12 Tempat Wisata di Lombok Yang Indah Banget

| | ,

Jika selama ini Anda hanya mengenal Lombok dengan Gunung Rinjani-nya atau  kepulauan Gili yang begitu punya panorama yang mempesona, maka Anda belum betul-betul menjelajahi tempat wisata di Lombok sepenuhnya. Sebab masih banyak destinasi memukau lainnya yang Lombok miliki, seperti pantai dengan pasir berwarna merah jambunya misalnya.

Penasaran seperti apa keindahan alam yang dimiliki pulau dengan luas hampir 4.800 km2 ini? Agar acara plesiran di Lombok makin menyenangkan, simak ulasan tempat wisata di Lombok berikut selengkapnya.

1. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman Sembalun
Taman Wisata Pusuk Sembalun. Image via: www.instagram.com/lalapo302/

Jika Anda berkeinginan melihat betapa megahnya panorama Gunung Rinjani yang dikelilingi awan dan kabut tak enggan mendaki, kenapa tak coba mampir ke Taman Wisata Pusuk Sembalun? Tempat wisata yang satu ini bisa jadi alternatif menarik untuk melihat kemegahan pemandangan gunung api  yang masih aktif tersebut dari ketinggian 1.250 meter tanpa harus menguras tenaga.

Di sepanjang jalan Anda akan menemukan pemandangan hutan tropis nan lebat, bukit-bukit, sawah hingga kebun strawberry yang begitu mempesona. Setelah sampai, Anda bisa segera melepas penat dengan beristirahat di gazebo yang telah disediakan sembari menatap pemandangan disekeliling yang memukau.

Informasi:

  • Nama: Taman Wisata Pusuk Sembalun
  • Alamat: Jl. Wisata Gn. Rinjani, Sembalun Bumbung, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

2. Pantai Setangi

Pantai Setangi
Pantai Setangi. Image via: www.instagram.com/alcasa_lombok/

Mungkin nama tempat wisata di Lombok yang satu ini belum sepopuler Pantai Kuta atau Pantai Senggigi, namun keindahan yang ditawarkan tak kalah mempesona. Pantai Setangi bisa ditempuh dengan jarak kurang lebih 24 km dari pusat kota Mataram.

dago dream park
dago dream park

Destinasi ini menawarkan keindahan pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih serta deretan pohon kelapa di bibir pantai sehingga menciptakan perpaduan yang begitu mempesona. Ombak di pantai ini pun cukup tenang sehingga cukup aman jika Anda ingin bermain-main di sekitar pantai.

Informasi:

  • Nama: Pantai Setangi
  • Alamat: Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

 3. Taman Narmada

Taman Narmada
Taman Narmada. Image via: www.instagram.com/tilytravels/

Tempat wisata di Lombok ini merupakan sebuah tempat pemujaan serta peristirahatan yang dibangun untuk raja sekitar tahun 1700. Letak taman ini berada persis di kaki Gunung Rinjani yang dibangun di atas lahan dengan luas hampir 3 hektar persegi. Di area taman ini terdapat pura sebagai tempat pemujaan, Bale Terang sebagai tempat peristirahatan para ratu.

Serta Telaga Ageng yang dulunya digunakan sebagai tempat pemandian raja, dan sekarang Anda pun bisa juga menikmatinya karena telah dibuka untuk umum. Selain itu ada juga Bale Petirtaan yang mata airnya bersumber dari Gunung Rinjani dan  konon airnya dipercaya dapat membuat wajah awet muda. Tak hanya itu, lokasinya pun memiliki pemandangan yang instagramable yang bisa jadi spot foto selfi yang keren.

Informasi:

  • Nama: Taman Narmada
  • Alamat: Jalan Raya Narmada, Lembuak, Narmada, Lembuak, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
  • Jam buka: 09.00 – 17.00 WITA
  • Harga tiket: Rp 6.000,-

Simak: info tempat wisata di Tangerang

4. Pink Beach Pantai Tangsi

Pink Beach Lombok
Pink Beach Pantai Tangsi. Image via: www.wisatadilombok.com

Jika biasanya pantai memiliki pasir berwarna putih atau hitam, maka lain dengan tempat wisata di Lombok yang satu ini karena memiliki pantai berpasir pink. Pantai Tangsi namanya, yang kini lebih dikenal dengan sebutan pantai pink.

Warna pink pada hamparan pasirnya merupakan pasir putih yang bercampur dengan pasir merah yang berasal dari pecahan cangkang hewan laut dan koral yang berwarna merah. Aksesnya yang kurang bagus serta fasilitas yang belum memadai membuat pantai ini belum banyak dikunjungi pelancong sehingga membuatnya seolah tersembunyi dibalik kecantikannya.

Informasi:


  • Nama: Pantai Tangsi atau Pink Beach
  • Alamat: Desa Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
  • Jam buka: 24 jam

5. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu
Air Terjun Benang Kelambu. Image via: backpackerjakarta.com

Air Terjun Benang Kelambu salah satu tempat wisata di Lombok yang menyuguhkan pesona air terjun yang cantik sekaligus unik yang mungkin tak akan Anda jumpai di tempat lain. Seperti namanya, air terjun ini tampak seperti kelambu atau tirai yang jatuh menjuntai. Sebab aliran air yang tidak langsung jatuh ke bawah melainkan jatuh diantara celah-celah tanaman yang merambat di dinding tebing.

Destinasi cantik nan memukau ini berada di kawasan perkebunan kopi dan coklat dengan akses jalan yang cukup menantang dan berliku. Namun dengan segala keindahan yang dimilikinya, semu akan terbayar lunas sesampainya Anda di sana.

Informasi:

  • Nama: Air Terjun Benang Kelambu
  • Alamat: Desa Aik Bukaq, Batukliang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Jam buka:-
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

Simak juga: review tempat wisata di Malang

6. Pura Batu Bolong

pura batu bolong
Pura Batu Bolong. Image via: superadventure.co.id

Berada di kawasan Senggigi Lombok Barat, Pura Batu Bolong menjadi satu destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi ketika plesiran ke Lombok. Sama halnya seperti namanya, keunikan tempat wisata di Lombok ini karena ada sebuah pura yang dibangun di atas batu karang yang berwarna hitam serta memiliki lubang.

Selain sakral karena masih dipergunakan sebagai tempat pemujaan oleh masyarakat sekitar, tempat ini juga memiliki pemandangan yang instagramable banget. Dengan latar Gunung Agung serta Selat Lombok yang memukau, tempat ini sangatlah cocok untuk berselfie ria. Terlebih saat matahari tenggelam, Anda akan makin terpukau dibuatnya.

Informasi:

  • Nama: Pura Batu Bolong
  • Alamat: Dusun Batubolong, Batulayar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket: Rp 20.000,-

7. Danau Segara Anak

Danau segara anak
Danau Segara Anak. Image via: www.triptrus.com

Masih berada di kawasan Gunung Rinjani, Danau Segara Anak juga menyuguhkan pesona alam yang begitu mengagumkan. Tak mengherankan jika banyak yang kemudian ingin kembali menikmati pesonanya lagi dan lagi. Berada di ketinggian 2.000 mdpl, membuat tempat wisata di Lombok ini begitu menantang untuk dijelajahi karena butuh usaha yang tidak mudah untuk bisa mencapainya.

Banyak keindahan yang bisa Anda nikmati di dekat danau yang disebut-sebut sebagai danau tertinggi di Indonesia ini. Misalnya ada sebuah gua alami dengan pemandangan yang memukau, yakni Gua Payung, Gua Susu, dan Gua Manik. Dan masih banyak hal menarik lainnya yang bisa Anda temui saat menjelajahi Danau Segara Anak.

Informasi:

  • Nama: Danau Segara Anak
  • Alamat: Gunung Rinjani, Desa Sembalun Lawang, Lombojk Utara – Nusa Tenggara Barat
  • Jam buka 24 jam

Baca juga: catatan Backpacker ke Lombok

8. Pantai Semeti

Pantai semeti
Pantai Semeti. Image via: www.instagram.com/lomboktrip__/

Jika Anda membayangkan tempat wisata di Lombok yang satu ini sama seperti pantai kebanyakan yang memiliki hamparan pasir putih yang cantik, maka Anda keliru. Sebab di Pantai Semeti Anda akan disuguhi pemandangan gugusan bebatuan karang dengan permukaannya yang runcing dan berlapis-lapis. Persis seperti di sebuah adegan film  yang berlatar planet luar angkasa.

Berada di pantai ini akan membuat Anda seolah sedang berada di planet lain, begitu menakjubkan sekaligus ekstrem dalam waktu bersamaan. Berlokasi di daerah Praya Barat, pantai ini dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 2,5 jam dari pusat kota Mataram. Jalur menuju pantai ini cukup terjal dan licin, sehingga Anda harus waspada dan berhati-hati.

Informasi:

  • Nama: Pantai Semeti
  • Alamat: Desa Mekarsari, Praya Barat, Lombok Tengah – Nusa Tenggar Barat
  • Jam buka: –
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

9. Pantai Tebing

Pantai Tebing
Pantai Tebing. Image via: www.instagram.com/ezytravel/

Tempat wisata di Lombok yang satu ini juga tak kalah mempesona dengan pantai cantik lainnya yang ada di Lombok. Jika biasanya wisata pantai selalu dikaitkan dengan hamparan pasirnya yang elok, maka Pantai Tebing ini punya keunikan tersendiri yang membuatnya makin eksotis dan mempesona. Sama seperti namanya, pantai ini dihiasi tebing yang tinggi menjulang laksana tembok raksasa.

Sepintas berada di pantai ini seolah tengah berada di ngarai Grand Canyon yang berada di Amerika, sungguh pemandangan luar biasa yang instagramable banget. Tebing yang memiliki tekstur berlekuk tidak rata seperti sebuah pahatan ini muncul dari fenomena alam erupsi Gunung Rinjani Tua di tahun 1257 silam. Saat menjelajahi destinasi seru ini, selalu hati-hati agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Informasi:

  • Nama: Pantai Tebing
  • Alamat: Dusun Luk, Sambiq Bangkol, Gangga, Lombok Utara – Nusa Tenggara Barat

10. Sumber Air Panas Aik Kalak

Air Panas Aik Kalak.
Sumber Air Panas Aik Kalak. Image via: www.kitamuda.id

Bila Anda berniat mendaki Gunung Rinjani maka jangan lupa singgah ke sumber air panas Aik Kalak. Letaknya yang tak terlalu jauh dari Danau Segara Anak, sehingga tak terlalu sulit untuk menjelajahi dan menikmati suasana hangat dari sumber air panas tersebut.

Kabarnya, air panas dari Aik Kalak ini memiliki khasiat sebagai penyembuh berbagai macam penyakit. Bahkan berendam di Aik Kalak dipercaya mampu membuat panca indera lebih tajam, membuat tubuh jadi lebih rileks hingga menjadikan wajah makin awet muda. Karenanya tempat ini jadi spot favorit para pendaki.

Informasi:

  • Nama: Aik Kalak
  • Alamat: Jl. Raya Senggigi Km 8, Lombok Barat – Nusa Tenggara Barat

11. Gili Trawangan

gili trawangan 1

Siapa yang ngga kenal tempat wisata ini? Gili Trawangan sudah dikenal oleh banyak wisatawan baik dalam ataupun luar negeri. Pulau kecil ini mudah di jangkau dari Bali ataupun Lombok. Dengan pesona keindahan yang memukau, wajar aja kalau banyak yang berminat untuk mengunjunginya.

Simak reviewnya di artikel Gili Trawangan

12. Pantai Senggigi

sunset
Sunset ber-latar Gunung Agung. Image via: www.merdeka.com/gaya/berburu-senja-romantis-di-pantai-senggigi-lombok.html

Jika anda berlibur ke Lombok, rasanya kurang pas kalau tidak mengunjungi Pantai Senggigi. Bisa dikatakan, pantai merupakan salah sati ikon wisata di Lombok. Di sini anda bisa menikmati pasir putih dengan laut biru yang indah, dan juga sunset dengan latar belakang Gunung Agung di Bali. Keren banget!

Simak selengkapnya di artikel Pantai Senggigi.

Menyenangkan bukan menjelajahi tempat wisata di Lombok? Jika biasanya Anda hanya pergi ke tempat-tempat yang biasa seperti Pantai Kuta atau Gili Trawangan, maka tak ada salahnya menjelajahi pesona lain yang tersembunyi di Lombok. Supaya penjelajahan Anda makin seru, jangan lupa ajak teman atau pasangan!

12 Tempat Wisata di Lombok Yang Indah Banget
4.6 (92%) 5 vote[s]

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

Rileks di Pantai Ujung Genteng, Pantai Indah di Sukabumi

Pantai Balekambang, Wisata Malang yang Recommended Banget

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment