Curug Koleangkak di Subang, Keindahan Curug Biru Yang Tiada Duanya

Subang, Jawa Barat selalu semakin dilirik oleh para wisatawan yang datang dari berbagai penjuru. Keindahan dan kealamian alamnya menjadi daya tarik tersendiri.

Disamping itu lokasinya yang tak jauh dari Bandung, membuat Subang menjadi alternatif wisata lainnya. Selain Pemandian Air panas Ciater, ternyata Subang juga memiliki wisata air terjun atau curug yang tak kalah indahnya.

Salah satunya ialah Curug Koleangkak atau bisa juga disebut Curug Biru. Lokasinya yang tak jauh dari jalan raya dan akses menuju lokasinyapun searah dengan Pemandian Air Panas Ciater, sehingga membuat Curug Koleangkak selalu ramai dikunjungi terutama jika weekend tiba.

Berikut ulasan lebih jauh mengenai Curug Koleangkak atau Curug Biru, check this out!

Pesona Keindahan Curug Koleangkak

Curug Koleangkak atau disebut juga dengan Curug Biru. Mengapa? Karena air kolamnya akan berwarna biru jika tidak ada yang menggunakan. Curug Koleangkak memiliki tinggi sekitar 6 meter saja, serta curahan airnya tidak terlalu besar.

Birunya Kolam Curug Koleangkak
Birunya Kolam Curug Koleangkak. Sumber: www.kotasubang.com

Birunya kolam masih belum dapat dipastikan karena apa, hal yang paling memungkinkan ialah karena berasal dari bebatuan yang menyusun dasar kolam yang tampak berwarna putih seperti batuan kapur.

Fenomena seperti ini dapat kita temui di pulau Bintan, dimana danau-danaunya berwarna biru karena tercipta dari lubang bekas galian tambang yang banyak batuan kapurnya.

Hal serupa juga ada di sekitar Kota Buton, Inggris dimana terdapat sebuah danau yang dikelilingi oleh batuan kapur yang juga memiliki warna biru toska. Oleh sebab itu danau tersebut dinamakan Blue Lagoon.

Air yang mengalir sangat bersih dan jernih, mengalir disebuah tebing kapur yang tak terlalu tinggi serta diantara pepohonan yang cukup rindang. Udara sejuk akan kamu rasakan saat menginjakkan kaki disini.

Landscape Curug Koleangkak
Landscape Curug Koleangkak. Sumber: sanjayatour.com

Disamping itu untuk sampai menikmati kesegaran air Curug Koleangkak ini, kamu tidak perlu melakukan trekking yang panjang dan menghabiskan tenaga yang kamu punya.

Jarak dari tiket masuk menuju area Curug Koleangkak hanya 50 meter saja, dan kamu hanya perlu menuruni jalan yang masih beralaskan tanah dan bebatuan. Untuk kamu yang membawa anak-anak harap jaga dan awasi ya, karena jalurnya lumayan curam.

Sepanjang menuruni jalan kamu sudah dapat mendengarkan suara air terjunnya, popohonan yang rindang akan selalu datang menyambutmu.

Ragam wisata Curug Koleangkak

Banyak hal yang dapat kamu lakukan saat berada di area Curug Koleangkak, diantaranya yakni:

1. Berenang

Kegiatan berenang merupakan kegiatan wisata yang wajib dilakukan saat berada di tempat wisata air seperti ini. Menikmati kesegaran air yang mengalir, seakan dapat menghilangkan rasa penat yang ada dalam diri.

Berenang di Kolam Curug Koleangkak
Berenang di Kolam Curug Koleangkak. Sumber: desanagraksubang.wordpress.com

Kolam penampungan air Curug Koleangkak memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Kedalamannya ada yang sekitar 1 sampai 2 meter.

Bersantai Bersama Birunya Kolam
Bersantai Bersama Birunya Kolam. Sumber: gramho.com

Selalu jaga dan awasi anak-anak ketika berenang ya, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Bermain air

Kegiatan lain yang dapat kamu lakukan ialah melakukan perosotan dialiran air yang menurun diantara kolam satu dengan yang lainnya. Bermain-main air sembari menikmati keindahan alam yang tersaji di area Curug Koleangkak.

Menikmati Kesegaran Curug Koleangkak
Menikmati Kesegaran Curug Koleangkak. Sumber: www.mediajabar.com

3. Camping

Untuk kamu para pecinta camping, kamu bisa melakukan kegiatan tersebut di area Curug Koleangkak. Pengelola setempat menyediakan area camping untuk kamu yang ingin bermalam didalam sebuah tenda.

4. Berfoto ria

Mencari spot foto merupakan hal wajib ketika kamu mengunjungi sebuah lokasi yang ciamik seperti ini. Keindahan alam selalu menjadi spot foto primadona, keindahan alamnya membuat hasil jepretan kamera menjadi lebih baik.

Berfoto Bersama Birunya Kolam
Berfoto Bersama Birunya Kolam. Sumber: mrnugraha28.blogspot.com

Di tengah kolam terdapat sebuah jembatan dari bambu yang biasa dijadikan spot foto oleh para pengunjung selain keindahan Curug Koleangkak itu sendiri.

Spot Foto Terbaik
Spot Foto Terbaik. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Curug Koleangkak

Lokasi Curug Koleangkak tidak jauh dari Pemandian Air Panas Sari Ater, yakni sekitar 2km.

Alamat lengkapnya ialah berada di Kp. Nengeng RT 11 RW 05 Desa Nagrak Kecamatan Ciater Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Koleangkak

Rute untuk menuju Curug Koleangkak jika kamu berangkat dari arah Bandung yakni dari Kota Bandung kamu arahkan kendaraanmu menuju Lembang setelah itu kamu akan menyusuri Jalan Raya Tangkuban Perahu sampailah kamu di Sariater.

Dari lokasi Pemandian Air Panas Sariater kamu akan menempuh jarak sekitar 2 km untuk sampai menuju Curug Koleangkak. Lokasi Curug Koleangkak berada di sebelah kanan, dan diantara perkampungan penduduk.

Jalurnya bisa dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua, namun begitu jalannya tidak terlalu lebar. Jadi kamu harus lajukan kendaraanmu dengan hati-hati.

Tiket Masuk Curug Koleangkak

Untuk dapat menikmati keindahan dan kesejukan Curug Koleangkak kamu hanya harus membayar tiket sebesar Rp. 10.000,- saja per orangnya.

Jam Operasional Curug Koleangkak

Jam operasional Curug Koleangkak setiap hari Jumat tutup dan untuk hari Sabtu dibuka selama 24 jam. Sedangkan setiap hari Minggu sampai dengan hari Kamis dibuka mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 wib.

Fasilitas Curug Koleangkak

Fasilitas yang tersedia di Curug Koleangkak terbilang sudah lengkap, dengan adanya beberapa fasilitas standar seperti:

  • Area parkir motor dan mobil
  • Gazebo atau saung-saung sederhana
  • Warung-warung makanan
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Area Camping

Penginapan di Area Curug Koleangkak

Untuk kamu yang ingin menginap di lokasi yang tak jauh dari Curug Koleangkak, kamu ngga perlu khawatir. Karena di lokasi ini terdapat sebuah villa yang bernama Villa Pelangi.

Villa tersebut lokasinya tak jauh dari Curug Koleangkak, sekitar 20 meter jaraknya. Serta dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap. Terdapat jalan menuju Villa dari dalam area Curug Koleangkak.

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Koleangkak, yakni:

  • Selalu pastikan kondisi cuaca sedang cerah ya, jangan sampai kamu pergi saat hujan turun. Disamping jalanan menurunnya akan menjdi licin kamu pun tidak akan bisa menikmati keindahan Curug lebih lama.
  • Selalu jaga dan pantau anak-anak ketika menuruni jalan setapak dan pada saat bermain air.
  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti atau peralatan lainnya.
  • Untuk kamu yang akan melakukan kegiatan camping, jangan lupa untuk membawa baju hangat.
  • Jika kamu lupa tidak membawa baju ganti, jangan khawatir karena di area Curug Koleangkak banyak yang berjualan pakaian atau celana.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian lokasi Curug Koleangkak.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk menyimpan momen indah saat berada di Curug Koleangkak.

Penutup

Subang memang memiliki alam yang indah dan masih sangat alami, setelah atau sebelum dari Pemandian Air panas Ciater kunjungilah Curug Koleangkak yang merupakan Curug Biru satu-satunya di Subang.

Kolam penampungan airnya akan berwarna biru jika tidak ada yang menggunakan, ditemani udara yang sangat sejuk serta pemandangan yang indah.

Sungguh tempat yang tepat untuk mengajak serta seluruh anggota keluarga menikmati keindahan alam yang diberikan Tuhan. Jangan lupa siapkan foto terbaikmu saat berada di Curug Koleangkak, ya!

Baca juga:

Leave a Comment