Air Terjun Tibumana, Jelajah Keindahan Bangli Di Pulau Dewata

Kabupaten Bangli adalah salah-satu kabupaten yang ada di Provinsi Bali dengan pesona keindahan alam yang menawan, dan asri. Tapi memang secara keseluruhan, daerah – daerah di Bali mempunyai pesona alam yang memikat mata dan hati para wisatawan.

Di Kabupaten Bagli, sedikitnya terdapat sedikitnya 3 air terjun yang sanga elok. Dan kali ini kita akan membahas salah-satunya, yaitu Air Terjun Tibumana.

Air Terjun Tibumana Bangli Bali
Air Terjun Tibumana Bangli Bali. Sumber : theworldtravelguy.com

Bagaimana pesona keindahan Air Terjun Tibumana tersebut? Inilah ulasan lengkapnya!

Tracking Atau Akses Jalan Menuju Air Terjun Tibumana

Tracking atau akses jalan menuju Air Terjun Tibumana tidaklah sulit seperti halnya tracking ke lokasi air terjun kebanyakan. Dan memang tipologi tracking ke lokasi air terjun yang ada di Bali kebanyakan sudah tertata secara baik.

Tentu saja penataan tersebut menjadi sebuah tuntutan, karena Bali menjadi salah-satu destinasi wisata dunia yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara, termasuk wisata air terjun.

Air Terjun Tibumana menjadi salah-satu wisata alam air terjun yang ada di Bali, dan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun internasional.

Salah-satu alasannya karena jalur atau tracking menuju lokasi utama sudah tertata secara baik, serta sajian keindahan di sepanjang jalurnya.

Kondisi jalan yang mulus, hamparan sawah, pemandangan ornamen yang artistik di setiap rumah, adalah sajian pesona keindahan sebelum sampai di lokasi wisata Air Terjun Tibumana.

Jalan Utama Menuju AIr Terjun Tibumana
Jalan Utama Menuju AIr Terjun Tibumana. Sumber : wanderersandwarriors.com

Setelah sampai di area parkir, kemudian lanjut ke loket pembayaran tiket, maka dimulailah tracking yang semakin seru, dan semakin indah.

Menuju lokasi utama Air Terjun Tibumana para wisatawan akan menyusuri jalur dengan cara berjalan kaki. Jalurnya sudah berbentuk lapisan tembok, serta di beberapa titik terdapat anak tangga.

Jalur Menuju Lokasi Air Terjun Tibumana
Jalur Menuju Lokasi Air Terjun Tibumana. Sumber : travel.kompas.com

Selain itu menyusuri jalur tersebut sudah dirasa aman, karena sudah terdapat pagar pembatas. Dan luar biasanya, di sepanjang jalur mata pengunjung dimanjakan dengan view tanaman yang sangat indah.

Di tengah-tengah jalur terdapat persimpangan arah kiri dan kanan. Maka untuk menuju lokasi utama Air Terjun Tibumana, anda harus memilih ke arah kiri.

Persimpangan Jalur Menuju Air Terjun Tibumana
Persimpangan Jalur Menuju Air Terjun Tibumana. Sumber : travel.detik.com

Arah sebelah kanan adalah menuju sebuah pura, serta tempat untuk melukat bagi pemeluk agama Hindu yang ada di Bali.

Melukat adalah upacara turun temurun oleh umat Hindu hingga saat ini. Dan melukat adalah upacara pembersihan pikiran dan jiwa secara spiritual dalam diri manusia.

Kita lanjutkan tracking menuju lokasi Air Terjun Tibumana. Ambil arah sebelah kiri, kemudian menuruni anak tangga. Di spot tersebut, anda bisa menyaksikan pemandangan alam sekitar yang sangan mempesona.

Sebagai catatan, akses menuju Air Terjun Tibumana di persimpangan tersebut terdapat sebuah pagar atau pintu teralis besi. Sehingga pada saat situasi pandemi, akses ke sebelah kiri dikunci.

Setelah menuruni anak tangga dari persimpangan jalur, maka tidak lama kemudian para wisatawan harus menyebrangi sebuah jembatan kayu yang melintas di atas aliran sungai kecil.

Jembatan Menuju Air Terjun Tibumana
Jembatan Menuju Air Terjun Tibumana. Sumber : elviracarmelitagumay.com

Jembatannya juga sangat bangus, bisa menjadi spo selfie juga. Dan sering kali saya sampaikan bahwa sungai menjadi pertanda tracking menuju lokasi utama sudah tidak jauh lagi.

Setelah itu, jalurnya akan sedikit menurun. Dan setelah habis turunan, dimana di sebelah kanannya terdapat sebuah gazebo. Dan lihatlah ke depan, sebuah air terjun eksotis, dengan kolam yang cukup luas akan membuat terpana mata yang memandang.

Jalur Terakhir Menuju Lokasi Utama
Jalur Terakhir Menuju Lokasi Utama. Sumber : www.youtube.com

Itulah tujuan utama anda, Air Terjun Tibumana.

Pesona Keindahan Air Terjun Tibumana

Terdapat beberapa pesona keindahan Air Terjun Tibumana yang memikat mata dan hati para wisatawan, diantara pesona tersebut adalah :

1. Pesona Air Terjun

Air Terjun Tibumana mempunyai ketinggian sekitar 20 meter. Pesona Air Terjun Tibumana terletak pada kondisi airnya yang cukup jernih, namun deras.

Terdapat nama lain dari Air Terjun Tibumana, yaitu Air Terjun Kembar. Hal ini disebabkan terdapat dua air terjun yang derdampingan di lokasi utama.

Uniknya, saat kondisi aliran air di atasnya sedikit, maka air terjunnya hanya akan ada satu. Namun jika debit airnya deras, maka hadir air terjun yang berada di sampingnya.

Pesona Keindahan Air Terjun Tibumana
Pesona Keindahan Air Terjun Tibumana. Sumber : dolanyok.com

Pesona keindahan Air Terjun Tibumana selanjutnya adalah lokasinya yang dikelilingi oleh nuansa alam yang masih asri, yang berpadu dengan penataan fasilitas yang sudah maksimal.

2. Pesona Keindahan Kolam Utama

Pesona keindahan selanjutnya adalah karena kondisi kolamnya yang cukup luas, dan dalam saat kondisi debit air sedang tinggi. Airnya juga jernih, serta tidak banyak bebatuan di tengah kolam.

Dengan demikian, view yang tersaji layaknya sebuah danau yang memiliki gelombang yang sangat kecil karena efek gelombang dari air yang turun dari atas.

Kolam Air Terjun Tibumana
Kolam Air Terjun Tibumana. Sumber : lolapantravels.com

3. Goa

Dilokasi wisata Air Terjun Tibumana juga terdapat sebuah goa kecil. Namun sampai saat ini entah kenapa tidak ada satupun orang yang berani masuk ke dalam goa tersebut.

4. Pesona Keindahan Alam Sekitar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keindahan di kawasan wisata Air Terjun Tibumanasudah dimulai saat melakukan tracking.

Pemandangan Alam Sekitar Air Terjun Tibumana
Pemandangan Alam Sekitar Air Terjun Tibumana. Sumber : digitaltravelcouple.com

Di samping jalur untuk jalan kaki banyak sekali tumbuh tanaman-tanaman yang sangat indah, ornamen khas bali, sungai, serta tebing di lokasi utama adalah keindahan view alam sekitar yang semakin memanjakan para wisatawan.

Disamping itu, udaranya sangat sejuk. Jadi lokasi ini sangat cocok sekali bagi anda yang sedang mencari ketenangan jiwa, dan menghilangkan segala kepenatan hidup.

View Di Sekitar Air Terjun Tibumana
View Di Sekitar Air Terjun Tibumana. Sumber : balicustomtour.com

Itulah pesona keindahan yang bisa dinikmati oleh para wisatawan saat berada di Air Terjun Tibumana. Ingat! Jangan membuang sampah sembarangan, jangan merusak lingkungan alam, dan hormati tradisi serta kepercayaan masyarakat setempat.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Tibumana

Lokasi dan alamat Air Terjun Tibumana berada di Banjar Bangun Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

Rute Atau Akses Jalan Menuju Air Terjun Tibumana

Rute atau akses jalan tercepat menuju Air Terjun Tibumana dari Denpasar melalui Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra. Jarak tempuhnya sekitar 31 kilometer, dan total waktu tempuhnya sekitar 1 jam perjalanan.

Atau bisa juga melalui Jalan WR. Supratman. Melalui jalan ini jarak tempuhnya sekitar 34 kilometer dari Denpasar hingga ke lokasi wisata Air Terjun Tibumana.

Kendaraan roda empat/mobil, atau motor bisa sampai ke area parkir Air Terjun Tibumana. Jalannya juga sudah bagus. Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, maka anda bisa menggunakan jasa rental kendaraan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tibumana

Harga tiket masuk Air Terjun Tibumana sebesar Rp. 15.000 per orang. Dan untuk biaya parkir motor sebesar Rp. 5.000 per unit, serta parkir mobil sebesar Rp. 10.000 per unit.

Jam Operasional Air Terjun Tibumana

Jam operasional Air Terjun Tibumana buka dari pukul 06.00 sampai denga pukul 18.00 dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Sekitar Air Terjun Tibumana

Namanya juga lokasi wisata internasional, sudah pasti selain fasilitas yang sudah optimal, maka akan banyak juga penginapan di sekitar lokasi wisata. Hanya berjarak 3 kilometer saja, para wisatawan sudah bisa mendapatkan penginapan.

Penutup

Air Terjun Tibumana semakin menambah pesona kecantikan Bali. Kehadiran objek wisata alam air terjun menjadi sebuah penegasan bahwa keindahan Bali bukan hanya terletak pada pantainya saja.

Sepanjang mata memandang itulah keindahan Bali.

Baca juga:

Leave a Comment