Air Terjun Sekumpul, Menikmati Kumpulan Air Terjun di Buleleng, Bali

Bali merupakan sebuah pulau yang berada di kepulauan Nusa Tenggara. Di Bali banyak sekali terdapat tempat-tempat wisata yang menghadirkan keindahan alam yang berbeda-beda. Maka dari itu tak heran jika Bali selalu dikunjungi oleh para wisatawan, bukan hanya dari Indonesia sendiri melainkan dari berbagai macam belahan di dunia.

Maka tak heran jika Pariwisata merupakan sektor yang paling penting di Bali. Pada tahun 2019 lalu wisatawan yang datang ke Bali sekitar 6,3 juta jiwa. Waw, angka tersebut meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 6 juta 70 ribu orang saja.

Bali Selalu Ramai Dikunjungi Para Wisatawan
Bali Selalu Ramai Dikunjungi Para Wisatawan. Sumber: maritimtours.com

Meskipun saat ini sedang dalam masa pandemi, namun angka tersebut dapat dipastikan akan terus meningkat jika pandemi sudah berakhir. Untuk kamu yang berencana berlibur di Bali, ada baiknya kamu mengunjungi spot wisata Air Terjunnya.

Ya, ternyata di Bali ada loh Air Terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Sekumpul, yang terletak di Desa Sekumpul, Buleleng, Bali. Air terjun ini menghadirkan keindahan alam yang luar biasa. Simak yuk, ulasan lebih jauh tentang Air Terjun Sekumpul ini, check this out!

Pesona Keindahan Air Terjun Sekumpul

Pesona Keindahan Air Terjun Sekumpul sangat luar biasa. Air terjun ini diberi nama air Terjun Sekumpul karena berada di Desa Sekumpul, yang mana terdapat banyak air terjun di desa ini. Jadi diibaratkan sekumpul itu berarti kumpulan air terjun, jadi kamu ketika datang ke kawasan Air Terjun Sekumpul kamu akan melihat beberapa air terjun bukan hanya satu.

Untuk sampai menuju lokasi Air Terjun Sekumpul ini kamu harus mengeluarkan tenaga yang ekstra. Karena setelah kamu memarkirkan kendaraan roda empat, kamu harus berjalan menuju lokasi Air Terjun Sekumpul atau kamu bisa menaiki ojeg yang sudah siap membawamu.

Setelah sampai di lokasi pintu masuk Air Terjun Sekumpul, kamu diharuskan menuruni anak tangga yang jumlahnya sekitar 350 anak tangga. Dimana kondisinya sangat curam dan licin, jadi kamu harus ekstra hati-hati.

Treking Menuju Air terjun Sekumpulan
Treking Menuju Air terjun Sekumpulan. Sumber: mytrip.co.id

Di sepanjang perjalanan kamu akan melewati area perkebunan warga yang kebanyakan ditanami pohon cengkeh. Selain itu, kamu akan melihat hamparan pepohonan yang hijau di depan mata. Kamu akan memakan waktu sekitar 20 sampai 30 menit menuruni anak tangga ini.

Jika kamu kelelahan saat menuruni anak tangga, di tengah perjalanan terdapat sebuah gazebo yang mengarah ke Air Terjun Sekumpul untuk kamu berisitirahat barang sejenak, mengembalikan semangat untuk meneruskan perjalanan.

Gazebo Untuk Kamu Beristirahat
Gazebo Untuk Kamu Beristirahat. Sumber: id.balibalibeach.com

Saat terakhir menuruni tangga kamu harus lebih ekstra hati-hati, karena tangganya sangat curam dan terbuat dari besi. Setelah itu, rasa lelah saat menuruni ratusan anak tangga pun hilang seketika pada saat kamu melihat keindahan Air Terjun Sekumpul.

Air Terjun Sekumpulan
Air Terjun Sekumpulan. Sumber: wisataid.com

Air Terjun Sekumpul memiliki dua aliran air, yang berasal dari dua mata air yang berbeda. Aliran air yang di sebelah kanan berasal dari Sungai Desa Sekumpul, sedangkan yang satunya berasal dari mata air yang letaknya berada di atas perbukitan Desa Sekumpul.

Maka jika hujan tiba warna aliran air terjun pun akan berbeda. Aliran air yang berasal dari sungai akan berwarna keruh jika dibandingkan dengan aliran air yang berasal dari mata air.

Perbedaan Warna Air Jika Hujan Turun
Perbedaan Warna Air Jika Hujan Turun. Sumber: www.sewamobilbali1st.com

Cipratan air terjunnya akan mengenaimu dan menghilangkan rasa lelah yang kamu rasakan. Selain itu kamu juga akan diberikan udara yang sejuk dan pemandangan yang epic.

Saat kamu menyusuri Air Terjun Sekumpulan kamu tidak hanya akan menikmati Air Terjun Sekumpulan saja, melainkan beberapa air terjun diantaranya :

1. Air Terjun Puncak Sari atau Secret Garden

Para pengunjung menyebutnya sebagai Secret Garden karena berada di tempat tersembunyi yang jarang sekali didatangi. Secret Garden merupakan kolam yang cukup lebar dengan memiliki air yang berwarna biru. Selain itu juga memiliki air terjun yang kecil, dimana airnya sangat bersih dan jernih. Berenang di kolam ini seru sekali, kamu dapat berenang di air yang jernih dihiasi pemandangan sekitar yang masih alami dan suasana yang tidak terlalu ramai.

Secret Garden Buleleng
Secret Garden Buleleng. Sumber: www.infodenpasar.com

2. Air Terjun Fizi

Air Terjun Fizi lokasinya tidak terlalu jauh dari Air Terjun Sekumpulan. Untuk dapat menikmati Air Terjun Fizi kamu harus membayar tiket sebesar Rp. 10.000,- untuk warga Indonesia dan Rp. 15.000,- untuk warga asing. Suasananya lebih tenang jika dibandingkan dengan Air Terjun Sekumpulan yang cukup rame. Aliran air terjunnya sangat deras dan bersih.

Air Terjun Fizi, Buleleng
Air Terjun Fizi, Buleleng. Sumber: www.baligetaway.co.id

3. Air Terjun Hiden

Air terjun yang satu ini diberi nama Air Terjun Hiden karena lokasinya yang sangat tersembunyi, dan jarang didatangi oleh para wisatawan. Meskipun begitu, Air Terjun Hiden memberikan kita keindahan yang tiada tara. Air terjunnya dikelilingi oleh pohon yang berbaris, seakan ingin melindunginya. Untuk dapat menikmatinya, kamu tidak perlu mengeluarkan uang seperser pun.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Sekumpul

Lokasi dan alamat Air Terjun Sekumpul berada di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali.

Jam Operasional Air Terjun Sekumpul

Jam operasional Air Terjun Sekumpul dibuka setiap hari, mulai hari Senin sampai dengan hari Minggu. Dan dibuka mulai Pukul 08.00 sampai dengan Pukul 17.00 WITA.

Rute Menuju Air Terjun Sekumpul

Rute atau arah yang bisa kamu gunakan menuju Air Terjun Sekumpul ini jaraknya tidak terlalu jauh dari Singaraja, yakni hanya sekitar 20 kilometer jauhnya. Jika kamu bergerak dari pusat Kota Denpasar kamu akan menempuh jarak kurang lebih sejauh 76 kilometer atau memakan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan.

Untuk sampai di Air Terjun Sekumpul, kamu bisa menggunakan rute:

  • Melajulah menuju Singaraja dengan melewati rute menuju kawasan Wisata Bedegul. Setelah itu menuju ke Kecamatan Sawan lalu bergerak menuju Desa Sekumpul.
  • Rute yang ke dua yaitu setelah melewati Bedegul sekitar 10 kilometer kemudian kamu akan menemukan pertigaan kecil. Arahkan kendaraanmu untuk belok kanan dan ikutilah terus jalanan tersebut hingga tibalah kamu di pintu masuk Air Terjun Sekumpul. Jarak dari pertigaan kecil tersebut menuju lokasi yaitu sekitar 12 kilometer lagi.

Tiket Masuk Air Terjun Sekumpul

Tiket masuk menuju kawasan Air Terjun Sekumpul sangat murah sekali, kamu hanya akan dikenai biaya :

  • Untuk warga Indonesia          : Rp. 10.000,- per orangnya
  • Untuk warga asing                  : Rp. 15.000,- per orangnya

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Sekumpul

Fasilitas umum yang tersedia di Air Terjun Sekumpul belum memadai, seperti belum adanya toilet atau kamar mandi, warung-warung makanan. Yang ada hanyalah area parkir kendaraan dan gazebo yang terletak di tengah perjalanan menuju lokasi Air Terjun.

Penginapan

Penginapan yang terdekat dengan lokasi Air Terjun sekumpul ini bisa jadi bahan referensi kamu untuk bermalam, ngga ada salahnya kalau kamu melihat referensi penginapan di bawah ini :

  • Sekumpul Accommodation yang berjarak sejauh 800 meter dari Air Terjun Sekumpul dengan harga yang ditawarkan sekitar Rp. 200.000,- permalamnya.
  • Sekumpul BnB dari Air Terjun Sekumpul hanya berjarak sejauh 0,6 Km dengan kisaran harga Rp. 140.000,- per malamnya.
  • Sugi Gede Homestay berjarak sekitar 800 meter dari Air Terjun Sekumpul dengan harga yang ditawarkan Rp. 160.000,- per malamnya.
  • Ananda Homestay 800 meter jaraknya dari Air Terjun Sekumpul dengan kisaran harga Rp. 157.500,- per malamnya.
  • Friendly Homestay Lemukih dengan jarak dari Air Terjun Sekumpul sekitar 1,4 kilometer dengan kisaran harga Rp. 250.000,- per malamnya.

Tips Wisata

Sebaiknya simak tips wisata berikut ini untuk kamu yang berencana pergi melihat keindahan Air Terjun Sekumpul, yakni:

  • Pastikan kondisi kamu sedang dalam keadaan fit.
  • Gunakanlah alas kaki yang nyaman, karena kamu akan menuruni ratusan anak tangga yang cukup curam.
  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti, jika kamu ingin berenang.
  • Berhati-hatilah saat menuruni tangga.
  • Bawalah persediaan minuman yang cukup untuk bekal diperjalanan.
  • Jagalah selalu kebersihan lingkungan Air Terjun Sekumpul.
  • Siapkan gadget kamu untuk menyimpan memori indah saat berada di Air Terjun Sekumpul.

Penutup

Tuhan memang sangat baik, Dia selalu memberikan apa yang kita butuhkan. Melihat keindahan alam yang diberikan lewat Air Terjun Sekumpul, semakin kecillah kita dimata Dia. Hamparan keindahan yang tiada duanya tersebut membuat kita tersihir, dan semakin mencintaiNya.

Jangan pernah lupakan tugas kita terhadap alam pemberian Tuhan. Jaga dan rawatlah selalu keindahan alam yang sudah diberikan, supaya kita dapat terus menerus menikmatinya.  Siapkan foto terbaikmu saat berada di Air Terjun Sekumpul, ya!

Baca juga:

Leave a Comment