Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Tiu Kelep Keindahan Lombok Utara Yang Menjadi Satu

Lombok merupakan destinasi wisata yang ramai dikunjungi setelah Pulau Bali. Disamping lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Pulau Dewata tersebut, Lombok juga memiliki keindahan yang menakjubkan.

Pantai Lombok memang sangat indah. Namun kamu wajib mengunjungi tempat wisata yang lainnya misalnya seperti air terjun. Di Lombok Utara terdapat air terjun yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Air Terjun Sendang Gile namanya, terletak di kawasan Gunung Rinjani. Sehingga pastinya akan memberikan kesejukan udara yang menenangkan jiwa.

Berikut ulasan lebih jauh mengenai Air Terjun Sendang Gile, Check this out!

Trekking Menuju Air Terjun Sendang Gile

Saat kamu memasuki gerbang masuk Air Terjun Sendang Gile, kamu tinggal mengikuti jalan yang sudah rapih dengan ada pegangan disampingnya. Menapaki jalur setapak yang cukup mudah.

Kamu tidak akan menemukan jalur yang terjal saat menuju Air Terjun Sendang Sile, memang sesekali jalurnya terhalangi oleh batang pohon yang sangat besar.

Trekking Air Terjun Sendang Gile
Trekking Air Terjun Sendang Gile. Sumber: mytrip.co.id

Menyusuri jalanan yang menurun dengan sesekali melewati tangga, ditemani rindangnya pepohonan dan suasana alam yang masih sangat alami.

Kamu akan menapaki jalur tersebut selama kurang lebih 15 sampai 20 menit dari gerbang masuk, tergantung kecepatanmu saat berjalan.

Dari Sendang Gile, kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju Air Terjun Tiu Kelep. Jalurnya sama seperti tadi, kamu tinggal menyusuri jalan setapak tadi. Namun jalur yang akan kamu lalui cukup jauh dan lumayan menguras tenaga.

Kamu akan berjalan selama kurang lebih 30 menit dengan trekking menanjak dan menurun. Kamu juga akan melewati sebuah tangga yang lumayan landay meskipun tidak terlalu tinggi.

Setelah itu kamu akan menyusuri sungai dengan bebatuan yang berserakan tak beraturan. Hal itu disebabkan gempa bumi dahsyat yang pernah menimpa Lombok sekitar 1 tahun yang lalu.

Pemandangan yang akan kamu rasakan sangat sejuk sekali, berjalan ditengah hutan Gunung Rinjani. Sesekali kamu akan bertemu dengan monyet-monyet liar.

Pesona Keindahan Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile terdiri dari dua tingkatan air yang megalir dengan indahnya. Tingkatan air terjun yang pertama mempunyai ketinggian sekitar 600 meter.

Air terjun tingkatan kedua mempunyai ketinggian sekitar 31 meter. Jika dilihat secara sekilas air terjun tersebut tetap bersatu kembali setelah dipisahkan oleh sebuah tebing yang ditumbuhi tetumbuhan.

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile. Sumber: beritagar.id

Air Terjun Sendang Gile berada diantara tebing tinggi yang banyak ditumbuhi pepohonan. Mengalirkan air terjun yang jernih dan bersih. Dibawahnya terdapat kolam alami tempat menampung curahan air terjunnya.

Ragam wisata Air Terjun Sendang Gile

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di Air Terjun Sendang Gile diantaranya:

1. Bermain Air

Air Terjun Sendang Gile mempunyai lokasi yang luas dan luar biasa asri. Kita berada diantara pepohonan yang rindang ditemani udara yang sejuk.

Kolam alami tempat penampungan Air Terjun Sendang Gile tidak terlalu lebar juga tidak dalam. Anak-anak dapat dengan leluasa bermain air disini.

Namun jangan terlalu berada di bawah curahan air terjunnya, karena tinggi sehingga tekanannya pun akan besar. Debit airnya pun cukup deras.

Menikmati kesegaran dan kejernihan mata air pegunungan dapat menyegarkan badan, dan menenangkan fikiran.

Landscape Air Terjun Sendang Gile
Landscape Air Terjun Sendang Gile. Sumber: travel.detik.com

2. Berfoto Selfie

Banak pengunjung yang berfoto dengan keindahan Air Terjun Sendang Gile. Selain itu pemandangan alam yang disajikan pun wajib untuk kamu abadikan dalam sebuah foto atau video.

Berfoto Bersama Keindahan Air Terjun Sendang Gile
Berfoto Bersama Keindahan Air Terjun Sendang Gile. Sumber: www.yukpiknik.com

3. Menikmati Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep berada satu kawasan dengan Air Terjun Sendang Gile. Jadi pada saat memasuki gerbang masuk kamu akan menikmati dua keindahan air terjun secara bersamaan.

Untuk menuju lokasi Air Terjun Tiu Kelep dari Sendang Gile memakan waktu sekitar 30 menit, dengan menyusuri jalanan yang serupa. Namun, trek nya lumayan menantang.

Selain itu kamu juga akan melewati sebuah saluran irigasi, dimana curahan air yang mengalir dimanfaatkan oleh warga sekitar.

Air Terjun Tiu Kelep memiliki kolam yang lebih lebar dari Sendang Gile, dan tidak terlalu dalam airnya pun jernih dan bersih. Menyegarkan sekali.

Menikmati Keindahan Air Terjun Tiu Kelep
Menikmati Keindahan Air Terjun Tiu Kelep. Sumber: wisato.id

Air terjun Tiu Kelep memiliki view yang menarik. Dimana satu air terjun mengalir deras dengan sendirinya, sementara dibawahnya berderet aliran air yang melebar. Sehingga tampak seperti sebuah tirai.

Air Terjun Tiu Kelep
Air Terjun Tiu Kelep. Sumber: wisato.id

Sungguh indah sekali, pemandangan yang sangat luar biasa. Kesejukan alam yang sangat menyejukkan jiwa. Tak heran jika lokasi Air Terjun Sendang Gile dijadikan sebagai ikon wisata oleh pemerintah Lombok Utara.

Bermain Air Terjun Tiu Kelep
Bermain Air Terjun Tiu Kelep. Sumber: paketwisata.id

Kisah dibalik Air Terjun Sendang Gile

Kisah dibalik penamaan Sendang Gile pada air terjun ini dikarenakan, pada suatu hari terdapat seekor singa yang mengacau di perkampungan warga. Kemudian warga mencari singa tersebut menyusuri hutan sampai menuju lokasi air terjun ini.

Penduduk sekitar menyebut singa tersebut dengan sebutan “sengang gile”. Maka dari itu disematkannyalah nama “sengang gile” pada air terjun ini. Namun makin lama pelafalannya berubah menjadi “Sendang Gile”. Akhirnya terkenallah sampai sekarang dengan nama Air Terjun Sendang Gile.

Air terjun ini sering disebut juga sebagai Batu Ko’ yang artinya Batu Kerbau. Kisah yang berkembang selanjutnya ialah bahwa konon katanya air terjun ini merupakan tempat mandinya para bidadari kayangan saat berada di bumi.

Kisah-kisah yang sudah berkembang dimasyarakat tidak usah diributkan mengenai kebenarannya, kita cukup mengambil hikmah atas kisah-kisah tersebut.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Sendang Gile

Lokasi Air Terjun Sendang Gile berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Alamat lengkapnya terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Rute Menuju Air Terjun Sendang Gile

Jarak lokasi Air Terjun Sendang Gile dari kota Mataram kurang lebih sejauh 1000 km dan memakan waktu sekitar 9 sampai 11 jam perjalanan dengan menggunakan mobil.

Terdapat 2 rute yang dapat kamu lalui yakni melalui Pusuk atau bisa juga melalui Pantai Senggigi.

Jika kamu menggunakan kendaraan umum kamu dapat melalui jalur Bayan, kemudian menggunakan ojek menuju Senaru.

Atau jika kamu ingin menyewa kendaraan baik motor maupun mobil bisa banget, mudah untuk menemukannya di Mataram atau Cakranegara.

Tiket Masuk Air Terjun Sendang Gile

Tiket masuk untuk menikmati keindahan Air Terjun Sendang Gile ialah cukup dengan membayar Rp. 10.000,- per orangnya.

Jam Operasional Air Terjun Sendang Gile

Jam operasional Sendang Gile dibuka setiap hari Senin sampai Hari Minggu dimulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 wita.

Fasilitas Air Terjun Sendang Gile

Fasilitas yang tersedia di lokasi Air Terjun Sendang Gile tersedianya:

  • Kamar Mandi
  • Mushola
  • Area Parkir
  • Gazebo
  • Warung-warung makanan

Tips Wisata

Untuk kamu yang akan mengunjungi Air Terjun Sendang Gile, ada beberapa tips wisata yang mungkin kamu butuhkan. Yakni:

  • Perhatikan kondisi cuaca saat kamu akan berangkat. Jangan sampai sedang hujan ya.
  • Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti atau perlengkapan lainnya.
  • Berhati-hatilah saat menyusuri trekking menuju Air Terjun Sendang Gile.
  • Membersamai anak-anak untuk mengunjungi Air Terjun Sendang Gile ngga ada salahnya.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian lokasi, dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Saat melakukan trekking jangan memegang makanan, untuk menghindari kejaran dari monyet-monyet liar yang suka menampakkan diri.
  • Siapkan gaway kamu untuk menyimpan momen indah yang tercipta saat berada di Air Terjun Sendang Gile.

Penutup

Untuk kamu yang sedang berada di Lombok, atau ingin mengunjungi Lombok ngga ada salahnya untuk mencoba berwisata mengunjungi Air Terjun selain Pantainya yang sudah terkenal akan keindahannya bahkan sampai ke seluruh dunia.

Air Terjun Sendang Gile pun tak kalah indah dan menarik untuk dikunjungi. Banyak hal yang akan kamu dapatkan saat mengunjunginya. So, wajib banget untuk masuk list tempat wisata Lombok.

Selamat menikmati keindahan Air Terjun Sendang Gile. Jangan lupa siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment