Rumah Keramik F. Widayanto, Untuk Kamu Para Penyuka Seni

Rumah Keramik F. Widayanto sebuah rumah yang memiliki beberapa sisi dengan keunikannya tersendiri, dan sering dijadikan lokasi wisata edukasi tentang keramik.

Selain itu Rumah Keramik F. Widayanto memiliki lokasi yang cukup luas dengan ditumbuhi cukup banyak pohon dari berbagai jenis, mulai dari yang kecil hingga besar.

rumah keramik tanah baru
rumah keramik tanah baru. google maps. sumber: Yermia Tangguh

simak juga: masjid kubah emas

Rumah Keramik F. Widayanto sering disebut juga Rumah Tanah Baru, karena lokasinya yang berada di Kelurahan Tanah Baru. Selalu ramai dikunjungi apalagi di akhir pekan.

Wisata unik ini dapat kamu jadikan sebagai salah satu lokasi tempat wisata ketika berada di Kota Depok, Jawa Barat. Berikut ulasan lengkapnya!

Lokasi dan Alamat Rumah Keramik F. Widayanto

Lokasi dan alamat Rumah Keramik F. Widayanto berada di Jl. Curug Agung No. 1, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

Rute Menuju Rumah Keramik F. Widayanto

Akses menuju Rumah Keramik F. Widayanto dapat dilalui oleh kendaraan jenis apapun hingga tiba di lokasi parkirnya.

Untuk memudahkanmu menuju lokasi, jika menggunakan kendaraan pribadi dapat mengandalkan aplikasi GPS. Nantinya kamu tinggal mengikuti arahan yang diberikan.

tempat enak untuk kumpul
tempat enak untuk kumpul. google maps. sumber: Marania Gamis

simak juga: kampung 99 pepohonan

Jam Buka Rumah Keramik F. Widayanto

  • Jam operasional Rumah Keramik F. Widayanto setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Mulai dibuka pada pukul 08.00 hingga 16.00 waktu setempat.

Harga Tiket Masuk Rumah Keramik F. Widayanto

Tiket masuk Rumah Keramik F. Widayanto sebesar Rp. 25.000,- per orang.

Fasilitas Rumah Keramik F. Widayanto

Fasilitas yang ada di Rumah Tanah Baru ini diantaranya:

  • Area parkir yang luas,
  • Warung makan,
  • Penginapan,
  • Galeri keramik,
  • Toilet,
dikelilingi tumbuhan yang banyak
dikelilingi tumbuhan yang banyak. google maps. sumber: luwi darmawan

simak juga: d’kandang amazing farm

Biografi F. Widayanto

Sebelum kita bahas lebih jauh tentang rumah keramiknya, mari kita kenali siapa itu F. Widayanto. Beliau merupakan seniman keramik Indonesia yang lahir di Jakarta pada tahun 1953.

F. Widayanto kuliah di ITB (Institut Teknologi Bandung) dengan mengambil jurusan Keramik dan lulus pada tahun 1981. Beliau telah melanglang buana di dunia keramik, ditandai dengan banyaknya pameran yang pernah dibuat baik di dalam maupun luar negeri.

Beliau senantiasa memadukan konsep seni adihulung, dengan kebaruan dalam aspek bentuk. Sehingga menghasilkan keramik yang anti mainstream lain dari yang lain.

Karya-karya dari F. Widayanto dapat kamu saksikan di galeri yang tersusun rapih di sekitar Rumah Tanah Baru Beji, bahkan kamu dapat membelinya. Sering ada promo juga loh,,,,

Daya Tarik Rumah Keramik F. Widayanto

1. Rumah Keramik F. Widayanto

rumah keramik f widayanto
rumah keramik f widayanto. google maps. sumber: Yohannes Ajie

simak juga: pondok zidane

Rumah Keramik F. Widayanto merupakan rumah keramik pertama dan terbesar yang mulai dibangun pada tahun 1997, dan membaginya kedalam tiga level atau tingkatan atau undakan.

  • Ada level ke 1 yang merupakan bagian paling bawah, dimana terdapat restoran, serta toko keramik,
  • Level ke 2 bagian tengah, biasanya digunakan untuk acara wedding,
  • Level ke 3 merupakan dataran yang paling tinggi, tempat untuk kamu yang ingin belajar membuat keramik.

Rumah utamanya sendiri nggak kalah nyentrik, hampir di setiap sudut ruangan dipenuhi oleh karya dari F. Widayanto sendiri.

Suasananya sangat kental akan adat Jawa Timuran, terlihat asri dan ikonik untuk dijadikan lokasi berfoto. Rumah utamanya memiliki cukup banyak jendela besar yang dibiarkan terbuka.

Disini kamu dapat berkeliling ke setiap sudutnya, bukan hanya menikmati suasana yang asri dan sejuk. Kamu juga akan mendapati beberapa bangunan-bangunan tradisional  lainnya.

Jangan lupa untuk siapkan kamera kamu ya, karena akan banyak spot kece untuk berfoto.

wedding yang romantis
wedding yang romantis. google maps. sumber: Uda Alen

simak juga: arina waterpark

2. Belajar Membuat Keramik

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Rumah Keramik tapi tidak belajar membuatnya, di level paling atas atau level ke tiga terdapat sebuah bangunan semi terbuka yang biasa digunakan untuk belajar membuat keramik.

Dengan harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 145.000,- per orang, nantinya kita akan diberikan 400 gram tanah liat. Kemudian kita akan dibimbing membuat keramik, dan hasilnya nanti dapat kita bawa pulang ke rumah.

Rumah Keramik F. Widayanto ini sering dijadikan lokasi untuk acara pernikahan, gathering, arisan, kumpul keluarga, atau bahkan acara sekolah.

tempat belajar keramik
tempat belajar keramik. google maps. sumber: Susi Boediman-Soemardi

simak juga: studio alam TVRI

3. Warung Makan

Di level ke satu atau paling bawah, terdapat sebuah restoran atau disebut warung makan yang menyajikan makanan tradisional dengan suasana yang tradisional pula.

Memang tak begitu besar, tapi sangat nyaman untuk dijadikan tempat makan. Apalagi kehadiran tembok kacanya yang besar, hingga kita dapat melihat asrinya keadaan di luar.

Penutup

Rumah Keramik F. Widayanto dapat dijadikan lokasi wisata dalam mengenal keberagaman keramik yang dihasilkan oleh seniman kebanggaan Indonesia F. Widayanto dengan suasana lingkungan yang asri juga adem banget.


shopee