Wisata Alam Capolaga, Camping, And Healing Bareng Keluarga Di Subang

Wisata Alam Capolaga bisa menjadi salah-satu alternatif self healing di Kabupaten Subang. Tetapi akan lebih seru jika bareng bersama keluarga tercinta, atau teman-teman.

Wisata Alam Capolaga adalah salah-satu wisata alam di Subang yang sangat populer. Karena Capolaga Subang menyajikan spot camping, wahana permainan, serta wisata air terjun dalam satu kawasan yang sama. Bahkan terdapat 3 air terjun yang recommended untuk dikunjugi.

wisata alam capolaga subang
wisata alam capolaga subang. google maps. sumber: Wisata Alam Capolaga

Dikarenakan Capolaga adalah objek wisata yang bertemakan alam terbuka. Maka, para pengunjung wajib mempertimbangkan aspek cuaca.

Selain itu, selalu update terlebih dahulu informasi terkini terkait zona objek wisata di masa PPKM. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa saat ini terjadi kenaikan kembali penularan virus Corona variant baru.

Level zonasi tentu saja akan berdampak terhadap buka, atau tutupnya sebuah objek wisata. Atau pembatasan jumlah kunjungan, dan pembatasan jam operasional.

Simak juga: The Ranch Ciater

Lokasi Wisata Alam Capolaga

pintu masuk capolaga subang
pintu masuk capolaga subang. google maps. sumber: Wisata Alam Capolaga

Lokasi Wisata Alam Capolaga berada di alamat Jl. Raya Cicadas, Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Simak juga : Florawisata D’Castello Subang

Rute Menuju Wisata Alam Capolaga

jasa porter
jasa porter. google maps. sumber: Sani Aksan

Jalan menuju Wisata Alam Capolaga bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran, atau tempat registrasi.

Selanjutnya, para pengunjung harus melakukan trekking kurang lebih sekitar 250 meteran menuju spot camping blok I, dan blok II. Jalurnya sudah tertata baik, dan bisa juga dilalui oleh anak kecil.

Jalur trekkingnya berbentuk anak tangga yang terbuat dari tembok, serta dilengkapi dengan pagar besi di sampingnya. View alam saat trekking sangat memanjakan mata, dengan pepohonan yang menghadirkan nuansa keteduhan selama di perjalanan.

Dan bagi anda yang membawa perlengkapan camping sendiri, serta membawa barang bawaan yang banyak. Maka pihak pengelola sudah menyediakan jasa porter yang akan membawakan barang bawaan anda hingga sampai ke spot camping.

Bagi anda yang berangkat dari arah Bandung, atau Purwakarta, maka jarak tempuhnya sekitar 1 jam perjalanan. Dan bagi yang datang dari Jabodetabek, bisa mengambil rute keluar dari pintu tol Purwakarta.

Simak juga: Kumpay Waterpark

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Capolaga

  • Tiket masuk Wisata Alam Capolaga sudah termasuk harga camping, yaitu Rp. 40.000 untuk usia dewasa / hari.
  • Tiket masuk Wisata Alam Capolaga Subang Rp. 25.000 usia anak-anak / hari.
  • Parkir mobil Rp. 10.000
  • Parkir motor Rp. 5.000
  • Harga sewa tenda di Capolaga Subang Rp. 150.000 untuk ukuran tenda yang besar.
  • Terdapat biaya tambahan bagi penggunaan listrik.

Jam Buka Wisata Alam Capolaga

  • Pelayanan registrasi Wisata Alam Capolaga Subang buka dari pukul 08.00 – 17.00.
  • Wisata Alam Capolaga beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Wisata Alam Capolaga

fasilitas di capolaga subang
fasilitas di capolaga subang. google maps. sumber: Madfakh

Fasilitas wisata di Wisata Alam Capolaga adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Wahana permainan,
  • Spot camping,
  • Jasa porter,
  • Wisata air terjun.

Simak juga: Bukit Pamoyanan

Penginapan Di Wisata Alam Capolaga

Selain camping, Wisata Alam Capolaga Subang juga menyediakan tempat menginap, atau disebut juga dengan vila, atau homestay. Tarip menginap di Capolaga beragam, tergantung jenis homestay yang anda pilih.

Daya Tarik Wisata Alam Capolaga

1. Spot Camping Yang Nyaman

spot camping capolaga
spot camping capolaga. google maps. sumber: Rakhmat Hidayat

Wisata Alam Capolaga sangat populer dengan aktivitas wisatanya berupa camping. Biasanya, camping lebih identik dengan muda-mudi, dengan jalur trekking yang terjal.

Nah, Wisata Alam Capolaga menyajikan sebuah spot camping yang cocok untuk semua usia, karena jalur yang tidak terjal, dan tidak terlalu jauh dari lokasi parkir. Sehingga recommended sebagai wisata keluarga di akhir pekan, atau saat liburan tiba.

Wisata alam bisa menjadi solusi self healing, terutama bagi anda yang super sibuk dengan pekerjaan, dan tinggal di kota besar. Ada baiknya menghela nafas sejenak bareng keluarga, menikmati keindahan alam di Wisata Capolaga Subang.

Spot campingnya sangat nyaman, dan indah. Bahkan dekat dengan toilet, dan mushola. Selain itu, di dekat area camping terdapat sungai dengan air yang masih terjaga kebersihannya.

2. Tiga Curug Dalam Satu Kawasan

salah satu curug di capolaga
salah satu curug di capolaga. google maps. sumber: ari rahman sadega

Wisata Alam Capolaga Subang bukan hanya sekedar tentang camping saja. ternyata di dalam kawasan tersebut terdapat 3 air terjun, dengan nama, dan karakter, serta tinggi yang berbeda-beda.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari area camping. Adapun 3 air terjun tersebut adalah sebagai berikut:

  • Curug Goa Badak,
  • Curug Sawer,
  • Curug Karembong.

Selain memperhatikan faktor cuaca, para pengunjung juga diharapkan untuk mematuhi protokol kesehatan, serta tidak membuang sampah sembarangan.


shopee