Air Terjun Munduk, Sepenggal Keindahan Di Desa Wisata Munduk Bali

Pada tahun 1990, adalah tahun ketika dimulainya Desa Munduk dipromosikan sebagai desa wisata yang diharapkan mampu mendatangkan banyak wisatawan ke lokasi tersebut.

Itulah Bali, sepanjang mata memandang adalah pesona keindahan alam, serta keramahan penduduknya. Begitupun yang tersaji di Desa Wisata Desa Munduk.

Sepenggal keindahan yang ada di Desa Munduk adalah Air Terjun Munduk. Sebuah air terjun yang menawan, layaknya pelengkap kesempurnaan yang ada di desa wisata Munduk.

Air Terjun Munduk Bali
Air Terjun Munduk Bali. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Wisata alam air terjun di Bali semakin menegaskan bahwa keindahan Bali tidak hanya terpaku kepada keindahan pantainya saja, namun banyak view lain yang wajib untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Trekking Menuju Air Terjun Munduk Bali

Rata – rata wisatawan yang akan berkunjung ke lokasi wisata Air Terjun Munduk, selalu menginap terlebih dahulu di sebuah penginapan eksotis yang ada di Desa Wisata Munduk.

Penginapan tersebut sangat lengkap fasilitasnya, serta menawarkan view alam sekitar yang memanjakan. Dan yang paling penting harganya sangat terjangkau sekali.

Dari penginapan tersebut, untuk sampai di lokasi Air Terjun Munduk bisa menggunakan kendaraan jenis motor, maupun mobil. Namun kendaraan tersebut hanya sampai di lokasi parkiran saja.

Papan Informasi Menuju Air Terjun Munduk
Papan Informasi Menuju Air Terjun Munduk. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Selanjutnya, untuk sampai di lokasi Air Terjun Munduk, para wisatawan harus berjalan kaki di jalur yang sudah disediakan. Jaraknya agak sedikit jauh dari lokasi parkiran.

Meskipun demikian, trekking menuju Air Terjun Munduk jalurnya sudaah tertata secara baik. Kondisi jalurnya sudah berbentuk plesteran, atau cor-coran, serta view alam sekitar yang begitu asri.

Trekking Menuju Air Terjun Munduk Bali
Trekking Menuju Air Terjun Munduk Bali. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Selain itu, trekking menuju Air Terjun Munduk tidak ekstrim. Karena lokasinya tidak berada di dalam hutan, ataupun di ketinggian sebuah pegunungan.

Dengan kondisi jalur yang seperti itu, maka lokasi Air Terjun Munduk sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga. Dan tentu saja nilai tambahnya menjadi wisata edukasi alam bagi anak-anak anda.

Jalur trekkingnya cukup lebar, serta anak tangganya pun sudah berbentuk lapisan tembok. Di beberapa titik terdapat warung yang menjajakan makanan dan minuman.

Salah-satu View Trekking
Salah-satu View Trekking. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Lokasi Air Terjun Munduk berada diantara perkebunan cengkeh dan kopi. Maka selain viewnya didominasi oleh pohon kopi dan cengkeh, pohon – pohon tersebut juga memberikan keteduhan saat melakukan trekking.

Keindahan Alam Di Jalur Trekking
Keindahan Alam Di Jalur Trekking. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Selain itu terdapat quote naratif yang tertulis unik dan menarik pada sebuah kayu, dan menempel di pepohonan. Biasanya quote tersebut untuk mengingatkan wisatawan untuk selalu menjaga kelestarian alam sekitar.

Saat suara gemercik air yang mengalir semakin kuat terdengan di telinga, maka tidak lama kemudian anda akan melihat sebuah jembatan di depan sebuah air terjun.

View Jembatan Di Depan Air Terjun Munduk
View Jembatan Di Depan Air Terjun Munduk. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Itulah tujuan utama anda, Air Terjun Munduk. Silahkan menikmati sajian keindahannya, sebagai pereda lelah trekking yang sudah dilalui.

Pesona Keindahan Atau Daya Tarik Air Terjun Munduk

Air Terjun Munduk Bali memiliki ketinggian sekitar 20 meter. namun kondisi arus air yang turun tidak terlalu besar, sehingga berpengaruh terhadap kedalaman kolamnya.

Kolamnya tidaklah dalam, sehingga para pengunjung bisa bebas bermain air di kolam tersebut, serta di bawah guyuran Air Terjun Munduk.

Pesona Keindahan Air Terjun Munduk
Pesona Keindahan Air Terjun Munduk. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Air Terjun Munduk, airnya turun melalui tebing batu yang kokoh. Namun hampir semua tebing batu tersebut telah tertutupi oleh tumbuhan di sepanjang tebing.

Sehingga viewnya bukan batuan kokoh yang menjulang ke atas, namun hijaunya tumbuhan yang membentuk seperti benteng hijau. Hal tersebut juga semakin menambah kesejukan saat berada di lokasi utama Air Terjun Munduk.

Hijaunya Tumbuhan Menutupi Tebing
Hijaunya Tumbuhan Menutupi Tebing. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Ada satu hal yang sangat menarik dari Air Terjun Munduk. Mungkin hanya Air Terjun Munduk saja, sebagai air terjun yang ada di Bali yang lokasi sekitarnya ditumbuhi oleh pohon pisang.

Kondisi airnya sangat jernih, serta mengalir ke sungai yang kemudian dimanfaatkan untuk kebutuhan pertanian dan perkebunan oleh warga sekitar.

Di depan Air Terjun Munduk terdapat sebuah jembatan , karena tepat di depan kolam terdapat sebuah cekungan tempat air mengalir, atau semacam sungai kecil.

Panorama Di Depan Kolam
Panorama Di Depan Kolam. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Dan di depan kolam utama Air Terjun Munduk, kondisi tanah yang miring sudah dikuatkan oleh tembok penyangga tanah.

Pesona alam sekitar juga sangat menawan, serta udara yang ada sangat sejuk. Inilah tempat yang recommended untuk anda yang ingin sejenak menjauh dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Ragam Wisata Di Desa Wisata Munduk Bali

Selain Air Terjun Munduk, terdapat destinasi wisata alam lainnya yang wajib anda kunjungi saat berada di Desa Munduk Bali. Yaitu :

  • Danau Tamblingan
  • Wisata Religi Pura Di Danau Tamblingan
  • Air Terjun Melanting
  • Penginapan Eksotis

Semua ragam wisata tersebut memiliki pesona keindahan yang berbeda-beda, namun tetp mampu memberikan kenyamanan kunjungan bagi para wisatawan.

Sebuah kewajaran jika Munduk dijadikan sebagai Desa Wisata populer yang ada di Bali. Karena sepanjang mata memandang, adalah sajian kesempurnaan keindahan.

Danau Tamblingan Bali
Danau Tamblingan Bali. Sumber : id.wikipedia.org

Bagi yang belum tahu pesona keindahan Danau Tamblingan Bali, bisa klik link nya di sini : www.nativeindonesia.com

Nama Lain Air Terjun Munduk

Selalu ada nama lain dari sebuah objek wisata yang ada di Indonesia. Begitupun dengan Air Terjun Munduk, memiliki nama lain yang lumrah di telinga para wisatawan. Nama lain Air Terjun Munduk adalah Munduk Waterfall.

Lokasi Daan Alamat Air Terjun Munduk

Lokasi dan alamat Air Terjun Munduk berada di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali – Indonesia.

Rute Atau Akses Jalan Menuju Air Terjun Munduk

Rute untuk menuju Air Terjun Munduk hanya bisa dilalui oleh kendaraan pribadi atau rental. Kondisi jalan menuju lokasi Air Terjun Munduk sudah sangat baik, serta tidak macet.

Adapun rute menuju Air Terjun Munduk adalah sebagai berikut :

  • Jika pemberangkatan pertama anda dari Kuta Bali, maka jarak tempuh menuju Air Terjun Munduk sekitar 75 kilometer, dengan waktu tempuh 2 jam 30 menit.
  • Jika pemberangkatan pertama anda dari objek wisata Bali Selatan, maka waktu tempuh menuju lokasi Air Terjun Munduk sekitar 3 jam perjalanan

Jam Operasional Air Terjun Munduk

Jam operasional Air Terjun Munduk buka dari jam 06.00 sampai dengan pukul 18.00. Air Terjun Munduk buka dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Munduk

Harga tiket masuk Air Terjun Munduk :

  • Rp. 5.000 untuk anak – anak per orang
  • Rp. 10.000 untuk dewasa per orang

Penginapan Di Air Terjun Munduk

Bagi para wisatawan yang mencari penginapan di sekitar Air Terjun Munduk, bisa didapatkan di Desa Munduk. Harganya sangat murah, dibandingkan dengan fasilitas yang disajikan.

Biasanya penginapan tersebut menyajikan fasilitas seperti :

  • Kolam renang
  • Cafe
  • Bungalow
  • Serta view pegunungan, sawah, serta alam pedesaan yang sangat asri

Penutup

Demikian informasi lengkap Air Terjun Munduk di Desa Wisata Munduk Bali. Bagi para pengunjung selalu patui protokol keamanan, serta protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemrintah dan pihak pengelola.

Dan yang terakhir, jaga selalu kelestarian alam sekitar, selalu ingat bahwa “Sampahmu, Adalah Dosamu”.

Baca juga:

Leave a Comment