Alun-Alun Depok, Pusat Kegiatan Masyarakat Yang Instagramable

Alun-Alun Kota Depok merupakan ruang publik yang dapat dikunjungi oleh seluruh lapisan masyarakat. Baik itu anak-anak, remaja hingga dewasa.

Hampir di setiap kota atau kabupaten di Indonesia memiliki Alun-Alun yang biasanya difungsikan sebagai pusat kegiatan, baik yang bersifat formal maupun non formal.

Alun-Alun Kota Depok diresmikan pada tahun 2020, di bulan Januari oleh Walikota Depok Mohammad Idris. Dengan menempati lahan seluas 3,9 hektar.

landmark alun alun kota depok
landmark alun alun kota depok. google maps. sumber: Mawaddah Hyuuga

simak juga: masjid kubah emas

Sayangnya ketika virus corona mulai menyebar di Indonesia, Alun-Alun Depok sempat ditutup untuk menghindari lebih meluasnya sebaran virus corona tersebut khususnya di Kota Depok.

Sejak bulan Desember tahun 2021 kemarin, Alun-Alun Depok dibuka kembali untuk umum setelah menurunnya level PPKM di Kota Depok.

Untuk kamu yang ingin mengunjungi Alun-Alun Depok hari ini, syaratnya ialah harus scan barcode dengan menggunakan aplikasi pedulilindungi sebelum memasuki area tersebut.

Berikut gambaran tentang Alun-Alun Depok sebagai referensi tempat wisata keluarga maupun tempat berolahraga di Kota Depok.

Lokasi dan Alamat Alun-Alun Depok

Lokasi Alun-Alun Depok tak jauh dari Situ Cilodong, tepatnya berada di alamat Jl. Boulevard Grand Depok City, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat.

Rute Menuju Alun-Alun Depok

Akses menuju Alun-Alun Depok sangat mudah dijangkau, dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat dengan kondisi jalan yang bagus.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga dapat menggunakan transportasi umum baik itu angkot maupun commuter line.

Jika hendak menggunakan angkot dapat naik angkot dengan kode D05A atau D10A jurusan Terminal Jatijajar, dan turun di Alun-Alun Kota Depok.

menara pandang
menara pandang. google maps. sumber: Omniscientrafi The Only One

simak juga: situ jatijajar

Jam Buka Alun-Alun Depok

Jam buka Alun-Alun Depok saat ini dibagi menjadi dua sesi, yakni:

  • Sesi pertama pukul 07.00 hingga 11.00
  • Sesi kedua pukul 14.00 hingga 15.00

Setiap sesinya hanya menampung sekitar 500 pengunjung.

Alun-Alun Depok buka setiap hari Selasa sampai Minggu, untuk hari Senin tutup.

Harga Tiket Masuk Alun-Alun Depok

Karena Alun-Alun Depok merupakan kawasan untuk umum, maka tidak ada tiket masuk yang berlaku.

fasilitas kran air minum
fasilitas kran air minum. google maps. sumber: Aji Sasi Takari

simak juga: situ cilodong

Fasilitas Alun-Alun Depok

Fasilitas yang ada di sekitar Alun-Alun Depok diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Mushola,
  • Toilet,
  • Aula,
  • Taman bermain anak,
  • Outdoor gym,
  • Lapangan olahraga,
  • Tempat cuci tangan,

Daya Tarik Alun-Alun Depok

1. Alun-Alun Depok Yang Cantik

jembatan utama
jembatan utama. google map. sumber: Telly Delvia

simak juga: taman rekreasi wiladatika

Sejarah dibangunnya Alun-Alun Depok ialah karena pada saat itu Kota Depok belum memiliki fasilitas publik seperti yang ada di kota-kota lain.

Akhirnya dibangunlah Alun-Alun Depok dengan menempati lahan hampir 4 hektar, dengan dilengkapi banyak fasilitas umum yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang.

Sejak awal persemian hingga percobaan pembukaan kembali setelah lama vakum, Alun-Alun Kota Depok selalu ramai dikunjungi pengunjung tentunya saat ini dengan menerapkan prokes yang telah dicanangkan Pemerintah selama ini.

Mereka sangat antusias untuk berolahraga, bersantai, bersepeda, atau hanya mengajak putra-putrinya berjalan-jalan sambil menikmati fasilitas yang ada.

suasana waktu itu di malam hari
suasana waktu itu di malam hari. google maps. sumber: Iseng2 Travelling

simak juga: taman lembah mawar

Apalagi Alun-Alun Depok memiliki menara pandang yang cukup tinggi, sehingga kamu dapat menikmati Kota Depok dari ketinggian.

Selain itu, kawasan Alun-Alun Depok cukup asri karena dilengkapi dengan banyak tumbuhan yang tersebar hampir di seluruh area.

Maka tak heran, jika banyak pengunjung yang duduk-duduk santai sambil menikmati indahnya Alun-Alun kebanggaan warga Depok ini.

2. Ragam Fasilitas Yang Ada

Alun-Alun Depok memiliki banyak banget fasilitas publik yang dapat digunakan oleh siapa saja, beberapa diantaranya:

  • Greenhouse,
  • Lapangan Futsal,
  • Lapangan Basket,
  • Outdoor Gym,
  • Area Skateboard,
  • Jalur sepeda BMX,
  • Taman Lansia,
  • Taman Anak-anak,
  • Jembatan utama yang eyecatcing,
  • Amphitheater,
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.
taman anak
taman anak. google maps. sumber: Hod Susanto

simak juga: godong ijo

Dijamin kamu nggak akan bosen, apalagi dengan mengajak serta anak-anak. Mereka dapat bermain sepuasnya di area playground yang telah dilengkapi dengan beragam wahana permainan.

3. Hunting Foto

Hunting beberapa foto-foto cantik wajib dilakukan ketika berada di Alun-Alun Depok, karena area publik ini memiliki banyak spot kece yang dapat membuat hasil jepretan menjadi luar biasa.

Misalnya saja ketika berada di menara pandang, dimana seluruh kawasan Alun-Alun Depok akan terlihat sempurna. Selain itu kamu juga dapat berfoto ketika berada di jembatan utamanya.

berburu foto cantik
berburu foto cantik. google maps. sumber: skyra n

simak juga: kampung 99 pepohonan

Penutup

Sebagai sebuah ruang publik yang dapat dikunjungi oleh siapa saja, ketika mengunjungi Alun-Alun Depok mari kita jaga bersama seluruh fasilitas yang ada.

Dengan tidak merusaknya dan menggunakannya sesuai fungsinya. Supaya keberadaan Alun-Alun Depok tetap cantik dan menarik untuk dikunjungi.


shopee