Wisata Tangkuban Perahu, Kawah dan Gunung Indah di Priangan

|

Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu objek wisata paling populer di Bandung. Area Gunung dan Kawah Tangkuban Perahu memang indah. Selain itu mudah dijangkau pengunjung.

Tempatnya cukup unik lho. Anda bisa langsung menikmati keindahan kawah Tangkuban Perahu dari tempat parkir mobil. Tidak perlu mendaki terlebih dulu.

Jika berlibur ke Bandung, rasanya ngga lengkap kalau tidak mengunjungi Tangkuban Perahu.

kawah gunung tangkuban perahu

Alamat Tangkuban Perahu

Kompleks wisata kawah Gunung Tangkuban Perahu berada di perbatasan Bandung Barat dengan Subang, kurang lebih 30 KM dari pusat kota Bandung. Area Taman Wisata Tangkuban Perahu sebagian masuk ke wilayah kabupaten Subang dan Bandung Barat.

Jalan ke lokasi Tangkuban Perahu

  • Dari Bandung, arahkan kendaraan ke jalan Bandung – Lembang. Selanjutnya arahkan ke jalan Ciater-Subang. Anda bisa menemukan gerbang masuk TKB Perahu di sebelah kiri, tepat setelah hutan pinus Cikole.
  • Dari Subang, arahkan kendaraan ke Jalan Cagak Subang, lalu belok ke arah Ciater – Lembang. Ikuti terus jalan ini, Gerbang masuk TKB Perahu bisa anda temukan di sebelah kanan.

Jalan dari Bandung sampai ke lokasi sudah bagus. Selain itu mudah di ikuti. Dengan menggunakan peta Google Maps, anda bisa dengan mudah mencapai tujuan.

Jarak dari gerbang masuk sampai ke area kawah masih cukup jauh, sekitar 4 KM.

Peta Lokasi Tangkuban Perahu

Peta di atas mengarah ke gerbang masuk Tangkuban Perahu.

tangkuban perahu

Transportasi Umum

Jika menggunakan kendaraan umum, anda bisa naik angkutan kota Stasiun Hall – Lembang berhenti di terminal Lembang. Selanjutnya di sambung dengan angkot Lembang – Cikole .

Alternatif lainnya adalah dengan naik elf atau angkutan sejenis ke arah Subang dari terminal Ledeng di Jalan Setiabudhi Bandung, atau dari terminal Lembang.

Catatan

Jika menggunakan Bus (rombongan wisata), tidak bisa parkir langsung di area parkir kawah. Tetapi, harus parkir di terminal khusus. Dari sana, pengunjung bisa menggunakan angkutan Wara-wiri, atau berjalan kaki menuju ke kawah.

Jarak dari tempat parkir bus ke kawah cukup jauh dan menanjak. Jadi lebih baik pakai wara-wiri saja (ada ongkos tambahan per orang).

Saya pikir kurang nyaman kalau menggunakan transportasi umum ke Tangkuban Perahu, karena tidak ada angkutan umum yang rutin mengangkut penumpang dari gerbang masuk ke area kawah. Akan lebih enak jika menggunakan kendaraan pribadi atau sewa.

Area kawah merupakan daya tarik utama di tempat wisata di Bandung ini. Di Tangkuban Perahu, terdapat beberapa kawah yang bisa anda kunjungi.

Kawah Ratu

Kawah Ratu merupakan kawah utama di sini. Ukurannya luas sekali dan bisa dikatakan objek wisata utama dari kompleks wisata Tangkuban Perahu. Anda bisa langsung memarkir kendaraan di bibir kawah, jadi tidak perlu berjalan jauh untuk menuju lokasi.

kawah ratu di tangkuban perahu
Kawah Ratu

Kawah Ratu memiliki kedalaman sekitar 500 meter. Bentuknya mirip mangkuk raksasa. Kawah Ratu meletus terakhir kali pada tahun 2019.

Jika ingin menikmati suasana yang lebih tenang, atau ingin sekedar ngopi santai sambil menikmati pemandangan bibir kawah, anda bisa berjalan menuju ke area sebelah kanan di Kawah Ratu.

Suasana disana jauh lebih tenang. Selain itu terdapat banyak warung dan bangku dipinggir kawah untuk tempat anda ngopi dan istirahat.

Jalan disana cukup unik lho (instagrammable). Anda bisa menemukan jalan dengan naungan pepohonan rindang berwarna hitam di kiri kanan. Jika beruntung, bisa melihat beberapa ekor lutung liar di sekitar sini.

area sisi kanan kawah ratu
area sisi kanan kawah ratu

Simak juga: review De Ranch Lembang

Kawah Upas

kawah upas 1
kawah upas berada di sekitar area sana

Kawah Upas berukuran lebih kecil, letaknya berada dibagian atas dari Kawah Ratu. Jaraknya kurang lebih 1.5 KM dari Kawah Ratu. Anda bisa menggunakan jalan di area kanan untuk menuju ke sini.

Kawah Upas memiliki hamparan pasir putih, dengan air kebiruan. Tapi sayangnya pengunjung dilarang untuk turun, karena masih berbahaya.

Cikahuripan

jalan ke cikahuripan
jalan ke cikahuripan

Cikahuripan merupakan sumber air di Tangkuban Perahu yang dipercaya berkhasiat. Letaknya sedikit masuk ke hutan, anda harus berjalan mengikuti jalan setapak beberapa ratus meter dari gerbang kawah upas.

jalan ke cikahuripan dan kawah upas
jalan ke cikahuripan dan kawah upas

Cikahuripan sering dikunjungi oleh orang-orang dengan niatan/kepercayaan tertentu.

Baca juga: review Curug Cimahi lengkap

Kawah Domas

kawah domas
kawah domas

Sebetulnya, di area tangkuban perahu juga terdapat kawah lain yang layak untuk dikunjungi, yaitu Kawah Domas. Di Kawah Domas terdapat beberapa kolam air panas alami dengan kandungan belerang tinggi.

Anda bisa berendam lumpur belerang, di beberapa kolam yang berair hangat. Atau, merebus telur di kolam dengan air yang panas.

Jika berminat menuju Kawah Domas, disarankan untuk menuju lokasi dari gerbang khusus Kawah Domas. Letaknya sekitar 1 KM setelah gerbang masuk TWA Tangkuban Perahu (terletak sebelah kanan jalan).

Jika dari Kawah Ratu anda harus jalan menuruni tangga cukup jauh, dan terpaksa naik lagi tangga tersebut saat pulang. Lumayan lho, anda akan menempuh kurang lebih 1 KM turun naik tangga jika menuju Kawah Domas dari area Kawah Ratu.

Catatan: 

Perlu diketahui jika ke Kawah Domas, anda harus mengeluarkan biaya lebih besar. Hal ini karena diwajibkan oleh pengelola untuk menggunakan guide.

Wisatawan lokal ataupun luar diwajibkan pakai jasa guide dengan harga yang mahal, 100-200 ribu lebih per trip.

Baca juga: review Situ Cisanti di Bandung Selatan

Fasilitas

Fasilitas di area Tangkuban Perahu cukup lengkap.

Untuk parkir mobil, anda bisa langsung parkir di area pinggir Kawah Ratu. Sedangkan untuk bis, parkirnya di area khusus sebelum kawah. Tempat parkir motor terletak dekat dengan Masjid.

area parkir di tangkuban perahu
area parkir mobil pribadi

Di sekitar kawah berjejer tempat makan dan jajan. Jadi anda tidak perlu khawatir lapar atau haus. Terdapat juga area khusus pedagang oleh-oleh.

jalan ke area pedagang oleh oleh
jalan ke area pedagang oleh oleh

Selain itu terdapat beberapa menara pandang. Dari sini anda bisa melihat area kawah lebih luas, ataupun melihat area suaka alam Tangkuban Perahu.

Fasilitas lain seperti gazebo untuk istirahat, bangku-bangku, toilet, dan lain sebagainya, tersebar di sekitar kawah. Selain itu, jalan untuk pengunjung di sekitar kawasan wisata juga cukup bagus.

rute pejalan kaki
rute pejalan kaki

Tidak terdapat hotel atau tempat menginap didalam kompleks wisata gunung Tangkuban Perahu . Tapi anda bisa dengan mudah menemukan penginapan dan hotel di daerah Lembang yang terletak dekat dengan lokasi.

Harga Tiket Masuk Tangkuban Perahu

Jenis TiketHari KerjaHari Libur
Wisatawan NusantaraRp 20.000Rp 30.000
Wisatawan MancanegaraRp 200.000Rp 300.000
Rombongan PelajarRp 18.000Rp 20.000
MotorRp 12.000Rp 14.500
MobilRp 25.000Rp 30.000
BisRp 110.000Rp 125.000
SepedaRp 7.000Rp 9.000
Parkir motorRp 2.000Rp 2.000
Parkir mobilRp 5.000Rp 5.000
Parkir bisRp 10.000Rp 10.000
Angkutan ontang-antingRp 7.000Rp 7.000

Berikut ini daftar lengkap harga tiket masuk tangkuban perahu yang kami kutip dari IG resmi TWA Tangkuban Perahu.

harga tiket masuk tangkuban perahu

Silahkan simak video tangkuban perahu dibawah ini.

Baca juga: menikmati Bandung tempo dulu di Jalan Braga

Kisah Legenda Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu terkenal dengan legenda Sangkuriang dan Dayang sumbi. Gunung ini disebut sebagai tangkuban perahu (perahu terbalik) karena memang jika dilihat dari jauh terlihat seperti perahu yang terbalik.

Cerita legenda Tangkuban Perahu mengisahkan tentang Sangkuriang, seorang anak yang jatuh cinta pada ibunya, Dayang Sumbi. Agar keinginan Sangkuriang tidak terlaksana, Dayang sumbi mengajukan syarat untuk dibuatkan telaga dan perahu dalam satu malam.

Dengan disertai usaha dari Dayang Sumbi, akhirnya Sangkuriang gagal memenuhi syarat tersebut. Sangkuriang kemudian melampiaskan kemarahannya dengan menendang perahu yang baru setengah jadi.

Menurut legenda, perahu yang ditendang oleh Sangkuriang mendarat terbalik, dan menjadi gunung tangkuban perahu. Tunggul dari pohon yang ditebang dan dibuat menjadi perahu berubah menjadi Gunung Bukit Tunggul.

Bentuk perahu terbalik dari gunung tangkuban perahu terlihat jelas dari daerah Cibodas Lembang.

salah satu sudut kawah tangkuban perahu
salah satu sudut kawah tangkuban perahu

Prewedding dan Shooting

Kita juga bisa melakukan pemotretan prewedding di Tangkuban Perahu, ataupun kegiatan komersial lain. Untuk harganya bisa di lihat di tabel berikut.

KegiatanHarga Tiket
PreweddingRp 500.000/hari
Video ShootingRp 800.000/hari
Shooting komersialRp 2000.000/hari
Stand Event (4x4m)Rp 500.000/hari
BenderaRp 30.000/hari
BannerRp 50.000/hari
BalihoRp 100.000/hari

Tempat wisata di sekitar Tangkuban Perahu

Beberapa tempat wisata lain yang berada tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu antara lain;

Tips Untuk Pengunjung

Jika anda akan berkunjung ke sini, silahkan simak beberapa tips dari kami agar liburan anda lebih nyaman.

  • Kawah tangkuban perahu masih aktif. Jika anda sensitif terhadap bau belerang, disarankan untuk membawa/menggunakan masker.
  • Gunakan sunblock jika perlu. Panas matahari dan udara dingin bisa membuat kulit anda “gosong” dengan cepat.
  • Sama dengan banyak tempat wisata lain di Jawa barat, pedagang disini cenderung “memaksa”. Jangan ragu untuk menolak dengan tegas.
  • Area wisata ditutup pukul 5 sore, jadi pastikan anda datang ke lokasi tidak terlalu sore.
kawah gunung tangkuban perahu bandung

Selamat berlibur!

Baca juga: