11 Tempat Wisata di Blitar yang Hits dan Instagrammable

| | ,

Saat ini rasa-rasanya hampir semua tempat wisata disulap penuh rupa dan warna agar tampak kekinian dan mampu menarik minat para wisatawan. Tak terkecuali dengan tempat wisata di Blitar. Kota berjuluk kota Proklamator ini pun juga punya banyak destinasi wisata kekinian yang tak kalah seru untuk dijelajahi. Tak sekedar seru saja tempat-tempat tersebut juga kece dan instagramable.

Simak ulasan singkatnya berikut ini agar makin tahu serunya Kota Blitar.

1.  Wisata Alam Gumuk Sapu Angin

Gumuk Sapu Angin
Wisata Alam Gumuk Sapu Angin. Image via: Berkeliling.com

Berlokasi di Desa Resapombo, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar, destinasi wisata kekinian yang satu ini menyajikan pemandangan bukit yang mempesona dengan udaranya yang begitu sejuk. Di Gumuk Sapu Angin terdapat gardu pandang yang kerap jadi spot selfie para pengunjung.

Tak sekedar berfoto selfie dengan latar pemandangan alam nan memukau. Dari tempat ini Anda juga dapat menikmati kemegahan Gunung Kelud serta Gunung Kawi.

Informasi:

  • Nama: Gumuk Sapu Angin
  • Alamat: Desa Resapombo, Doko, Blitar – Jawa Timur
  • Harga tiket: Rp 5.000,- (weekday), Rp 10.000,- (weekend)

Baca juga: daftar tempat wisata di Lombok

dago dream park
dago dream park

2. Bukit Teletubbies

bukit teletubies
Bukit Teletubbies. Image via: www.instagram.com/dharygraph/

Tempat wisata di Blitar selanjutnya ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Dikenal dengan nama Bukit Teletubbies, destinasi wisata yang satu ini sekilas mengingatkan kita akan sebuah serial anak-anak yang populer di awal tahun2000an. Suguhan perbukitan hijau nan mempesona yang bisa dinikmati dari gardu pandang seolah memberikan rasa tenang dan damai sejenak lepas dari beban pikiran.

Selain menikmati panorama alam dari gardu pandang, di tempat ini Anda juga bisa berburu foto selfi di spot-spot kece dan instagramable yang telah disediakan oleh pengelola, seperti spot foto yang mirip seperti balon udara misalnya. Selain itu Anda juga bisa menjelajahi kawasan di sekitar bukit dengan mengendarai ATV atau berayun di atas hammock, pasti seru sekali!

Informasi:

  • Nama: Bukit Teletubbies
  • Alamat: Kampung Anyar, Sumberasri, Nglegok, Blitar – Jawa Timur
  • Jam buka: 08.00-18.00 WIB
  • Harga tiket: Gratis (setiap wahana bayar terpisah)

3. Air Terjun Jurug Bening

air terjun jurug bening
Air Terjun Jurug Bening. Image via: kacamatawisata.blogspot.com

Ada yang unik dengan tempat wisata di Blitar yang satu ini karena letaknya yang tak biasa berada lebih rendah dari dataran di sekitarnya yang merupakan area persawahan. Untuk mencapai lokasi air terjun, Anda harus melewati jalanan di tengah area persawahan lalu menuruni bukit yang lumayan terjal dengan jalan yang sedikit sempit dan juga licin. Karenanya selalu hati-hati dan waspada saat ingin menjelajahi keindahan tempat wisata di Blitar yang satu ini.

Meski butuh usaha lebih, namun semuanya akan terbayar lunas setelah Anda  sampai di kawasan air terjun tersebut. Suguhan air terjun dengan arus airnya yang deras serta berundak ditambah dinding batunya yang seolah terpahat begitu mempesona.

Informasi:

  • Nama: Air Terjun Jurug Bening
  • Alamat: Dusun Sumberdadi, Desa Purworejo, Wates, Blitar – Jawa Timur
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

Simak juga: daftar tempat wisata di Pekanbaru

4. Air Terjun Tirto Galuh

air terjun tirto galuh
Air Terjun Tirto Galuh. Image via: dakatour.com

Mengalir dari satu aliran sungai namun Air Terjun Tirto Galih ini memiliki banyak titik air terjun yang memukau. Dan disitulah letak keunikan yang dimiliki tempat wisata di Blitar yang satu ini. Tempatnya yang masih sangat alami dengan suasana alam yang asri membuatnya jadi tujuan para pelancong menghabiskan waktu untuk sejenak lari dari kesibukan.

Banyak spot menarik yang bisa Anda coba untuk menikmati pengalaman seru mengeksplor Air Terjun Tirto Galuh. Salah satunya wahana seru flying fox yang berada persis di sebelah air terjun. Meskipun begitu, Anda tetap harus waspada dan berhati-hati agar waktu liburan tetap menyenangkan.


Informasi:

  • Nama: Air Terjun Tirto Galuh
  • Alamat: Desa Sidomulyo, Bakung, Blitar – Jawa Timur
  • Parkir: Rp 2.000,-

5. Pantai Umbul Waru

pantai umbul waru
Pantai Umbul Waru. Image via: instagram.com/hilmi_mpel

Pernah meliat air terjun yang jatuh langsung ke laut lepas? Jika belum maka Anda harus mengunjungi tempat wisata di Blitar yang satu ini, namanya Pantai Umbul Waru. Tak hanya memandangi pesonanya dari kejauhan, Anda pun juga bisa menikmati indah dan megahnya air terjun tepi laut ini secara lebih dekat.

Letaknya yang tersembunyi dan dengan fasilitas yang minim, tak heran jika tempat ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Dan hanya para traveler sejati yang akan dengan senang hati menjelajahinya, karena berada di sini seolah berada di pantai pribadi yang eksklusif. So excited!

Informasi:

  • Nama: Pantai Umbul Waru
  • Alamat: Desa Sidomulyo, Bakung, Blitar – Jawa Timur
  • Parkir: Rp 5.000,-

Lihat juga: review tempat wisata di Majalengka

6. Oemah Djadoel

Oemah Jadoel
Oemah Djadoel. Image via: www.mesikapw.com

Tak selamanya hal-hal yang jadul itu membosankan, lho! Seperti Oemah Djadul misalnya. Ada banyak hal jadul tapi menarik dan juga antic yang bisa Anda temukan di sini.

Mulai dari barang-barang dengan ornamen khas Tionghoa, benda-benda yang identik dengan mantan presiden RI Soekarno serta banyak barang antik yang lain. Dan menjelajahi tempat wisata di Blitar ini seolah-olah Anda akan dibawa ke masa lampau dengan hanya melihat koleksi barang antiknya.

Informasi:

  • Nama: Oemah Djadul
  • Alamat: Jl.Borobudur 101, Desa Bendogerit, Kota Blitar – Jawa Timur
  • Jam buka: 08.00-17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 10.000,-

7. Kampung Cokelat

kampung coklat
Kampung Cokelat. Image via: travelingyuk.com

Anda pencinta cokelat? Jika iya, maka tempat wisata di Blitar yang selanjutnya ini wajib Anda kunjungi. Tak hanya mencicipi rasanya yang lezat, di Kampung Cokelat Anda akan diajak untuk mengenal dan belajar tentang cokleat secara lebih dekat. Mulai dari pembibitan, penanaman, pemeliharaan hingga mengolah kakao menjadi olahan cokelat yang lezat bisa Anda ikuti di sini.

Selain itu juga banyak wahana permainan seru yang disediakan untuk pengunjung, seperti perahu air juga play ground seru untuk anak-anak. Tak ketinggalan Anda juga bisa mengikuti kelas memasak berbahan dasar cokelat juga , lho! Tentu untuk penggemar cokelat, destinasi ini sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Informasi:

  • Nama: Kampung Cokelat
  • Alamat: Desa Plosorejo, RT. 01 / 06, Jl. Banteng – Blorok No. 18, Kademangan, Blitar – Jawa Timur
  • Jam buka: 08.00-19.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

Simak juga: review tempat wisata di Magelang

8. Goa Luweng

goa luweng
Goa Luweng. Image via: www.instagram.com/sinyoureh/

Selanjutnya ada Gua Luweng yang memiliki pesona tak kalah memukau dan wajib sekali untuk dijelajahi, terutama untuk Anda traveler sejati. Bila di Gunung Kidul ada Gua Jomblang dengan “cahaya surganya”, maka Goa Luweng Blitar ini punya “air surga” yang turun dan bercucuran dari atas. Dengan sedikit pantulan cahaya yang masuk melalui lubang tersebut, membuat suasana gua terasa begitu syahdu dan mistis namun tetap memukau disaat yang sama.

Akses untuk menjangkau gua ini terbilang cukup mudah, terdapat dua “pintu” untuk memsuki area gua. Yang pertama melalui jalan masuknya air, sehingga terlihat seperti air terjun di dalam gua. Dan yang kedua melalui jalan keluar air. Jika Anda mengikuti aliran air sungai, maka Anda akan menemukan Jurug Taman yang mempesona.

Informasi:

  • Nama: Goa Luweng
  • Alamat: Dusun Prodo, Desa Ngrejo, Bakung, Blitar – Jawa Timur
  • Parkir: Rp 2.000,-

9. Pantai Peh Pulo

pantai peh pulo
Pantai Peh Pulo. Image via: www.maringetrip.com

Pernah melihat secara langsung indahnya Raja Ampat di Papua? Jangan terlalu bersedih jika belum, sebab tempat wisata di Blitar ini memiliki pesona yang hampir mirip dengan Raja Ampat yang bisa sedikit menjadi pelipur.

Tempat ini ialah Pantai Peh Pulo yang di dekatnya terdapat gugusan pulau karang kecil yang terlihat seolah seperti Raja Ampat dari kejauhan. Tak heran jika pantai ini dijuluki Raja Ampat Mini dari Blitar. Tak hanya itu, pantai Peh Pulo juga memiliki hamparan pasir putih nan cantik dengan ombak besar khas pesisir selatan.

Informasi:

  • Nama: Pantai Peh Pulo
  • Alamat: Desa Sumbersih, Panggungrejo, Blitar – Jawa Timur

Lihat juga: daftar tempat wisata di Malang

10. Desa Wisata Semen

Desa_wisata_semen
Desa Wisata Semen. Image via: sumber.com

Ingin mengenal kehidupan warga desa di Blitar? Maka Desa Wisata Semen wajib masuk dalam daftar yang harus Anda kunjungi di Blitar. Tak hanya dapat merasakan kearifan local penduduk Blitar, tetapi Anda juga akan disuguhi alam lereng Gunung Kelud yang mempesona.

Tempat wisata di Blitar ini tak hanya menyuguhkan aktifitas khas orang desa tetapi juga mengajak Anda lebih menghargai kearifan lokal serta mengenalnya lebih dekat. Selain itu banyak aktivitas seru yang lain yang bisa Anda coba, seperti outbond dengan latar alam yang mempesona.

Informasi:

  • Nama: Desa Wisata Semen
  • Alamat: Desa Semen, Gandusari, Blitar – Jawa Timur

11. Pantai Pangi

rute ke pantai pangi
via https://www.instagram.com/rizqi9708/

Salah satu pantai yang sudah cukup terkenal adalah Pantai Pangi. Pantai ini memiliki panorama unik berupa teluk kecil, dengan dinding karang di kir dan kanan. Keunikannya memberikan Pantai Pangi suasana yang berbeda dengan pantai lainnya.

Simak reviewnya di artikel Pantai Pangi.

Menyenangkan sekali bukan menjelajahi setiap sudut kota Blitar? Ada begitu banyak destinasi seru dan menawarkan pesona menarik sekaligus menantang adrenalin yang sangat sayang jika dilewatkan ketika berada di Blitar. Yuk jelajahi dan nikmati keseruan ragam tempat wisata di Blitar!

11 Tempat Wisata di Blitar yang Hits dan Instagrammable
4.5 (90%) 6 vote[s]

Spread the love
  • 94
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    94
    Shares
Previous

Pantai Suwuk, Destinasi Wisata Yang Wajib di Kebumen

12 Tempat Wisata di Subang Yang Alami dan Indah

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment