7 Tempat Wisata di Lombok, Sekeping Keindahan Surgawi di Nusantara

|

Tempat wisata di Lombok didominasi akan keindahan alam yang tampak bagaikan sekeping keindahan surgawi. Maka tak heran jika Pulau Lombok menjadi tujuan utama para wisatawan asing maupun lokal untuk berlibur selain Bali.

Tempat wisata yang paling populer di Lombok ialah Kepulauan Gili, namun ternyata masih banyak tempat wisata lain di Lombok yang amazing banget.

Lombok merupakan sebuah pulau yang berada di Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang dipisahkan dari Pulau Bali oleh Selat Lombok.

Di Lombok memang banyak tempat wisata yang memberikan keindahan alam yang luar biasa, nativeindonesia.com akan memberikan beberapa pilihan tempat wisata di Lombok yang populer dan hits banget.

7 Tempat Wisata Di Lombok

1. Kepulauan Gili

kepulauan gili
kepulauan gili. google maps. sumber: Philipp K.

Kepulauan Gili atau Tiga Gili terdiri dari tiga buah pulau indah nan menawan, diantaranya:

  • Gili Trawangan,
  • Gili Meno, dan
  • Gili Air.

Setiap pulau yang ada akan memberikan kamu beragam aktivitas seru yang tak terlupakan, serta telah tersedia pula resort-resort yang memberikan kamu kenyamanan selama berlibur di Kepulauan Gili.

Kepulauan Gili merupakan tempat wisata terbaik yang ada di Nusa Tenggara Barat, dimana kamu dapat mengeksplor keindahan bawah lautnya dan bersantai di pantainya.

2. Gili Trawangan

pesona pantai di gili trawangan
pesona pantai di gili trawangan. google maps. sumber: François WorldTour

Simak juga: gili trawangan

Gili Trawangan merupakan bagian dari Kepulauan Gili dan merupakan pulau yang paling besar, serta merupakan salah satu pulau yang paling sering dikunjungi wisatawan.

Gili Trawangan memiliki pantai yang indah, dengan hiasan hamparan pasir putihnya yang lembut serta air lautnya yang berwarna biru menenangkan.

Ragam wisata seru yang dapat kamu lakukan ketika berada di Gili Trawangan, diantaranya:

  • Bersepeda mengelilingi pulau,
  • Snorkeling,
  • Diving di shark point,
  • Menikmati sunrise dan sunset,
  • Mengunjungi tempat konservasi penyu, dan lain sebagainya.

Di Gili Trawangan juga telah tersedia resort atau penginapan, so kamu akan dibuat nyaman dan betah ketika berada di Gili Trawangan.

  • Lokasi: Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

3. Gunung Rinjani

gunung rinjani
gunung rinjani. google maps. sumber: mouthnna fahel

Lombok tak dapat dipisahkan dari Gunung Rinjani, yang merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia dan menjadi gunung berapi tertinggi setelah Gunung Kerinci di Pulau Sumatera.

Ketinggiannya sekitar 3.726 mdpl, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Gunung Rinjani merupakan spot pendakian favorit bagi para pecinta alam, karena memiliki panorama alam yang sangat indah di setiap jalur pendakiannya.

Di sekitar Taman Nasional Gunung Rinjani terdapat Danau Segara Anak, yang biasa digunakan untuk mendirikan tenda ataupun memancing.

Secara administratif Gunung Rinjani terletak di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat.

4. Pink Beach Lombok

pink beach
pink beach. google maps. sumber: Loetfi Ono

Simak juga: pink beach lombok

Pink Beach Lombok atau Pantai Pink atau Pantai Tangsi merupakan tempat wisata Lombok yang paling eksotis, dimana kamu akan menyaksikan sebuah pantai yang memiliki pasir yang berwarna pink atau merah muda.

Pink Beach Lombok ini merupakan satu dari dua pantai pink yang ada di Indonesia, satu lagi berada di Taman Nasional Komodo, Pulau Komodo, NTT, yang bernama Pantai Merah.

Pink Beach memiliki deburan ombak yang cukup tenang, sehingga anak-anak aman ketika bermain atau bahkan mandi air lautnya. Kamu juga dapat mendaki bukit, kemudian menyaksikan keindahan Pantai Pink dari ketinggian.

  • Lokasi: Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Harga tiket masuk: Rp. 10.000,-

5. Pantai Tanjung Aan

pantai tanjung aan
pantai tanjung aan. google maps. sumber: Hari Narmada

Simak juga: pantai tanjung aan

Keindahan alam selanjutnya yang ada di Pulau Lombok, ialah Pantai Tanjung Aan atau Pantai Aan. Daya tarik Pantai Tanjung Aan ialah memiliki pasir putih yang unik dan berkhasiat.

Pasir putih di Pantai Tanjung Aan berbentuk seperti butiran merica, yang berasal dari fosil – fosil karang yang telah lama hancur. Yang dipercaya berkhasiat untuk kesehatan.

Jangan heran jika banyak pengunjung yang sengaja telanjang kaki berjalan-jalan kecil di atas hamparan pasirnya, konon katanya dapat melancarkan peredaran darah karena dapat merangsang saraf – saraf di kaki.

  • Lokasi: Desa Pengembur, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket masuk: Gratis

6. Air Terjun Benang Kelambu

air terjun benang kelambu
air terjun benang kelambu. google maps. sumber: Lalu Photograph

Simak juga: air terjun benang kelambu

Air Terjun Benang Kelambu berada di kawasan Geopark Rinjani, atau Rinjani – Lombok UNESCO Global Geopark, juga sebagai Taman Bumi Dunia yang diakui oleh UNESCO.

Selain Air Terjun Benang Kelambu, ada pula Air Terjun Benang Stokel yang selalu setia mendampingi. Air terjun ini masih dikelilingi pepohonan yang cukup lebat, sehingga udara yang dirasa sangat sejuk.

Daya tarik dari Air Terjun Benang Kelambu ialah memiliki aliran air yang mengalir ke samping diantara tebing batu yang dihiasi dengan tumbuhan hijau, sehingga tampak seperti tirai atau kelambu.

Konon katanya air yang mengalir di Air Terjun Benang Kelambu dapat membuat kita awet muda loh,,,penasaran? Cobain aja sendiri…

  • Lokasi: Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.
  • Jam buka: 07.00 – 17.30
  • Harga tiket masuk: Rp. 3.000,-

7. Pantai Mawi

pantai mawi
pantai mawi. google maps. sumber: Muh Ikbal

Simak juga: pantai semeti

Tempat wisata terakhir yang akan dibahas di artikel tempat wisata Lombok ini ialah Pantai Semeti atau Pantai Mawi. Dimana pantai ini memiliki keunikan yang menjadi daya tarik utamanya.

Yakni adanya keberadaan dari batu karang yang memanjang dan bertumpuk sehingga membentuk tebing – tebing. Batuan karang tersebut biasa disebut dengan Karang Kryptonite, yakni sebuah batu yang ada di film Superman yang mampu melemahkan kekuatan superhero tersebut.

Sekilas Pantai Semeti mirip dengan Pantai Batu Hiu yang ada di Lampung. Selain menikmati keindahan pantainya, kamu juga dapat mendaki batuan Kryptonitenya, dan melihat keindahan Pantai Semeti dari ketinggian.

  • Lokasi: Jl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket masuk: Rp. 5.000,-