Gua Sunyaragi, Gua Bersejarah Yang Unik Dengan Mitos Perjodohannya

Gua Sunyaragi tak seperti gua kebanyakan, dimana lokasinya yang gelap dan pengap. Gua yang lokasinya ada di Kota Cirebon ini layaknya sebuah taman yang dikelilingi bangunan seperti gua.

Oleh karena itu destinasi wisata ini sering disebut juga Taman Sari Sunyaragi. Dan menjadi tujuan wisata sejarah para wisatawan yang datang ke Cirebon.

landmark gua sunyaragi
landmark gua sunyaragi. google maps. sumber: Tommy Tjahjono

Simak juga: Berbagai tempat wisata di Cirebon.

Gua Sunyaragi pada zaman dahulu merupakan pesanggrahan Para Sultan dan petinggi Kerajaan, serta digunakan untuk tempat bertapa.

Taman Sari Sunyaragi ini dibangun sedemikian rupa, keunikannya ialah bangunannya dihiasi batuan karang yang di sekeliling bangunannya.

Berikut gambaran lengkap mengenai Gua Sunyaragi yang indah:

Sejarah Gua Sunyaragi

Keberadaan Taman atau Gua Sunyaragi memiliki kisah sejarah yang cukup panjang dan termasuk salah satu cagar budaya yang ada di Cirebon.

Gua Sunyaragi atau sering disebut juga Taman Sari Sunyaragi berada di atas lahan seluas 15 hektar, dan pada zaman dulu dikelilingi oleh danau yang bernama Danau Jati.

Gua ini merupakan gua buatan yang dibuat oleh Pangeran Kararangen sekitar tahun 1703 Masehi, beliau merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati.

Pembangunannya dimaksudkan  sebagai tempat untuk meningkatkan ilmu kanuragan serta memperdalam teknik berperang bagi para pembesar dan prajurit keraton.

sisa sisa bangunan
sisa sisa bangunan. google maps. sumber: Tommy Tjahjono

Oleh dasar itulah lokasi wisata bersejarah ini diberi nama Sunyaragi, yang berasal dari bahasa Sanskerta yakni “Sunya “ dan “Ragi” yang artinya adalah “Sepi” dan “Raga”.

Gua Sunyaragi dibangun dengan menggabungkan beberapa ornamen yakni Islam, Hindu, dan Tiongkok. Dan secara keseluruhan menggunakan konsep zaman kerajaan pada masanya.

Sekitar tahun 1787-an gua ini digunakan sebagai benteng pertahanan waktu terjadinya perang, sehingga mengalami kerusakan dibeberapa bagian.

Maka dari itu sekitar tahun 1852 Taman Sari Sunyaragi atau Gua Sunyaragi diperbaiki atau mengalami pemugaran pada masa Sultan Adiwijaya, oleh seorang arsitek yang berasal dari Cina.

Gua Sunyaragai telah mengalami beberapa kali perbaikan atau pemugaran, terakhir dilakukan oleh Pemerintah RI sekitar tahun 1984.

Mitos Perjodohan di Goa Sunyaragi

Selain menyimpan sejarah yang panjang, Gua Sunyaragi juga memiliki sebuah mitos yang berkembang dari mulut ke mulut.

Mitos tersebut berkaitan dengan persoalan jodoh. Yakni terdapat sebuah larangan di Gua Sunyaragi, yaitu seorang perawan dilarang untuk menyentuh salah satu patung batu yang bernama Perawan Sunti.

Jika hal itu terjadi, maka dipercaya si perawan tersebut akan sulit mendapatkan jodoh. Bila kamu terlanjur menyentuhnya, ada cara untuk menangkal mitos tersebut.

Yaitu dengan berjalan masuk ke dalam Gua Kelanggengan, yang dipercaya dapat melanggengkan sesuatu termasuk masalah jodoh.

Mitos merupakan sebuah kepercayaan yang sudah ada sejak lama dan berkembang dari mulut ke mulut, kita hanya perlu menghormati dan menghargainya.

Daya Tarik Gua Sunyaragi

1. Terdiri Dari Beberapa Gua Serta Bangunan Lain

terdiri dari beberapa bangunan
terdiri dari beberapa bangunan. google maps. sumber: evi soedarsono

Simak juga: Pesona Gua Pindul.

Daya tarik dari Gua Sunyaragi yang pertama ialah memiliki beberapa gua dengan fungsi dan nama yang berbeda-beda.

Gua-gua dan bangunan tersebut diantaranya:

  • Gua Pengawal
  • Gua Pandekemasan
  • Gua Simanyang
  • Bangsal Jinem
  • Mande Beling
  • Gua Peteng
  • Gungkup Puncit
  • Gua Langse
  • Kamar Panembahan
  • Kamar Kaputren
  • Bale Kambang
  • Gua Arga Jumut
  • Goa Padang Ati
  • Goa Kalanggengan
  • Goa Lawa
  • Goa Pawon

Kamu dapat mengeksplor setiap tempat yang ada di lokasi ini, untuk lebih dapat mengetahui sejarah disetiap tempat tersebut sebaiknya didamping oleh seorang pemandu atau guide.

2. Struktur Bangunan Yang Unik

dihiasi batuan karang
dihiasi batuan karang. google maps. sumber: Evi Janti

Simak juga: situs Gua Gajah Bali.

Yang paling menarik dari Gua Sunyaragi ialah bentuk bangunannya yang dihiasi oleh batuan karang hampir di setiap titiknya.

Batuan karang tersebut berkumpul menyerupai awan, yang hadir diatas bangunan temboknya. Selain itu terdapat sebuah gua yang menunjukkan kecanggihan pada zamannya.

Yakni Gua Pandekemasan yang berfungsi sebagai tempat pembuatan senjata sekaligus tempat penyimpanan senjata yang memiliki ventilasi udara yang baik serta kedap suara.

Kompleks dari Gua Sunyaragi atau Taman Sari Sunyaragi ini terbagi menjadi dua bagian, yakni bagian Pesanggrahan dan Bangunan Gua.

Dulunya dikelilingi oleh air, namun saat ini telah mengalami kekeringan dan berubah menjadi daratan. Hanya dibeberapa bagian saja yang masih tergenang oleh air.

dulunya dikelilingi air
dulunya dikelilingi air. google maps. sumber: Gaia Airlangga

3. Wahana Seru Lainnya

Simak juga: Taman Celosia Instagramable.

Untuk menarik wisatawan lebih banyak lagi, maka dibuatlah beberapa wahana permaian seru di area Gua Sunyaragi, yakni:

  • Sepeda terbang
  • Balon terbang
  • Ayunan terbang
  • Panahan

Selain memiliki struktur bangunan yang unik, Taman Sari Sunyaragi atau Gua Sunyaragi juga memiliki taman yang indah dan sering dijadikan lokasi untuk pemotretan pre-wedding.

Lokasi & Alamat Gua Sunyaragi

Lokasi dan alamat Gua Sunyaragi terletak di Jl. By Pass Brigjen Dharsono, Desa Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon.

Rute Menuju Gua Sunyaragi

Akses menuju Gua Sunyaragi sangat mudah, karena lokasinya yang berada di tengah kota, serta dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Kamu dapat menggunakan GPS atau Maps yang terpasang di Hp untuk mempermudah rute menuju Gua Sunyaragi.

Jika kamu menggunakan kendaraan umum, dan beranjak dari arah terminal ataupun stasiun kereta api tinggal menggunakan angkutan umum atau memesan ojek online yang akan mengantarmu dengan mudah menuju lokasi.

Lokasi Gua Sunyaragi jika dari Terminal Haramukti Cirebon sekitar 1,5 km jauhnya, sedangkan dari arah stasiun kereta api Cirebon sekitar 5 km.

eksplor setiap sudutnya
eksplor setiap sudutnya. google maps. sumber: Ahmad Rasyid

Jam Buka Gua Sunyaragi

Jam operasional Gua Sunyaragi dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 hingga 17.30 waktu setempat.

Namun kamu perlu update mengenai jam buka lokasi wisata sejarah yang satu ini, karena kondisi Indonesia yang masih dilanda pandemi Covid-19 membuat beberapa tempat wisata mempersingkat waktu kunjungan atau bahkan menutupnya untuk sementara.

Tiket Masuk Gua Sunyaragi

Tiket masuk menuju Taman Sari Sunyaragi ini terbilang sangat murah, yakni kamu hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp. 15.000,- per orang.

Jika kamu datang lebih dari 5 orang, maka wajib menggunakan pemandu atau guide, yang akan mengenalkan sejarah Gua Sunyaragi lebih detil dan lengkap.

Dan tentunya terdapat uang tambahan jika kamu menggunakan seorang guide atau pemandu, yakni sekitar Rp. 50.000,- saja.

gua peteng
gua peteng. google maps. sumber: DENDY FEBDWIYANA

Fasilitas Gua Sunyaragi

Fasilitas Gua Sunyaragi terdiri dari:

  • Area parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi umum
  • Warung makanan dan minuman

Gua Sunyaragi merupakan destinasi wisata sejarah yang harus kamu kunjungi ketika berada di Kota Udang, Cirebon.