Pantai Pondok Bali, Bukan Di Pulau Dewata Loh, Tetapi Di Subang

Pantai Pondok Bali mungkin bagi anda yang baru pertamakali membaca, atau mendengar nama objek wisata tersebut, akan menyangka lokasinya terletak di Pulau Dewata Bali.

Nyatanya tidak. Pantai Pondok Bali adalah salah-satu pantai yang populer sebagai objek wisata keluarga di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

pantai pondok bali subang
pantai pondok bali subang. google maps. sumber: kholifatul marhamah

Sejarah penamaan Pantai Pondok Bali sampai saat ini, pastinya masih menjadi misteri. Tetapi, yang populer di masyarakat dikarenakan keindahan pantai tersebut layaknya di Bali.

Sebelum kita lanjutkan, penulis wajib memberikan informasi bahwa beberapa daerah di Jawa Barat saat ini sudah memberlakukan kembali PPKM Level 3.

Oleh karena itu, selalu update terlebih dahulu objek wisata yang akan anda kunjungi. Karena akan berdampak terhadap tutup, atau bukanya sebuah objek wisata. Termasuk Pantai Pondok Bali Subang.

Selain itu, pastikan juga kondisi cuaca sedang mendukung, alias cerah. Karena mempertimbangkan aspek cuaca, adalah hal penting saat anda mempunyai rencana berwisata alam.

Simak juga: Wisata Alam Capolaga Subang

Lokasi Pantai Pondok Bali

Lokasi Pantai Pondok Bali berada di alamat Desa Mayangan, Kecamatan Legon Kulon, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Rute menuju Pantai Pondok Bali

gerbang pantai pondok bali
gerbang pantai pondok bali. google maps. sumber: LINDAH APRIANI

Jalan menuju Wisata Pantai Pondok Bali Subang bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran. Bahkan mobil bus juga bisa masuk.

Jika anda berangkat dari Alun-Alun Kabupaten Subang, maka jarak tempuhnya sekitar 49 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit dengan menggunakan kendaran mobil, melalui Jalan Raya Subang – Pamanukan.

Dan jika anda berakat dari Karawang, maka jarak tempuhnya sekitar 76 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Hampir sama dengan waktu yang dibutuhkan jika berangkat dari Purwakarta.

Simak juga: The Ranch Ciater Subang

Harga Tiket Masuk Pantai Pondok Bali

  • Tiket masuk Pantai Pondok Bali Rp. 10.000
  • Pantai Pondok Bali Subang Rp. 15.000 Weekend,

Jam Buka Pantai Pondok Bali

  • Pantai Pondok Bali buka selama 24 jam.
  • Pantai Pondok Bali beroperasional setiap hari.
  • Jam operasional Pantai Pondok Bali bisa berubah sewaktu-waktu, terutama saat PPKM Level 3.

Fasilitas Di Pantai Pondok Bali

hutan mangrove pantai pondok bali
hutan mangrove pantai pondok bali. google maps. sumber: Edi Sujati

Fasilitas wisata di Pantai Pondok Bali adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Rumah makan,
  • Souvenir,
  • Penginapan,
  • hutan mangrove
  • Gazebo di atas batu.

Simak juga: Florawisata D’Castello Subang

Daya Tarik Pantai Pondok Bali

1. Nyaris Tanpa Ombak

pesona pantai pondok bali
pesona pantai pondok bali. google maps. sumber: Kang Yadi Assyakur

Saat situasi cuaca sedang mendukung, maka kondisi Pantai Pondok Bali nyaris tanpa ombak. Hal itulah yang menjadikannya sebagai pantai yang sering dijadikan destinasi wisata keluarga di Subang.

Alasan lain kenapa ombaknya tidak terlalu besar, dikarenakan terdapat deretan bebatuan pemecah ombak. Bahkan spot tersebut sering dijadikan spot selfie oleh para pengunjung.

Di salah-satu titik bebatuan tersebut, terdapat beberapa gazebo yang nyaman, dengan view lautan lepas. Area pasir pantainya juga sangat luas, sehingga menjadi tempat terbaik membangun kebersamaan bersama keluarga tercinta.

Selain itu, di dekat batuan pemecah ombak terdapat area hutan bakau. Tentu saja manfaatya adalah meminimalisir konsekuensi negatif saat abrasi terjadi.

2. Hunting Kuliner

wisata keluarga pantai pondok bali
wisata keluarga pantai pondok bali. google maps. sumber: Anthony Rakas

Stelah lelah beraktivitas wisata di Pantai Pondok Bali Subang, maka cobalah untuk menikmati kuliner Seafood yang ada di kawasan tersebut.

Meskipun murah, namun citarasa yang disajikan tidak murahan. Tidak banyak biaya meskipun anda memilih paket makan bersama keluarga.

Oh iya, bagi anda yang hobi mancing, maka Pantai Pondok Bali juga menjadi salah-satu lokasi favorit untuk melakukan aktivitas tersebut.

Soal hasil tangkapannya banyak atau tidak, penulis sih nggak tau. Apalagi harus mereview cara mancing yang baik dan benar di Pantai Pondok Bali, waduh mendingan nyerah deh saya mah…. mancing mania yang lebih jago.

Terakhir, jangan sampai membuang sampah sembarangan, terutama sampah-sampah plastik. Meskipun minim area tempat sampah di bibir pantai, tetapi para pengunjung harus lebih bijak dalam membuang sampah ya….


shopee