10 Tempat Wisata di Depok Yang di Rekomendasikan

| | ,

Berbatasan langsung dengan ibukota Jakarta di bagian selatan, Depok menjadi salah satu kota penyangga yang terbilang cukup maju. Di kota ini banyak berdiri gedung-gedung bertingkat hingga beragam fasilitas publiknya yang luar biasa.

Sebagai kota penyangga ibukota, Kota Depok tak hanya menyuguhkan kemacetan yang jadi hal lumrah di kota-kota besar tetapi juga potensi wisata yang tak kalah menarik perhatian. Ingin liburan ke Depok? Maka Anda perlu tahu lebih jauh tentang tempat wisata di Depok, yuk intip keseruannya berikut ini.

1. Kampung 3D

Kampung 3D
Kampung 3D. Image via: www.instagram.com/dindadesian/

Jika biasanya jalanan di kawasan perumahan sepi dari lalu lalang orang, tapi pemandangan yang jauh berbeda akan Anda temui di Jl. Danau Tondano, Abadijaya, Sukmajaya Kota Depok. Ini karena di setiap sudut jalannya ada gambar tiga dimensi yang unik dan instagramable.

Mulai dari gambar permadani yang seolah tengah terbang, lalu ada zebra cross yang melayang, hingga perahu dan banyak lagi gambar 3 dimensi lainnya. Tak heran jika tempat yang satu ini kemudian viral di media sosial dan menjadi buruan para pemburu foto selfie kekinian.

Informasi:

  • Nama: Kampung 3 Dimensi
  • Alamat: Jl. Danau Tondano, Abadijaya, Sukmajaya, Kota Depok – Jawa Barat

Simak juga: daftar tempat wisata di Malang

dago dream park
dago dream park

2. Studio Alam TVRI

Studio alam tvri
Studio Alam TVRI. Image via: novanrp.blogspot.com

Suasana asri dengan pepohonan yang hijau seketika menyambut, saat pertama memasuki kawasan tempat wisata di Depok ini. Dibangun di atas lahan seluas 20 hektar, Studio Alam TVRI ini telah berdiri sejak tahun 1980 yang diperuntukan sebagai tempat shooting dengan latar alam.

Di kawasan studio yang pernah ngehits pada jamannya ini terdapat banyak bangunan rumah bergaya tradisional, mulai dari rumah joglo hingga rumah panggung. Tak hanya itu, di kawasan studio juga terdapat lapangan tenis, hutan dan juga danau yang bisa digunakan untuk menyalurkan hobi memancing.

Informasi:

  • Nama: Studio Alam TVRI
  • Alamat: Jalan Raden Saleh No. 90, Jl. Studio Alam TVRI No.1, Sukmajaya – Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB

3. Masjid Kubah Emas

masjid kubah emas
Masjid Kubah Emas. Image via: suar.grid.id

Di Kota Depok ada satu masjid yang begitu ikonik yang membuat orang tak hanya ingin beribadah di dalamnya tetapi juga menyelami keindahannya. Masjid Kubah Emas, begitu masjid ini kerap disebut. Tak heran memang karena masjid ini memiliki arsitektur yang unik dan mencolok pada bagian kubahnya yang berjumlah lima dan kesemuanya berlapis emas 22 karat sebagai lambang rukun islam. Ditambah lagi dengan menaranya yang cantik dan berjumlah enam sebagai lambang rukun iman.

Masjid cantik ini berdiri di atas tanah seluas 50 hektar dengan luas bangunan kurang lebih 8.000 meter persegi, bayangkan betapa luas dan megahnya bangunan masjid tersebut. Di sekitar halaman masjid banyak ditumbuhi pohon hijau dan tanaman hias nan cantik, sangat pas buat foto selfie untuk mengabadikan momen saat berkunjung ke masjid canik nan megah yang satu ini.

Informasi:

  • Nama: Masjid Dian Al-Mahri atau Masjid Kubah Emas
  • Alamat: Jl. Raya Meruyung, Limo, Kota Depok – Jawa Barat
  • Jam buka: 04.00 – 07.00 WIB dan 10.00 – setelah isya’ (Jum’at – Rabu), 04.00 – 07.00 WIB dan 16.00 – sampai isya’ (Kamis)

Baca: rekomendasi tempat wisata di Subang

4. Setu Asih Pulo

Setu Asih Pulo
Setu Asih Pulo. Image via: jakarta.panduanwisata.id

Tempat wisata di Depok selanjutnya yang punya banyak hal seru dan menarik ialah Setu Asih Pulo. Setu atau danau yang memiliki luas sekitar 4,40 hektar ini kini menjadi salah satu destinasi seru berwisata air yang ada di Depok. Banyak hal yang bisa Anda lakukan disini, mulai dari berburu spot berfoto selfie yang kece dan instagramable, naik perahu bebek untuk mengelilingi area danau yang juga digunakan sebagai area konservasi atau sekedar menyalurkan hobi memancing. Kedengarannya menarik bukan?

Informasi:


  • Nama: Setu Asih Pulo
  • Alamat: Jl. Situ Asih No.10, Rangkapan Jaya, Pancoran MAS, Kota Depok –Jawa Barat

5. Saung Talaga

Saung telaga
Saung Talaga. Image via: id.foursquare.com

Ada yang menarik ketika melintasi jalan raya Sawangan di kawasan Pancoran Mas – Depok. Bukan karena kemacetan jalanannya tetapi karena ada saung yang berada di atas danau buatan. Bukan saung biasa, tempat tersebut adalah sebuah rumah makan dengan konsep saung yang berdiri memanjang di atas danau.

Sehingga tak hanya menikmati sajian kuliner yang ditawarkan tetapi Anda juga bisa santai sejenak dari bisingnya kota Depok yang hectic. Selain itu tempat wisata kuliner di Depok ini juga dilengkapi dengan area playground, kolam pemancingan hingga perahu untuk mengelilingi area danau. Wah seru ya!

Informasi:

  • Nama: Saung talaga
  • Alamat: Jalan Raya Sawangan No. 1, Rangkapan Jaya, Pancoran MAS, Kota Depok –Jawa Barat
  • Jam buka: 10.00 – 22.00 WIB

Simak; review tempat wisata di Blitar

6. D’Amazing Farm

DKandang-Amazing-Farm-Depok
D’Amazing Farm. Image via: triptrus.com

Ingin mengenalkan anak bagaimana serunya dunia peternakan dan pertanian? Maka D’Amazing Farm, bisa jadi destinasi yang sangat cocok. Mengusung konsep wisata alam edukatif, Anda dan keluarga akan diajak untuk mengenal dunia peternakan dan pertanian dengan cara yang fun dan menyenangkan.

Banyak kegiatan seru yang edukatif disuguhkan tempat wisata di Depok ini. Mulai dari belajar menunggang kuda, menanam dan memanen sayuran, memberi makan hewan ternak, memerah susu sapi dan banyak lagi kegiatan seru lainnya. Suasananya pun sangat bersahabat dengan fasilitas yang terbilang komplit, tak heran jika tempat ini selalu saja penuh dengan pengunjung.

Informasi:

  • Nama: D’Amazing Farm
  • Alamat: Jl. Penarikan, Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok – Jawa Barat
  • Jam buka: 06.00 – 16.00 WIB (Jum’at Libur)
  • Harga tiket: Rp 18.000,-

7. Taman Wisata Pasir Putih

Taman Wisata Pasir Putih
Taman Wisata Pasir Putih. Image via: samitraciptagaleria.blogspot.com

Mengusung konsep taman rekreasi keluarga bernuansa alami, tempat wisata di Depok ini menjadi salah satu tujuan menarik untuk menghabiskan waktu liburnya. Ada banyak wahana seru yang ditawarkan untuk memuaskan para pengunjung yang dating. Mulai dari wahana seru permainan air dengan kolam renang anak dan juga dewasa yang dilengkapi juga dengan seluncur air dan ember tumpah.

Ditambah lagi keseruan outbond, flying fox, bungge trampoline, main futsal atau menaiki ATV untuk menjelajahi kawasan taman wisata hingga play ground seru yang akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Semuanya bisa Anda lakukan dalam satu tempat saja yakni di Taman Wisata pasir Putih.

Informasi:

  • Nama: Taman Wisata Pasir Putih
  • Alamat: Jl. Raya Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok – Jawa Barat
  • Jam buka: 09.00 – 17.00 WIB (Senin-Kamis), 08.00 – 17.30 WIB (Sabtu-Minggu), Jumat libur

Baca juga: rekomendasi tempat wisata di Pekanbaru

8. Godong Ijo

godong ijo
Godong Ijo. Image via: jakarta.panduanwisata.id

Tempat wisata di Depok ini memiliki konsep yang unik dengan menggabungkan ecotainment, wisata alam hingga wisata kuliner dalam satu destinasi. Godong Ijo menyuguhkan konsep “hutan kota” dengan cara yang cerdas sebagai bagian dari wisata edukasi untuk mengenalkan anak-anak pada alam di sekitarnya.

Dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektar, tempat ini juga dilengkapi dengan resto yang menawarkan aneka kuliner yang menggoda. Masih di area yang sama juga terdapat kolam pemancingan yang sangat cocok untuk Anda yang punya hobi memancing.

Informasi:

  • Nama: Godong Ijo
  • Alamat: Jl. Cinangka Raya Km 10 No. 60, Serua, Bojongsari, Kota Depok – Jawa Barat
  • Jam buka: 09.00 – 17.00 WIB

9. Pondok Zidane

Pondok Zidane
Pondok Zidane. Image via: www.depokpos.com

Bingung cari tempat seru untuk liburan bersama keluarga di Depok? Coba mampir ke Pondok Zidane yang berlokasi di Kampung Prigi, Bedahan, Sawahan Kota Depok. Tak hanya menawarkan tempat yang seru untuk bermain tetapi juga bisa sekaligus belajar secara langsung di alam terbuka.

Banyak wahana permainan seru yang tersedia di tempat wisata Depok ini meliputi outbond, playground, kolam renang, area camping hingga akomodasi penginapan. Selain itu tempat ini pun menawarkan fasilitas menarik lainnya seperti area gathering, kolam pemancingan, lapangan untuk bermain futsal, naik kuda dan masih banyak lagi keseruan lainnya.

Informasi:

  • Nama: Pondok Zidane
  • Alamat: Jalan Kekupu Blok Porek 1 No.32, Bedahan, Sawangan, Kota Depok – Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 18.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 40.000,- hingga Rp 85.000,-

Baca: daftar tempat wisata di Magelang

10. Agrowisata Belimbing Dewa

blimbing dewa
Agrowisata Belimbing Dewa. Image via: makassar.terkini.id

Selanjutnya ada Agrowisata Belimbing Dewa yang bisa jadi alternatif tempat berlibur menikmati keindahan alam sambil menikmati kesegaran buah belimbing. Berlokasi di daerah Pasir Putih Sawahan Depok, agrowisata ini cukup populer sebagai salah satu tempat wisata di Depok. Menariknya, agrowisata ini bukan milik perorangan tertapi ada sekitar 500 petani yang menanam belimbing di pekarangan atau kebunnya.

Sehingga ketika musim panen tiba, tempat tersebut akan dipenuhi buah belimbing dewa yang memiliki rasa yang super. Karenanya tak mengherankan jika kota Depok juga mendapat julukan kota belimbing. Tak hanya buahnya saja, Anda juga bisa mencicipi olahan belimbing hasil karya warga setempat juga tak ketinggalan Anda pun bisa belajar tentang budidaya belimbing dewa kllangsung dari para petani.

Informasi:

  • Nama: Agrowisata Belimbing Dewa
  • Alamat: Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok – Jawa Barat

Demikian rekomendasi singkat mengenai tempat wisata di Depok dengan ragam keistimewaannya masing-masing. Jangan hanya berkutat di balik meja, yuk refresh pikiran dengan mengunjungi tempat-tempat seru yang ada di sekitar Anda.

Selamat berlibur!

10 Tempat Wisata di Depok Yang di Rekomendasikan
4.4 (87.5%) 8 vote[s]

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Tags
Previous

12 Tempat Wisata di Subang Yang Alami dan Indah

11 Tempat Wisata di Bukittinggi Untuk Liburan keluarga

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment