Jatiluhur Water World, Main Air di Tepi Waduk Jatiluhur

Jatiluhur Water World Purwakarta merupakan salah satu wahana wisata taman air, yang sedang naik daun. Tempat wisata yang berada Jawa Barat ini menjadi primadona baru. Banyak pengunjung yang sengaja datang dengan mengajak keluarga, menghabiskan waktu demi keseruan dan kehangatan kebersamaan.


Jatiluhur Water World, taman wisata air di tepi waduk jatiluhur
Jatiluhur Water World. Image via: travelspromo.com

Jatiluhur Water World ini berada di kawasan wisata waduk jatiluhur. Jadi selain berenang bermain air di water park, pengunjung juga bisa melihat pemandangan waduk jatiluhur yang luas dan indah. Keindahan Jatiluhur tidak hanya bisa dilihat dari daratan saja. Pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling menikmati pemandangan sekitar waduk.

Selain menikmati waduk kamu juga bisa lihat bendungan Jatiluhur yang sangat besar. Waduk Jatiluhur memang sudah mempunyai nama di kalangan masyarakat Purwakarta. Menikmati keindahan lokasi ini, tidak akan cukup hanya dengan 1 atau 2 jam saja

Keindahan dan suasana yang teduh membuat waduk Jatiluhur menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi bersama keluarga. Di Jatiluhur Water World, pengunjung diijinkan membawa bekal makanan. Karena itu menggelar tikar lalu membuka  perbekalan makanan untuk kemudian makan bersama adalah kegiatan wajib di lokasi ini. Sungguh, liburan berkualitas bersama dengan keluarga

Prosotan Dewasa di Jatuluhur Water World, dengan ketinggian mencapai 11.5 m
Prosotan Dewasa. Image via: Amet Tampati

Simak juga: lokasi wisata di sekitar Purwakarta.

Lokasi Jatiluhur Water World

Jatiluhur Water World  beralamat di Jatimekar, Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Rute Menuju Jatiluhur Water World

Akses menuju Jatiluhur Water World tergolong mudah. Perjalanan bisa dimulai dengan memasuki Tol Cipularang. Dari tol Cipularang keluar dari pintu tol Jatiluhur.

Setelah keluar tol, menemukan pertigaan Ciganea yang ada lampu merah. Sekitar 500 meter kemudian menjumpai pertigaan dengan patung di tengahnya. Ambil arah kiri, sesuai marka jalan yang menunjukkan arah Jatiluhur.

Ikuti terus jalan itu hingga menemukan gerbang Jatiluhur.

Jam Buka Jatiluhur Water World

Jatiluhur Water World  terbuka penerima kunjungan wisatawan setiap hari. Dari Senin hingga Minggu. Mulai buka jam 08.00 hingga tutup jam 17.00.

Tiket Jatiluhur Water World

Harga tiket masuk ke Jatiluhur Water World tergolong terjangkau. Untuk pengunjung usia 3 tahun ke atas dikenakan biaya penuh.

Rp. 30.000 weekday Senin hingga Jum’at

Rp. 45.000 weekend Sabtu dan Minggu

Rp. 65.000 di hari besar seperti tahun baru dan lebaran

mata elang jatuluur water World, tampak indah dilihat dari arah vertikal
Jatiluhur Water World dari angkasa. Image via: @purwakarta.banget

Fasilitas Jatiluhur Water World

Fasilitas yang ada di Jatiluhur Water World cukup memadai. Di lokasi wisata ini tersedia kolam lengkap untuk anak-anak dan dewasa. Ada 2 perosotan untuk anak-anak, dan 2 perosotan untuk dewasa. Satu Perosotan didesain meliuk-liuk, yang satunya lagi lurus.

Selain itu ada mushola, loker, tempat ganti, tempat bilas, tempat jajanan makanan ringan, saung-saung untuk duduk-duduk berleha-leha.

Selain fasilitas yang ada di dalam kolam renang juga ada fasilitas lain yang berada di luar kawasan kolam, yaitu di sekitar waduk Jatiluhur. Pengunjung bisa menikmati pemandangan, gelar tikar di rumput-rumput hijau dan memakan bekal.

Selain itu kelebihan di tempat ini memiliki fasilitas yang tidak akan bisa disaingi water park lain. Yakni view ke waduk jatiluhur.

Kolam Anak Jatiluhur Water World, didesain dangkal sehingga aman untuk anak
Kolam Anak. Image via: kuningandistrict

Simak: Keindahan Waduk Jatiluhur

Daya Tarik Jatiluhur Water World

Untuk menumbuhkan kegembiraan dan keseruan ketika berwisata ke Jatiluhur Water World ini, pengelola menyediakan berbagai wahana permainan. Wahana permainan air ini didesain untuk menumbuhkan kegembiraan dengan memperhatikan aspek keselamatan pengunjung.

Kategori wahana di Jatiluhur Water World ada yang dikhusukan untuk anak-anak dan ada juga yang diperuntukkan bagi orang dewasa. Berikut beberapa wahana yang bisa dimainkan.

  1. Kolam Anak

Bagi pengunjung anak-anak terdapat 3 buah kolam renang dengan kedalaman yang sesuai untuk anak. Sebagai fasilitas yang mengajak anak mulai mencicipi adrenalin, pengelola juga menyediakan Water slide atau papan seluncur khusus untuk anak-anak.

Water Slide khusus anak ini lebih pendek dari water slide dewasa, sehingga dijamin aman untuk anak. Dengan demikian para orang tua tidak perlu khawatir mengijinkan anak-anak mencoba permainan ini.

Prosotan Anak Jatiluhur Water World, dengan desain yang landai namun cukup tinggi, sehingga tetap maan namun juga tetap seru
Perosotan Anak. Image via: tempatwisatapurwakarta

Salah satu dari 3 kolam anak-anak itu berisi fasilitas kolam playground. Di kolam ini terdapat permainan anak-anak seperti wahana ember tumpah. Juga ada berbagai pancuran air dengan berbagai bentuk juga melengkapi petualangan anak-anak.

  1. Kolam Ombak

Kolam ombak tersedia dengan ombak buatan yang berada area Jatiluhur Water World ini. Pengunjung dapat menikmati sensasi berenang di pantai dengan gelombang air. Sambil menikmati pemandangan ke Waduk Jatiluhur pengunjung dapat bersantai di kolam.

  1. Kolam Dewasa

Pengunjung dewasa tidak perlu khawatir karena tersedia 2 buah kolam yang dapat dicoba. Selain kolam yang diperuntukkan untuk anak-anak juga terdapat kolam untuk pengunjung dewasa. Terdapat kolam Olympic untuk pengunjung yang ingin berolahraga. Terdapat pancuran air di sekitar kolam untuk membasuh diri.

  1. Waterboom

Wisata-Jatiluhur-Waterworld denganberbagai bentuk prosotannya. Ada lurus ada pula lintasan keong
Aneka macam perosotan. Image via: satulensa.com

Simak juga: Pesona Gunung Bongkok

Waterboom merupakan wahana utama di sini. Ada wahana papan seluncur yang pasti akan memacu adrenalin wisatawan dengan papan seluncur dengan tinggi mencapai 11,5 meter. Panjang water slide kurang lebih 43 meter. Ada pula water keong dengan panjang 75 meter.

Papan seluncur ini memang diperuntukkan bagi pengunjung yang mempunyai jiwa petualang dan jiwa tantangan. Bayangkan saja, pengunjung meluncur dari ketinggian dan begitu panjang. Jantung berdebar dengan hebat saat meluncur melalui lintasan ini

Pengunjung  tidak perlu mengkhawatirkan mengenai keamanan papan seluncur ini. Papan ini sudah di desain sedemikian rupa untuk keselamatan pengunjung yang menikmati wahana ini. Pengunjung bisa meluncur sepuasnya dan merasakan jantung yang berdebar dengan kencang.

Demi menjaga keselamatan pengunjung, pihak pengelola menyediakan penjaga untuk menjaga pengunjung selama berkegiatan di wahana-wahana yang ada. Jadi, apabila terjadi apa-apa pengunjung bisa meminta bantuan para penjaga ini untuk menolong mereka. Seperti resiko tenggelam ataupun masalah yang lainnya

ember tumpah jatiluhur water world, seru untuk kegembiraan anak anak
Ember tumpah. Image via: youandme.web.id
  1. Gazebo

Tidak hanya aktivitas berenang yang dapat dinikmati di Jatiluhur Water World ini. Pengunjung yang lelah seusai berenang dapat menikmati bersantai di gazebo yang disediakan. Pepohonan yang cukup rindang melengkapi sekitar kolam dengan suasana yang asri. Pengunjung diperbolehkan membawa makanan sendiri dari rumah dengan catatan menjaga kebersihan area wisata.

Duduk santai beristirahat di Gazebo sembari menikmati pemandangan lain yang elok, tentu mendamaikan hati. Langit biru yang cantik dan Gunung Tiga menara adalah keindahan yang sempurna untuk dinikmati.

  1. Restoran Apung

DI Waduk Jatiluhur terdapat restoran di tengah waduk. Rasakan santapan yang nikmat dengan menikmati sarana rumah apung ini.

Makan dengan panorama yang menyejukkan mata, seolah sudah menjadi salah satu cara untuk bersantai sambil relaksasi. Menemukan dan menyantap makanan yang nikmat memberikan sensasi yang luar biasa. Menikmati kelezatan dan sensasi kuliner di restoran terapung patut dicoba.

Berdiri sejak tahu 2002 lalu, restoran  tersebut  memiliki keunikan tersendiri. Damai dan tenang sudah pasti alami. Hal ini terjadi karena letaknya yang jauh dari pemukiman dan satu-satunya restoran yang berada di tengah waduk.

restoran apung Waduk Jatiluhur yang tenangd an nyaman untuk tempat makan siang
Restoran apung. Image via: Arie Yanuar

Tips Mengunjungi Jatiluhur Water World

Saat mengunjungi wisata Jatiluhur Water World, ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan, untuk kenyamanan kegiatan wisata. Berikut beberapa tips yang bisa kami berikan:

  • Pengunjung bisa membawa tikar dan makanan sendiri. Agar lebih hemat lebih baik bawa tikar dan makanan sendiri. Membawa makanan dari rumah juga lebih higienis.
  • Sebaiknya membawa payung, karena siang hari cuaca cukup panas dan sore hari bisa tiba-tiba mendung dan turun hujan.

Objek Wisata Dekat Jatiluhur Water World

Objek wisata Jatiluhur Water World, letaknya cukup dekat dengan lokasi wisata Gunung lembu. Jika ditarik garis lurus, kedua lokasi ini sebenarnya hanya berjarak 7 km. Namun karena jalan yang menghubungkan kedua lokasi ini harus mengitari Waduk Jatiluhur, jaraknya menjadi 26 km. Gunung lembu adalah salah satu lokasi terbaik untuk menikmati keindahan Waduk Jatiluhur.

Bagi wisatawan dari luar daerah yang berwisata untuk waktu lama, setelah seharian lelah bermain air di Jatiluhur Water Park, keesokan harinya bsia merencanakan wisata relaksasi. Kegiatan yang tepat adalah berendam melepas lelah di Pemandian air panas Cirasas. Sumber air panas alai ini berjarak 31 km dari Jatiluhur Water World.

Semoga informasi seputar Jatiluhur Water World yang kami bagikan, bisa menjadi panduan pada saat berkunjung ke lokasi ini.

 

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment