Masjid Agung Subang, Wisata Religi Bersama Keluarga

Masjid Agung Subang atau nama resminya ialah Masjid Agung Al-Musabaqoh merupakan masjid kebanggaan warga Subang yang lokasinya berada di pusat kota.

Selain dimanfaatkan sebagai tempat ibadah, Masjid Agung Subang juga dimanfaatkan oleh mereka yang hendak melakukan wisata religi di masjid yang sudah ada sejak tahun 1978 silam ini.

masjid agung al musabaqoh
masjid agung al musabaqoh. google maps. sumber: Agustian gustin

simak juga: alun-alun Subang

Lokasinya yang berada tak jauh dari Alun-Alun Subang, membuat Masjid Agung Subang ini sering pula dimanfaatkan pengunjung untuk beristirahat dan santai sejenak.

Masjid Agung Subang sempat ditutup dan dibatasi kegiatan peribadatan didalamnya, karena imbas dari merebaknya covid-19 di Subang khususnya, Indonesia pada umumnya.

Lokasi dan Alamat Masjid Agung Subang

Lokasi dari Masjid Agung Al-Musabaqoh berada di sebelah barat Alun-Alun Subang, tepatnya beralamat di Jalan RA. Wangsa Ghofrana, Karanganyar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

air mancur
air mancur. google maps. sumber: Dani Herdiana

simak juga: bukit santiong

Rute Menuju Masjid Agung Subang

Akses jalan menuju Masjid Agung Subang mudah di jumpai. Jika kamu sedang berada di terminal Tipe A Subang maka kamu harus menelusuri Jl. Darmowiharjo, kemudian belok kiri ke Jl. K.S Tubun sampai ada perempatan.

Sesampainya di perempatan kemudian kamu harus ke arah Jl. D. Kartawigenda Gg. Palabuan. Kemudian kamu belok kanan ke Jl. Letjen Suprapto, kemudian mengikuti Jl. Dr. Satiman.

Sekitar 350 meter kemudian belok ke arah kiri menuju Jl. Pasar Baru lalu di pertigaan jalan belok kiri kembali menuju Jl. Jend. Ahmad Yani.

Teruslah melaju hingga berada di Jl. Karanganyar, lalu belok kanan menuju Jl. RA. Wangsa Ghofrana dan akhirnya kamu pun tiba di Masjid Agung Al Musabaqoh Subang.

Harga Tiket Masuk Masjid Agung Subang

Harga tiket masuk Masjid Agung Subang gratis

bedug masjid agung subang
bedug masjid agung subang. google maps. sumber: Imam Cahyadi

simak juga: ciater highland resort

Jam Buka Masjid Agung Subang

  • Jam operasional Masjid Agung Subang buka setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Dan terbuka selama 24 jam penuh.

Namun, mengingat saat ini situasi mulai tidak kondusif kembali dan diberlakukannya kembali PPKM di beberapa daerah maka jam buka Masjid dapat saja berubah.

Fasilitas Masjid Agung Subang

  • Area parkir kendaraan,
  • Tempat wudhu,
  • Toilet,
  • Penjual peci untuk ibadah,
tempat wudhu
tempat wudhu. google maps. sumber: suryo purnomo edi

simak juga: wisata alam capolaga

Sejarah Masjid Agung Subang

Masjid Agung Subang dibangun sekitar tahun 1978, yang pada awalnya hanyalah berupa bangunan beton dengan memiliki kubah utama yang berbentuk bundar serta beberapa kubah lain yang kemudian dilengkapi dengan menara.

Kemudian direnovasi pada tahun 1993 dengan rancangan yang sangat berbeda, hingga akhirnya menjadi Masjid Agung Subang seperti sekarang ini.

Terlihat megah, terdiri dari dua lantai yang dilengkapi tiga pintu akses. Serta terdapat dua buah menara yang mengapit bangunan masjid di kiri dan kananya.

Masjid Agung Subang atau Masjid Agung Al-Musabaqoh berada di tanah wakaf dengan luas sekitar 1 hektar, dan luas bangunannya sendiri sekitar 7.500 meter persegi.

menjadi bangunan yang megah
menjadi bangunan yang megah. google maps. sumber: Suharso Sardjiman

simak juga: pantai pondok bali

Sejarah keberadaan Masjid Agung Subang ini tak dapat dilepaskan dari sejarah masuknya Agama Islam di Subang. Dimana orang pertama yang membawa dan menyebarkan Islam di Subang bernama RM. Wangsa Ghofrana, putra dari Sunan Wanapati.

Sunan Wanapati merupakan raja dari Talaga, putra dari Sunan Ciburang dan masih keturunan dari Ratu Galuh dan Prabu Siliwangi. Dan Wangsa Ghofrana diyakini sebagai orang pertama yang masuk Islam di Telaga, yang penyebarannya dilakukan oleh Sunan Gunungjati.

Atas jasa-jasa yang telah beliau torehkan, maka jalan yang membentang di depan Masjid Agung Subang ini diberi nama Jl. RA. Wangsa Ghofrana.

bersebrangan dengan alun alun subang
bersebrangan dengan alun alun subang. google maps. sumber: Zulfikar Sjarief

simak juga: kolam renang tirta citapen

Daya Tarik Masjid Agung Subang

Yang menjadi daya tarik bahkan ciri khas dari Masjid Agung Subang ini ialah alunan muadzinnya yang merdu sekali, sehingga dapat menyentuh hati dan menggugah kita untuk segera beribadah.

Masjid ini pun sering dimanfaatkan sebagai lokasi tempat diselenggarakannya kegiatan Islami, contonhnya saja kegiatan Pesantren Kilat yang biasa dilaksanakan di bulan Ramadhan.


shopee