Situ Jatijajar, Menikmati Keindahan Alam Kota Depok

Situ Jatijajar atau Setu Jatijajar dapat menjadi salah satu tempat wisata yang asri di Kota Depok, di akhir pekan banyak goweser yang beristirahat dan bersantai di sini.

Suasananya yang asri dapat membuat siapa saja merasa sejuk dan tenang, apalagi untuk kamu yang tinggal di perkotaan yang sudah barang tentu menginginkan suasana yang seperti ini.

Di masa PPKM kemarin misalnya, kita tidak bisa melakukan berbagai kegiatan di luar rumah seperti biasanya. Bahkan diharuskan untuk berdiam diri, dan mengerjakan semuanya dari rumah.

situ jatijajar
situ jatijajar. google maps. sumber: Arya yulianto

simak juga: kampung 99 pepohonan

Situ Jatijajar dapat menjadi pilihan berwisata alam yang tenang dan asri di Kota Depok, apalagi didukung dengan banyaknya ragam wisata yang dapat kamu lakukan.

Berikut gambaran tentang Situ Jatijajar sebagai bahan referensi untuk berwisata di weekend ini bersama teman, keluarga, atau bahkan komunitas.

Lokasi dan Alamat Situ Jatijajar

Lokasi Situ Jatijajar secara administratif berada di Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat.

Rute Menuju Situ Jatijajar

Akses menuju Situ Jatijajar dapat dilalui oleh kendaraan apapun, baik itu roda dua maupun roda empat. Lokasinya tak jauh dari Terminal Situ Jatijajar yakni hanya sekitar 100 meter saja.

Untuk kamu yang berasal dari Cililitan dengan mengarahkan kendaraan menyusuri Jl. Raya Bogor, kemudian di perempatan jalan belok kiri. Teruslah melaju di jalur tersebut hingga akhirnya kamu menemukan gapura menuju kawasan Situ Jatijajar.

perahu naga
perahu naga. google maps. sumber: Vitus Polikarpus Bisnis Online

simak juga: studio alam TVRI

Jam Buka Situ Jatijajar

Tidak ada ketentuan waktu khusus mengenai jam operasional Situ Jatijajar, waktu terbaik mengunjunginya ialah di pagi maupun sore hari kecuali untuk kamu yang mau camping ya….

Harga Tiket Masuk Situ Jatijajar

Tiket masuk Situ Jatijajar ini gratis

Fasilitas Situ Jatijajar

  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Camping ground,
  • Jogging Track,
  • Spot selfie,
spot foto
spot foto. google maps. sumber: Anshor Orul

simak juga: pondok zidane

Daya Tarik Situ Jatijajar

1. Wisata Religi

Dekat Situ Jatijajar terdapat sebuah Mushola yang bernama Al Karomah, yang dipercaya merupakan patilasan dari Rd. Panji Wanayasa.

Rd. Panji Wanayasa ialah seorang pejuang yang melawan VOC dalam ekspedisi Kaladuta Sultan Agung sekitar tahun 1625 hingga 1629.

Patilasan Rd. Panji Wanayasa ini selalu saja ramai dikunjungi para peziarah setiap harinya, bukan hanya dari sekitar Depok saja melainkan dari berbagai daerah lain di Indonesia.

patilasan raden panji wanayasa
patilasan raden panji wanayasa. google maps. sumber: Jadmiko Wijayadi

simak juga: taman mekarsari

2. Wisata Air

Daya tarik utama dari Situ Jatijajar ternyata bukan hanya terletak pada suasanya saja, melainkan pada cukup banyaknya ragam wisata yang dapat dilakukan.

Misalnya saja ketika berada di Situ Jatijajar kamu dapat mencoba beberapa wahana air yang ada, seperti:

  • Bebek-bebekan,
  • Kano,
  • Ataupun naik perahu boat,

Untuk kamu yang ingin mencoba wahana air tersebut harus mengeluarkan biaya berkisar antara Rp. 10.000,- hingga Rp. 15.000,- dengan ketentuan bebek-bebekan dan kano waktunya 15 menit, dan perahu boat sebanyak 3 kali putaran.

salah satu wahana air yang ada
salah satu wahana air yang ada. google maps. sumber: Vitus Polikarpus Bisnis Online

simak juga: d’kandang amazing farm

Ragam wisata tersebut dapat dilakukan oleh kamu yang ingin eksplor Situ Jatijajar dengan POVnya air atau waduk tersebut. Tentu view yang terlihat akan berbeda dibanding dengan mengelilingi Situ dari daratan.

Bahkan di waktu-waktu tertentu selalu diadakan beberapa festival yang dapat menjadi magnet tersendiri, beberapa festival tersebut diantaranya:

  • Festival Perahu Naga,
  • Festival Sedekah Bumi,
  • Serta beberapa atraksi budaya lainnya.

3. Wisata Alam

Sudah terpampang secara nyata Situ Jatijajar memiliki alam yang asri, hal tersebut dimanfaatkan oleh pengelola untuk dijadikan sebagai wisata alam. Dengan kegiatan yang dapat dilakukan seperti:

  • Camping,
  • Jogging di tengah hutan,

Jika biasanya camping dilakukan di atas gunung, bukit, atau pantai, kamu wajib banget coba untuk camping di camping groundnya Situ Jatijajar.

jalur menuju camping ground
jalur menuju camping ground. google maps. sumber: febri karona sitepu

simak juga: taman lembah gurame

Suasananya nggak jauh beda dengan camping di gunung atau bukit, hanya saja dinginnya tak begitu menusuk akan tetapi cukup sejuk.

Terdapat jogging track di kawasan hutan Situ Jatijajar, enak banget untuk dijadikan tempat jogging atau sekedar berjalan-jalan menyusuri hutan yang rindang.

4. Area Memancing

Kegiatan memancing merupakan salah satu kegiatan yang menjadi healing tersendiri, khususnya untuk mereka para mancing mania.

So, memancing di Situ Jatijajar dapat menjadi pilihan lokasi memancing kamu di weekend ini, bahkan kawasan Situ Jatijajar sering menjadi lokasi dari kegiatan lomba memancing juga loh.

spot memancing di situ jatijajar
spot memancing di situ jatijajar. google maps. sumber: Vitus Polikarpus Bisnis Online

simak juga: godong ijo

5. Perkebunan dan Pesawahan

Daya tarik Situ Jatijajar ternyata banyak dan lengkap, selain berwisata kamu juga dapat belajar mengenai pembibitan dan cara mengelola tanaman di area perkebunan yang lokasinya tak jauh dari situ.

Kamu juga dapat merasakan suasana pedesaan dengan hamparan hijaunya sawah yang menyejukkan. Pokoknya bener-bener paket komplit banget deh berwisata di Situ Jatijajar ini.

Penutup

Untuk menikmati suasana sejuk dan indah ternyata nggak perlu jauh-jauh, cukup di sekitar Depok aja yakni di Situ Jatijajar. Oh iya, jangan sampai ketinggalan berfoto di spot selfinya ya….


shopee