Curug Cibingbin Subang, Wisata Air Terjun Terbaru Yang Bikin Adem

|

Curug Cibingbin Subang, namanya mirip dengan salah satu curug yang ada di Sentul. Meski memiliki nama yang sama, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda.

Subang memiliki cukup banyak curug yang dapat dikunjungi, dan hampir setengahnya masih alami dan belum banyak terjamah oleh kehadiran manusia. Misalnya saja:

  • Curug Cinangrang,
  • Curug Cikaruncang,
  • Curug Cipeureu,
  • Curug Cisanca,
  • dan masih banyak lagi yang lainnya.
pintu masuk curug cibingbin
pintu masuk curug cibingbin. google maps. sumber: Robi Sukmawardani

simak: curug masigit

Curug Cibingbin merupakan salah satu Curug atau air terjun di Subang yang baru, dan langsung mendapat animo tinggi bagi mereka yang menyukai berwisata ke air terjun.

Berikut deskripsi dari Curug Cibingbin Subang, untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata baru di Subang yang sedang hits.

Lokasi dan Alamat Curug Cibingbin Subang

Alamat dari Curug Cibingbin berada di Desa Sukamandi, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Cibingbin Sagalaherang

Rute menuju Curug Cibingbin Subang jika berangkat dari pusat kota Subang ialah dengan menuju Jl. Letnan Jenderal S.Parman menuju Jl. Raya Cijambe hingga tiba di Jl. Sagalaherang.

Teruskan perjalanan untuk menuju Dayeuhkolot, hingga tiba di Desa Sukamandi. Akses jalan menuju Cibingbin Subang hanya dapat dilalui dengan menggunakan kendaraan roda dua, meski jalannya sudah bagus dan beraspal hanya saja tidak begitu lebar.

bermain air curug
bermain air curug. google maps. sumber: Myshop martin

simak: curug sadim

Jarak yang ditempuh hampir 30 km, dengan estimasi waktu selama 1 jam.

Jam Buka Curug Cibingbin Subang

  • Jam operasional Curug Cibingbin Subang buka setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Buka selama 24 jam nonstop, waktu terbaik ialah di pagi hari sekitar pukul 08 hingga 10 pagi.

Harga Tiket Masuk Curug Cibingbin Subang

Tiket masuk Curug Cibingbin Subang cukup membayar sebesar Rp. 5.000,- saja per orangnya

fasilitas di sekitar curug
fasilitas di sekitar curug. google maps. sumber: Myshop martin

simak: curug mandala panaruban

Fasilitas Curug Cibingbin Subang

Curug Cibingbin Subang memiliki fasilitas yang memadai untuk memudahkan aktivitas para pengunjung selama berwisata. Beberapa fasilitas yang ada diantaranya:

  • Mushola,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Gazebo,
  • Kamar ganti,
  • Toilet,

Sedangkan untuk area parkir kamu dapat menitipkannya di rumah-rumah warga.

Daya Tarik Curug Cibingbin Subang

1. Trekking Yang Mudah

trekking menuju curug
trekking menuju curug. google maps. sumber: Oce Jungjunan

simak: curug ciangin

Perjalanan atau trekking menuju Curug Cibingbin Subang dimulai setelah menyimpan kendaraan, dilanjutkan dengan menyusuri saluran irigasi di antara hamparan sawah.

Lalu belok kiri, melewati jembatan sederhana, kemudian menyusuri jalan setapak diantara pematang sawah kembali. Kamu dapat beristirahat di saung yang ada di pinggir sawah.

Aksesnya cukup mudah, nggak ada tanjakan atau turunan yang curam dan berbatu. Sehingga dapat pula mengajak anak-anak maupun orang tua. Jarak dari lokasi menyimpan kendaraan sekitar 1 km.

Terdapat dua akses jalan menuju Curug Cibingbin Subang, selain melewati hamparan sawah kamu dapat pula melalui perbukitan yang berada di Kampung Peuteuy Gede.

2. Curug Yang Menawan

curug cibingbin
curug cibingbin. google maps. sumber: Kang Ery Joy

simak: curug koleangkak

Setelah memasuki gerbang sederhana yang bertuliskan Curug Cibingbin, suasana indah nan damai langsung menyeruak dalam diri. Yang terlihat hanyalah hijaunya alam, berpadu dengan suara aliran air yang merdu.

Enak dan adem banget pokoknya, lebih seru lagi jika mengajak serta kawan sefrekuensi kemudian seru-seruan bersama di Curug Cibingbin Subang ini.

Meski baru diresmikan pada bulan Oktober tahun 2020, Curug Cibingbin mampu menarik para wisatawan dengan jernihnya air yang mengalir.

Meski tidak begitu tinggi, jernihnya air dan alamnya yang asri mampu membuat liburan di Curug Cibingbin tidak sia-sia. Pas banget untuk dijadikan tempat hulang-healing sambil bermain air.

suasana yang masih alami
suasana yang masih alami. google maps. sumber: Tukang Ameng

simak: curug cileat

Penutup

Destinasi wisata curug atau air terjun memang selalu seru dan tak terlupakan, apalagi kondisi curugnya masih alami. So, nggak salah deh jika menghabiskan waktu akhir pekanmu di Curug Cibingbin Subang ini.