Curug Ciangin, Review Lengkap Harga Tiket, Camping Ground, Dan Penginapan Muara Bambu Di Ciater Subang

Kabupaten Subang memiliki tempat wisata yang menarik untuk kamu kunjungi, setelah mengunjungi Tempat Pemandian Air panas Sari Ater dan Curug Koleangkak kamu wajib mengunjungi tempat yang satu ini.

Namanya ialah Curug Ciangin yang berada di Desa Cibeusi, Ciater. Lokasi ini menawarkan kamu berbagai macam ragam wisata yang menarik.

Berikut ulasan lengkap mengenai Curug Ciangin, check this out!

Perjalanan Menuju Curug Ciangin

Jika kamu datang dengan menggunakan bis, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan mobil bak terbuka. Karena jalur yang akan kamu lalui jalannya kecil sehingga tidak aman.

Kamu akan melewati area perkebunan dan sawah-sawah milik warga serta perjalananmu akan ditemani oleh indahnya pemandangan yang masih asri.

Setelah memarkirkan kendaraan, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki di jalur yang sudah disediakan. Kamu akan berjalan diantara pematang sawah, jika kamu datang diwaktu yang tepat kamu akan melihat tanaman padi menguning di sawah.

Kesejukan yang akan kamu dapatkan ketika berjalan menyusuri jalan setapak ini. Kemudian kamu akan menuruni tangga yang sudah di cor beton, lalu melintasi jembatan diatas aliran sungai yang mengalir.

Tangga Yang Harus Kamu Lalui
Tangga Yang Harus Kamu Lalui. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setelah itu kamu akan menuruni jalan setapak yang masih alami untuk sampai didepan Curug Ciangin. Sebelum menuju Curug Ciangin kamu akan menemukan Curug Nangka Bongkok terlebih dahulu.

Sejarah Curug Ciangin

Curug Ciangin pertama kali ditemukan sekitar Bulan Juli 2015 lalu oleh keluarga Mang Nana atas binaan dari mahasiswa ITB.

Baru dibuka untuk umum pada tanggal 23 Desember tahun 2015. Dengan mengandalkan kealamian alam yang tersimpan, dan berada dilahan seluas 2 hektar. Lambat laun Curug Ciangin mulai diminati banyak pengunjung.

Pesona Keindahan Curug Ciangin

Penamaan Curug Ciangin mengandung makna sebuah air terjun atau curug yang aliran airnya selalu menghempaskan angin, sehingga membuat udara disekitarnya menjadi sejuk.

Curug Ciangin memiliki dua tingkatan, tingkatan yang pertama aliran air terjunnya tak begitu tinggi. Dimana aliran airnya menuju Curug Ciangin yang berada dibawahnya.

Sedangkan Curug Ciangin sendiri memiliki dua aliran air terjun, dengan tinggi yang sedikit berbeda. Aliran airnya jatuh menuju kolam yang berada dibawahnya. Ketinggian curugnya mencapai 9 meter.

Landscape Curug Ciangin
Landscape Curug Ciangin. Sumber: destinasisubang.blogspot.com

Berada diantara pesawahan dan pepohonan yang rindang membuat suasana disekitar Curug Ciangin sangat sejuk dan menenangkan.

Ragam Wisata di Curug Ciangin

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Ciangin ini banyak sekali, dijamin nggak akan membosankan. Berbagai ragam wisata tersebut yakni:

1. Berenang

Kolam alami Curug Ciangin cukup lebar, kamu bisa melakukan aktivitas berenang disini. Merasakan sendiri sejuknya air yang dicurahkan dari atas curug.

Berenang Di Kolam Curug Ciangin
Berenang Di Kolam Curug Ciangin. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Namun kedalaman kolamnya mencapai 5 meter, jadi jika kamu ingin berenang di kolam alaminya kamu harus menggunakan ban yang bisa kamu sewa ditempat yang sudah disediakan.

2. Bermain air

Aliran Curug Ciangin langsung mengalir menuju sungai yang ada didepannya. Di sungai tersebut terdapat bebatuan yang berderet tak karuan, kamu bisa duduk-duduk diatas bebatuan sembari bermain air yang mengalir.

Airnya sangat jernih dan bersih juga menyegarkan, aliran airnya berasal dari Sungai Cibareubeuy. Curug Ciangin merupakan tempat yang cocok untuk membawa seluruh anggota keluarga.

3. Body Jumping

Jika kamu mempunyai nyali yang cukup besar, kamu bisa menuju ke puncak Curug Ciangin kemudian melompat dari atas ketinggian sekitar 9 meter.

Area Atas Curug Ciangin
Area Atas Curug Ciangin. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Byuurr,,,tubuhmu langsung mengenai kolam yang berada di bawahnya. Namun jika kamu tidak berani, dan tidak cukup pandai berenang lebih baik urungkan niatmu.

4. Camping

Di Curug Ciangin terdapat sebuah tempat yang cukup luas serta berada di pinggir sungai, lokasi tersebut sering digunakan untuk kegiatan camping.

Camping Ground
Camping Ground. Sumber: www.klook.com

Menikmati malam dikeindahan alam yang masih sangat alami, dengan hanya ditemani suara alam yang menenangkan.

5. Menikmati Curug Nangka Bongkok

Curug Nangka Bongkok tak kalah indahnya dengan Curug Ciangin, dengan memiliki ketinggian sekitar 4 meter. Di bawahnya terdapat sebuah kolam alami, namun kamu tidak diperkenankan untuk berenang karena didalam kolamnya terdapat palung dan juga aliran airnya cukup deras.

Dikhawatirkan jika kamu berenang di kolam alami Curug Nangka Bongkok kamu tersedot kedalam palung tersebut.

Curug Nangka Bongkok
Curug Nangka Bongkok. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Dinamakan Nangka Bongkok karena dulu di area ini terdapat sebuah pohon nangka yang saking tuanya sehingga merunduk seperti bongkok.

Tak jauh dari lokasi Curug Nangka Bongkok terdapat 7 pancuran yang airnya berasal dari mata air alami, dipercaya air tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

6. Berenang di Kolam Renang Muara Bambu

Jika kamu enggan untuk berenang di kolam alami Curug Ciangin, kamu bisa terus bergerak menuju lokasi Muara Bambu. Namun untuk memasuki area Muara Bambu kamu harus membayar tiket masuk.

Kolam Renang Muara Bambu
Kolam Renang Muara Bambu. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Karena Muara Bambu dikelola oleh pihak yang berbeda dengan Curug Ciangin. Disana terdapat tempat kolam renang dengan biaya masuk sebesar Rp. 10.000,- per orang.

7. Berfoto

Tentu saja kegiatan berfoto tidak boleh dilewatkan. Berburu spot foto menarik merupakan salah satu ragam wisata yang harus kamu lakukan. Banyak spot foto menarik nan indah yang dapat kamu manfaatkan.

Berfoto Bersama Keindahan Curug Ciangin
Berfoto Bersama Keindahan Curug Ciangin. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Curug Ciangin

Lokasi dan alamat lengkap Curug Ciangin terletak di Kampung Neglasari, Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Rute Menuju Curug Ciangin

Rute menuju Curug Ciangin yang paling mudah ialah setelah melewati pemandian air panas Sari Ater arahkan kendaraanmu menuju Desa Wisata Cibeusi.

Tiket Masuk Curug Ciangin

  • Untuk dapat menikmati keindahan Curug Ciangin kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000,- per orangnya.
  • Masuk ke area Muara Jambu kamu harus membayar tiket sebesar Rp. 15.000,- per orang.
  • Sewa ban pelampung sebesar Rp. 10.000,-

Jam Operasional Curug Ciangin

Jam operasional Curug Ciangin dibuka selama 7 hari seminggu dan 24 jam sehari. Jadi kamu bisa mengunjunginya kapan pun.

Fasilitas Curug Ciangin

Fasilitas yang tersedia di Curug Ciangin sudah cukup lengkap, hal tersebut ditandai dengan tersedianya:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Saung-saung sederhana
  • Camping Ground
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Tempat penyewaan ban

Penginapan Di Sekitar Area Curug Ciangin

Di Muara Jambu terdapat penginapan yang dapat kamu sewa bersama teman atau keluargamu. Namun jika ingin menginap disini kamu harus booking terlebih dahulu.

Menginap di tempat yang sangat asri dengan berada tak jauh dari lokasi pesawahan, hamparan rerumputan hijau menyambut kedatanganmu.

Kuliner

Ketika berada di Curug Ciangin lalu kemudian kamu merasakan perutmu membutuhkan amunisi, kamu wajib memesan nasi liwet khas Curug Ciangin. Paket nasi liwetnya dapat dinikmati hingga untuk 12 orang.

Tips Wisata

Beberapa tips wisata berikut semoga menjadi bahan referensi kau ketika hendak berkunjung ke Curug Ciangin, yakni:

  • Bawalah baju hangat atau perlengkapan lainnya jika kamu hendak camping atau menginap.
  • Awasi dan jaga selalu anak-anak.
  • Berhati-hatilah ketika melompat.
  • Patuhilah aturan yang telah ditetapkan.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Ciangin.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Ciangin dan Muara Bambu.

Penutup

Curug Ciangin merupakan tempat yang recomended banget untuk menghabiskan weekend bersama keluarga. Menikmati kesejukan dan keindahan alam bersama, mengajarkan anak bahwa ada sesuatu yang lebih menarik daripada gadget.

Lokasi wisata Curug Ciangin dan Muara Bambu harus masuk daftar kunjungan weekend ini. Jangan lupa siapkan spot foto yang menarik ketika berada di Curug Ciangin, ya!

Leave a Comment