6 Tempat Wisata Di Blitar, Dari Wisata Keluarga, Hingga Wisata Sejarah

|

Tempat wisata di Blitar mencakup objek wisata yang ada di Kabupaten Blitar, dan Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur. Kota Blitar, maupun Kabupaten Blitar, sama – sama menawarkan pesona alam di Kaki Gunung Kelud.

Sebetulnya, bukan hanya Kota, dan Kabupaten Blitar saja yang ada di kaki Gunung Kelud tersebut. Kabupaten Kediri, dan Kabupaten Malang, juga berada di kaki Gunung Kelud.

Wajar saja, jika pada akhirnya tempat wisata di Blitar didominasi oleh wisata alam yang instagramable. Selain itu, terdapat wisata sejarah di Blitar yang wajib anda kunjungi, yang nanti akan penulis bahas di poin selanjutnya.

gong perdamaian blitar
gong perdamaian blitar. google maps. sumber: Made Panter

Simak juga: daftar tempat wisata di Pekanbaru

Adapun terkait update tempat wisata di Blitar terbaru, khususnya terkait jam operasional buka, dan tutupnya sebuah tempat wisata, sangat tergantung dengan level zonasi di masa PPKM, termasuk di Blitar.

Sekalipun tempat wisata di Blitar sudah buka, seperti halnya tempat wisata yang lainnya diwajibkan menerapkan prokes, pembatasan jumlah kunjung, dan pembatasan jam operasionalnya.

Dan inilah info lengkap tempat wisata di Blitar, yang sudah kami siapkan untuk anda. Sebagai referensi awal menentukan tempat wisata saat akhir pekan, maupun saat libur.

6 Tempat Wisata Di Blitar

1. Waterpark Sumber Udel

waterpark sumber udel
waterpark sumber udel. google maps. sumber: meta mifdat

Baca juga: daftar tempat wisata di Lombok

Tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang nyaman, dan sangat populer, ada di Waterpark Sumber Udel. Sebuah kolam renang yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang memanjakan para wisatawan.

Bahkan, di Waterpark Sumber Udel terdapat spot selfie yang kekinian, dan dengan latar tema 3D. Selain itu, Waterpark Sumber Udel juga dilengkapi dengan spot kuliner.

  • Lokasi Waterpark Sumber Udel secara administratif terletak di Kota Blitar.
  • Alamat Waterpark Sumber Udel berada di Jl. Kalibrantas, No.31, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Waterpark Sumber Udel Rp. 15.000 per orang (Weekend)

2. Coban Wilis

air terjun coban wilis
air terjun coban wilis. google maps. sumber: Rofii Muhammad

simak juga: coban wilis

Tempat wisata di Blitar selajutnya adalah Coban Wilis. Sebuah air terjun yang sangat terkenal di hulu Sungai Semut. Saat ini, kondisi rute menuju lokasi utama Coban Wilis sangat berbeda dengan kondisi sebelum erupsi Gunung Kelud tahun 2014.

Coban Wilis sangat cocok bagi mereka yang sangat suka dengan dunia petualangan, ataupun penjelajahan. Trekking menuju Coban Wilis sangat menantang, melalui aliran sungai dangkal. Tetapi, sangat dilarang untuk berkunjung di saat musim hujan.

Di ujung kali tersebut, akhirnya akan menemukan sebuah jalan buntu, yang dihalangi oleh benteng batu yang sangat tinggi. Dan disitulah Coban Wilis berada.

Coban Wilis memiliki ketinggian 100 meter, airnya turun melalui benteng batu, langsung menuju kolam. Air yang turun tidak deras, dan kolamnyapun tidak dalam.

  • Lokasi Coban Wilis terletak di hulu Kali Semut.
  • Alamat Coban Wilis berda di Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Coban Wilis gratis.

3. Air Terjun Tirto Galuh

air terjun tirto galuh
air terjun tirto galuh. google maps. sumber: Salisa Nurfad

Lihat juga: review air terjun tirto galuh blitar

Tempat wisata di Blitar masih seputar tentang wisata alam, dan pesona air terjun, namanya Air Terjun Tirto Galuh. Di lokasi utama air terjun tersebut, terdapat lebih dari 1 air terjun.

Meskipun tidak tinggi, namun pesona air yang turun di antara bebatuan besar, menjadikan view yang sangat indah. Di sisi lain, terdapat semacam kolam penampungan air, dan air di Air Terjun Tirto Galuh berwarna kehijau-hijauan.

  • Lokasi dan alamat Air Terjun Tirto Galuh terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Air Terjun Tirto Galuh gratis.

4. Makam Bung Karno

makam bung karno
makam bung karno. google maps. sumber: Ar project13

Simak juga: review tempat wisata di Magelang

Wisata sejarah di Blitar yang wajib anda kunjungi adalah makam Presiden Republik Indonesia yang pertama, yaitu Presiden Soekarno.

Makam Bung Karno, juga sangat cocok dijadikan wisata keluarga yang edukatif. Bangunan di atas Makam Bung Karno memiliki arsitektur khas jawa.

  • Lokasi Makam Bung Karno terletak di Jalan Ir. Soekarno, No 152.
  • Alamat Makam Bung Karno berada di Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Makam Bung Karno Rp. 3.000.

5. Bukit Teletubies

bukit teletubies
bukit teletubies. google maps. sumber: Must Dedek Dedek

Lihat juga: daftar tempat wisata di Malang

Tempat wisata di Blitar untuk keluarga yang sangat direkomendasikan bernama Bukit Teletubies. Sejarah penamaannya dikarenakan panorama alam cantik yang ada di kawasan tersebut mirip dengan yang ada di film Teletubies.

Pada mulanya, tempat tersebut memiliki nama Tower Sumberasri. Dan seiring perkembangan, lebih populer dengan nama Bukit Teletubies.

Objek wisata tersebut fasilitasnya sudah sangat lengkap. Ditambah banyaknya spot selfie yang kekinian, dengan latar alam yang menawan.

  • Lokasi dan alamat Bukit Teletubies terletak di Sumberasri, Nglegok, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Bukit Teletubies Blitar Rp. 8.000 per orang.

6. Pantai Pangi

pantai pangi
pantai pangi. google maps. sumber: Demonic D. Ace

Simak reviewnya di artikel Pantai Pangi.

Wisata di Blitar memang komplit, hal ini dipertegas dengan keberadaan wisata alam pantainya. Pantai yang cukup populer di Blitar bernama Pantai Pangi.

Pantai Pangi adalah bagian dari pantai selatan yang memiliki karakteristik ombak yang sangat besar. Tetapi, bedanya dengan Pantai Pangi adalah terdapat dua karang yang berada di antara ke dua sisinya, secara tidak langsung menjadi pemecah ombak yang datang.

Pada akhirnya, ombak yang datang ke tepi pantai tidak menjadi besar. Selain itu, dua karang tersebut layaknya sebuah pintu gerbang menuju lautan lepas.

  • Lokasi dan alamat Pantai Pangi terletak di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Pantai Pangi Rp. 8.000 per orang.