Cirebon Waterland, Destinasi Wisata Lengkap Di Kota Udang

Cirebon Waterland dulunya bernama Taman Ade Irma Suryani, dan merupakan taman biasa yang berada di tepi pantai. Namun sekarang telah berubah menjadi wahana lengkap untuk keluarga dan merupakan satu-satunya taman rekreasi yang ada di Cirebon.

Pembenahan Taman Ade Irma Suryani dimulai pada tahun 2014 dan dilengkapi dengan wahana lainnya, namanya pun berubah menjadi Cirebon Waterland.

Berada di area yang sangat luas membuat Cirebon Waterland memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari penginapan atau cottage, restoran, arena bermain, dan wahana bermain air tentunya.

cirebon waterland
cirebon waterland. google maps. sumber: Mia Ti

Simak juga: Berbagai tempat wisata di Cirebon.

Sehingga menjadikan Cirebon Waterland merupakan salah satu tempat wisata andalan, yang selalu ramai dikunjungi apalagi jika weekend dan hari libur lainnya.

Berikut ulasan lengkap mengenai Cirebon Waterland:

Daya Tarik Cirebon Waterland

1. Wahana Air

dilengkapi seluncuran seru
dilengkapi seluncuran seru. google maps. sumber: Charman Sidik

Simak juga: perosotan jatiluhur water world.

Yang membuat Cirebon Waterland selalu ramai dikunjungi keluarga ialah adanya wahana air yang berada di area sekitar 3 hektar dengan fasilitas yang lengkap.

Tersedia kolam anak yang dilengkapi dengan seluncuran seru dengan berbagai bentuk dan ember tumpah yang selalu dinanti.

Kedalamannya pun hanya sekitar 30 hingga 50 sentimeter saja, jadi aman untuk anak-anak bermain air. Mereka pasti akan sangat senang ketika kamu ajak untuk bermain air di Cirebon Waterland.

Selain kolam anak ada pula kolam renang olimpic dengan kedalaman mencapai 1,5 meter, dan biasa digunakan untuk mereka yang tengah latihan berenang secara profesional.

Kolam arus pun ikut melengkapi keseruan kamu bermain air di Cirebon Waterland, bersantai sambil menikmati waktu luang bersama keluarga tercinta.

2. Wahana Permainan Lain

wahana permainan lain
wahana permainan lain. google maps. sumber: Faican Corp

Selain wahana air yang pastinya seru banget, Cirebon Waterland juga menyediakan area bermain anak dengan beragam wahana permainan, seperti:

  • Mobil-mobilan
  • Carousel
  • Kereta api
  • Ayunan
  • Mini Coaster

Dan masih banyak lagi keseruan lain yang dapat dilakukan ketika mengunjungi Cirebon Waterland.

3. Penginapan Atau Cottage

cottage terapung
cottage terapung. google maps. sumber: yulia rosita

Di area Cirebon Waterland tersedia sebuah penginapan atau cottage dengan konsep rumah apung. Karena lokasinya yang berada di atas air laut.

Lokasinya berada di sebelah kiri rumah makan atau restoran, dengan menapaki jembatan kayu dengan pemandangan laut. Suasana akan berbeda dan lebih romantis ketika malam hari, dengan hiasan lampu taman yang syahdu.

Tersedia sekitar 22 cottage dengan tipe yang berbeda, dengan harga sewa cottagenya sekitar 1,5 juta hingga 4 juta rupiah permalam. Ketika menginap disini kamu akan dapat menikmati panorama matahari terbit langsung dari balkon kamar.

4. Restoran Dan Seafood

restoran dengan bentuk menyerupai perahu
restoran dengan bentuk menyerupai perahu. google maps. sumber: Nico Hansen

Simak juga: Restoran unik eling bening.

Setelah puas bermain dan seru-seruan bersama keluarga saatnya mengisi perut yang sudah mulai keroncongan di restoran yang ada di area Cirebon Waterland.

Restoran tersebut bernama Tomodachi Steak and Seafood. Bentuk bangunannya sangat unik karena mirip seperti sebuah kapal yang digunakan oleh Laksamana Cheng Ho.

Dimana kapal tersebut pernah singgah di Pantai Cirebon, nama Laksamana Cheng Ho pun tertulis di dinding bangunan tersebut. Bangunannya terdiri dari 3 lantai di setiap lantainya menampilkan pemandangan yang beragam.

Sedangkan menu andalan dari restoran ini tentu saja hidangan seafoodnya, pas banget dengan berada di tepi pantai dan menikmati sajian seafood yang tentunya sedap dilidah.

5. Spot Foto Yang Kece

spot foto favorit
spot foto favorit. google maps. sumber: Denis Rangerhitam

Simak juga: kapel pernikahan di Secret Garden bali.

Cirebon Waterland selain sebagai andalan lokasi wisata keluarga, juga banyak dimanfaatkan untuk acara pemotretan Prewedding. Karena memiliki beberapa spot foto yang kece dan romantis.

Selain itu, lokasi ini menyediakan paket pernikahan dengan menawarkan fasilitas yang lengkap dan beragam tergantung jenis paket pernikahan yang kamu inginkan.

6. Museum Bahari Sarwajala

Cirebon Waterland merupakan lokasi wisata yang hadir dengan paket lengkap, karena selain kita dapat seru-seruan bersama menikmati wahana permainan yang ada kita juga diajak untuk mengenal sejarah bahari di Cirebon khususnya.

Museum ini bernama Museum Sarwajala yang menyimpan cerita tentang sejarah perkembangan pelabuhan Cirebon dari masa ke masa, serta terdapat miniatur kapal dari zaman VOC hingga saat ini.

Lokasi & Alamat Cirebon Waterland

Lokasi Cirebon Waterland berada di tepi pantai utara Kota Cirebon.

Alamat lengkapnya berada di Jalan Yos Sudarso No. 1, Desa Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kabupaten Cirebon, Jawa barat.

kolam olimpic
kolam olimpic. google maps. sumber: arifudin firmansyah

Rute Menuju Cirebon Waterland

Rute menuju Cirebon Waterland cukup mudah, karena berada tak terlalu jauh dari pusat kota. Untuk kamu yang berangkat dari arah Jakarta dapat mengambil rute menuju Jalan Panglima Soedirman atau Jalan Raya Aryawimangun-Palimanan, dengan jarak tempuh sekitar 35 menit saja.

Untuk kamu yang datang dari arah Jawa Tengah dengan menuju Jalan Pantura, estimasi waktu yang ditempuh sekitar 40 menit.

Jam Buka Cirebon Waterland

Jam operasional Cirebon Waterland dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 09.00 hingga pukul 18.00 waktu setempat.

Tiket Cirebon Waterland

  • Tiket masuk Cirebon Waterland dengan membayar sebesar Rp. 25.000,- per orang
  • Tiket masuk berenang membayar Rp. 15.000,-
  • Parkir motor sebesar Rp. 3.000,-
  • Parkir mobil sebesar Rp. 5.000,-

Dan ada tiket terusan untuk kamu yang hendak menikmati wahana permainan yang lainnya.

suasana malam yang romantis
suasana malam yang romantis. google maps. sumber: Alie

Simak juga: lokasi pre wedding bali Pantai balagan.

Fasilitas Cirebon Waterland

Fasilitas yang ada di Cirebon Waterland dibilang sudah lengkap dan memadai, hal tersebut ditandai adanya:

  • Area parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Kamar ganti
  • Kamar bilas
  • Gazebo atau saung
  • Restoran
  • Penginapan
  • Aula
  • Tempat cuci tangan dan cek suhu tubuh

Tinggalkan komentar