Gegara Menyan, Pulau Instagramable Di Subang

Gegara Menyan adalah sebuah pulau cantik yang terletak di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi salah-satu destinasi bagi mereka yang ingin berburu foto keren dengan latar lautan lepas.

Gegara Menyan juga menjadi sebuah penegasan bahwa tempat wisata di Subang bukan hanya tentang Gunung, dan Kawah Tangkuban Perahu, dan wisata Ciater saja. Tetapi, Subang juga memiliki sebuah pulau cantik yang layak untuk dikunjungi.

pulau gegara menyan subang
pulau gegara menyan subang. google maps. sumber: Hanung IPS

Untuk kesekian kalinya, penulis perlu menyampaikan beberapa hal terkait persiapan liburan ke sebuah objek wisata alam. Salah-satunya, selalu pertimbangkan aspek cuaca.

Faktor cuaca akan sangat menentukan sekali terhadap kepuasan wisata anda. Begitupun juga saat anda mempunyai rencana berkunjung ke Pulau Gegara Menyan Subang.

Simak juga : Bukit Santiong, Melayang Sejenak Di Subang

Lokasi Gegara Menyan

Lokasi Gegara Menyan, atau Pulau Gegara Menyan berada di alamat Desa Anggasari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Gegara Menyan

rute menuju gegara menyan
rute menuju gegara menyan. google maps. sumber: Asep Ndr

Jalan menuju Wisata Gegara Menyan Subang bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat. Tetapi hanya sampai area parkir saja.

Setelah itu, untuk menuju lokasi utama Pulau Gegara Menyan anda harus menyewa perahu. Jika cuaca mendukung, maka perjalanan di atas perahu tersebut akan terasa sangat menyenangkan.

Perahu akan melewati area pemukiman masyarakat nelayan, serta kawasan hutan mangrove. Jarak tempuh dari area parkiran menuju Gegara Menyan sekitar setengah jam.

Jika perjalanan anda dimulai dari Alun-Alun Subang, maka jarak tempuh menuju wisata Pulau Gegara Menyan sekitar 27 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit melalu Jl. Subang – Pamanukan.

Simak juga: Ciater Highland Resort

Harga Tiket Masuk Gegara Menyan

  • Tiket masuk Gegara Menyan gratis.
  • Para pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya transportasi menaiki perahu Rp. 25.000 per orang.

Jam Buka Gegara Menyan

  • Pulau Gegara Menyan Subang buka dari jam 07.00 – 17.00.
  • Gegara Menyan beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Gegara Menyan

fasilitas di gegara menyan
fasilitas di gegara menyan. google maps. sumber: Hanung IPS

Fasilitas wisata di Pulau Gegara Menyan Subang hampir semua fasilitas primer terkonsentrasi di dekat area parkiran.  Dan fasilitas di pulau tersebut adalah sebagai berikut:

  • Jembatan bambu, spot selfie favorit pengunjung.
  • Jembatan bambu, atau jalur trekking di hutan mangrove.
  • Gundukan pasir di tengah laut.
  • Makam yang dikeramatkan, atau petilasan.

Simak juga: Wisata Alam Capolaga

Sejarah Gegara Menyan

Sejarah penamaan Gegara Menyan mengacu kepada gundukan pasir yang ada di tengah-tengah laut, sekaligus tempat yang paling digemari oleh para pengunjung untuk berswafoto.

Kara kata gegara mengandung arti gundukan pasir. Adapun kata Menyan mengacu kepada sebuah makam yang dikeramatkan, atau lokasi petilasan yang bernama Makam Buyut Gara Menyan.

Simak juga: Florawisata D’Castello, Wisata Subang Terbaru

Daya Tarik Gegara Menyan

1. Spot Instagramable

jembatan gegara menyan
jembatan gegara menyan. google maps. sumber: Hanung IPS

Pembahasan daya tarik, atau pesona Gegara Menyan, kita mulai dari gundukan-gundukan pasir yang menjadi spot selfie yang paling disukai oleh para pengunjung.

Bahkan, pada saat air sedang pasang, maka hanya menyisakan 1 gundukan pasir saja. Hingga jepretan kamera akan memberikan sisi dramatis, seolah-olah terdampar di pulau antah berantah.

Karena latarnya langsung tertuju pada lautan lepas. Selain itu, air lautnya yang bersih semakin memberikan view alam yang keren.

Ada juga sebuah jembatan yang sama-sama memiliki latar lautan lepas. Bahkan saat air pasang, lokasi jembatan tersebut tidak kalah kerennya dari gundukan pasir yang memberikan view instagramable.

2. Hutan Mangrove, Dan Petilasan

hutan mangrove gegara menyan
hutan mangrove gegara menyan. google maps. sumber: Alarfah Rafah

Pesona Gegara Menyan selanjutnya adalah pulau, atau kawasan hutan mangrovenya. Kawasan hutan tersebut dihubungan oleh jalur trekking, atau jembatan yang terbuat dari bambu.

Di beberapa titik terdapat beberapa saung, serta larangan bagi para pengunjung membuang sampah sembarangan, dan membawa minuman beralkohol.

Dan di kawasan hutan mangrove Gegara Menyan terdapat sebuah petilasan, atau makam yang dikeramatkan yang bernama Makam Buyut Gara Menyan.

Pada saat – saat tertentu, makam tersebut sering dikunjungi oleh para peziarah. Hmmmm…. ternyata Pulau Gegara Menyan Subang bukan hanya sekedar tentang wisata alam saja ya….


shopee