Bukit Bambu, Wisata Edukasi Ramah Lingkungan Di Cirebon

Bukit Bambu adalah salah satu destinasi wisata edukasi ramah lingkungan yang paling sering di kunjungi untuk berlibur keluarga karena menyuguhkan konsep alam dan sejuknya pohon bambu yang disuguhkan secara bersamaan.

Bukit Bambu merupakan tempat wisata yang bertema sesuai dengan namanya yaitu bambu, dimana kamu bisa berlibur sekaligus bisa belajar mengenai apa yang bisa dimanfaatkan dari tanaman bambu tersebut.

wisata bukit bambu
wisata bukit bambu. google maps. sumber: WM ARG

simak juga: belawa cirebon

Dengan menempati area yang cukup luas, bangunan yang ada di Bukit Bambu pun terbuat dari bambu. Sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri.

Wisata Bukit Bambu menyuguhkan konsep antara alam, budaya bagi media pembelajaran, maka tak heran jika banyak dijadikan sebagai tempat wisata edukasi yang seru dan menyenangkan.

Berikut deskripsi Bukit Bambu, sebagai referensi wisata edukasi di Cirebon untuk dikunjungi anggota keluarga weekend ini.

Lokasi dan Alamat Bukit Bambu

Alamat dari Bukit Bambu ini berada di Jl. Raya Beber, Patapan, Kec. Beber, Cirebon, Jawa Barat.

suasana yang romantis
suasana yang romantis. google maps. sumber: Bukit Bambu

simak juga: keraton kasepuhan cirebon

Rute Menuju Bukit Bambu

Rute perjalanan menuju Bukit Bambu sangat mudah, jika bergerak dari Terminal Harjamukti tinggal mengarahkan kendaraan menuju Jl. Ahmad Yani atau Jalan Raya Pantura teruskan hingga ke Jalan Angkasa Raya.

Tetaplah berada di Jalan Angkasa Raya, kemudian belok kiri ke Jalan Cilimus – Cirebon, lokasi Bukit Bambu berada di sebelah kiri jalan.

Jam Buka Bukit Bambu

  • Jam operasional Bukit Bambu buka setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Bukit bambu buka pada jam 09.00 sampai jam 17.00 waktu setempat.
bangunan yang terbuat dari bambu
bangunan yang terbuat dari bambu. google maps. sumber: MDR88

simak juga: gua sunyaragi

Harga Tiket Masuk Bukit Bambu

Tiket masuk Bukit Bambo berbeda antara dewasa dan anak-anak, yakni:

  • Rp. 15.000,- untuk dewasa
  • Rp. 5.000,- untuk anak-anak

Fasilitas Bukit Bambu Cirebon

Ketika kamu berkujung kesini kamu akan disuguhkan fasilitas yang cukup diantaranya:

  • Area parkir kendaraan yang luas,
  • Toilet,
  • Aula yang terbuat dari bambu,
  • Wahana permainan anak-anak,
  • Penyewaan kuda,
  • Penginapan,
  • Restoran dan café,
pesta pernikahan yang indah
pesta pernikahan yang indah. google maps. sumber: Bukit Bambu

simak juga: situ sedong

Daya Tarik Bukit Bambu

1. Suasana Yang Sejuk

Kawasan wisata Bukit Bambu adem dan juga sejuk, banyak calon pengantin yang menjadikan lokasi ini menjadi tempat untuk foto prewed ataupun menyelenggarakan acara pernikahan mereka.

Kamu juga dapat mengenal lebih jauh tentang tanaman bambu, bahkan membuat sendiri cindremata dari bahan dasar bambu.

Bukit Bambu juga memiliki area perkebunan dan peternakan, dimana kamu dapat mengajak anak-anak untuk mengetahui cara berkebun dan bertemu langsung dengan binatang ternak yang ada di sini.

alam yang sejuk
alam yang sejuk. google maps. sumber: Asep Darmana

simak juga: cirebon waterland

2. Wisata Naik Kuda Di Cirebon

Keseruan lain yang dapat dilakukan ketika berada di Bukit Bambu ialah dengan naik kuda di area puncak bambu. Dengan membayar biaya tambahan sekitar Rp. 25.000,- saja.

Selain berkuda, kegiatan memanah pun dapat dilakukan di Bukit Bambu Cirebon ini. Memanah merupakan olahraga tangan yang alatnya terbuat dari kayu dan tali. Cara memainkannya ialah dengan menarik anak panah sekuat tenaga kemudian melepaskannya ke arah yang hendak dituju.

3. Bermain Permainan Tradisional

Suasana tradisional akan lebih lengkap jika hal-hal yang berbai tradisional ikut hadir, misalnya saja permainan tradisional.

Di Bukit Bambu kamu dapat mencoba bermain enggrang, yakni sebuah permainan yang menggunakan enggrang yang terbuat dari bambu. Agak susah memang memainkannya, namun hal tersebut dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

wisata naik kuda di cirebon
wisata naik kuda di cirebon. google maps. sumber: nurisah rustandi

simak juga: makam sunan gunung jati

Penutup

Ada seorang pepatah mengatakan “Kita dibentuk oleh kenangan, suatu saat kita akan rindu hal yang tidak bisa kita ulang” begitulah hidup, kita harus bisa memaknai hidup karena waktu tidak bisa di ulang.

Banyak wisata yang indah dan menarik di Cirebon, tetapi kamu wajib mengunjungi Wisata Bukit Bambu ini baik bersama pasangan, keluarga ataupun bestie kamu.


shopee