Air Terjun Aling-Aling, Keseruan Baru Menikmati Air Terjun di Bali

Bali merupakan sebuah pulau di Indonesia yang dikenal memiliki pegunungan berapi yang hijau, terasering sawah yang unik, pantai serta terumbu karangnya yang cantik. Terdapat banyak tempat wisata religi juga seperti Pura Uluwatu yang berdiri di atas tebing.

Di Selatan, kota pesisir pantai Kuta menawarkan wisata hiburan malam yang tak pernah sepi, seperti Seminyak, Sanur, dan Nusa Dua dikenal dengan suguhan resort yang populer. Pulau Bali juga dikenal sebagai tempat untuk relaksasi yoga dan meditasi.

Bali memang punya banyak tempat yang wajib untuk kita kunjungi. Keindahan Pulau Dewata sudah terkenal seantero dunia, bahkan yang terkenal dari Indonesia dimata dunia adalah Bali.

Keindahan Bali
Keindahan Bali. Sumber: travel.tempo.co

Untuk kamu yang berkunjung ke Bali, cobalah wisata alam yang lain selain pantainya. Karena ternyata Bali juga mempunyai wisata air terjun yang tak kalah indahnya. Kali ini saya akan membahas mengenai Air Terjun Aling-Aling yang terletak di Buleleng Bali.

Air Terjun Aling-Aling
Air Terjun Aling-Aling. Sumber: www.kintamani.id

Air Terjun Aling-Aling mempunyai tinggi kira-kira 35 kilometer, maka tak heran jika mempunyai aliran air yang cukup deras. Kamu mau tahu lebih lanjut tentang keindahan Air Terjun Aling-Aling, check this out!

Ragam Wisata Air Terjun Aling-Aling

Saat mengunjungi air terjun hal yang pasti akan kamu lakukan ialah berenang atau bermain air, namun Air Terjun Aling-Aling memberikan kamu pengalaman yang berbeda dalam menikmati air terjun. Hal-hal yang akan kamu dapatkan saat berada di Air Terjun Aling-Aling diantaranya:

1. Menikmati Keindahan Air Terjun

Pada saat kamu memberikan sejumlah uang untuk membayar tiket, kamu akan dibawa oleh seorang guide untuk menikmati 4 air terjun yang berdekatan. Dimana lokasi keempatnya tidaklah terlalu jauh.

Kamu akan diajak menyusuri jalan turunan yang setapak, namun tidak terlalu sulit untuk dilalui. Kamu akan menyusuri jalan setapak tersebut selama kurang lebih 10 menit untuk menuju lokasi air terjun yang paling jauh.

Air Terjun Aling-Aling mempunyai tinggi kurang lebih 35 meter, dengan kedalaman kolamnya sekitar 4 meter. Maka tak heran jika Air Terjun Aling-Aling memiliki aliran debit air yang cukup deras.

Menikmati Keindahan Air Terjun Aling-Aling
Menikmati Keindahan Air Terjun Aling-Aling. Sumber: ceritakakigatal.com

Aliran airnya terbelah menjadi dua, air terjun yang sebelah kanan memiliki debit air yang lebih besar dibandingkan dengan aliran air terjun yang di sebelah kiri.

Keindahan air terjunnya dibalut dengan keindahan alam yang masih asri dan terjaga dengan baik, membuat kita betah untuk berlama-lama menikmati Air Terjun Aling-Aling. Setiap air terjun yang kamu datangi, memiliki keunikan dan keindahan yang berbeda-beda.

Arena Seluncuran Alami
Arena Seluncuran Alami. Sumber: lehalehatrip.com

2. Berseluncur di Air Terjun

Pernah ngga kamu bayangin main seluncuran tapi di air terjun? Pasti ga masuk akal bukan? Saat kamu mengunjungi Air Terjun Aling-Aling kamu akan bisa merasakan berseluncur di Air Terjun langsung.

Sebelum kamu berseluncur, kamu akan diberikan sebuah jaket pelampung untuk tetap menjaga keamanan kamu saat tubuh kamu memasuki area kolam yang ada di bawahnya.

Sebelum mulai berseluncur, kamu akan diajak guide mu untuk naik ke atas puncak air terjun yang jaraknya tidak terlalu jauh. Setelah itu kamu harus duduk tepat di pangkal aliran air terjun, tentu saja guide akan memegang tubuh mu sebelum akhirnya kamu mulai berseluncur di atas air terjun dengan ketinggian sekitar 12 meter.

Seluncuran di Air Terjun
Seluncuran di Air Terjun. Sumber: www.kintamani.id

Waw, hal itu merupakan pengalaman yang luar biasa bukan? Kapan lagi kamu bisa merasakan sensasi berseluncur di atas air terjun yang sesungguhnya, bukan berseluncur di papan seluncuran yang biasa terdapat di waterpark.

3. Terjun bebas menuju kolam air

Selain berseluncur, kamu juga akan merasakan sensasi melompat dari atas tebing dengan ketinggian yang berbeda-beda. Yang pertama kamu akan mencoba untuk lompat di atas ketinggian 5 meter setelah itu kamu akan ditantang untuk mencoba lompat dari atas tebing yang memiliki ketinggian 10 meter.

Terjun Bebas Dari Atas Tebing
Terjun Bebas Dari Atas Tebing. Sumber: www.gotravelly.com

Spot Foto

Tentu saja alam akan menyediakan kamu spot foto yang menarik dan tiada duanya. Kamu dapat berfoto dengan latar belakang air terjun atau hamparan keindahan yang diberikan.

Selfie Dengan Latar Belakang Air Terjun Aling-Aling
Selfie Dengan Latar Belakang Air Terjun Aling-Aling. Sumber: backpackerjakarta.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Aling-Aling

Lokasi dan alamat Air Terjun Aling-Aling berada di Jl. Raya Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali Kode Pos 81161.

Rute Menuju Air Terjun Aling-Aling

Jika kamu berangkat dari Denpasar kamu akan melakukan perjalanan sejauh 80 kilometer atau memakan waktu sekitar 4 jam lamanya. Setelah itu kamu akan menuju Singaraja lalu menuju Terminal Sukasada. Sesampainya kamu di Balai Desa Sambangan, kamu akan menemukan papan petunjuk jalan menuju lokasi Air Terjun Aling-Aling.

Tiket Masuk Menuju Air Terjun Aling-aling

Mengenai tiket masuk untuk menikmati keindahan Air Terjun Aling-aling berbeda-beda.

Jika kamu seorang warga Indonesia alias pribumi kamu cukup membayar sekitar Rp.125.000,- itu sudah termasuk seorang guide yang akan mengajak kamu seru-seruan.

Jika kamu seorang warga asing atau turis mancanegara kamu akan dikenakan biaya diantara Rp. 200.000-Rp. 300.000,- per orangnya, dan itu juga sama sudah termasuk seorang guide.

Jam Operasional Air Terjun Aling-aling

Jam Operasional Air Terjun Aling-aling dibuka mulai Pukul 08.00 sampai Pukul 17.00 WITA. Dan dibuka selama 7 hari dalam seminggu

Penginapan

Terdapat beberapa penginapan, hotel ataupun resort yang jaraknya tidak jauh dari Air Terjun Aling-aling, diantaranya :

  • Shanti Natural Panorama North Bali, dengan jarak yang ditempuh dari Air Terjun Aling-aling sekitar 540 meter. Harga yang ditawarkan hanya Rp. 259.110,- per malamnya.
  • Kunang Kunang Villa, sekitar 200 meter dari Air Terjun Aling-aling dengan kisaran harga Rp. 200.000,- untuk per malamnya.
  • Shanti Natural Panorama View Hotel Bar and Restaurant dengan jarak yang ditempuh dari Air Terjun Aling-aling sekitar 500 meter dan harga yang ditawarkan Rp. 261.000,- untuk per malamnya.
  • WaVi Eco Hut, merupakan yang paling dekat dengan Air Terjun Aling-aling yaitu jaraknya sekitar110 meter saja, dengan kisaran harga Rp. 327.273,- untuk per malamnya.

Tips Wisata

Ada beberapa tips yang bisa menambah refensi kamu saat berkunjung ke Air Terjun Aling-Aling, diantaranya:

  • Lebih seru jika pergi bersama-sama kawan atau komunitas kamu.
  • Siapkan baju ganti jika kamu ingin mencoba semua kegiatan yang disediakan guide Air Terjun Aling-Aling.
  • Pastikan kamu mengikuti semua kegiatan yang diberikan oleh guide mu.
  • Berhati-hatilah saat melakukan lompatan atau seluncuran.
  • Selalu jagalah keindahan alam di Air Terjun Aling-aling, dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Penutup

Keindahan Air Terjun memang selalu memberikan kita sensasi tersendiri. Dimulai dengan jalur treking yang terkadang menguras tenaga, ditambah hawa sejuk dari udara sekitar, diiringi aliran air terjun yang selalu menjadi pusat perhatian telinga.

Tidak pernah salah jika kita ingin menikmati keindahan alam, selagi tersedia nikmati dan rasakan keindahannya. Namun harus ingat, kita juga harus ikut menjaga dan melestarikannya supaya kita masih bisa dapat menikmatinya sampai kapan pun.

Untuk kamu yang sudah mengunjungi Air Terjun Aling-Aling, yuk komen di bawah! Apakah kamu sudah merasakan semua kegiatan yang tersedia di Air Terjun Aling-Aling? Jangan lupa sertakan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment