Batu Kapur Subang, Review Wisata Subang Lengkap Dengan Curug Agung

Batu Kapur Subang adalah objek wisata yang menyajikan pemandian air panas, yang dikelilingi oleh view alam yang masih asri, serta dilengkapi dengan wahana permainan anak.

Batu Kapur Subang disebut juga dengan nama Pemandian Air Panas Batu Kapur Sagala Herang Subang, yang menyajikan wisata curug, atau air terjun, yang lokasinya masih dalam satu kawasan yang sama.

pemandian air panas batu kapur subang
pemandian air panas batu kapur subang. google maps. sumber: sadayuki matsuoka

Karena Batu Kapur adalah objek wisata alam, maka para pengunjung patut mempertimbangkan aspek cuaca. Hal tersebut sangat menentukan terhadap kepuasan wisata.

Selain itu, pertimbangkan juga kebijakan pemerintah di masa PPKM. Biasanya saat grafik penularan Covid-19 meningkat, maka ada kewajiban pembatasan jumlah pengunjung, dan jam operasional.

Simak juga: 25 Tempat Wisata Di Garut Yang Hits Terbaru

Lokasi Batu Kapur Subang

Lokasi Batu Kapur Subang berada di alamat Desa Curug Agung, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Simak juga: Antapura De Djati

Rute Menuju Batu Kapur Subang

jalur trekking
jalur trekking. google maps. sumber: Zepri Kristiono

Lokasi Wisata Pemandian Air Panas Batu Kapur Sagalaherang, Kabupaten Subang berdekatan dengan objek wisata lainnya yang cukup populer, yaitu:

Selain itu, jalan menuju objek wisata Batu Kapur Subang bisa diakses oleh kendaraan roda dua. Maupun roda empat hingga area parkiran.

Jarak dari Bukit Santiong Paralayang ke Batu Kapur sekitar 13 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 40 menit perjalanan dengan menggunakan mobil.

Simak juga: Alun-Alun Subang

Harga Tiket Masuk Batu Kapur Subang

  • Tiket masuk Batu Kapur Subang Rp. 10.000,
  • Tiket parkir mobil Rp. 10.000,

Jam Buka Batu Kapur Subang

  • Wisata Pemandian Air Panas Batu Kapur Subang buka dari pukul 08.00 – 17.00.
  • Wisata Batu Kapur Sagalaherang beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Batu Kapur Subang

fasilitas di batu kapur subang
fasilitas di batu kapur subang. google maps. sumber: Wibowo Heru

Fasilitas wisata di Batu Kapur Subang adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Kolam pemandian,
  • Kantin,
  • Curug, atau air terjun,
  • Playground,
  • Gazebo, atau rumah joglo, atau bale-bale.

Simak juga: Florawisata D’Castello

Daya Tark Batu Kapur Subang

1. Kolam Pemandian Air Panas

kolam besar di batu kapur subang
kolam besar di batu kapur subang. google maps. sumber: sadayuki matsuoka

Wisata Batu Kapur Sagalaherang Subang menyajikan kolam pemandian air panas alami, yang bersumber dari mata air yang ada di kawasan tersebut.

Oh iya, di Batu Kapur terdapat 2 kolam pemandian. Ada yang kecil, dan yang besar. Nah, kolam pemandian air panas itu berada di area kolam yang kecil.

Kondisi airnya tidak panas banget, tetapi cukup untuk merilekskan badan. Biasanya, setelah berendam di kolam air panas, perut kita suka langsung lapar.

Para pengunjung tidak perlu jauh-jauh mencari makanan, atau minuman. Karena tepat di samping area kolam air panas Batu Kapur Subang terdapat beberapa kantin.

Dan kolam yang besar airnya tidak panas, alias normal saja. View alam di sekitarnya mampu memberikan keteduhan bagi pengunjung yang bermain di area kolam tersebut.

2. Curug Agung

curug agung
curug agung. google maps sumber: Tarnaly litut

Daya tarik selanjutnya dari Batu Kapur Subang adalah pesona salah-satu curug di Subang yang sangat hits di kalangan muda-mudi, yang bernama Curug Agung, atau disebut juga Curug Batu Kapur.

Para pengunjung yang ingin sampai di lokasi utama Curug Agung harus melakukan trekking terlebih dahulu, melalui jalur yang sudah ditentukan, lengkap dengan papan penunjuk arah.

Sebagian besar kondisi jalur trekkingnya sudah tertata. Bahkan perjalanan menuju lokasi utama Curug Agung akan melewati beberapa spot playground.

Salah-satu pesona Curug Agung terletak pada tebing penyangga air yang turun, hampir mirip dengan air terjun berundak. Curug Agung Sagalaherang Subang memiliki ketinggian sekitar 20 meteran.

3. Area Sungai

sungai batu kapur
sungai batu kapur. google maps. sumber: Kimnoyah9

Sebelum anda sampai di lokasi utama Curug Agung Subang, maka terdapat akses jalan setapak ke arah kanan. Itulah jalan menuju area sungai Batu Kapur Subang.

Sungai tersebut menjadi salah-satu spot wisata yang tidak bisa dipisahkan. Bahkan, saat cuaca mendukung, area sungai tersebut sering dijadikan tempat bermain air oleh anak-anak.

Tetapi, para pengunjung diharapkan untuk selalu mengutamakan keselamatan wisata, dan tetap menjalankan protokol kesehatan ya….


shopee