Curug Cisanca, Pesona Di Kaki Gunung Tangkuban Perahu Subang

Curug Cisanca semakin menambah list tempat wisata di Ciater Subang yang layak untuk dikunjungi. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa wisata Ciater menjadi salah-satu primadona pariwisata di Subang Jawa Barat.

Curug Cisanca bukan hanya sekedar menawarkan pesona air terjun saja, terdapat beberapa konten wisata lainnya yang akan memanjakan para pengunjung.

Dan saat ini wisata Curug Cisanca Subang sudah tertata, meskipun belum 100%, namun sudah layak untuk dikunjungi, apalagi saat cuaca sangat mendukung.

suasana yang asri
suasana yang asri. google maps. sumber: Aman Suryana

simak juga: curug cina

Sebetulnya, curug di Subang sangat banyak, serta memiliki pesona, dan karakter yang berbeda-beda. Dan Curug Cisanca Subang menjadi salah-satu pesona, dan mahakarya di kaki Gunung Tangkuban Perahu yang sangat melegenda.

Dan inilah review, serta info tentang Curug Cisanca yang sudah kami siapkan untuk anda!

Lokasi Curug Cisanca

  • Lokasi Curug Cisanca terletak di kaki Gunung Tangkuban Perahu Subang.
  • Alamat Curug Cisanca berada di perbatasan Desa Cibitung, dan Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.
berwisata ke curug cisanca
berwisata ke curug cisanca. google maps. sumber: Sony Wirawan

simak juga: curug ciwideng

Rute Menuju Curug Cisanca

Jalan menuju Curug Cisanca Subang, bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat, hanya sampai area parkiran saja. Seperti biasa, para pengunjung harus melanjutkannya dengan trekking.

Jika anda berangkat dari wisata Ciater yang legendaris, yaitu Gunung Tangkuban Perahu. Maka jarak tempuhnya sekitar 15 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Adapun jarak tempuh dari Alun-ALun Subang ke Curug Cisanca Subang sekitar 26 kilometer. Anda bisa melalui rute Jl. Cijambe. Kondisi jalannya juga bagus.

Trekking Menuju Curug Cisanca

Trekking dengan air terjun, layaknya dua sisi mata uang. Dan itulah sensasi destinasi wisata air terjun, meskipun beberapa lokasi air terjun tidak jauh dari area parkir.

Makanya, jangan heran jika objek wisata air terjun selalu didominasi oleh anak-anak muda. Dan istilah trekking memiliki arti berjalan kaki di tengah alam terbuka.

Setelah anda memarkirkan kendaraan di area parkir objek wisata Curug Cisanca Subang, anda diharuskan melakukan trekking. Lokasi loket tiketnya di dekat area air terjun.

jalur trekking
jalur trekking. google maps. sumber: Lets Explore

simak juga: mata air cimincul

Trekking menuju lokasi utama Curug Cisanca tidaklah terjal. Hanya saja kondisi jalurnya masih berupa lapisan tanah merah. Jadi, pastikan cuaca sedang mendukung ya…

Jalur trekking akan melalui area kebun milik warga, dari mulai kebun jeruk, hingga perkebunan kopi. View selama di perjalanan menghadirkan nuansa alam yang masih asri.

Saat anda tiba di tempat pembayaran tiket, maka hal tersebut menjadi penanda bahwa lokasi utama Curug Cisanca Subang sudah tidak jauh lagi.

Para pengunjung tidak perlu khawatir tersesat, karena di sepanjang jalan selalu ada papan penunjuk arah. Saat perjalanan semakin dekat, maka anda akan melewati warung-warung, dan gazebo.

Harga Tiket Curug Cisanca

  • Tiket masuk Curug Cisanca Subang Rp. 10.000 per orang.
  • Sewa Ban Rp. 5.000.
  • Tiket camping Curug Cisanca Rp. 20.000
fasilitas yang ada
fasilitas yang ada. google maps. sumber: alasroban

simak juga: planet waterboom

Jam Buka Curug Cisanca

  • Curug Cisanca Subang buka dari pukul 07.00 – 17.00.
  • Curug Cisanca beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Curug Cisanca

Fasilitas wisata di Curug Cisanca Subang adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Lesehan,
  • Warung,
  • Spot selfie,
  • Area camping,
  • Penyewaan ban, dan pelampung.

Daya Tarik Curug Cisanca

1. Tiga Curug Dalam Satu Lokasi

keindahan tiga curug
keindahan tiga curug. google maps. sumber: Ceppi Yudiansyah

simak juga: rumah sejarah kalijati

Saat anda tiba di lokasi utama wisata Curug Cisanca, maka akan tersaji 3 view air terjun dalam 1 lokasi yang sama. Tetapi debit air yang jatuh berbeda-beda satu sama lain.

Curug Cisanca tidak terlalu tinggi, sepertinya tidak lebih dari 10 meter. Kolam utamanya juga bisa digunakan untuk berenang, meskipun tidak terlalu luas.

Airnya jernih, dingin dan menyegarkan. Sensasi terbaik saat berada di Curug Cisanca adalah saat selesai berenang di kolam utama, kemudian menikmati kopi panas, sambil menikmati pesona curug tersebut.

2. Wahana Wisata

mencoba segarnya air
mencoba segarnya air. google maps. sumber: Elsha Fira

simak juga: masjid agung subang

Daya tarik selanjutnya dari Curug Cisanca adalah wahana, atau spot lainnya. Bahkan terdapat beberapa spot selfie yang kekinian, atau instagramable.

Selain itu, terdapat area camping yang menghadap langsung ke air terjun. Meskipun tidak besar tempatnya, tetapi mampu memenuhi kebutuhan healing anda.

Tidak berhenti sampai di situ saja, di dekat air terjun terdapat ayunan yang terbuat dari ban, tepat di atas aliran air dari Curug Cisanca Subang.


shopee