata dengan baik, serta banyaknya jembatan-jembatan kece yang dapat dijadikan spot untuk berfoto. Jika lelah, kamu dapat bersantai di beberapa gazebo yang tersedia sambil menikmati suasana yang asri dan sejuk ini.

2. Fasilitas Yang Lengkap

Taman Lembah Gurame bukan hanya sebagai sebuah ruang terbuka hijau yang menghasilkan oksigen untuk kita, melainkan dilengkapi pula dengan beragam fasilitas penunjang lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

serunya anak bermain
serunya anak bermain. google maps. sumber: ICHSAN ID

simak juga: arina waterpark

Fasilitas-fasilitas penunjang tersebut diantaranya:

  • Area playground yang dilengkapi banyak wahana permainan, mulai dari ayunan, perosotan, hingga dinding jaring yang dapat melatih motorik anak.
  • Amphitheater dapat dimanfaatkan untuk mengadakan berbagai kegiatan.
  • Outdoor gym untuk kamu yang pengen nge-gym.
  • Lapangan yang dapat digunakan untuk futsal atau bermain skateboard.
  • Di beberapa spot terdapat pojok baca yang dilengkapi dengan beberapa buku yang menarik.
  • Menara pandang yang biasanya dimanfaatkan pengunjung untung hunting foto, atau menikmati keindahan taman ini secara menyeluruh.

Pokoknya kegiatan kamu di Taman Lembah Gurame nggak akan ngebosenin deh…..

3. Lokasi Yang Strategis

Lokasi dari Taman Lembah Gurame dapat dilalui dari berbagai arah, serta dapat dituju dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Maka tak heran jika Taman Lembah Gurame menjadi taman ikonik yang ada di Kota Depok, dan selalu ramai dikunjungi.

taman yang luas
taman yang luas. google maps. sumber: wasikan wasis

simak juga: kampung 99 pepohonan

Penutup

Keberadaan ruang terbuka hijau memang sangat dibutuhkan, apalagi oleh mereka yang tinggal di kota-kota besar. Keberadaan taman seperti Taman Lembah Gurame ini seakan memberi angin segar ditengah panasnya perkotaan.

Jangan lupa untuk selalu ikut menjaga kebersihan dan keasrian taman juga ya, selain itu kita juga harus menjaga semua fasilitas yang ada.


shopee