Taman Narmada, Taman Sejarah Peristirahatan Para Raja

Taman Narmada menjadi sebuah taman yang istimewa, yang terletak di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara (NTB).

Keistimewaan Taman Narmada Lombok terletak pada konsep tujuan pembangunan taman tersebut, sebagai miniatur dari keindahan Gunung Rinjani.

landscape taman narmada
landscape taman narmada. google maps. sumber: Loetfi Ono

Simak juga: Taman gua sunyaragi.

Hasilnya bisa terlihat sekarang, yaitu sebuah keindahan yang mampu memanjakan mata, serta menjadi lokasi yang nyaman sebagai destinasi wisata di Lombok di akhir pekan.

Bukan hanya itu saja, kunjungan wisata ke Taman Narmada mampu menyajikan nilai edukatif bagi para pengunjungnya. Karena Taman Narmada merupakan taman yang sangat bersejarah, yang telah berusia ratusan tahun.

Memang betul, bahwa terdapat proses, atau upaya tambahan dalam menata kawasan tersebut menjadi seperti saat ini. Namun tidak merubah nilai, serta bangunan sejarah yang sangat penting.

area kolam berenang
area kolam berenang. google maps. sumber: Loetfi Ono 

Sejarah Taman Narmada

Sejarah Taman Narmada dibangun pertamakali sekitar tahun 1727 Masehi, dan berdiri di atas sebuah lahan dengan luas sekitar 2 ha.

Taman Narmada diperkirakan dibangun pada tahun 1852 – 1879,  pada masa I Gusti Ngurah Ketut Karangasem, dan I Gusti Gde Karangasem. Butuh waktu sekitar 27 tahun untuk membangun kawasan tersebut.

Sejarah penamaan Taman Narmada sebetulnya mengacu kepada nama anak sungai, yang bersumber dari sungai Gangga, di India. Hal tersebut dikarenakan Kerajaan Karangasem merupakan kerajaan Hindu, sehingga sangat mempengaruhi nama, serta bangunan-bangunan yang ada di kawasan tersebut.

Pada mulanya, Taman Narmada Lombok difungsikan sebagai tempat peristirahatan para raja. Namun, kini tempat tersebut menjadi sebuah objek wisata Lombok yang sangat recommended untuk dikunjungi.

Sebagai catatan tambahan, bahwa Taman Narmada kini bersatus sebagai Situs Cagar Budaya Nasional. Jadi, para pengunjung tidak diperkenankan merusak jejak sejarah yang ada di Taman Narmada.

taman narmada
taman narmada. google maps. sumber: Herlina Syamsi

Simak juga: 12 objek indah di lombok.

Daya Tarik Taman Narmada

Secara garis besar, terdapat 3 daya tarik utama di Taman Narmada Lombok. Yaitu:

1. Area Jabalkap

Tentu saja daya tarik yang pertama adalah keindahan alamnya, yang mewujud dalam sebuah taman yang tertata secara baik, sehingga memberikan suasana nyaman bagi para pengunjung yang datang.

Pantas saja jika Taman Narmada dijadikan tempat peristirahatan para raja. Karena suasana alamnya sangat mendukung akan hal tesebut.

Jalur trekking yang lebar, hijaunya rerumputan, peohonan yang menghiasi sudut Taman Narmada memberikan nuansa keteduhan.

Lokasi yang bisa dilihat saat pertamakali datang adalah spot Jabalkap. Selain suasananya seperti yang dijelaskan di atas, di kedua sisi jalur trekking terdapat dua buah danau, atau kolam.

pura
pura. google maps. sumber: Herlina Syamsi

Simak juga: Pura Air Tirte empul.

2. Wisata Sejarah

Daya tarik yang kedua dari Taman Narmada adalah sebuah objek wisata yang mampu menyajikan jejak sejarah yang tinggi. Tentu saja tedapat nilai edukatif juga bagi para pengunjungnya.

Beberapa bangunan yang bersejarah tersebut bisa anda temukan di beberapa area sebagai berikut:

  • Halaman Mukedas
  • Bale Loji
  • Bale Teran
  • Pura Kelasa
lokasi wisata keluarga
lokasi wisata keluarga. google maps. sumber: Paps Fly

Simak juga: Sendang Geulis Kahuripan.

3. Wisata Keluarga

Daya tarik selanjutnya dari Taman Narmada adalah tempat wisata yang cocok untuk mengisi liburan anda bersama keluarga. Selain area tamannya sangat nyaman, dan indah, di lokasi tersebut juga terdapat kolam renang.

Area kolam renang menjadi spot favorit pengunjung saat berada di Taman Narmada. Sebuah sensasi berenang di kawasan tempat istirahat para raja-raja.

Lokasi Dan Alamat Taman Narmada

Lokasi dan alamat Taman Narmada berada di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

spot foto incaran pengunjung
spot foto incaran pengunjung. google maps. sumber: Dikha Risky Anantha

Rute Menuju Taman Narmada

Akses jalan menuju Taman Narmada dari Mataram hanya berjarak sekitar 13 kilometer. Adapun rata-rata waktu tempuhnya sekitar 30 menit, melewati Jalan Raya Mataram – Sikur.

Terdapat juga alat transportasi umum untuk menuju Taman Narmada. Tetapi lebih cepat jika anda menggunakan kendaraan pribadi, apalagi dengan menggunakan motor.

Harga Tiket Masuk Taman Narmada

  • Tiket masuk Taman Narmada Rp. 10.000
  • Tiket masuk Taman Narmada berbeda untuk wisatawan asing.

Jam Buka Taman Narmada

  • Taman Narmada buka dari pukul 08.00 – 17.00.
  • Taman Narmada buka setiap hari.
wahana lain di taman narmada
wahana lain di taman narmada. google maps. sumber: Muhammad Idham Khalid

Fasilitas Di Taman Narmada Lombok

Fasilitas di Taman Narmada lombok sudah tersedia dengan baik untuk menunjang kenyamanan para wisatawan. Di antaranya:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Gazebo
  • Kolam Pemandian

Tinggalkan komentar