12 Tempat Wisata di Subang Yang Alami dan Indah

Memiliki wilayah yang terbagi dalam 3 zona berbeda, membuat Subang menyuguhkan alam yang mempesona. Ada pesisir yang mempesona di bagian utara, dataran rendah yang luas di bagian tengahnya serta pegunungan berhawa sejuk di bagian selatan. Meskipun tak sepopuler Bandung atau Jakarta, namun tempat wisata di Subang tak kalah menarik untuk dijelajahi.


Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di Subang yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

1. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian-Air-Panas-Ciater-Subang
Pemandian Air Panas Ciater. Image via: tempatwisataseru.com

Berlokasi di lereng Gunung Tangkuban Perahu, tempat wisata di Subang ini cukup populer karena suguhan fasilitasnya yang terbilang cukup lengkap. Tak cuma suguhan kolam dengan air panasnya yang khas tetapi juga panorama alamnya pun tak kalah mempesona sebab letaknya yang berada dibawah lereng pegunungan.

Keseruan lain yang bisa Anda nikmati di sini antara lain seperti menjelajah dengan mobil ATV, naik kuda, main paintball, outbond seru, sepeda air hingga camping seru di alam terbuka. Menarik bukan? Jangan lupa ajak keluarga agar keseruannya makin terasa.

Informasi:

  • Nama: Pemandian Air Panas Ciater
  • Alamat: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Subang – Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 28.000,-

Simak juga: daftar tempat wisata di Malang

2. Curug Cibareubeuy

curug cibareubeuy menara cibareubeuy di pandawa 5 1

Salah satu air terjun di Subang yang keren banget, Curug Cibareubeuy. Letaknya memang rada tersembunyi. Dari tempat parkir, anda harus berjalan kaki cukup jauh untuk sampai ke lokasi air terjun ini. Tapi, di sepanjang perjalanan bakal disuguhi suasana dan pemandangan pedesaan yang adem.

Lokasinya tidak begitu jauh dari kompleks wisata Ciater. Jika berkunjung ke Curug Cibareubeuy, pastikan adan siap untuk hiking cukup jauh ya. Dan kemungkinan besar bakal menghabiskan waktu seharian untuk berkunjung ke sini.

Simak reviewnya di artikel Curug Cibareubeuy

3. Curug Pandawa 5

curug pandawa 5 - cibareubeuy
Curug pandawa 5

Curug Pandawa 5 terletak tidak jauh dari Curug Cibareubeuy. Lebih tepatnya masih satu jalur. Anda bisa berkunjung ke dua tempat ini sekaligus.

Curug Pandawa 5 terletak dalam area yang dikelola keluarga. Sarana dan suasananya alami banget. Informasi tentang curug pandawa 5 ini bisa anda lihat sekaligus di artikel curug cibareubeuy di atas.

4. Curug Cileat

curug cileat
Curug Cileat. Image via: felisblog.web.id

Wilayah selatan Subang yang berupa pegunungan membuatnya memiliki alam yang mempesona luar biasa. Sungai-sungai cantik mengalir menghiasi tebing-tebing hingga menjadi air terjun yang memukau dan mengundang banyak traveler untuk menjelajahinya. Seperti destinasi yang ada di kawasan Gunung Canggah yang satu ini misalnya, yakni Curug Cileat.

Dengan ketinggian kurang lebih 100 meter, Curug Cileat terlihat begitu megah nan memukau. Ditambah lagi kolam alami yang ada di bawahnya yang memiliki lebar 40 meter membuatnya sangat menarik untuk dijelajahi lebih dekat. Letaknya yang tersembunyi dengan akses yang tak terlalu bersahabat, membuatnya masih begitu asri.

Informasi:

  • Nama: Curug Cileat
  • Alamat: Desa Cibogo, Cisalak, Gardusayang, Capunagara, Subang – Jawa Barat
  • Jam buka: 06.00 – 23.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 6.000,-

Lihat juga: info tempat wisata di Blitar

5. Desa Wisata Sari Bunihayu

desa wisata sari bunihayu
Desa Wisata Sari Bunihayu. Image via: desawisata-saribunihayu.com

Bosan dengan kota yang sibuk dengan hiruk pikuknya yang bisa membuat pikiran jadi stress? Cobalah datang ke Desa Wisata Sari Bunihayu. Tempat wisata di Subang yang satu ini menyuguhkan wisata pedesaan khas masyarakat Sunda yang mempesona dengan segala budayanyan yang memukau. Letaknya yang berada di kawasan pegunungungan membuat desa ini memiliki suasana sejuk dengan pemandangan alam yang sangat asri dan tenang.

Di tempat ini selain menikmati alamnya, Anda juga bisa sekaligus belajar budaya khas Sunda. Mulai dari bagaimana caranya bercocok tanam di sawah, mengenal rumah-rumah adat hingga musik tradisionalnya. Semua kearifan lokal khas Sunda di desa ini tak hanya akan memikat Anda tetapi juga memberi Anda edukasi.

Informasi:

  • Nama: Desa Wisata Sari Bunihayu
  • Alamat: Jalanagak, Subang – Jawa Barat
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket: 6.000,-

6. Taman Wisata Tirta Alam

taman tirta alam
Taman Wisata Tirta Alam. Image via: dutatouristama.com

Berlokasi di kawasan Sagalaherang, tempat wisata di Subang yang satu ini cukup populer tak hanya bagi warga yang tinggal di sekitar saja.  Taman Wisata Tirta Alam ini menyuguhkan keseruan bermain air dengan wahana yang cukup beragam.

Mulai dari kolam renang yang bisa dipilih sesuai usia dengan perosotan air seru serta ember tumpah. Selain itu juga ada wahana lainnya yang juga seru seperti kora-kora mini, kereta odong-odong, danau buatan untuk main perahu dayung atau sepeda air juga tak ketinggalan pula ada play ground seru.

Informasi:

  • Nama: Taman Wisata Tirta Alam
  • Alamat: Jalancagak, Cibinong, Sagalaherang, Subang – Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 20.000,-

Baca juga: rekomendasi tempat wisata di Pekanbaru

7. Curug Koleangkak

curug-koleangkak
Curug Koleangkak. Image via: kesiniaja.com

Memiliki kawasan pegunungan, membuat Subang punya beragam suguhan wisata alam yang begitu sulit untuk dilewatkan, seperti Curug Koleangkak misalnya. Tempat wisata di Subang yang satu ini punya pesona keunikan tersendiri. Jika biasanya Anda mendapati air terjun dengan airnya yang hijau bening atau kecoklatan karena arusnya yang deras.

Maka berbeda dengan di Curug Koleangkak ini, sebab Anda akan dibuat terpukau dengan airnya yang berwarna biru tosca yang menawan. Air terjun ini turun dari seuah tebing kapur dengan ketinggian sekitar 4 hingga 5 meter dengan arus yang sedang, sungguh menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Letaknya yang tersembunyi membuat curug ini belum begitu dikenal luas oleh masyarakat sehingga suasananya masih begitu asri nan sunyi.

Informasi:

  • Nama: Curug Koleangkak
  • Alamat: Desa Cicadas, Ciater, Subang – Jawa Barat

8. Curug China

curug cina
Curug China. Image via: www.instagram.com/_kopites_man/

Jika berbicara soal tempat wisata di Subang, Anda akan disuguhi banyak air terjun cantik dengan  keistimewaannya masing-masing, seperti Curug China ini misalnya. Lokasinya yang dikelilingi kebun dan persawahan warga membuatnya terasa begitu asri dan menyejukkan hati maupun pikiran.

Untuk mencapainya diperlukan sedikit usaha lebih, karena akses jalan yang belum tertata rapi masih jalanan khas persawahaan yang relatif licin. Sehingga butuh kewaspadaan dan hati-hati saat ingin menjelajahinya. Karenanya tak mengherankan jika Curug China belum terlalu dikenal luas.

Informasi:

  • Nama: Curug China
  • Alamat: Desa Curugagung, Sagalaherang, Subang – Jawa Barat

Simak: daftar tempat wisata di Majalengka

9. Hutan Kota Ranggawulung

hutan kota
Hutan Kota Ranggawulung. Image via: Googlemaps

Menjelajahi hutan belantara mungkin hal yang wajar dan biasa, tapi bagaimana kalau hutan tersebut ada di tengah kota, pasti menarik bukan? Hutan Kota Ranggawulung berlokasi di Parung, Subang ini memiliki keunikan tersendiri dengan kenaekaragaman flora yang hidup di sana. Seperti pohon pinus, jati, mahoni, jingjing, Angsana, Waru, kayu Putih dan juga Bungur.

Tak ketinggalan ada beberapa unggas juga yang hidup liar di hutan ini seperti, Bondol Jawa, Walet Inchi, Cinenen Pisang, Burung Madu Sriganti hingga Cucak Kutilang. Selain itu di hutan kota tersebut juga dilengkapi fasilitas yang cukup memadai. Seperti jogging track, gazebo hingga mushola untuk beribadah.

Informasi:

  • Nama: Hutan Kota Ranggawulung
  • Alamat: Parung, Subang – Jawa Barat
  • Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB

10. Situs Nyi Subang Larang

nyi subang larang
Situs Nyi Subang Larang. Image via: ilove-subang.blogspot.com

Berlokasi di Teluk Agung, desa Nagerang, Binong – Subang, tempat wisata di Subang yang satu ini merupakan sebuah situs bersejarah peninggalan pada masa kerajaan Pajajaran. Di dalam situs tersebut banyak ditemukan benda-benda bersejarah seperti perhiasan hingga perabotan yang merupakan peninggalan dari Nyi Subang Larang, istri dari Prabu Siliwangi.

Untuk Anda yang gemar menjelajahi sejarah, maka tempat ini sangat cocok untuk memuaskan hasrat keingintahuan tentang peristiwa-peristiwa penting masa lampau.

Informasi:

  • Nama: Situs Nyi Subang Larang
  • Alamat: Teluk Agung, Nagerang, Binong, Subang – Jawa Barat

11. Kasumber Mata Air Cipondok

Mata air cipondok
Kasumber Mata Air Cipondok. Image via: www.hipwee.com

Tak kalah dengan mata air jernih Umbul Pongok di Klaten atau Sendang Mudal di Magelang, Subang juga punya destinasi dengan airnya yang sejernih Kristal dengan versi mininya. Tempat tersebut ialah Kasumber Mata Air Cipondok atau juga kerap disebut mata air Aqua karena letaknya yang berdampingan dengan pabrik air minum tersebut.

Sumber mata air ini memiliki air yang begitu jernih dan sangat cocok untuk mengambil foto underwater. Untuk mencapai lokasinya, Anda harus melewati persawahan  dengan akses jalan yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Sehingga tak heran jika tempat ini belum begitu dikenal luas oleh para pelancong. Meskipun begitu, tempat ini tetap bisa jadi alternatif liburan seru yang murah meriah, lho.

Informasi:

  • Nama: Kasumber Mata Air Cipondok
  • Alamat: Pasanggrahan, Kasomalang, Subang – Jawa Barat
  • Parkir: Rp 2.000,-

12. Pantai Cirewang

pantai-ciewang
Pantai Cirewang. Image via: pantainesia.com

Satu lagi tempat wisata di Subang yang tak boleh dilewatkan karena tak hanya menarik tetapi juga eksotis, tempat tersebut ialah Pantai Cirewang. Berada di daerah Legonkulon, Pemanukan, pantai ini memiliki akses yang cukup mudah. Terlebih lagi kawasan pantai ini juga berdekatan dengan pantai lainnya seperti Pantai Patimban dan Pantai Pondok Bali. Sehingga sekali jalan tiga pantai bisa Anda nikmati sekaligus.

Ombak di sekitar pantai terbilang tak terlalu besar karena terhalang hutan bakau di sekitar pantai, sehingga Anda bisa menikmati keindahan pesisir pantai dengan lebih tenang. Tak lupa juga alamnya yang mempesona sangat cocok untuk spot foto selfie nan kece.

Informasi:

  • Nama: Pantai Cirewang
  • Alamat: Legonkulon, Pengarengan, Pamanukan, Subang – Jawa Barat
  • Buka: Setiap hari
  • Harga tiket: Gratis

Bagaimana, Subang juga punya banyak tempat yang menarik juga bukan? Jadi jangan salah menilai karena masih banyak tempat wisata di Subang yang kece dan instagramable yang bisa Anda kunjungi selama liburan. Jangan lupa persiapkan dan rencanakan liburan Anda sejak awal, agar pengalaman serunya makin terasa.

12 Tempat Wisata di Subang Yang Alami dan Indah
4.2 (84%) 5 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment