7 Tempat Wisata di Depok, Dari Yang Gratisan Sampai Instagramable

Tempat wisata di Depok cukup digandrungi mereka yang sudah lelah dan ingin bersantai sejenak. Dengan menjadi salah satu kota penyangga ibukota, Depok cukup ramai di akhir pekan.

Kota Depok berada di sebelah selatan Jakarta, dan berada diantara Bogor dan Jakarta. Dulunya Depok merupakan bagian dari Kabupaten Bogor, namun saat ini telah menjadi kota sendiri dan menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat.

Nativeindonesia.com akan mengulas beberapa tempat wisata di Depok dari mulai yang gratisan hingga Instagramable, yang mampu mengalihkan sedikit kesibukan.

1. Kampung 3D

kampung 3d depok
kampung 3d depok. google maps. sumber: Yusuf Paulus

Simak juga: daftar tempat wisata di Malang

Tempat wisata Depok yang pertama mari kita awali dengan hasil kreatifitas dari para pemuda kampung, yang akhirnya menghasilkan sebuah kampung yang instagramable dan sempat viral beberapa waktu ke belakang.

Kampung yang berada di Kecamatan Sukmajaya ini akhirnya dikenal dengan nama Kampung 3D. Penuh dengan lukisan 3D yang menjadi spot foto instagramable.

Dan yang paling penting, mengunjungi spot foto kece tersebut kamu nggak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Namun, pengunjung yang datang diwajibkan untuk ikut menjaga hasil lukisan mural 3D tersebut.

  • Lokasi: Jl. Danau Tandano II No. 172, Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat.

2. Masjid Kubah Emas

masjid kubah emas
masjid kubah emas. google maps. sumber: Yudi Priyanto

Baca: rekomendasi tempat wisata di Subang

Masjid Kubah Emas pernah viral beberapa waktu yang lalu, dikarenakan bentuk bangunan masjidnya yang megah dengan dilengkapi emas di bagian kubahnya.

Nama asli dari masjid mewah ini bernama Masjid Dian Al-Mahri, yang mulai dibangun pada tahun 1999. Dan hingga saat ini selalu menjadi tujuan wisata religi di Depok.

  • Lokasi: Jl. Meruyung Raya, Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat.

3. Situ Jatijajar

situ jatijajar
situ jatijajar. google maps. sumber: Didik N

Sima: review tempat wisata di Blitar

Sekarang kita beralih sedikit ke wisata alam yang seru, yakni mengunjungi Situ Jatijajar. Dengan dilengkapi berbagai wahana yang pastinya seru-seru, anak-anak pasti seneng banget.

Situ Jatijajar merupakan sebuah danau yang terletak di tengah kota Depok, yang dikelilingi pepohonan yang membuat suasana menjadi sejuk.

Wahana favorit yang ada di Situ Jatijajar ialah perahu bebek, dimana kamu dapat mengelilingi danau dengan menggunakan perahu bebek tersebut. Selain itu ada pula jogging track, di akhir pekan selalu digunakan ngunjung untuk berolahraga.

  • Lokasi: Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

4. Taman Herbal Insani

taman herbal insani
taman herbal insani. google maps. sumber: Ade Samsuri

simak ulasan lengkapnya di taman herbal insani depok

Taman Herbal Insani ialah sebuah tempat wisata di Depok yang menerapkan konsep wisata alam terbuka, wisata keluarga, juga wisata edukatif dalam satu kawasan.

Dilihat dari namanya, taman keluarga ini memberikan informasi tentang manfaat herbal dari setiap tanaman. Dan kamu bisa membeli tanaman berkhasiat tersebut untuk kemudian ditanam di rumah.

Daya tarik selanjutnya ialah adanya sebuah danau yang dikelilingi pohon yang cukup rindang. Dan kamu pun dapat mengelilingi danau tersebut dengan menaiki wahana becak air atau perahu kano.

Selain itu ada pula wahana kolam renang, wahana outbound, wisata kuliner, bahkan ada pula penginapan di sekitar Taman Herbal Insani Depok.

  • Lokasi: Jl. Kampung Kandang No.26, Duren Seribu, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 15.00 (Rabu – Minggu)
  • Tiket masuk: Rp. 25.000,-

5. Taman Godong Ijo Depok

taman godong ijo depok
taman godong ijo depok. google maps. sumber: Sandra Maria

Baca juga: rekomendasi tempat wisata di Pekanbaru

Taman Godong Ijo Depok hadir dengan konsep hutan di tengah kota, yang menempati area seluas 2,5 hektar. Taman Godong Ijo merupakan sebuah nursery tempat pembibitan tanaman hias.

Fasilitas yang ada di Taman Godong Ijo diantaranya adanya kolam pemancingan ikan, rumah makan, juga ada beberapa hewan unik yang ikut mendiami area wisata edukasi di Depok ini.

  • Lokasi: Jl. Raya Cinangka No. 60, Serua, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat
  • Jam buka: 09.00 – 20.00

6. Taman Wisata Pasir Putih

taman wisata pasir putih
taman wisata pasir putih. google maps. sumber: Roro Milana sari

Taman Wisata Pasir Putih merupakan salah satu arena rekreasi bermain air yang ada di Depok, dengan memiliki konsep waterpark. Dimana ada 3 kolam yang dilengkapi dengan seluncuran dengan bentuk yang berbeda-beda.

Selain itu ada pula wahana outbound, yang semakin menambah seru liburan anak-anak di Taman Wisata Pasir Putih. Pokoknya ini merupakan tempat berlibur yang paling recommended di Depok.

  • Lokasi: Jalan Raya Pasir Putih, Sawangan, Depok, Jawa Barat
  • Jam buka: 09.00 – 17.00 (hari Jumat tutup)
  • Tiket masuk: mulai dari Rp. 20.000 (anak-anak) Rp. 25.000,- (dewasa)

7. D’Kandang Amazing Farm

d’kandang amazing farm
d’kandang amazing farm. google maps. sumber: sonya / onya

Baca: daftar tempat wisata di Magelang

Tempat wisata Depok yang terakhir kita ulas ialah D’Kandang Amazing Farm, yang akan memberikanmu pengalaman merasakan dunia peternakan juga pertanian.

Disamping itu ada pula berbagai wahana permainan yang seru dan menantang. Wahana tersebut syarat akan nilai edukasi, sehingga D’Kandang Amazing Farm sering dikunjungi lembaga-lembaga formal.

  • Lokasi: Jl. Penarikan, Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 (hari Jumat tutup)
  • Tiket masuk: Rp. 18.000,-