Curug Sadim, Review Lokasi, Tiket, Dan Ragam Wisata Alam Tempat Wisata Di Ciater Subang

Subang merupakan salah satu tempat yang harus kamu kunjungi ketika hendak ingin menikmati alam yang masih sangat asri, selain Bogor dan Lembang.

Karena di Subang tepatnya di Ciater banyak sekali tempat wisata alam yang menawarkan keindahannya yang masih sangat alami.

Menikmati keindahan hamparan kebun teh dan segarnya curug atau air terjun dapat kamu nikmati ketika mengunjungi Curug Sadim.

Curug Sadim mulai dibuka untuk umum pada tahun 2008 silam, dan masih berada di kawasan Perkebunan Teh Nusantara VII Ciater. Pastinya kamu akan merasakan keindahan dan kesejukan ketika berada di Curug Sadim.

Berikut ulasan lengkap mengenai Curug Sadim, check this out!

Perjalanan Menuju Curug Sadim

Untuk menuju Curug Sadim kamu akan melalui jalan yang cukup berliku khas daerah pegunungan. Selain itu jalannya pun tak terlalu lebar, jadi kamu harus berhati-hati dan waspada.

Ketika sudah menemukan loket masuk, perjalanan akan dilanjutkan dengan melewati area perkebunan teh. Dengan kondisi jalan yang masih berupa tanah dan batuan, namun masih aman untuk dilalui.

Jalan Menuju Curug Sadim
Jalur Menuju Curug Sadim. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pemandangan yang tersaji sangat indah sekali, hamparan kebun teh yang luas dihiasi dengan gunung yang indah serta udara yang sejuk akan kamu rasakan.

Jalur yang dilalui cukup berkelok-kelok, jalannya pun tak terlalu lebar. Namun masih bisa dilalui oleh kendaraan mobil. Sekitar 300 meter jarak antar lokasi tiket masuk hingga menuju area parkir.

Saat hendak memasuki area parkir jalanan agak sedikit menurun dan cukup licin, berhati-hatilah ketika melajukan kendaraan. Setelah memakirkan kendaraan, untuk menuju Curug Sadim kamu harus melanjutkannya dengan berjalan kaki.

Keindahan Alam Curug Sadim
Keindahan Alam Curug Sadim. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Dari lokasi parkir menuju area Curug Sadim tidak terlalu jauh, kamu hanya perlu berjalan beberapa meter saja dengan sejuknya udara karena pepohonan yang rindang selalu menaungimu.

Pesona Keindahan Curug Sadim

Kata “Sadim” disematkan pada curug ini katanya berasal dari kata “Satu Dim” yang artinya satu meter, entah apa yang mendasari penyematan kata tersebut.

Entah mungkin karena jaraknya yang mudah dijangkau atau mungkin karena tingginya yang tak terlalu. Mengingat ketinggian Curug Sadim hanya 40 meter saja.

Curug Sadim
Curug Sadim. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi curugnya berada diantara tebing yang dikelilingi pepohonan yang rindang, kamu pun dapat mnemukan bunga terompet yang sangat cantik.

Airnya mengalir dengan jernih dan bersih mengalir merambat melalui tebing batu yang menyangganya, alirannya pun tidak terlalu deras namun menyejukkan.

Ragam Wisata Di Curug Sadim

Ragam wisata yang dapat kamu lekukan ketika sedang berada di Curug Sadim diantaranya:

1. Menikmati Keindahan Alam

Sepanjang perjalanan menuju Curug Sadim kamu sudah disuguhkan dengan hamparan kebun teh yang menghijau, kadang dihiasi kabut yang menggelayut alam.

Keindahan alam disekeliling Curug Sadim sangat menenangkan dan menyejukkan. Udara sejuk pun akan kamu rasakan karena lokasinya yang masih dipenuhi pepohonan.

Kesejukan Alam
Kesejukan Alam. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasinya pas banget untuk kamu yang ingin menenangkan diri, dan menghempaskan semua penat dalam diri. Suara deburan airnya mampu menenangkan jiwa dan raga.

2. Bermain Air

Kolam alami tempat penampungan Curug Sadim tak terlalu besar juga tidak terlalu dalam. Sehingga untuk berenang atau mandi tidak bisa dilakukan.

Kamu hanya bisa bermain-main air disekitar kolam atau disekitar aliran Curug Sadim. Airnya sangat bersih sehingga kamu dapat melihat ke dasar kolamnya.

Bermain Air Curug Sadim
Bermain Air Curug Sadim. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Merasakan segarnya air menyentuh kaki atau wajahmu, seakan membersihkan semua penat yang ada dalam diri. Sungguh menyegarkan sekali.

3. Camping

Banyak para pengunjung yang datang untuk mengadakan kegiatan camping. Untuk area camping di Curug Sadim terdapat dua lokasi, yakni area bawah dan area atas.

Untuk area bawah lokasinya tak jauh dengan area parkir, biasanya digunakan oleh pengunjung yang membawa serta anak-anak.

Camping Bersama Keluarga
Camping Bersama Keluarga. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sedangkan area atas tempatnya lebih luas, biasanya digunakan oleh komunitas atau organisasi yang akan melakukan kegiatan outbound.

Menikmati keindahan alam di malam hari dengan udara yang sangat sejuk, ditambah pemandangan alam yang menakjubkan serta suara deburan air yang mengalir. Merupakan pengalaman yang akan kamu dapatkan.

Untuk kamu yang tidak membawa peralatan camping, tenang kamu tinggal mendatangi tempat penyewaan alat-alat camping yang ada di Curug Sadim.

4. Hunting Foto

Ragam wisata yang satu ini ngga boleh kamu lewatkan, yakni hunting spot foto yang unyu untuk kamu posting di media sosial yang kamu miliki.

Keindahan Curug Sadim
Keindahan Curug Sadim. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Banyak spot foto dengan keindahan alam yang dapat kamu abadikan menjadi sebuah foto atau video, tentu saja jangan kamu lewatkan untuk mengabadikan indahnya Curug Sadim.

Lokasi Dan Alamat Curug Sadim

Lokasi Curug Sadim berada di kawasan Perkebunan Teh Nusantara VII Ciater.

Alamat lengkapnya terletak di Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Sadim

Rute menuju Curug Sadim jika kamu bergerak dari pusat kota Subang, kamu hanya akan menempuh waktu perjalanan sekitar 15 sampai 30 menit tergantung kondisi di jalan raya.

Jika kamu bergerak dari Bandung kamu harus menuju ke Ciater, kemudian lajukan kendaraanmu untuk menuju Desa Cicadas.

Setelah kamu menemukan lapangan sepak bola maju sebentar kemudian belok kiri, kemudian kamu akan menemukan sebuah gerbang yang menunjukkan lokasi wisata Curug Sadim.

Tiket Masuk dan Parkir Curug Sadim

Tiket masuk dan parkir Curug Sadim yakni:

  • Tiket masuk wisatawan lokal                           : Rp. 12.500,- per orang
  • Tiket masuk wisatawan mancanegara             : Rp. 40.000,- per orang
  • Parkir mobil                                                     : Rp. 5.000,- per unit

Jam Operasional Curug Sadim

Jam operasional Curug Sadim dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Kamu bisa datang kapan aja, karena akses penerangan sudah tersedia dengan baik.

Fasilitas Curug Sadim

Fasilitas yang tersedia di Curug Sadimsudah lengkap, hal tersebut ditandai dengan adanya:

  • Area parkir motor dan mobil
  • Listrik dan lampu penerangan
  • Kamar mandi
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Mushola
  • Area Camping

Tips Wisata

Tips wisata berikut semoga dapat menjadi bahan referensi untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Sadim, yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah tidak mendung apalagi sedang turun hujan.
  • Cek and ricek kendaraan yang akan kamu gunakan.
  • Jika hendak bercamping siapkan baju hangat dan obat-obatan yang biasa digunakan.
  • Jaga dan awasi anak-anak ketika sedang bermain air.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Sadim.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri atau orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan momen yang tercipta di Curug Sadim.

Penutup

Mengenalkan anak akan alam disekitarnya merupakan sebuah pelajaran yang sangat berharga. Biarkan mereka mengenal Tuhan dengan cara seperti itu.

Keindahan alam merupakan bukti betapa baiknya Tuhan kepada kita, tugas kita adalah dengan menjaganya. Jika kita menjaga alam maka alam akan menjaga kita.

Curug Sadim harus kamu datangi bersama keluarga atau teman komunitas yang kamu miliki, jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika sedang berada di Curug Sadim!


Leave a Comment