Taman Wisata Pusuk Sembalun, Rumah Besar Bagi Bukit Selong Dan Desa Beleq

Taman Wisata Pusuk Sembalun merupakan kawasan wisata alam yang menawarkan view khas lereng Gunung Rinjani, Lombok. View yang didominasi oleh bukit-bukit, gunung, hamparan area sawah, serta rumah adat yang bernilai sejarah yang sangat tinggi.

Namun sebelum kita lanjutkan pembahasan tentang Taman Wisata Pusuk Sembalun, perlu diketahui tentang situasi akhir-akhir ini, dimana terjadi kembali lonjakan kasus Covid-19.

Hal tersebut juga berdampak bagi tempat wisata yang ada di Indonesia, tanpa terkecuali dengan Taman Wisata Pusuk Sembalun, Lombok.

landmark taman wisata pusuk sembalun
landmark taman wisata pusuk sembalun. google maps. sumber: verena junani

Simak juga: 12 objek indah di lombok.

Meskipun dibuka, para pengunjung tidak boleh berlama-lama di tempat tersebut, demi mencegah penularan virus covid-19. Tentu saja para pengunjung diwajibkan mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Perlu diketahui juga, para pengunjung yang ingin datang ke Taman Wisata Pusuk Sembalun, harus mempertimbangkan faktor cuaca.

Karena beberapa waktu yang lalu, sempat terjadi longsoran tanah yang menutupi akses jalan menuju Taman Wisata Pusuk Sembalun.

Lokasi Dan Alamat Taman Wisata Pusuk Sembalun

Lokasi Taman Wisata Pusuk Sembalun terletak di kaki Gunung Rinjani. Adapun alamat Taman Wisata Pusuk Sembalun berada di Jl. Wisata Gunung Rinjani, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

spot favorit pengunjung
spot favorit pengunjung. google maps. sumber: Wiwied Aja

Simak juga: Bukit Pangonan

Rute Menuju Taman Wisata Pusuk Sembalun

Jika pemberangkatan awal anda dari Mataram, maka perjalanan harus menuju ke arah Kabupaten Lombok Timur terlebih dahulu.

Adapun jarak tempuh dari Mataram menuju Lombok Timur sekitar 65 kilometer, dengan rata-rata waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Pusuk Sembalun

  • Tiket masuk Taman Wisata Pusuk Sembalun Rp. 5.000
  • Parkir mobil Rp. 5.000
  • Parkir motor Rp. 2.000

Jam Buka Taman Wisata Pusuk Sembalun

  • Taman Wisata Pusuk Sembalun buka setiap hari, dari hari Senin – hari Minggu.
  • Taman Wisata Pusuk Sembalun buka selama 24 jam.

Tetapi di saat pandemi, terkadang jadwal operasionalnya berbeda, bahkan sekalipun dibuka, para pengunjung tidak boleh berlama-lama di lokasi tersebut.

dilengkapi dengan spot foto kece
dilengkapi dengan spot foto kece. google maps. sumber: Syahrul Kamal

Fasilitas Di Taman Wisata Pusuk Sembalun

Meskipun tidak banyak, namun fasilitas pokok di Taman Wisata Pusuk Sembalun sudah tersedia. Seperti:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Warung, atau kantin
  • Spot foto

Daya Tarik Taman Wisata Pusuk Sembalun

Secara garis besar, daya tarik Taman Wisata Pusuk Sembalun, Lombok menawarkan dua pesona besar, yaitu wisata alam terbuka, serta wisata sejarah. Dan inilah pesona yang dimaksud tersebut:

gardu pandang taman wisata pusuk sembalun
gardu pandang taman wisata pusuk sembalun. google maps. sumber: Dwi Johanto Putra

1. Bukit Selong

Perjalanan menuju Bukit Selong harus melewati beberapa anak tangga. Jalur tersebut sudah berbentuk lapisan tembok, di setiap sisi jalur trekking, merupakan area perkebunan milik warga.

Puncak Bukit Selong menawarkan pesona alam yang didominasi oleh hamparan terasering sawah yang sangat luas, serta memiliki latar gunung yang sangat terkenal, yaitu Gunung Rinjani.

Bukit Selong juga mengikuti kebutuhan wisatawan akan trend kekinian, yaitu spot sefie yang unik, dan keren. Para pengunjung harus selalu mengutamakan keselamatan ya…

Bagi anda yang ingin tahu lebih dalam tentang Bukit Selong, dan Desa Beleq, bisa klik link berikut: Bukit Selong, Dan Desa Beleq Lombok.

bukit selong
bukit selong. google maps. sumber: Tisna Pratama

Simak juga: Desa tradisional pengelipuran Bali.

2. Desa Beleq

Daya tarik selanjutnya dari Taman Wisata Pusuk Sembalun adalah sajian wisata sejarahnya. Taman Wisata Pusuk Sembalun merupakan wisata Lombok yang memiliki jejak sejarah tentang awal mula terbentuknya masyarakat Sembalun.

Desa Beleq mempunyai ciri khas, serta tradisi yang masih lestari sampai saat ini. Rumah yang ada di Desa Beleq hanya berjumlah 7 rumah saja.

Bahan bangunan yang digunakan pun berasal dari alam sekitar. Atap rumah adat Desa Beleq terbuat dari bambu, dan alasnya terbuat dari tanah liat, serta kotoran sapi.

desa beleq
desa beleq. google maps. sumber: Saefudin Anwar

Simak juga: Kampung Naga Jabar.

Penutup

Demikian informasi tentang Taman Wisata Pusuk Sembalun, semoga menjadi referensi awal bagi anda untuk menentukan tempat wisata di Lombok saat akhir pekan, dan liburan tiba.

Selalu patuhi protokol kesehatan ya… kita harus kompak memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Sehingga situasi tempat wisata yang ada di Lombok, dan umumnya yang ada di Indonesia bisa segera kembali normal.

Selamat berlibur, dan selalu utamakan keselamatan ya…


Tinggalkan komentar