21 Tempat Wisata di Depok, Dari Yang Gratisan Sampai Instagramable

|

Tempat wisata di Depok cukup digandrungi mereka yang sudah lelah dan ingin bersantai sejenak. Dengan menjadi salah satu kota penyangga ibukota, Depok cukup ramai di akhir pekan.

Kota Depok berada di sebelah selatan Jakarta, dan berada diantara Bogor dan Jakarta. Dulunya Depok merupakan bagian dari Kabupaten Bogor, namun saat ini telah menjadi kota sendiri dan menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat.

Nativeindonesia.com akan mengulas beberapa tempat wisata di Depok dari mulai yang gratisan hingga Instagramable, yang mampu mengalihkan sedikit rasa lelah.

1. Kampung 3D

kampung 3d depok
kampung 3d depok. google maps. sumber: Yusuf Paulus

Simak juga: daftar tempat wisata di Malang

Tempat wisata Depok yang pertama mari kita awali dengan hasil kreatifitas dari para pemuda kampung, yang akhirnya menghasilkan sebuah kampung yang instagramable dan sempat viral beberapa waktu ke belakang.

Kampung yang berada di Kecamatan Sukmajaya ini akhirnya dikenal dengan nama Kampung 3D. Penuh dengan lukisan 3D yang menjadi spot foto instagramable.

Dan yang paling penting, mengunjungi spot foto kece tersebut kamu nggak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Namun, pengunjung yang datang diwajibkan untuk ikut menjaga hasil lukisan mural 3D tersebut.

Hanya sayang sekali, kondisi gambar 3D nya saat ini sudah mulai kabur dan kurang terawat. Penampilannya tak seperti dulu lagi.

  • Lokasi: Jl. Danau Tandano II No. 172, Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat.

2. Masjid Kubah Emas

masjid kubah emas
masjid kubah emas. google maps. sumber: Yudi Priyanto

Baca: rekomendasi tempat wisata di Subang

Masjid Kubah Emas pernah viral beberapa waktu yang lalu, dikarenakan bentuk bangunan masjidnya yang megah dengan dilengkapi emas di bagian kubahnya.

Nama asli dari masjid mewah ini bernama Masjid Dian Al-Mahri, yang mulai dibangun pada tahun 1999. Dan hingga saat ini selalu menjadi tujuan wisata religi di Depok.

  • Lokasi: Jl. Meruyung Raya, Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat.

3. Situ Jatijajar

situ jatijajar
situ jatijajar. google maps. sumber: Didik N

Sima: review tempat wisata di Blitar

Sekarang kita beralih sedikit ke wisata alam yang seru, yakni mengunjungi Situ Jatijajar. Dengan dilengkapi berbagai wahana yang pastinya seru-seru, anak-anak pasti seneng banget.

Situ Jatijajar merupakan sebuah danau yang terletak di tengah kota Depok, yang dikelilingi pepohonan yang membuat suasana menjadi sejuk.

Wahana favorit yang ada di Situ Jatijajar ialah perahu bebek, dimana kamu dapat mengelilingi danau dengan menggunakan perahu bebek tersebut. Selain itu ada pula jogging track, di akhir pekan selalu digunakan ngunjung untuk berolahraga.

  • Lokasi: Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

4. Taman Herbal Insani

taman herbal insani
taman herbal insani. google maps. sumber: Ade Samsuri

simak ulasan lengkapnya di taman herbal insani depok

Taman Herbal Insani ialah sebuah tempat wisata di Depok yang menerapkan konsep wisata alam terbuka, wisata keluarga, juga wisata edukatif dalam satu kawasan.

Dilihat dari namanya, taman keluarga ini memberikan informasi tentang manfaat herbal dari setiap tanaman. Dan kamu bisa membeli tanaman berkhasiat tersebut untuk kemudian ditanam di rumah.

Daya tarik selanjutnya ialah adanya sebuah danau yang dikelilingi pohon yang cukup rindang. Dan kamu pun dapat mengelilingi danau tersebut dengan menaiki wahana becak air atau perahu kano.

Selain itu ada pula wahana kolam renang, wahana outbound, wisata kuliner, bahkan ada pula penginapan di sekitar Taman Herbal Insani Depok.

  • Lokasi: Jl. Kampung Kandang No.26, Duren Seribu, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 15.00 (Rabu – Minggu)
  • Tiket masuk: Rp. 25.000,-

5. Taman Godong Ijo Depok

taman godong ijo depok
taman godong ijo depok. google maps. sumber: Sandra Maria

Baca juga: rekomendasi tempat wisata di Pekanbaru

Taman Godong Ijo Depok hadir dengan konsep hutan di tengah kota, yang menempati area seluas 2,5 hektar. Taman Godong Ijo merupakan sebuah nursery tempat pembibitan tanaman hias.

Fasilitas yang ada di Taman Godong Ijo diantaranya adanya kolam pemancingan ikan, rumah makan, juga ada beberapa hewan unik yang ikut mendiami area wisata edukasi di Depok ini.

  • Lokasi: Jl. Raya Cinangka No. 60, Serua, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat
  • Jam buka: 09.00 – 20.00

6. Taman Wisata Pasir Putih

taman wisata pasir putih
taman wisata pasir putih. google maps. sumber: Roro Milana sari

Taman Wisata Pasir Putih merupakan salah satu arena rekreasi bermain air yang ada di Depok, dengan memiliki konsep waterpark. Dimana ada 3 kolam yang dilengkapi dengan seluncuran dengan bentuk yang berbeda-beda.

Selain itu ada pula wahana outbound, yang semakin menambah seru liburan anak-anak di Taman Wisata Pasir Putih. Pokoknya ini merupakan tempat berlibur yang paling recommended di Depok.

  • Lokasi: Jalan Raya Pasir Putih, Sawangan, Depok, Jawa Barat
  • Jam buka: 09.00 – 17.00 (hari Jumat tutup)
  • Tiket masuk: mulai dari Rp. 20.000 (anak-anak) Rp. 25.000,- (dewasa)

7. D’Kandang Amazing Farm

d’kandang amazing farm
d’kandang amazing farm. google maps. sumber: sonya / onya

Baca: daftar tempat wisata di Magelang

Tempat wisata Depok yang terakhir kita ulas ialah D’Kandang Amazing Farm, yang akan memberikanmu pengalaman merasakan dunia peternakan juga pertanian.

Disamping itu ada pula berbagai wahana permainan yang seru dan menantang. Wahana tersebut syarat akan nilai edukasi, sehingga D’Kandang Amazing Farm sering dikunjungi lembaga-lembaga formal.

  • Lokasi: Jl. Penarikan, Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 (hari Jumat tutup)
  • Tiket masuk: Rp. 18.000,-

8. Taman Mekarsari Depok

taman mekarsari cimanggis depok
taman mekarsari cimanggis depok. sumber: Syaiful Gedek Bangat Ipoel

simak: taman mekarsari depok

Taman Mekarsari Depok bukanlah Taman Buah Mekarsari yang ada di Bogor, namanya memang mirip namun berbeda dari segi konsep juga lokasinya.

Taman ini memiliki sebuah taman cantik yang ditata sedemikian rupa, yang terletak di area tengah. Selain itu Taman Mekarsari juga memiliki playground yang dilengkapi dengan wahana permainan anak. Serta ada lapangan bulu tangkis juga loh…

  • Lokasi: Jl. Bunga Raya No.22, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.
  • Jam buka: 05.00 hingga 20.00

9. Setu Pengasinan

setu pengasinan
setu pengasinan. google maps. sumber: Msh Misbah

simak: setu pengasinan

Setu Pengasinan merupakan danau buatan yang kedalamannya berkisar antara 1 hingga 4 meter, luasnya kira-kira mencapai 6 hektar dengan fungsi utamanya ialah sebagai lokasi serapan air.

Setu Pengasinan memiliki spot untuk menenangkan diri dan menikmati luasnya danau, suasana yang asri, sejuk, juga menenangkan dapat kamu rasakan ketika berada disini.

Terdapat beberapa wahana permainan yang dapat dimainkan bersama keluarga tercinta, sehingga membuat Setu Pengasinan cocok digunakan sebagai tempat wisata keluarga.

  • Lokasi: Jl. Setu Pengasinan Indah No.27, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 18.00
  • Tiket masuk: gratis

10. Kampung 99 Pepohonan

tempat asri di tengah kota
tempat asri di tengah kota. google maps. sumber: Elasheylla Official

simak: kampung 99 pepohonan

Kampung 99 Pepohonan, nama tempat wisata ini memang unik dan menarik. Sesuai dengan namanya tempat ini memiliki cukup banyak pepohonan dari berbagai jenis, udara yang dirasa pun sejuk dan segar.

Lokasi Kampung 99 Pepohonan cukup dekat dengan Masjid Kubah Emas Depok, so untuk kamu yang habis berkunjung ke masjid megah tersebut dapat menjadikan lokasi ini sebagai destinasi berikutnya.

Kampung 99 Pepohonan juga dilengkapi dengan Arena bermain anak, kolam renang, arena outbound, café, hingga penginapan.

  • Lokasi: Jl. KH. Muhasan II, Keluarahan Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 hingga 17.00

11. Pondok Zidane Depok

area lapang yang luas
area lapang yang luas. google maps. sumber: rahmat saja

simak: pondok zidane

Pondok Zidane menawarkan pada pengunjung sebuah tempat wisata dengan paket komplit, mulai dari kolam renang, outbound, penginapan hingga agrowisata.

Pondok Zidane dapat menjadi pilihan tempat wisata di Depok, dengan beragam keseruan yang dapat kamu lakukan. Dan yang paling penting harganya nggak bikin kantong bolong.

  • Lokasi: Jl. Rawa Bengkok RT 03 RW 07, Kampung Prigi,  Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 setiap hari Jum’at tutup

12. Taman Lembah Gurame

taman lembah gurame
taman lembah gurame. google maps. sumber: Dadang Suryaman

simak: taman lembah gurame

Taman Lembah Gurame merupakan salah satu taman yang ada di Depok, digadang-gadang taman ini merupakan ruang terbuka hijau terbesar yang ada di Kota Depok.

Taman ini selalu ramai dikunjungi oleh mereka yang hendak melakukan berbagai kegiatan, mulai dari jogging, mengajak main anak-anak, bersantai, belajar bersama, bahkan hangout bersama kawan.

  • Lokasi: kawasan Perumnas 1 Depok
  • Alamat: Jl. Nangka Raya, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat
  • Jam buka: pagi hingga sore hari

13. Studio Alam TVRI

spot foto favorit
spot foto favorit. google maps. sumber: Salwa Khoirunnisa

simak: studio alam tvri

Studio Alam TVRI awalnya merupakan lokasi syuting, namun kemudian dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai pilihan tempat wisata ketika berada di Depok, Jawa Barat.

Meski dibuka untuk umum, Studio Alam TVRI masih sering digunakan sebagai lokasi syuting. Jika hal itu terjadi, maka akan ditutup sementara demi kelancaran dan kenyamanan ketika syuting sedang berlangsung.

Banyak fasilitas yang ada di Studio Alam TVRI yang dapat dijadikan sebagai spot untuk berfoto, kawasannya luas serta dipenuhi rindangnya pepohonan. Tempat wisata alam yang satu ini juga memiliki arena bermain anak.

  • Lokasi: Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 18.00 hari Minggu tutup
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

14. Waterpark Ceria

selalu ramai dikunjungi
selalu ramai dikunjungi. google maps. sumber: ciday mansur

simak: waterpark ceria

Waterpark Ceria atau Kolam Renang Ceria salah satu kolam renang yang ada di Depok, cocok banget untuk tempat berenang anak-anak.

Waterpark Ceria memiliki dua buah kolam renang dengan kedalaman yang aman untuk anak, yakni hanya setinggi kaki hingga pinggang orang dewasa saja.

Selain itu Kolam Renang Ceria dilengkapi dengan istana seluncuran yang memiliki beberapa seluncuran dengan tipe yang berbeda-beda.

  • Lokasi: Jl. K.H.M. Usman No. 110, Raya Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 35.000,-

15. Arina Waterpark

kolam yang luas juga bersih
kolam yang luas juga bersih. google maps. sumber: Suanto

simak: arina waterpark

Berenang di Arina Waterpark sangat aman dan nyaman, disamping banyaknya kolam untuk anak-anak, kolam renangnya pun bersih dan tak berlumut. Sehingga terlihat bening dan juga segar.

Terdapat tiga area kolam renang, dengan kedalaman yang masih aman untuk anak-anak. Meski biasanya anak-anak fokus di kolam yang terdapat wahana permainannya.

  • Lokasi: Jl. H. Emba, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 17.30
  • Tiket masuk: Rp. 14.000,-

16. Kolam Renang Paragon Semi Indoor

ember tumpah
ember tumpah. google maps. sumber: Astra Ramdhani

simak: kolam renang paragon

Berenang di Kolam Renang Paragon kamu tidak perlu khawatir akan teriknya matahari ataupun derasnya air hujan, karena kolamnya dilengkapi atap semi permanen.

Kolam Renang Parago memiliki tiga buah kolam renang, dan semua atap dari kolam renang tersebut menggunakan atap semi permanen yang akan menahan teriknya matahari di siang hari dan juga derasnya air hujan.

Sehingga untuk berenang di Kolam Renang Paragon ini dapat kapan saja, tanpa perlu khawatir kepanasan atau kehujanan.

  • Lokasi: Jl. H. Dimun IV, Kelurahan Sukamaju, Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 hingga 18.00
  • Tiket masuk: Rp. 30.000,-

17. Situ Cilodong

adem banget
adem banget. google maps. sumber: Nino

simak: situ cilodong

Situ Cilodong merupakan salah satu setu atau situ yang ada di Depok dan dijadikan sebagai tempat wisata gratis. Cobalah untuk mengelilingi area danau, baik menggunakan sepeda motor ataupun dengan gowes. Enaknya dilakukan di pagi dan sore hari.

Pemandangan di sore hari berbeda dengan pagi, karena panorama alam di waktu senja sungguh cantik. Kita seperti sedang berada di pantai dan menikmati suasana sunset. Kegiatan memancing juga dapat dilakukan di Situ Cilodong.

Di Situ Cilodong terdapat beberapa wahana permainan yang bisa kamu coba. Diantaranya ada bebek-bebekan, rakit, dan untuk menikmatinya kamu harus membayar biaya sekitar Rp. 15.000,-

  • Lokasi: Jl. Abdul Ghani, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

18. Taman Rekreasi Wiladatika

taman rekreasi wiladatika
taman rekreasi wiladatika. google maps. sumber: Hifzi Nurfahma

simak: taman rekreasi wiladatika

Taman Wiladatika selalu dijadikan lokasi syuting FTV, sinetron, iklan, ataupun video klip. Tak heran, karena memang taman ini luas juga memiliki view yang amazing banget.

Taman ini ditata sedemikian rupa dan sangat baik, sehingga dapat menciptakan beberapa spot taman cantik yang tanamannya terawat dengan sempurna.

Selain itu, Taman Wiladatika juga memiliki banyak banget wahana permainan yang seru dan menyenangkan tentunya.

  • Lokasi: dekat dengan Bumi Perkemahan Cibubur
  • Alamat: Jl. Jambore No.1, Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 hingga 16.00
  • Tiket masuk: Rp. 10.000 (umum) dan Rp. 5.000,- (Pramuka)

19. Rumah Keramik F.Widayanto

tempat belajar keramik
tempat belajar keramik. google maps. sumber:  Susi Boediman-Soemardi

simak: rumah keramik f.widiyanto

Rumah Keramik F. Widayanto sering disebut juga Rumah Tanah Baru, karena lokasinya yang berada di Kelurahan Tanah Baru. Sebuah rumah keramik pertama dan terbesar yang dibangun pada tahun 1997.

Merupakan sebuah rumah yang memiliki beberapa sisi keunikan tersendiri, dan sering dijadikan lokasi wisata edukasi tentang keramik.

Fasilitas yang ada seperti café atau warung makan, gallery, penginapan, dan tempat untuk belajar membuat keramik.

  • Lokasi: Jl. Curug Agung No. 1, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 hingga 16.00
  • Tiket masuk: Rp. 25.000,-

20. Taman Lembah Mawar

ramai dikunjungi di akhir pekan
ramai dikunjungi di akhir pekan. google maps. sumber: inu kertapati

simak: taman lembah mawar

Taman Lembah Mawar ikut melengkapi ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH) yang dapat dijadikan sarana publik yang bermanfaat di Kota Depok.

Enak banget untuk dijadikan tempat jogging, atau sekedar santai sejenak dari segala rutinitas sehari-hari. Udara yang dirasa segar juga sejuk, nggak perlu jauh-jauh ke puncak ya kalau gitu cukup di Depok aja hhehehe…

Sama seperti Taman Lembah Gurame dan beberapa taman lainnya, Taman Lembah Mawar juga memiliki area playground, outdoor gym, gazebo atau saung.

  • Lokasi: dekat Taman Lembah Gurame
  • Alamat: Jl. Bangau Raya, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Tiket masuk: gratis

21. Alun-Alun Depok

taman anak
taman anak. google maps. sumber: Hod Susanto

simak: alun-alun depok

Alun-Alun Kota Depok merupakan ruang publik yang dapat dikunjungi oleh seluruh lapisan masyarakat. Baik itu anak-anak, remaja hingga dewasa.

Mereka datang dengan maksud untuk berolahraga, bersantai, bersepeda, atau hanya mengajak putra-putrinya berjalan-jalan sambil menikmati fasilitas yang ada.

Selain itu, kawasan Alun-Alun Depok cukup asri karena dilengkapi dengan banyak tumbuhan yang tersebar hampir di seluruh area.

  • Lokasi: Jl. Boulevard Grand Depok City, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat.
  • Jam buka: 07.00 – 11.00 (sesi pertama) 14.00 – 15.00 (sesi kedua) setiap hari Senin tutup