Pantai Cirewang, Tempat Healing Yang Edukatif Di Subang

|

Pantai Cirewang cukup berbeda dengan umumnya pantai-pantai yang ada di daerah Pantura. Sehingga cocok bagi anda yang ingin healing di akhir pekan bersama orang tercinta.

Pantai Cirewang juga menghadirkan sisi edukatif, yang ditegaskan dengan keberadaan kawasan hutan mangrove di dekat area pantainya.

pantai cirewang subang
pantai cirewang subang. google maps. sumber: Yaya Cikaroya

Di beberapa spot wisata yang ada di Pantai Cirewang Subang, ternyata banyak kemiripan dengan tempat wisata Subang yang sudah kami sajikan sebelumnya, yaitu Gegara Menyan.

Bahkan, jalan menuju Pantai Cirewang juga mirip dengan Pulau Gegara Menyan yang harus ditempuh dengan menggunakan perahu.

Pastikan cuaca mendukung saat anda berangkat ke Pantai Cirewang Subang ya. Dan inilah reviewnya yang sudah kami siapkan untuk anda.

Simak juga: Gegara Menyan, Pulau Instagramable Di Subang

Lokasi Pantai Cirewang

Lokasi Pantai Cirewang berada di alamat Desa Pangarengan, Kecamatan Legon Kulon, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Simak Juga: Pantai Pondok Bali Subang

Rute Menuju Pantai Cirewang

dermaga pantai cirewang subang
dermaga pantai cirewang subang. google maps. sumber: enjang sulaeman

Jalan menuju Pantai Cirewang bisa dengan memilih akses melalui Jl. Subang – Pamanukan. Adapun jarak tempuh dari Alun-Alun Subang ke Pantai Cirewang sekitar 50 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Jalan menuju Pantai Cirewang juga bisa diakses dengan kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkran, atau loket tiket Pantai Cirewang.

Selanjutnya, anda harus menggunakan perahu nelayan untuk bisa sampai di wisata Pantai Cirewang Subang. Perahu tersebut akan menyusuri area hutan mangrove, dan akhirnya bersandar di sebuah dermaga kecil.

Simak juga: Curug Cisanca, Pesona Di Kaki Gunung Tangkuban Perahu

Harga Tiket Masuk Pantai Cirewang

Tiket masuk Pantai Cirewang Rp. 15.000 per orang. Harga tiket tersebut sudah termasuk biaya transportasi naik perahu nelayan.

Jam Buka Pantai Cirewang

  • Pantai Cirewang buka dari pukul 07.00 – 17.00.
  • Pantai Cirewang Subang beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Pantai Cirewang

fasilitas di dekat area parkir
fasilitas di dekat area parkir. google maps. sumber: Rais Rifa’i. channel

Fasilitas wisata di Pantai Cirewang Subang adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Penginapan di dekat area parkiran,
  • Transportasi perahu,
  • Warung-warung di dekat area parkiran.

Simak juga: Pantai Patimban Subang

Daya Tarik Pantai Cirewang

1. Pantai Nyaris Tanpa Ombak

daya tarik pantai cirewang
daya tarik pantai cirewang. google maps. sumber: Chew’z18

Daya tarik yang pertama dari Pantai Cirewang Subang adalah ombaknya yang tidak besar, sehingga cocok untuk dijadikan destinasi wisata keluarga saat akhir pekan.

Selain itu, area pasir pantainya juga sangat luas. Sehingga anda bisa melakukan beberapa aktivitas wisata di spot tersebut, termasuk hunting foto dengan latar lautan lepas.

Selain itu, view sunset di Pantai Cirewang Subang juga sangat indah. Sehingga mampu menyajikan nuansa yang romantis, dan instagramable bagi para pengunjung.

Simak juga: Florawisata D’Catello, Tempat Wisata Terbaru Di Subang

2. Hutan Mangrove

hutan mangrove pantai cirewang
hutan mangrove pantai cirewang. google maps. sumber: Muhamad Taufik Hidayat

Pantai Cirewang menyajikan sisi edukatif bagi para pengunjung yang datang, tentang arti pentingnya keberadaan hutan mangrove bagi masyarakat sekitar, maupun ekosistem yang ada di sekitarnya.

Salah – satu fungsi dari hutan mangrove dimanapun adanya, termasuk di Pantai Cirewang Subang, adalah untuk menahan dari ancaman abrasi.

Hutan mangrove, atau hutan bakau di Pantai Cirewang dilengkapi dengan jembatan, atau jalur trekking yang terbuat dari bambu, yang saling terhubung, sekaligus menjadi akses menuju Pantai Cirewang.

Nah bagi anda mancing mania, Pantai Cirewang juga terkenal sebagai salah-satu tempat mancing yang populer di Subang. Lokasi favoritnya terletak di dermaga kecil di hutan mangrove tersebut.

Penutup

Para pengunjung diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama sampah-sampah platik. Sangat disayangkan jika Pantai Cirewang yang bersih harus terkotori oleh pengunjung yang tidak memiliki kepedulian terhadap alam.

Ingatlah, “Sampahmu, adalah Dosamu”.