Secret Garden Bali, Selaras Dengan Harmoni Alam

Pariwisata Bali memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Bali merupakan Pulau tujuan wisata terpopuler di Indonesia, bahkan mungkin Asia Tenggara. Selama ini objek wisata Bali selalu diidentikkan dengan wisata “hingar bingar”, macam ramainya pantai kuta dengan keramaian komunitas internasionalnya.


secret-garden-Bali
Secret Garden Bali. Image via: threesixtyguides.com

Namun Bali bukan hanya soal hingar-bingar. Bukan hanya soal melihat bikini bule di Pantai Kuta ataupun turis-turis kaya yang meramaikan Pantai Sanur. Akhir-akhir ini di Bali mulai berkembang konsep pariwisata yang lebih ramah lingkungan yang biasa disebut dengan konsep edu-vacation.

Salah satu fasilitas pariwisata yang hadir untuk menjawab kebutuhan ini adalah Secret Garden Bedugul Bali.

Secret garden village adalah kompleks tujuan wisata yang berlokasi di luwus bedugul. Kompleks ini membawa konsep ‘edu-vocation’ yang baru. Konsep “liburan pendidikan” dibuat untuk memastikan lingkungan yang menyenangkan dan menarik untuk dipelajari.

Itu lahir dari ide untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam kerangka garis sejarah, mengungkap rahasia sakral yang belum pernah diceritakan sebelumnya.

pelesir
Nikmati alam. Image via: cybertokoh.com

Simak juga: tempat wisata populer di Bali

Secret Garden Village secara unik berpadu untuk menampilkan fitur menakjubkan warisan Indonesia-Bali dan pemandangan Bedugul yang menakjubkan. Menghadirkan tiga bangunan utama, yang dirancang oleh jalinan struktur tradisional dan bentuk geometris modern.

Terdiri dari pabrik dan toko kecantikan mini, prasmanan mewah dan a la carte, restoran spesialis BBQ dengan pemandangan sawah dan ditambah dengan pengetahuan pemrosesan kopi.

Seperti harta karun yang tersembunyi, semua bagian ini dihubungkan oleh lanskap yang indah dan jalan jalur inspirasi alami.

Intinya Secret Garden Village Bedugul adalah destinasi wisata menarik saat datang ke Bali. Tempat wisata di Bedugul ini, menawarkan lokasi wisata yang edukatif dengan suasana yang kekinian. Pengunjung tak hanya bisa menikmati hal hal yang mendidik saja, di waktu yang sama para pengunjung juga dapat berburu foto selfie kekinian yang cantik.

foto cantik
Foto cantik. Image via: travelingyuk

Lokasi Secret Garden Bedugul

Terletak di tanah seluas sekitar 35.000 meter persegi, terletak di Jalan Raya Denpasar-Luwus  KM 36, Tabanan.

Tempat ini hanya berjarak 1 jam dari Bandara Internasional Ngurah Rai, 30 menit dari Ubud dan beberapa menit dari pilihan dan fasilitas rekreasi lainnya seperti Kebun Raya Bedugul, dan Pura Ulun Danu di Danau Beratan.

Akses Menuju Secret Garden Bedugul

Jika berangkat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, butuh waktu sekitar 60 menit untuk menuju tempat ini

Tiket Secret Garden Bedugul

Pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, harus menyediakan biaya yang tidak terlalu mahal, yakni Rp50 ribu.

Sebagai gantinya, Anda akan disertai sosok pemandu yang siap membantu Anda dalam menelusuri setiap jengkal bangunan dari Secret Garden Village. Untuk wisatawan asing, tiketnya sedikit berbeda, yakni Rp100 ribu.

Jam Buka Secret Garden Bedugul

Tempat ini buka setiap hari, dari pukul sembilan pagi hingga delapan malam

Fasilitas Menarik di Secret Garden Bedugul

Dibuka untuk umum sejak 2 Mei 2016, kini Secret Garden Village telah menjadi salah satu destinasi yang ramai dikunjungi oleh wisatawan seusai mereka menikmati keindahan alam danau Bedugul.

Selain dapat menikmati aneka hidangan yang lezat di resto dan coffe shop yang ada, mereka juga dapat menikmati wisata edukasi yang ditawarkan sekaligus berfoto di beberapa spot menarik dan kekinian.

  1. Oemah Herbarrist Beauty Factory Outlet

Oemah Herbarrist
Salas satu sudut Oemah Herbarrist. Image via: traveloka

Pada fasilitas ini pengunjung wisata edukasi ini diajak melihat secara langsung sejarah dan perjalanan salah satu produk kecantikan asli Indonesia, Herborist. Bentuk kegiatan edukasi antara lain Beauty Heritage Museum Tour, Mini Plant, Theatre yang memutar film pendek tentang sejarah kosmetik. Tidak kalah menariknya pengunjung diajak memasuki area Herborist Beauty Factory Outlet untuk merasakan dan melihat secara langsung produksi produksi Herborist layaknya di pabrik Semarang.

Di fasilitas ini mereka seakan ingin menunjukkan keahlian mereka dalam melalui lebih dari 10 tahun pengalaman dan komitmen dalam menghadirkan produk kecantikan berkualitas tinggi ke pasar.

Di fasilitas ini pengunjung diberikan pengalaman baru, mulai dari dari toko sampai ke ke pabrik. Pengunjung ditunjukkan proses membuat kecantikan dan perawatan tubuh dari merek Secret Garden Village.

  1. Black eye Cofee and Roastery

halaman kopi
Berfoto di halaman Black eye Cofee. Iamge via: traveloka.com

Secret Garden mengabdikan diri untuk menjadi destinasi utama bagi setiap pecinta kopi. Pengelola memilih biji kopi kualitas terbaik dari kepulauan Indonesia yang menghasilkan rasa dan aroma khas. Di Black Eye Café, Secret Garden melayani hasrat pengunjung tentang kopi. Fasiliats ini menawarkan pengalaman kopi komprehensif dengan museum, teater pemutaran film, kelas kopi dan studio bartending, roasting, dan cupping yang menangkap warisan asli Indonesia.

Di sini pengunjung dapat mengetahui proses meracik kopi ala barista sekaligus mengunjungi dan beristirahat sejenak di coffee shop yang akan memanjakan para pecinta kopi. Karena di Black Eye Coffee terdapat jenis kopi dari berbagai daerah di Indonesia seperti Toraja, Lampung, Aceh, Jawa, dan lainnya.

  1. Rice View BBQ Specialist and Scenery

tepi sawah
Menikmati lapangnya persawahan. Image via: @serzsquad

Rice View Grill Wine & Scenery, tempat makan ditemani pemandangan sawah. Bertempat di tepi sawah dengan kontur rendah menghadirkan suasana mewah dan pemandangan menawan.

Restoran ini suasananya sangat romantis. Pengunjung bisa menikmati restoran yang disertai dengan pemandangan sawah hijau di tempat wisata ini. Mengenai pilihan menunya, Sesuai namnya BBQ Specialist, pengunjung bisa menjumpai beragam jenis menu panggangan di sini.

  1. The Luwus Balinese and Asian Buffet Resto

luwus resto
Ruang restoran The Luwus. Image via: theluwus

Restoran utama di tempat ini adalah The Luwus Balinese anda Asian Buffet. Koki yang berkeja di restoran ini, merupakan koki kelas internasional. Masakan yang disajikan dijamin memuaskan selera Pengunjung, dengan masakan standar dunia.

Nama restoran The Luwus, diambil dari nama lokasi Secret Garden Village, yaitu did esa Luwus. Restoran ini menyajikan diri sebagai sebuah restoran kasual yang menyajikan menu prasmanan Bali dan Asia sepuasnya.

  1. The Secret Chamber, Wedding Chapel and Events

secret chambers
Secret chamber. Iamge via: secretgarden.co.id

Di dalam taman luas di Seret Garden yang luar biasa terdapat THE SECRET CHAMBER, sebuah kapel teater terlihat anggun di tepi alam alami, di mana sawah tetap menjadi titik fokus latar belakangnya. Bersama-sama dengan amphitheatret yang luar biasa mereka siap mengadakan banyak acara hiburan yang meriah.

The Secret Chamber, yang disediakan untuk merayakan momen spesial dengan konsep Bali Tropical. Sebagai bagian dari kompleks Secret Garden Village yang memiliki konsep arsitektur alami namun minimalis yang unik, bersama dengan sawah di latar belakang yang akan membuat pengalaman luar biasa pada hari Pernikahan.

Selain pesta pernikahan, di sini juga bsia menyelenggarakan pesta ulang tahun, pesta pribadi, ulang tahun perusahaan, peluncuran produk, pertemuan, dan banyak lagi acara lainnya.

Pengelola lokasi siap memfasilitasi dengan berbagai persiapan yang diperlukan untuk acara tersebut, mulai dari dekorasi, hiburan, katering, dan banyak lagi. Semua kebutuhan momen spesial dijanjikan akan menjadi intim dan pribadi.

  1. Bebek Timbungan, Balinese Heritage Cuisine

Bebek timbungan
Menu Bebek Timbungan. Image via: bebektimbungan

Bebek Timbungan menawarkan berbagai jenis menu tradisional yang sudah diolah sesuai dengan lidah wisatawan. Namun, menu paling special adalah Bebek Timbungan salah satu sajian terkenal dan sebagai menu tertua di Bali. Dulu, Bebek Timbungan hanya dihidangkan pada ritual-ritual upacara adat Bali saja. Dalam  naskah kuno Dharma Caruban Salah satu menu Bali yang paling tradisional dalam upacara ritual adalah timbungan.

Timbungan berasal dari kata “embung” atau “timbung” yang memiliki arti bambu. Jadi, Bebek Timbungan adalah hidangan daging bebek yang dimasak dengan bumbu basa genep (racikan bumbu utama khas Bali) menggunakan bilah bambu. “Restoran Bebek Timbungan – Balinese Heritage Cuisine ingin memperkenalkan menu Bebek Timbungan sebagai menu andalan. Hadirnya restaurant ini berangkat dari sebuah keinginan untuk terus melestarikan filosofi keanekaragaman makanan khas Bali.

Museum Oemah herbalist
Jalan jalan di museum. Image via: traveloka.com

Lokasi Wisata Dekat Secret Garden

Objek wisata di Secret garden Bali berada di Kabupaten Tabanan sebuah kabupaten yang memang terkenal sebagai lumbung pertanian pulau Bali. Sehubungan dengan hal ini, maka jika berbicara tentang objek wisata yang ada di dekat-dekat dengan Secret Garden, di sekitar Kabupaten Tabanan, tentu adalah pariwisata yang berkaitan dengan kegiatan pertanian dan dekat dengan alam.

Tyang terdekat adalah perkemahan Kampung penen yang hanya berjarak kurang dari 1 km dari Secret Garden. Untuk yang inginmenikmati Indahnya hamparan persawahan, teras sawah Tegalalang hanya berjarak 12,1 km dari Secret Garden.

Untuk yang ingin melakukan jika ingin menikmati air terjun bisa mencoba air terjun Nungnung yang jaraknya 6,2 km dari secret Garden. Melanjutkan dengan objek yang dekat dengan air, danau yang paling ikonik di Bali, Danau Beratan, jaraknya kurang dari 3 km dari lokasi ini.

Klai ini demikian dulu cerita kami dari nativeindonesia.com soal objek wisata eksotis di Tabanan Bali ini. Tidak akan rugi jika dalam perjalanan selanjutnya ke Pulau Dewa, anda menyelipkan lokasi ini dalam daftar kunjungan anda, terutama jika anda menjadwalkan untuk mengunjungi Danau Beratan Bedugul yang ikonik itu.

Secret Garden Bali, Selaras Dengan Harmoni Alam
4.5 (90%) 4 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment