Curug Mandala Panaruban Subang, Lokasi, Tiket, Dan Sensasi Dua Curug Yang Indah

Setelah mengunjungi Curug Sadim, ada lagi satu tempat wisata air yang dapat menjadi pilihan liburan kamu ketika berada di Ciater, Subang. Yakni dengan mengunjungi Curug Mandala Panaruban.

Lokasi Curug Mandala sama seperti Curug Sadim yakni berada di kawasan Perkebunan Teh Nusantara VII Ciater, sehingga hamparan kebun teh menjadi view yang utama.

Curug Mandala Panaruban merupakan tempat wisata yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama alam. Berikut ulasan lengkap mengenai tersebut, check this out!

Perjalanan Menuju Curug Mandala Panaruban Subang

Untuk menuju Curug Mandala Subang kamu harus melalui jalan yang kurang bagus, kondisi jalannya masih berupa bebatuan yang akan membuat kamu sedikit bergoyang.

Kemudian kamu akan menyusuri jalan yang cukup sempit diantara lebatnya pepohonan, tak berselang lama sampailah kamu di area parkir Curug Mandala Panaruban.

Suasana alam yang masih asri diiringi suara serangga yang silih bersahutan akan menyambut kedatanganmu di Curug Mandala Panaruban.

Setelah memakirkan kendaraan yang kamu bawa, kamu harus melanjutkannya dengan berjalan kaki, dengan menyusuri jalur yang masih berupa tanah dan bebatuan.

Suasananya masih sangat alami, tumbuhan hijau menghiasai alam di sekitar curug. Hawa sejuk pun dapat kamu rasakan.

Lokasi Curug Mandala Panaruban
Lokasi Curug Mandala Panaruban. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tak perlu waktu lama, akhirnya tibalah kamu di area atas Curug Mandala Panaruban. Ya, Curug Mandala Panaruban ini mempunyai 2 tingkatan, yang pertama kali kamu lihat adalah tingkat pertama.

Pesona Keindahan Curug Mandala

Seperti yang sudah saya ulas sebelumnya bahwa Curug Mandala Panaruban Subang memiliki dua tingkatan, ada yang terletak di bagian atas serta di bagian bawah.

1. Curug Mandala Panaruban Bagian Atas

Curug Mandala bagian atas terdiri dari dua undakan, dengan aliran air yang tak terlalu tinggi. Curugnya didampingi oleh tebing batu yang cukup besar, serta dikelilingi pepohonan yang rimbun.

Curug Mandala Bagian Atas
Curug Mandala Bagian Atas. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Untuk mencapai undakan curug yang paling atas, kamu dapat menapaki tebing batu yang berada di sebelahnya. Berhati-hatilah ketika menaikinya karena licin.

Di masing-masing undakan terdapat kolam alami yang siap menampung aliran air Curug Mandala, meskipun tak terlalu besar namun kamu bisa melakukan kegiatan mandi disini.

Mandi Di Kolam Alami Curug Mandala
Mandi Di Kolam Alami Curug Mandala. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kedalaman kolam di undakan bagian atas lebih dalam dibandingkan yang lainnya, kolamnya berwarna hijau toska. Dibagian inilah pengunjung biasanya mandi, segar sekali menikmati air Curug Mandala ini.

2. Curug Mandala Panaruban Bagian Bawah

Untuk menuju Curug Mandala bagian bawah, kamu harus menyusuri jalanan yang menurun dan cukup terjal. Keadaan alamnya masih sangat alami, begitupun juga dengan curugnya.

Curugnya berada di antara pepohonan yang rindang, aliran airnya lebih tinggi dari Curug Mandala yang ada diatasnya. Aliran airnya cukup deras, kolam alami yang ada dibawahnya tidak terlalu besar.

Curug Mandala Bagian Bawah
Curug Mandala Bagian Bawah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Airnya jatuh merambat melalui tebing batu hitam yang terlihat seperti sebuah tangga, kolam alaminya setinggi kaki orang dewasa.

Kamu dapat bermain-main air disini, merasakan kesegaran airnya ditemani suasana alam yang sungguh sangat asri serta diiringi deburan air yang menenangkan.

Ragam wisata Di Curug Mandala Panaruban

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Mandala Panaruban, diantaranya:

1. Menikmati Keindahan Dua Curug

Inilah yang namanya sambil menyelam minum air, berniat untuk menikmati sebuah curug kamu ternyata akan menikmati dua buah curug dengan karakteristik yang berbeda dalam satu tempat.

Menikmati Keindahan Alam
Menikmati Keindahan Alam. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Keindahan alam yang tersaji di Curug Mandala ini masih sangat alami, udara yang kamu rasakan pun masih segar bebas dari yang namanya polusi.

Masih rindangnya pepohonan di sekitar curug membuatnya semakin menakjubkan, suasana yang seperti ini pasti membuatmu betah untuk berlama-lama berada di Curug Mandala.

2. Berenang Atau Mandi

Mandi atau menceburkan diri kedalam air dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Mandala bagian atas, karena kedalaman kolamnya lebih dalam jika dibandingkan dengan yang lain.

Menikmati Segarnya Air
Menikmati Segarnya Air. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

3. Bermain Air

Bermain air curug harus kamu lakukan ketika berada di tempat wisata air seperti ini, dengan begitu kamu dapat merasakan kesegaran air yang mengalir. Airnya sangat jernih dan bersih, mengalir terus menuju aliran sungai yang ada di bawahnya.

Bermain Air Curug
Bermain Air Curug. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ragam wisata bermain air ini dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Mandala bagian atas maupun yang ada di bawah.

4. Camping

Di Curug Mandala Panaruban terdapat beberapa tempat yang cocok untuk mendirikan tenda, menikmati keindahan alam sepanjang malam dengan ditemani iringan suara alam yang khas.

Melihat indahnya bintang dimalam hari, merasakan sejuknya udara yang menyelimuti diri, serta keadaan pagi hari yang indah akan kamu dapati ketika camping di Curug Mandala Panaruban Subang.

5. Hunting Foto

Ragam wisata lain yang ngga boleh ketinggalan ialah hunting spot foto yang instagramable untuk kamu posting di sosial media yang kamu miliki. Biarkan orang lain ikut menikmati Curug Mandala Panaruban, Subang.

Mengabadikan Keindahan Curug
Mengabadikan Keindahan Curug. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sejarah Penamaan Curug Mandala Panaruban

Pada zaman dahulu kala ada seorang yang bernama Patih Mandala, beliau merupakan patih yang berasal dari sebuah kerajaan di Tanah Pasundan.

Beliau sering bertapa di lokasi curug, namun kemudian suatu hari beliau menghilang tanpa meninggalkan jejak sama sekali.

Menurut cerita yang berkembang bahwa Patih Mandala melakukan “Moska” yang berasal dari bahasa sanskerta yakni sebuah konsep yang berasal dari agama Hindu dan Budha. Yang artinya meninggal dunia tanpa meninggalkan jasad.

Sedangkan kata Panaruban, karena lokasi curugnya yang berada di Kampung Panaruban. Jadilah curug ini bernama Curug Mandala Panaruban.

Lokasi Dan Alamat Curug Mandala Panaruban

Lokasi Curug Mandala Panaruban masih satu lokasi dengan Curug Sadim yakni berada di Kawasan Perkebunan Teh Nusantara VII Ciater.

Alamat lengkapnya terletak di Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Mandala Panaruban

Rute menuju Curug Mandala Panaruban ini sama seperti hendak menuju ke tempat Pemandian Air panas Ciater, namun bedanya sebelum tugu pemandian tersebut kamu harus mengarahkan kendaraanmu ke kiri.

Setelah itu kamu tinggal mengikuti petunjuk arah yang akan menuntunmu menuju Curug Mandala. Akses menuju curugnya hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja.

Tiket Masuk Curug Mandala Panaruban

Tiket masuk menuju Curug Mandala Panaruban ini sangat murah sekali, untuk menikmati kedua curug yang ada kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000,- per orang.

Jam Operasional Curug Mandala Panaruban

Jam operasional Curug Mandala Panaruban Subang dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Fasilitas Yang Tersedia

Fasilitas yang tersedia di area Curug Mandala Panaruban terdiri dari:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Toilet
  • Warung makanan dan minuman
  • Gazebo atau saung sederhana
  • Mushola
  • Area camping

Tips Wisata

Berikut tips wisata yang saya bagikan untuk kamu yang hendak menuju Curug Mandala Panaruban, yakni:

  • Perhatikan kondisi cuaca ketika hendak berangkat.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk menyusuri jalan yang masih berupa tanah.
  • Bawalah baju ganti atau peralatan lainnya jika berniat untuk mandi.
  • Berhati-hatilah ketika menapaki tebing batu dan waktu menyusuri jalan menuju Curug Mandala bagian bawah.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Mandala Panaruban.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Mandala Panaruban.

Penutup

Menikmati keindahan alam memang selalu mengasyikan, keadaan alamnya selalu membuat hati menjadi tenang dan nyaman.

Apalagi kamu akan dapat menikmati dua buah curug sekaligus, seperti promo belanja yang saat ini banyak digaungkan yakni “buy one get one”.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Mandala Panaruban, Subang, ya!


Leave a Comment